Habiba Hai kenalkan saya Habiba, penulis serta pengelola website gopensil.com ini, dapatkan informasi untuk menambah pengetahuamu hanya di gopensil.com...

TEKNIK DUSEL: (Pengertian Beserta Teknik dan Cara Menggambarnya)

1 min read

teknik dusel

Teknik Dusel – Dalam menggambar terdapat beberapa teknik yang diterapkan, misalnya adalah teknik menggambar sketsa, teknik arsir, teknik pointilis dan salah satunya ialah menggunakan teknik dusel.

Yang dimaksud dengan teknik dusel ialah sebuah teknik menggambar yang dilakukan dengan cara menggoreskan pensil lunak pekat, biasanya menggunakan pensil 4B diatas media yang dikehendaki.

Kemudian hasil goresan tersebut digosok dengan menggunakan tangan ataupun alat lainnya seperti tisu, menyesuaikan dengan bentuk yang dinginkannya. Sehingga dapat menghasilkan gambar atau bentuk seperti sebuah bayangan.

Teknik dusel juga bisa masuk kedalam salah satu teknik arsir yang bisa dipakai pada beragam jenis bentuk gambar, untuk menghasilkan warna yang khas yang tidak dapat dilakukan dengan cara mengarsir menggunakan cara yang konvensional.

Langkah-Langkah Cara Menggambar dengan Menggunakan Teknik Dussel

teknik dusel
credit: 199jobs.com

Sebelum melakukan proses menggambar menggunakan teknik dusel ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, yang paling penting ialah menyiapkan alat untuk menggambarnya. Nah apa saja yang dibutuhkan dalam menggambar dengan teknik dusel?

Baca Juga  TEKNIK POINTILIS: Pengertian, Sejarah, Jenis, Ciri dan Cara Gambar

Mempersiapkan Bahan dan Alat

  1. Siapkan kertas gambar
  2. Penggaris
  3. Pensil 2B atau 4B yang tebal pokoknya
  4. Stip

Setelah semua bahan diatas sudah dipersiapkan saatnya memulai menggambar, berikut ini adalah cara dalam menggambar menggunakan teknik dussel:

Cara menggambar dengan teknik dussel

  1. Buatlah garis pinggir atau outline pada kertas gambar yang sudah disiapkan sebelumnya.
  2. Setelah itu buatlah gambar sketsa objek yang akan digambar, misalnya ingin menggambar sebuah pemandangan, pepohonan atau gambar dengan objek lainnya, bisa juga wajah manusia atau hewan.
  3. Langkah ketiga yakni, goreskan pensil dengan cara dimiringkan atau direbahkan pada seluruh objek gambar.
  4. Setelah itu, berikan efek gradasi dengan menggunakan stip pada objek yang sudah digambar menggunakan teknik dussel ini.
Baca Juga  Teknik Linear: (Cara Membuat Lengkap Dengan Contoh Gambarnya)

Kurang lebihnya seperti itulah langkah-langkah dalam membuat gambar dengan teknik dussel, nah untuk memudahkan dalam memahami dan agar lebih mudah untuk mempraktekkannya, berikut ini adalah video cara menggambar teknik dussel.

Cara Membuat Gambar dengan Menggunakan Teknik Dusesl

teknik dusel
credit: nitisaratv.blogspot.com

Berikut ini adalah beberapa kumpulan video cara menggambar dengan menggunakan teknik dusel, dengan beberapa jenis objek gambar yang berbeda-beda:

Cara Menggambar Menggunakan Teknik Dussel

Video diatas menjelaskan dan memberikan contoh bagaimana membuat gambar dengan teknik dussel dengan baik dan benar. Selain bisa diterapkan pada gambar untuk benda-benda, teknik ini bisa juga diterapkan pada gambar lainnya, misalnya pada pemandangan dan wajah manusia. Seperti yang ada pada teknik dussel pada video dibawah ini

Baca Juga  12 Teknik Menggambar (Penjelasan, Contoh dan Gambarnya Lengkap)

Menggambar Pemandangan Dengan Teknik Dussel

Dalam video tersebut, meruapakan tata cara menggambar teknik dusel yang diterapkan pada gambar jenis pemandangan.

Menggambar Wajah Dengan Teknik Dusel

Selain dapat diterapkan pada gambar pemandangan, teknik ini juga dapat diterapkan pada jenis gambar lainnya, salah satunya adalah pada objek wajah manusia.

Contoh Gambar Teknik Dussel

Berikut ini adalah contoh-contoh gambar yang dihasilkan dari lukisan yang menggunakan teknik dussel:

teknik dusel
credit: pelajarindo.com

Gambar diatas merupakan contoh gambar buah yang menggunakan teknik dussel

teknik dusel
credit: pelajarindo.com

Contoh gambar bunga yang menggunakan teknik dussel

teknik dussel pada benda lainnya
sumber: docplayer.info

Contoh gambar lainnya yang menggunakan teknik dussel

Nah itulah pengertian teknik dussel beserta cara membuatnya, lengkap dengan bahan dan alat yang dibutuhkan untuk membuatnya, semoga bermanfaat untuk kita semua, terima kasih.

0
Habiba Hai kenalkan saya Habiba, penulis serta pengelola website gopensil.com ini, dapatkan informasi untuk menambah pengetahuamu hanya di gopensil.com...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *