12 Teknik Menggambar (Penjelasan, Contoh dan Gambarnya Lengkap)

5 min read

Teknik Menggambar – Pengertian menggambar adalah? Sebelum masuk dalam pembahasan mengenai teknik menggambar, akan lebih baik jika kita memahami terlebih dahulu apa sih yang dimaksud dengan pengertian menggambar?

Menggambar ialah suatu kegiatan dalam membentuk imajinasi, yang dilakukan dengan menggunakan aneka pilihan, salah satunya adalah dengan menggunakan beberapa teknik dan alat.

Menggambar juga dapat kita artikan dengan membuat sebuah tanda-tanda pada sebuah permukaan dengan membuat atau membentuk sebuah goresan dari alat untuk menggambar.

Orang yang menggambar atau melukis biasa disebut dengan pelukis atau penggambar.

Peralatan & Media yang Digunakan Dalam Menggambar

alat untuk menggambar
sumber: kesekolah.com

Dalam menggambar atau melukis tentu kita akan membutuhkan sebuah media dan alat yang kita butuhkan untuk proses menggambar, beberapa alat yang dibutuhkan dalam menggambar diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Pensil grafit
  • Pena
  • Kuas tinta
  • Pensil warna
  • Crayon
  • Pensil konte
  • Spidol

Jika kalian adalah tipe orang yang suka menggambar menggunakan media digital bisa juga menggunakan alat digital seperti stylus dan mouse, sehingga menghasilkan efek yang sama dengan gambar yang dihasilkan dari proses manual.

Sedangkan media permukaan yang paling sering digunakan adalah dengan media kertas, walaupun kalian juga bisa menggunakan media lainnya seperti :

  • Kain
  • Permukaan kayu
  • Dinding, dll.

Selain peralatan diatas yang perlu kalian siapkan untuk menggambar, kalian juga perlu menyediakan alat dan media pendukung lainnya. Misalnya seperti penyerut pensil, kertas pasir, penghapus khusus, chamois, penggaris, larutan fixatif dan selotip yang berguna untuk menggambar efek-efek tertentu.

Selain itu kita juga perlu menggunakan meja gambar untuk mengurangi distorsi dan kesalahan dalam menggambar karena kurang nyamannya tempat atau media gambar yang kita gunakan.

Teknik Menggambar

teknik menggambar
sumber: tokopedia.com

Dalam melakukan proses menggambar atau melukis ada beberapa hal yang perlu kita ketahui, diantaranya adalah teknik dalam menggambar.

Dalam menggambar sendiri ada beberapa teknik yang umum dipakai oleh para pelukis, namun teknik menggambar yang paling sering digunakan oleh para pelukis atau penggambar adalah teknik menggaris, hatching, scribbling, stippling dan blending.

Baca Juga  Pengertian Sketsa Adalah: Jenis, Unsur, Teknik, Fungsi dan Aturan Buat

Teknik tersebut adalah teknik yang ada didalam teknik arsir dalam menggambar. Untuk lebih jelasnya, dalam hal ini saya akan menjelaskan beberapa teknik yang biasa digunakan dalam teknnik menggambar, berikut macam macam teknik menggambar diantaranya ada:

  1. Teknik Menggambar Arsir

teknik arsir
sumber: ngertiaja.com

Teknik menggambar arsir ialah teknik yang menekankan kekuatan pada garis. Teknik arsir dilakukan dengan berulang-ulang, baik dengan arah sejajar ataupun tumpang tindih dan berpotongan.

Hal tersebut dilakukan untuk memberikan kesan gelap terhadap gambar atau objek yang sedang di gambar. Bisa juga dengan menggunakan tekanan yang ringan dan kuat pada beberapa daerah gambar, sehingga menghasilkan kesan gelap dan terang pada gambar.

Berikut ini adalah teknik yang diguakan dalam teknik arsir:

  • Hatching, merupakan teknik melukis yang dilakukan dengan cara menggoreskan pena dalam satu arah.
  • Cross Hatching, merupakan teknik melukis yang dilakukan dengan membuat arsiran silang.
  • Countour Hatching, teknik ini merupakan teknik melukis yang dilakukan dengan cara menggoreskan pena dengan mengikuti bentuk kontur bidang yang akan diarsir.
  • Scumbling, merupakan teknik arsir yang dilakukan dengan membentuk goresan dengan arah bebas.
  • Stippling, adalah teknik arsir yang dilakukan dengan membuat titik seperti pada teknik pointilisme.
  1. Teknik Menggambar Aquarel

teknik aquarel
sumber: pelajarindo.com

Teknik aquarel adalah teknik melukis yang menggunakan media basah, teknik ini dilakukan dengan tujuan untuk menghasilkan warna yang transparan. Teknik aquarel biasa mengguanak media cat cair dan cat akrilik.

