Habiba Hai kenalkan saya Habiba, penulis serta pengelola website gopensil.com ini, dapatkan informasi untuk menambah pengetahuamu hanya di gopensil.com...

TEKNIK POINTILIS: Pengertian, Sejarah, Jenis, Ciri dan Cara Gambar

3 min read

Teknik pointilis, adalah teknik membuat sketsa dengan menggunakan beberapa gabungan titik-titik menjadi sebuah bentuk dan menghasilkan gelap terang sebuah objek.

Teknik pointilis adalah salah satu dari 3 jenis-jenis teknik dalam membuat sketsa. Sudah tau apa itu sketsa? Jika belum bisa dibaca pada artikel tentang pengertian sketsa yang ada di blog ini.

Pengertian Pointilisme

pengertian pointilisme
sumber : fitriasketchart.wordpress.com

Menurut Wikipedia, Pointilisme ialah salah satu teknik dalam lukisan yang memanipulasi ketidaksensitifan mata dalam meneliti detail kumpulan titik hingga mampu memberikan kesan keberadaan bidanag atau warna baru.

Biasanya warna yang bukan termasuk warna primer dibentuk secara visual dengan mendekatkan beberapa warna primer. Metode ini disebut dengan  divisionisme.

Pointilisme juga dapat mengacu pada lukisan satu warna atau hitam dan putih saja. Dan efek dari perbedaan kerapatan titik tersebut dapat menciptakan halusinasi gradasi warna.

Sejarah Teknik Pointilis

sejarah teknik pointilis
sumber : jabar.tribunnews.com

Sebenarnya teknik pointilis bukanlah teknik gambar yang baru, teknik ini sudah lama digunakan, bahkan sudah berkembang sejak tahun 1800an.

Istilah pointilis pertama kali digunakan untuk mendeskripsikan suatu karya seni oleh seniman asal Perancis, Georges Seurat dan Paul Signac dalam mengekspresikan sebuah karya seni dari lukisan impresionis pada masa tersebut.

Kata pointilis sendiri berasal dari kata “Peinture au Point” yang artinya adalah melukis dengan titik merupakan ungkapan yang diberikan oleh kritikus seniman Perancis yang bernama Felix Feneon ketika memberikan ulasan pada karya seni Georges Seurat.

Baca Juga  Pengertian Sketsa Adalah: Jenis, Unsur, Teknik, Fungsi dan Aturan Buat

Sebelumnya Georges pernah menggunakan istilah Divisionlisme atau Kromoluminarisme, hingga pada akhirnya menggunakan istilah Pointilisme.

George memiliki beberapa karya seni lukis yang menggunakan teknik lukis pointilis yang terkenal pada tahun 1884 hingga 1886, diantaranya adalah karyanya yang bernama Un Dimanche a la Grande Jatte.

Jenis Jenis Pointilis

jenis teknik pointilis
sumber : fr.wikipedia.org

Saat ini teknik pointilisme terdapat dua jenis, berikut diantaranya:

Pointilisme Hitam Putih

Merupakan teknik pointilisme yang menggunakan dua warna, yakni warna hitam dan putih untuk menghasilkan sebuah lukisan dengan menyusun titik-titik kecil hingga menghasilkan sebuah gambar atau lukisan yang dinamis, teknik ini memiliki sebutan stippling.

Pointilisme Modern

Pointilisme modern ini banyak digunakan pada gambar yang ada di majalah dan juga koran. Penggunaan teknik ini biasanya juga digunakan pada teknologi TV dan LCD yang dapat menampilkan gambar yang dihasilkan dari sususan titik-titik kecil yang memiliki warna merah, hijau, dan juga biru pada intensitas yang berbeda.

Keuntungan Menggunakan Teknik Pointilisme

keuntungan menggunakan teknik pointilis
sumber: youtube.com

Salah satu keuntungan menggunakan teknik pointilisme adalah, apabila dilihat dari jarah tertentu, maka titik-titik pada lukisan ini akan terlihat saling bercampur dengan titik lainnya.

Pada perkembangannya, teknik pointilisme menjadi salah satu inspirasi teknologi fotografi dan layar warna. Biasanya layar CRT atau LCD warna yang ada juga tidak digabungkan secara langsung.

Namun dengan mendekatkan tiga bintik merah, biru, dan juga warna hijau dengan komposisinya masing-masing sehingga menghasilkan warna baru lainnya.

Baca Juga  TEKNIK PLAKAT: Pengertian, Cara Buat & Contoh Gambarnya Lengkap

Cara Menggambar Menggunakan Teknik Pointilis

cara menggambar menggunakan teknik pointilis
sumber: youtube.com

Dalam membuat gambar menggunakan teknik pointilis, cobalah untuk melakukannya dengan benar dan hati-hati. Supaya hasil karya yang dihasilkan menjadi lebih indah dan menarik.

Nah dalam membuat gambar dengan teknik ini ada beberapa hal yang perlu disiapkan terlebih dahulu, salah satu hal yang penting untuk di persiapkan adalah alat dan bahan-bahannya.

Siapkan Alat dan Bahan

Adapun jenis alat yang digunakan dalam menggambar pointilis adalah sebagai berikut:

  • Buku gambar
  • Pensil atau alat untuk menggambar lainnya
  • Penggaris
  • Rautan
  • Penghapus
  • Cat atau pensil warna

Menentukan Tema Gambar

Setelah semua bahan sudah dirasa cukup dan lengkap, langkah selanjutnya adalah menentukan tema gambar yang akan dilukis. Bagi Anda yang masih pemula disarankan untuk mencari jenis objek atau gambar yang mudah dan sederhana.

Supaya saat menggambar nantinya tidak mengalami hal-hal yang terlalu sulit. Salah satu objek yang mudah untuk digambar adalah buah-buahan.

Membuat Sketsa

  1. Saat membuat sebuah sketsa gambar, sebaiknya gunakanlah pensil 2B. Dan juga dalam membuat sketsa garis jangan sampai terlalu tebal. Ketika sketsa sudah selesai dibuat, buatlah garis-garis didalam objek yang memisahkan bagian gelap terang.
  2. Buatlah titik-titik kecil pada bagian pinggir objek sebagai garis untuk acuan
  3. Gambarlah titik-titik hingga banyak
  4. Semakin banyak titik yang dibuat maka akan semakin terlihat gelap, namun jika jumlah titik sedikit maka akan terlihat renggang dan semakin terang.

Membuat Titik Highlight

Setelah selesai membuat sketsa, kemudian aplikasikan titik titik pada garis objek utama, dan dilanjutkan pada bagian dalam objek.

Caranya adalah sebagai berikut:

  1. Gunakan pensil untuk membuat titik pada sekitar highlight
  2. Buat jarak antara titik satu dengan titik yang lainnya
  3. Hindari titik yang sudah dibuat
  4. Pastikan jika titik tersebut akan menjadi sebuah gambar
Baca Juga  12 Teknik Menggambar (Penjelasan, Contoh dan Gambarnya Lengkap)

Membuat Efek Bayangan

Untuk menjadikan gambar  dari teknik ini supaya menjadi realistis, maka gambar tersebut harus diberi bayangan. Dalam membuat bayangan bisa dengan menggunakan pensil yang tebal dan besar agar memudahkan kita dalam membuat titik-titik kecil yang akan berbentuk bayangan.

Ciri-Ciri Lukisan atau Gambar Pointilis

ciri ciri gambar pointilis
sumber: fineartamerica.com

Teknik pointilis merupakan teknik melukis yang menghasilkan gambar yang bisa dimanipulasi ketidaksensitifan mata bagi orang yang melihatnya dengan detail. Untuk memahami lebih detail mengenai ciri-ciri teknik pointilis, berikut adalah diantaranya:

  1. Memiliki banyak warna warni yang dihasilkan dari berbagai paduan warna yang cerah.
  2. Gambar terlihat seperti titiik titik kecil yang berwarna kuning, hijau ataupun biru ketika dilihat dari jarak yang dekat.
  3. Menggunakan titik titik kecil sebagai warna primer, yang dikombinasikan dengan warna yang menciptakan sebuah ilusi gambar.

Berikut ini adalah video cara menggambar dengan menggunakan teknik pointilis:

Contoh Gambar yang Menggunakan Teknik Pointilis

Untuk lebih mudah memahaminya, berikut ini adalah contoh gambar atau lukisan yang dihasilkan dari teknik gambar pointilis:

bunga pointilis
sumber: gambar-tehnik.blogspot.com

Contoh gambar bunga yang menggunakan teknik gambar atau lukisan pointilis

wajah pointilis
sumber: lukisanku.id

Contoh gambar wajah yang menggunakan teknik gambar atau lukisan pointilis

benda pointilis
sumber: afikrubik.com

Contoh gambar buah dan benda-benda yang menggunakan teknik gambar atau lukisan pointilis

hewan pointilis
sumber: ngertiaja.com

Contoh gambar hewan atau burung yang menggunakan teknik lukisan pointilis

Nah itulah sekilas mengenai teknik pointilis yang bisa saya bagikan. Semoga bermanfaat untuk kita semua 🙂

0
Habiba Hai kenalkan saya Habiba, penulis serta pengelola website gopensil.com ini, dapatkan informasi untuk menambah pengetahuamu hanya di gopensil.com...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *