Habiba Hai kenalkan saya Habiba, penulis serta pengelola website gopensil.com ini, dapatkan informasi untuk menambah pengetahuamu hanya di gopensil.com...

TEKNIK PLAKAT: Pengertian, Cara Buat & Contoh Gambarnya Lengkap

3 min read

teknik plakat

Teknik PlakatApa yang dimaksud dengan teknik plakat? Teknik plakat ialah teknik yang digunakan dalam seni melukis dengan menggunakan cat air, cat akrilik ataupun dengan menggunakan cat minyak dengan teknik sapuan warna cat yang tebal dan kental. Sehingga hasil dari lukisan atau gambar akan terlihat pekat dan menutupi seluruh medianya.

Biasanya teknik ini banyak digunakan oleh para pelukis professional untuk menghasilkan sebuah hasil karya lukisan yang memiliki nilai ekonomis yang tinggi. Teknik plakat sendiri menggunakan media berupa kertas yang biasa digunakan dalam melukis, atau juga menggunakan kanvas dan medium lainnya.

Apa Perbedaan Teknik Plakat dengan Teknik Aquarel?

teknik plakat
credit: ngertiaja.com

Teknik ini memang hampir sama dengan teknik aquarel, yakni sama-sama menggunakan dan memanfaatkan cat cair untuk kegiatan melukisnya. Namun perbedaannya ialah terletak pada teknik melukisnya.

Teknik aquarel yakni sebuah teknik menggambar atau melukis dengan menggunakan cat air dengan goresan warna yang tipis, sehingga menghasilkan sebuah teknik lukisan yang berkesan seperti tembus pandang atau transparan.

Teknik aquarel biasanya menggunakan media cat yang lebih encer dengan tujuan agar menghasilkan sapuan yang tipis dan ringan. Biasanya teknik ini menggunakan media kertas untuk melukis dan menggambar.

Sedangkan teknik plakat adalah sebuah teknik melukis yang menggunakan cat air, cak akrilik, dan juga cat minyak. Namun menggunakan teknik sapuan warna yang lebih ketal dan lebih tebal. Sehingga jenis lukisan atau gambar yang dihasilkan nampak terlihat pekat dan menutupi seluruh bagian media untuk menggambarnya.

Baca Juga  Teknik Aquarel (Pengertian & Cara Membuat Lengkap Dengan Gambar)

Hal-Hal Yang Perlu Diperhatikan Dalam Menggambar Teknik Plakat

teknik plakat
credit: hipwee.com

Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menggambar dengan teknik ini adalah menyiapkan alat, bahan dan hal lainnya.

Menyiapkan Bahan

Bahan yang harus di siapkan dalam penggunaan teknik plakat diantaranya adalah:

  • Cat minyak
  • Cat poster
  • Cat akrilik
  • Cat minyak

Menyiapkan Alat-Alat

Alat yang dibutuhkan dalam melukis menggunakan teknik plakat adalah:

  • Kuas
  • Kanvas

Cara Melukis atau Menggambar Teknik Plakat

Menggambar Teknik Plakat
credit: pendidikan.abi-blog.com

Untuk melukis atau menggambar menggunakan teknik plakat yaitu dengan cara menyapu dengan tebal warna pada kanvas atau media lukis lainnya seperti kertas. Sapuan yang tebal tersebut bertujuan untuk menghasilkan lukisan yang tebal dan dapat menutupi seluruh bagian media kanvas.

Untuk lebih jelasnya bisa melihat video cara melukis dengan teknik plakat berikut ini:

sumber: youtube.com

Unsur-Unsur Melukis dengan Teknik Plakat

Berikut ini adalah beberapa unsur dalam menggambar dengan teknik plakat:

  • Garis
teknik plakat
credit: mudamengajar.or.id

Garis merupakan goresan yang terbentuk dari titik satu ke titik yang lain. Garis terdiri dari berbagai macam bentuk, yakni garis lurus, garis lengkung, garis putus-putus dan garis tidak beraturan.

Setiap bentuk garis tersebut masing-masing memiliki kesan yang bervariasi, hal ini disebut dengan sifat garis, misalnya pada garis lurus yang memberikan kesan kaku tegas dan keras bagi kita yang melihatnya.

  • Bidang
teknik plakat
credit: brilliant.org

Bidang memiliki permukaan yang datar. Sebuah garis yang ujung pangkalnya saling bertemu akan membentuk sebuah bidang, baik bidang geometrik (segitiga, persegi ataupun persegi panjang) dan bidang organik yang berupa garis lengkungan bebas

Baca Juga  Teknik Linear: (Cara Membuat Lengkap Dengan Contoh Gambarnya)

Bidang juga memiliki sifat yang bervariasi sesuai dengan bentuk yang dimilikinya.