Selain itu sebelum masuk pada prose menggambar dengan teknik aquarel, kertas sebagai medianya akan dibasahi terlebih dahulu supaya nantinya cat bisa menyebar dengan baik. Alat yang bagus digunakan untuk melukis dengan teknik aquarel adalah dengan menggunakan kuas.

Teknik yang satu ini membutuhkan kemampuan yang khusus untuk dapat melakukannya dengan baik. Didalam teknik aquarel sendiri terdapat 2 teknik lagi, berikut diantaranya:

  • Wet on Wet, merupakan teknik aquarel yang dilakukan dengan cara menumpuk cat yang masih basah dengan warna cat lainnya.
  • Wet on Dry, merupakan teknik aquarel yang dilakukan dengan menumpuk cat yang sudah mengering dengan warna lainnya.
  1. Teknik Menggambar Siluet

teknik siluet
sumber: bagiinfo.com

Teknik siluet juga bisa disebut dengan teknik bayangan, yakni sebuah teknik membuat gambar dengan menggambarkan keseluruhan dari suatu objek dalam bentuk bidang dan diberi warna hitam.

Teknik siluet sendiri dibagi menjadi tiga jenis yakni sebagai berikut:

  • Siluet Positif, dilakukan dengan memberi warna pada bentuk yang diinginkan. Misalnya kita ingin menggambar maanusia, maka kita memberikan warna pada gambar tersebut.
Baca Juga  Teknik Linear: (Cara Membuat Lengkap Dengan Contoh Gambarnya)
siluet positif
sumber: dictio.id
  • Siluet Negatif, sedangkan untuk teknik siluet negatif adalah gambar yang diberi warna adalah kebalikannya dari siluet positif. Misalnya kita ingin menggambar hewan, maka yang diberi warna adalah daerah yang ada di sekitar hewan tersebut, atau memberi warna pada bagian latar belakangnya saja.
siluet negatif
sumber: dictio.id
  • Siluet Campuran, siluet campuran adalah perpaduan dari gambar siluet positif dengan negatif. Sehingga warna hitam dan putih saling menutup bagian lainnya.
teknik siluet campuran
sumber: dictio.id
  1. Teknik Menggambar Dussel

teknik dussel pada bunga
sumber: ngertiaja.com

Teknik dusel (gosok) merupakan teknik menggambar dengan menggunakan bantuan kapas atau cutton bud. Sebenarnya kita bisa menggunakan jari untuk menggambar menggunakan teknik gambar ini.

Hal tersebut bertujuan untuk memperhalus bagian arsiran yang sudah dibuat dengan cara digosok-gosok. Jenis pensil yang bagus untuk melukis dengan teknik ini adalah dengan menggunakan pensil 2B keatas. Bisa juga dengan menggunakan krayon ataupun konte sebagai alat untuk menggambarnya.

  1. Teknik Menggambar Blok

teknik blok
sumber: herimahendra13.blogspot.com

Teknik blok adalah teknik gambar seperti halnya teknik siluet. Menggambar yang menggunakan teknik ini jarang sekali dijumpai saat ini. Teknik blok lebih menenkankan perwujudan karakter objek yang digambar.

  1. Teknik Pointilisme

teknik pointilis
sumber: gambar-tehnik.blogspot.com

Teknik pointilisme adalah teknik melukis yang menitikberatkan penggunaan titik untuk membentuk sebuah gambar atau lukisan.

Dalam menggambar dengan teknik ini, jumlah titik yang digunakan terhantung dari besar kecilnya ukuran dari gambar yang dibuat, semakin besar objek yang dibuat maka akan semakin banyak pula titik-titik yang diperlukan.

Jumlah titik yang digunakan bisa mencapai ribuan hingga jutaan titik. Titik ini mempengaruhi gelap terangnya suatu objek yang kita gambar, selain titik yang digunakan juga memiliki tujuan agar objek yang digambar berkesa memiliki bentuk 3 dimensi.

  1. Teknik Linear

contoh gambar teknik linear 2
sumber: dictio.id

Teknik linear merupakan teknik melukis yang menggunakan garis lurus ataupun garis lengkung dalam membentuk sebuah gambar.

Untuk memberikan kesan gelap dan terang terhadap sebuah objek yang kita gambar, kita harus menggunakan banyak dan rapatnya kumpulan garis yang terdapat dalam suatu area gambar.

  1. Teknik Plakat

contoh gambar teknik plakat 5
sumber: organicvolunteers.com

Teknik plakat adala teknik yang digunakan dalam menggambar dengan menggunakan cat cair maupun cat poster dalam membuat sebuah gambar.

Teknik plakat menggunakan sapuan warna yang tebal dan akan menghasilkan gambar yang pekat.

  1. Teknik Perspektif

teknik perspektif
sumber: dzargon.com

Teknik perspektif adalah teknik melukis yang digunakan untuk menggambarkan sebuah benda sehingga terlihat wajar dan sesuai dengan yang dipandang oleh mata.

Baca Juga  TEKNIK DUSEL: (Pengertian Beserta Teknik dan Cara Menggambarnya)

Teknik perspektif biasanya memiliki hubungan dengan tata letak horizon, letak benda ataupun jumlah titik hilang. Jumlah titik hilang dalam menggambar menggunakan teknik perspektif bisa berjumlah satu atau dua titik hilang.

Teknik gambar perspektif satu titik hilang dipakai untuk menggambarkan sebauh objek yang nampak frontal atau pandangan pelukisanya tegak lurus pada bidang objek yang sedang di gambar.

Sedangkan pada teknik perspektif dua titik hilang digunakan untuk menggambarkan sebuah objek dari salah satu bagian sudutnya.

  1. Teknik Sketsa

teknik sketsa
sumber : vidio.com

Teknik melukis atau menggambar sketsa adalah teknik yang dilakukan dalam menggambar dengan membentuk gambaran awal terlebih dahulu, atau membentuk pola dasar dari gambar yang ingin dilukis. Sketsa dibuat dengan menggunakan garis kontur atau kontruksi bentuk supaya proporsional.

Teknik menggambar sketsa banyak menggunakan media kering, misalnya menggunakan pensil hitam ataupun menggunakan pensil warna.

  1. Teknik Komposisi

teknik komposisi
sumber: mahirfotografi.com

Teknik komposisi adalah teknik yang dibutuhkan dalam menggambar ataupun melukis, dengan tujuan untuk menyusun suatu benda dengan benda lainnya supaya susunannya menjadi selaras dan seimbang serta memenuhi struktur artistiknya.

Teknik ini bisa kita gunakan apabila objek yang digambar memiliki jumlah yang banyak dan memiliki bentuk dan jenis yang berbeda-beda.

Dalam menggunakan teknik ini kita membutuhkan ketepatan dalam mengatur posisi objek agar terlihat indah dan mudah untuk melakukan proses menggambar dan melukis. Dan jangan lupa untuk meletakkan bagian objek yang lebih tinggi dibagian belakang dan bagian depan di isi dengan objek yang paling pendek.

  1. Teknik Pencahayaan

teknik pencahayaan
sumber: karisma-seni.blogspot.com

Teknik pencahayaan memiliki fungsi untuk memberikan kesan tiga dimensi pada objek yang digambar. Adanya penyinaran cahaya dapat menimbulkan kesan gelap terang .

Teknik ini dapat didapatkan dengan mengarsir bagian gambar dengan arsiran yang tebal dan tipis. Jika objek ingin diberi kesan cahaya maka gunakan arsiran tipis, sebaliknya jika objek yang ingin diberi kesan gelap maka arsiran yang ada di daerah tersebut harus dipertebal.

Dalam meggambar dengan teknik pencahayaan ini juga harus diperhatikan cahaya datang dari sudut tertentu, sehingga bayangan yang diberikan nampak jelas dan rapih.

Penutup

Nah itulah artikel mengenai teknik menggambar yang bisa saya share, jangan lewatkan pula artikel lainnya seputar teknik menggambar yang ada di blog ini, sekian terima kasih semoga bermanfaat

 

 

0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *