Tongkat Pramuka

Tongkat Pramuka merupakan salah satu perlengkapan Pramuka, utamanya bagi anggota Pramuka Penggalang didalam setiap kegiatannya.

Tongkat Pramuka memiliki ketentuan tersendiri terkait dengan ukurannya, warnanya, bahan serta cara penggunaannya, baik cara penggunaan tongkat ketika baris berbaris maupun saat di luar PBB.

Selain itu tongkat ini memiliki fungsi layaknya sebuah senjata bagi setiap anggota Pramuka. Seperti yang ada pada lirik pada salah satu yel-yel Pramuka yang memiiki judul “Yel Pramuka Bukan Tentara” yang didalam liriknya berbunyi :

“Bukan polisi dan bukan tentara

Tali dan tongkat itulah senjatanya

Coklat tua coklat muda seragamnya

Merah dan putih tergantung di lehernya”.

Nah bagi sobat yang gemar mengikuti Pramuka, berikut ini adalah bahan, ukuran serta warna tongkat yang dipakai dalam kegiatan Pramuka.

Bahan, Ukuran Serta Warna Untuk Tongkat

tongkat pramuka
shakipramuka.blogspot.com

Tongkat Pramuka terbuat dari bahan bambu ataupun kayu yang memiliki bentuk silinder. Ukuran dari tongkat itu sendiri yakni 160cm atau 1.6 meter dengan diameternya sekitar 5 cm.

Untuk warna tongkatnya biasanya diberikan secara bebas sesuai dengan aspirasi, keinginan serta kreatifitas masing-masing para anggota Pramuka. Akan tetapi warna tongkat diusahakan harus seragam bagi satu regu, sehingga dapat menunjukkan kekompakan regu tersebut.

Banyak sekali kita jumpai warna tongkat Pramuka yang diwarnai menjadi tiga bagian. Pada kedua ujungnya diberi warna merah dan pada bagian tengahnya diberi warna putih.

Masing – masing bagian yang berwarna merah berukuran 30 cm, sedangkan pada bagian tengahnya yang berwarna putih berukuran 100 cm. Aturan pewarnaan tongkat ini tidak salah namun juga tidak wajib dilakukan.

Hal ini dikarenakan masing-masing regu memiliki kebebasan dalam memilih warna tongkatnya sesuai dengan kreatifitasnya masing-masing.

Penggunaan Tongkat Dalam Pramuka

tongkat pramuka
danindrasyad.blogspot.com

Tongkat merupakan salah satu alat yang memiliki banyak fungsi dalam penggunaannya bagi kegiatan Pramuka. Sehingga wajar apabila tongkat ini dianggap sebagai senjata Pramuka.

Bagi Pramuka siaga, tongkat hanya dapat dibawa oleh Pimpinan Barung saja, yang memiliki fungsi untuk melekatkan bendera barung.

Bagi Pramuka penggalang, selain pemimpin regu yang digunakan untuk melekakatkan bendera regu, juga biasa dibawa oleh setiap anggota regu yang berguna untuk digunakan didalam setiap kegiatan, walaupun tidak wajib.

Sebagai alat yang memiliki banyak fungsi serba guna, tongkat Pramua memiliki banyak manfaat dan kegunaan. Berikut ini adalah penggunaan tongkat didalam kegiatan pramuka.

  1. Sebagai alat untuk pembuatan tiang tenda.
  2. Pembuatan pionering, mulai dari pionaring gapura, tiang bendera, rak sepatu, untuk jemuran pakaian dan untuk yang lainnya.
  3. Sebagai alat untuk pembuatan tandu darurat.
  4. Sebagai alat untuk pertahanan diri, termasuk untuk melindungi diri dari serangan hewan liar.
  5. Sebagai alat bantu untuk menaksir tinggi, menaksir jarak serta yang lainnya.
  6. Sebagai alat bantu untuk membawa barang, mengangkut dan memindahkan barang berat.
  7. Sebagai alat untuk baris-berbaris.

Gambar Tongkat Didalam Kegiatan Pramuka

gambar tongkat bambu
tongkat untuk pembuatan tandu
tongkat untuk pembuatan tandu
tongkat sebagai tiang bendera
tongkat untuk tiang bendera
tongkat untuk acara pernikahan
tongkat untuk acara pernikahan
tongkat untuk permainan

Ada banyak sekali kegunaan dari tongkat didalam kegiatan pramuka ini, mengingat begitu pentingnya kegunaan dari tongkat ini, maka kita perlu memperhatikan dan mempertimbangkan kekuatan serta ukuran dari tongkat tersebut.

Jika diperlukan, kita dapat menambahkan tanda pada tongkat tersebut yang menunjukkan ukuran tertentu, seperti panjang dan lainnya.

Hal yang tidak kalah pentingnya ialah, kita juga harus melakukan perawatan pada tongkat tersebut, agar tetap kuat dan tahan lama, serta tidak cepat rapuh. Kita dapat menyimpannya ditempat yang benar untuk menjaga kualitasnya.

Sehingga ketika sewaktu-waktu dibutuhkan untuk membuat sesuatu, misalnya untuk membuat tandu darurat, maka tongkat tersebut masih dapat digunakan dengan baik dan kuat.

Nah itulah penjelasan mengenai tongkat pramuka, yang memiliki banyak fungsi didalam kegiatan Pramuka, semoga bermanfaat. Jangan lewatkan artikel tentang pramuka lainnya hanya di gopensil.com.

Terima kasih.

Leave a Comment