  • Bentuk
teknik plakat
credit: desaingrfs.wordpress.com

Adanya sebuah bentuk terjadi melalui penggabungan unsur bidang. Contohnya, sebuah kota terbentuk dari empat sisi bidang yang disatukan.

Kesan dan juga sifat sebuah benda lebih ditentukan oleh nada gelap terang, warna dan juga teksur benda tersebut. Misalnya benda yang memiliki tekstur kasar maka akan memberikan kesan yang berat daripada benda yang memiliki tekstur yang halus.

  • Warna
teknik plakat
credit: nationalgeographic.grid.id

Terdapat 3 jenis warna yang menjadi dasar dari semua warna, yakni warna merah, kuning dan warna biru.

Dari ketiga warna tersebut, maka kita akan dapat menemukan berbagai jenis warna yang berbeda lainnya dari perpaduan ketiga warna tersebut.

Warna mampu memberikan kesan tertentu. Ada warna muda dan tua, warna terang dengan warna gelap dan juga warna redup dengan warna yang cerah.

Warna gelap cenderung memberikan kesan yang berat, namun sebaliknya warna terang akan memberikan kesan ringan.

  • Tekstur
teknik plakat
credit: pixabay.com

Tekstur merupakan permukaan suatu benda. Ada benda yang memiliki tekstur yang halus ada pula benda yang memiliki teksur kasar pada permukaannya. Misalnya kayu yang memiliki tekstur kasar dan tekstur halus yang ada pada kaca, plastik ataupun kertas.

Tekstur pada suatu benda dapat memberikan kesan bobot ringan dan berat suatu benda.

  • Nada Gelap Terang
teknik plakat
credit: ragamseni.com

Benda yang terpancar cahaya, baik secara langsung maupun tidak langsung, akan mamiliki sisi gelap dan ada sisi yang terang. Dalam menggambarkan bentuk benda yang baik, salah satunya adalah ditentukan oleh kelihaian dalam menentukan sisi gelap dan terangnya dengan tepat.

  • Ruang
teknik plakat
credit: interdesain.com

Ruang terbentuk yakni atas dua atau beberapa dinding yang memiliki jarak. Ruang juga dapat diartikan sebagai rongga yang terdapat didalam seni patung.

Baca Juga  TEKNIK DUSEL: (Pengertian Beserta Teknik dan Cara Menggambarnya)

Dialam nyata ruang disebut dengan ruang nyata sedangkan ruang dalam gambar disebut dengan ruang khayalan atau imajinasi.

Contoh Gambar Lukisan yang Menggunakan Teknik Plakat

Berikut ini adalah contoh lukisan yang menggunakan teknik gambar plakat:

teknik plakat

Gambar diatas menggambarkan dua orang yang sedang berjalan bersama-sama seperti halnya sepasang kekasih yang saling berjalan di sebuah jalan di tengah-tengah taman dengan tumbuhan pepohonan yang rindang pada kanan kirinya.

teknik plakat

Pada gambar tersebut, dapat kita lihat lukisan disebuah pantai atau daerah pinggir laut yang terdapat beberapa kapal yang bersandar di pinggir sebuah rumah yang ada di pinggir laut tersebut.

Dapat kita lihat  bahwasanya gambar tersebut dilukis menggunakan teknik lukis plakat.

Pada gambar selanjutnya adalah kumpulan gambar-gambar hewan atau burung yang sedang bertengger, terlihat seperti sedang memperhatikan sesuatu dan menunggunya.

teknik plakat
credit: dictio.id

Pada gambar tersebut, terlihat sebuah pemandangan alam hutan dengan panorama indah gunungnya yang terlihat begitu jauh, dengan lukisan sungainya yang juga sangat jernih, terlihat bagai lukisan nyata.

teknik plakat
credit: organicvolunteers.com

Pada gambar tersebut terlihat tumbuhan pepohonan didalam rindangnya hutan yang tertata rapi dengan variasi warna-warni daun yang berbeda-beda.

Penutup

Nah itulah pengertian seputar teknik menggambar plakat lengkap dengan penjelasannya, cara melukisnya beserta contoh-contoh gambar yang dihasilkannya. Semoga bermanfaat.

0
Habiba Hai kenalkan saya Habiba, penulis serta pengelola website gopensil.com ini, dapatkan informasi untuk menambah pengetahuamu hanya di gopensil.com...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *