Fainun Kenalkan nama saya Fanisa Ainun dan nama pena saya adalah Fainun :)

TINGKATAN PRAMUKA : Siaga, Penggalang, Penegak & Pandega

3 min read

tingkatan pramuka

Tingkatan Pramuka – Pendidikan didalam gerakan pramuka memiliki beberapa tingkatan, hal ini disesuaikan dengan umur, psikologi, fisik dan juga kemampuan pada setiap individu gerakan pramuka.

Sehingga apabila umur setiap individu sudah mencapai batas tertinggi dari golongan usianya, maka hal tersebut mengharuskannya untuk pindah kepada golongan selanjutnya yang sesuai dengan usianya.

Didalam pendidikan ini terbagi menjadi dua jenis, yakni untuk peserta didik dan untuk golongan orang dewasa. Berikut ini adalah 4 jenis tingkatan didalam gerakan pramuka untuk peserta didik.

Tingkatan Pramuka Terbagi Menjadi 4 Yakni:

  1. Pramuka Siaga
  2. Pramuka Penggalang
  3. Pramuka Penegak
  4. Pramuka Pandega

Didalam pendidikan pramuka untuk para peserta didik, mereka harus melalui beberapa tahapan yang sudah diatur melalui SKU atau syarat kecakapan umum dan SKK atau syarat kecakapan khusus dan juga pramuka Garuda.

Dengan menggunakan sistem ini para peserta didik pramuka akan diuji setiap tingkat hingga menuju pada tingkatan paling tinggi tingkatannya.

Nah berikut ini adalah penjelasan dari masing-masing tingkatan pramuka:

Pramuka Siaga

tingkatan pramuka siaga
hipwee.com

Pramuka Siaga adalah sebutan yang diberikan bagi mereka anggota pramuka yang berumur 7 hingga 10 tahunan. Disebut dengan pramuka siaga dikarenakan hal ini sesuai dengan kiasan yang ada pada masa perjuangan bangsa Indonesia.

Pada waktu ini rakyat Indonesia mempersiapkan dan mensiagakan diri mereka dalam usaha untuk mencapai kemerdekaan. Hal tersebut ditandai dengan berdirinya Boedi Oetomo pada tahun 1908, yang menjadi tonggal awal dari perjuangan bangsa Indonesia dalam melawan para penjajah.

Didalam pramuka siaga terdapat satuan terkecil didalamnya, satuan tersebut disebut dengan Barung, satuan satuan didalam barung disebut dengan Perindukan.

Baca Juga  Dwi Satya Pramuka (Pengertian, Makna, Arti & Penjelasannya, Lengkap)

Setiap satuan Barung memiliki anggota berjumlah 5 hingga 10 orang pramuka siaga yang dipimpin oleh pemimpin Barung. Pimpinan barung merupakan pimpinan yang dipilih oleh anggota barung tersebut.

Masing-masing pemimpin anggota Barung tersebut nantinya akan memilih salah satu dari anggota mereka untuk menjadi pemimping Barung Utama yang memiliki sebutan yakni Sulung.

Didalam sebuah perindukan terdiri dari beberapa Barung yang dipimpin langsung oleh Sulung. Selain itu didalam pramuka siaga juga terdapat tiga jenis tingkatan didalamnya, yakni:

  1. Mula
  2. Bantu
  3. Tata

Setiap anggota Barung yang sudah selesai melalui ujian SKU memiliki hak untuk mengenakan TKU (Tanda Kecakapan Umum) yang sesuai dengan tingkatannya. TKU tersebut akan dikenakan pada lengan baju dibagian sebelah kiri yang berada di bawah tanda Barung yang memiliki warna dasar hijau.

TKU yang dikenakan oleh anggota pramuka siaga memiliki bentuk menyerupai sebuah janur yang biasa disebut dengan Mancung, yaitu sebuah bunga pohon kelapa yang baru tumbuh.

Didalam pramuka siaga sendiri terdapat sebuah kode kehormatan yang disebut dengan Dwisatya atau suatu janji yang harus mereka jalani. Untuk teks lengkap mengenai Dwi Satya Pramuka sendiri, bisa dibaca diartikel sebelumnya yang berjudul Dwi Satya Pramuka.

Selain Dwi Satya, didalam pramuka siaga juga terdapat ketentuan moral yang disebut dengan Dwi Darma yang bisa dibaca di postingan sebelumnya tentang Dwi Darma Pramuka.

Pramuka Penggalang

tingkatan pramuka penggalang
jabarprov.go.id

Pramuka Penggalang merupakan tingkatan golongan pramuka setelah pramuka siaga. Didalam pramuka penggalang, anggotanya terdiri dari penggalang yang berusia mulai dari 11 hingga 15 tahun.

Disebut dengan pramuka penggalang dikarenakan hal ini sesuai dengan kiasan yang ada pada masa penggalangan perjuangan Bangsa Indonesia. Yakni saat masyarakat Indonesia menggalang dan mempersatukan dirinya dalam mencapai kemerdekaan.

Baca Juga  Tanda Kecakapan Khusus Pramuka Penggalang

Yakni ketika adanya sebuah peristiwa bersejarah yaitu kongres pemuda Indonesia yang kini dikenal dengan sebutan Sumpah Pemuda ditahun 1928.

Didalam pramuka penggalang, satuan terkecilnya memiliki sebutan Regu dan Kesatuan. Dari beberapa regu yang ada memilki sebutan Pasukan. Setiap Regu memiliki anggota 5 sampai 10 orang pramuka penggalang yang dipimpin oleh pemimpin regu (Pinru) yang merupakan pemimpin yang dipilih oleh para anggota regu tersebut.

Setiap pemimpin regu akan melakukan pemilihan terhadap satu orang dari mereka yang akan dijadikan sebagai Pemimpin Regu Utama atau juga bisa disebut dengan Pratama. Pasukan yang terdiri dari beberapa regu yang ada tersebut akan di pimpin oleh seorang Pratama.

Didalam anggota pramuka penggalang terdapat tiga tingkatan yang ada didalamnya, berikut diantaranya:

  1. Penggalang Ramu
  2. Penggalang Rakit
  3. Penggalang Terap

Masing-masing anggota penggalang yang sudah menyelesaikan SKU berhak untuk menggunakan TKU sesuai dengan tingkatannya yang dikenakan pada bagian lengan baju di sebelah kiri dibawah tanda barung yang memiliki warna dasar merah.

TKU yang digunakan oleh penggalang memiliki bentuk sebuah janur yang terlipat dengan yang dilengkapi dengan gambar Manggar yakni nama dari bunga pohon kelapa.

Kode kehormatan bagi anggota kelompok pramuka penggalang adalah Trisatya dan Dasadarma. Untuk lebih lengkapnya mengenai Trisatya dan Dasadarma bisa dibaca pada artikel sebelumnya yang membahas mengenai Trisatya Pramuka dan Dasadarma Pramuka.

Pramuka Penegak

tingkatan pramuka penegak
indonesiastudents.com

Pramuka penegak merupakan golongan pramuka setelah pramuka penggalang. Didalam anggota pramuka penegak anggotanya terdiri dari anggota pramuka yang berusia 16 hingga 19 tahun.

Baca Juga  Dasa Dharma Pramuka dan Artinya (Lengkap Dengan Penjelasannya)

Sebutan pramuka penegak merupakan kiasan di masa penegakan kemerdekaan Bangsa Indonesia.

Didalam pramuka penegak terdapat satuan terkecil yang disebut dengan Sangga, sedangkan kesatuan dari beberapa Sangga disebut dengan Ambalan. Setiap sangga memiliki anggota 7 hingga 10 orang pramuka penegak yang dipimpin oleh seorang pemimpin sangga yang diangkat oleh anggota sangga tersebut.

Setiap pemimpin sangga akan menentukan salah satu orang dari mereka yang akan dijadikan sebagai pemimpin sangga utama yang memiliki sebutan Pradana. Ambalan yang terdiri dari beberapa sangga akan dipimpin oleh seorang Pradana.

Didalam pramuka penegak itu sendiri terdapat dua tingkatan, diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Penegak Bantara
  2. Penegak Laksana

Masing-masing anggota pramuka penegak yang sudah lulus SKU memiliki hak untuk mengenakan TKU sesuai dengan tingkatan yang dikenakan pada pundak yang berwarna dasar hijau.

TKU bagi penegak memiliki bentuk sebuah tunas kelapa yang terlipat menjadi dua.

Anggota pramuka penegak juga memiliki kode kehormatan seperti halnya pramuka penggalang. Kode kehormatan bagi pramuka penegak, pandega dan juga anggota dewasa lainnya yakni Trisatya dan Dasadarma.

Untuk lebih lengkapnya silahkan baca juga mengenai Trisatnya Pramuka dan Dasadarma Pramuka di artikel yang sudah saya tulis sebelumnya 🙂

Pramuka Pandega

tingkatan pramuka pandega
pramukaria.id

Pramuka pandega merupakan tingkatan yang keempat dalam keanggotaan pramuka. Pada umumnya anggota dari pramuka pandega terdiri dari anggota yang sudah berumur 21 hingga 25 tahun.

Sehingga pada umumnya para anggota yang ada didalam anggota pramuka pandega adalah golongan mahasiswa dan perguruan tinggi tingkat akhir.

Pramuka pandega sendiri dihimpun di gugus depan, yakni satuan pandega disebut sebagai racana yang dikelola oleh dewan racana dan dipimpin langsung oleh seorang ketua. Satuan terkecil dalam racana disebut dengan reka.

Pada umumnya racana pandega menggunakan nama-nama yang menggambarkan sebuah aspirasi pada masing-masing anggotanya sesuai dengan watak dan karakter pada masing-masing individu.

Setelah ditingkatan gugus depan, kemudian berlanjut pada tingkat kwartir, dimana para anggota pramuka pandega dapat bergabung didalam pembinaan satuan karya dan dewan kerja.

Nah itulah ke empat tingkatan didalam anggota pramuka yang dapat saya share, semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan kita semua.

Terima Kasih 🙂

0
Fainun Kenalkan nama saya Fanisa Ainun dan nama pena saya adalah Fainun :)

Tanda Pengenal Pramuka

Fainun
3 min read

Tongkat Pramuka

Fainun
2 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *