Teknik Linear: (Cara Membuat Lengkap Dengan Contoh Gambarnya)

1 min read

Apa yang dimaksud dengan teknik linear dalam menggambar? Teknik linear adalah cara menggambar suatu objek gambar dengan garis. Sebagai unsur yang paling menentukan, baik menggunakan garis lurus ataupun menggunakan garis melengkung.

Teknik ini hampir sama dengan teknik arsir, teknik arsir adalah cara menggambar dengan garis sejajar atau menyilang untuk menentukan gelap terang suatu objek gambar sehingga tampak seperti gambar tiga dimensi. Lalu apa perbedaannya antara teknik linear dengan teknik arsir?

Perbedaan Teknik Menggambar Linear dengan Teknik Arsir

teknik gambar linear
sumber: reizkyrismawan07.blogspot.com

Perbedaannya dengan teknik linear adalah, tekni arsir lebih menekankan pada kekuatan garis atau stroke, yang dilakukan secara berulang-ulang secara sejajar maupun tumpang berpotongan, hal tersebut dilakukan untuk memberikan kesan gelap pada objek gambar.

Atau juga bisa dilakuan dengan sejajar dengan memperhatikan kerapatannya saja, jika dilakukan dengan rapat maka akan menyebabkan  kesan gelap dan sebaliknya. Sedangkan linear ialah suatu cara yang digunakan dalam menggambar dengan garis sebagai unsur yang paling menentukan, baik garis lurus maupun garis melengkung.

Cara Membuat Gambar dengan Menggunakan Teknik Linear

Nah berikut ini adalah contoh sederhana tentang bagaimana menggambar dengan menggunakan teknik gambar linear.

sumber video : youtube.com

Dari video diatas, jika Anda ingin menggambar bisa dengan menggunakan atau mencontoh gambar yang lebih mudah supaya tidak terlalu sulit, apalagi jika Anda masih belajar pertama kali dalam menggambar.

Namun teknik yang digunakan ini merupakan teknik yang sangat mudah untuk ditiru, Jadi Anda tidak perlu khawatir tidak bisa, karena caranya sangat mudah.

Baca Juga  Teknik Aquarel (Pengertian & Cara Membuat Lengkap Dengan Gambar)

Contoh Gambar Teknik Gambar Linear

Teknik linear dalam menggambar bentuk adalah cara menggambar sebuah objek dengan garis sebagai unsur yang paling menentukan, berikut ini adalah contoh gambar yang menggunakan teknik menggambar linear.

contoh gambar teknik linear 1
sumber: dictio.id

Terlihat dengan jelas pada contoh gambar tersebut, teknik gambar yang digunakan adalah menggunakan teknik gambar linear.

Dengan bentuk gambar yang dihasilkan dan di bentuk dari perpaduan gambar garis lurus dan garis lengkungan yang dibentuk serupa menciptakan kreasi gambar sesuai yang di inginkan.

 

contoh gambar teknik linear 2
sumber: dictio.id

Seperti yang terlihat pada gambar yang pertama, pada gambar yang kedua ini, teknik yang digunakan juga termasuk menggunakan menggambar linear yang dalam gambar tersebut, terlihat bahwasanya gambar yang ada dibentuk dan dihasilkan dari berbagai macam garis, baik berupa garis lurus maupun garis lengkung.

Penutupan

Itulah teknik menggambar linear yang bisa saya bagikan, sebenarnya ada banyak sekali jenis dan macam-macam teknik menggambar yang ada.

Mulai dari cara yang mudah hingga kepada cara yang paling sulit, Jika Anda ingin memahami teknik menggambar yang lainnya Anda juga bisa membaca artikel mengenai teknik menggambar lainnya yang ada di blog ini.

Selain menggunakan teknik linear dengan menggunakan pensil atau yang sejenisnya, ada pula teknik gambar yang menggunakan cat air, teknik tersebut biasa disebut dengan teknik aquarel.

Sekian terima kasih, semoga bermanfaat.

0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *