Habiba Hai kenalkan saya Habiba, penulis serta pengelola website gopensil.com ini, dapatkan informasi untuk menambah pengetahuamu hanya di gopensil.com...

Teknik Aquarel (Pengertian & Cara Membuat Lengkap Dengan Gambar)

3 min read

Teknik Aquarel – Apa yang dimaksud dengan teknik aquarel? Teknik Aquarel adalah teknik yang dipakai dalam melukis yang memanfaatkan cat cair atau aquarel dengan sapuan warna yang tipis sehingga gambar yang dihasilkan nampak berkesan transparan atau tembus pandang.

Teknik menggambar dengan cat air ini cenderung menggunakan jenis cat yang encer, dengan tujuan agar hasil sapuan yang dihasilkan memiliki tekstur yang tipis dan ringan.

Dalam menggambar dengan teknik ini media yang digunakan adalah menggunakan kertas lukis. Teknik ini juga banyak diterapkan di sekolah-sekolah , yakni menggunakan cat air dan media kertas gambar sebagai tempat atau kanvasnya.

Pengertian Aquarel atau Cat Air

teknik aquarel
credit: ngertiaja.com

Cat air atau yang lebih populer dengan sebuatan aquarel adalah sebuah medium  lukisan yang memakai pigmen dengan pelarut air yang memiliki sifat transparan.

Walaupun medium permukaannya bisa menggunakan media yang bervariasi, akan tetapi media yang sering dipakai adalah media kertas. Selain kertas, bisa juga menggunakan papyrus, kulit, kain, kayu dan juga menggunakan kanvas.

Pada umumnya teknik aquarel ini dipakai adalah karena sifat transparansinya. Salah satu medium yang memiliki sifat transparan namun tidak bersifat menutup adalah dengan menggunakan Gouache.

Hasil yang diberikan dengan menggunakan teknik lukisan cat air ini pun biasanya memiliki sifat yang sangat ekspresif atau juga sebaliknya yaitu impresim, tergantung dari jenis teknik yang digunakan.

Baca Juga  TEKNIK PLAKAT: Pengertian, Cara Buat & Contoh Gambarnya Lengkap

Macam Teknik Gambar Yang Digunakan Dalam Teknik Aquarel

Ketika menggambar atau melukis dengan teknik aquarel, ada dua jenis cara yang bisa dilakukan untuk menghasilkan lukisan dan gambar yang bagus, berikut adalah macam-macam teknik yang digunakan:

  • Teknik Wet on Wet
teknik aquarel
credit: abbeart.blogspot.com

Teknik wet on wet adalah teknik melukis aquarel dengan cara yakni menumpuk cat yang masih basah dengan cat berwarna lainnya atau juga bisa menggunakan jenis cat yang memiliki warna yang lebih gelap. Sehingga semua warnanya tercampur dan membentuk gradasi warna atau memiliki nuansa.

Cohtoh dari hasil melukis aquarel teknik wet on wet adalah seperti gambar dibawah ini:

  • Wet on Dry
teknik aquarel
credit: abbeart.blogspot.com

Teknik wet on dry adalah teknik melukis aquarel yakni dengan cara menumpuk cat yang telah mengering dengan warna yang lainnya. Sehingga dapat menghasilkan warna tepi kuasan cat yang tajam.

Contoh gambar yang menggunakan dari teknik wet on dry adalah sebagai berikut:

Alat dan Bahan yang Digunakan Untuk Melukis Teknik Aquarel

teknik aquarel
credit: ngertiaja.com

Dalam melukis dengan menggunakan teknik aquarel, ada beberapa bahan yang dibutuhkan, diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Cat air
  2. Cat akrilik
  3. Cat poster
  4. Cat tembok
  5. Cat besi atau cat kayu
  6. Tinta bak atau tinta Cina
  7. Pastel atau oil pastel
  8. Dan bahan-bahan lainnya (opsional)

Perhatikan juga kalau jenis cat dan juga jenis kertas yang digunakan untuk media menggambar adalah jenis yang berkualitas bagus.

Setelah bahan atau alatnya sudah disediakan, sekarang tinggal bagaimana cara menggambar atau melukis menggunakan teknik aquarel.

Langkah-Langkah Melukis Menggunakan Cat Air dengan Teknik Aquarel

teknik aquarel
credit: notepam.com
  • Menyiapkan Bahan dan Alat
Baca Juga  TEKNIK DUSEL: (Pengertian Beserta Teknik dan Cara Menggambarnya)

Siapkanlah bahan dan alat yang dibutuhkan, (seperti yang telah dijelaskan diatas sebelumnya).

  • Menemukan Gagasan

Sebelum mulai menggambar, pastikan terlebih dahulu, objek seperti apa yang ingin dilukis, agar dalam pengerjaannya bisa lebih mudah dikerjakan karena sudah menemukan objek untuk dijadikan bahan inspirasi.

Bisa juga menentukan objek dengan menggunakan objek pemandangan alam atau lainnya, yang dirasa mampu kita lukis dan terlihat mudah.

  • Membuat Sketsa

Buatlah sketsa global, pembuatan sketsa dilakukan dengan menggunakan pensil tipis-tipis. Hal ini berguna untuk menghindari ketidaktepatan objek gambar.

  • Membasahi Bagian Kertas dengan Air

Basahi media kertas gambar dengan air secukupnya saja menggunakan air. Dan juga campurlah warna yang dibutuhkan untuk melukis sesuai dengan yang dibutuhkan.

  • Menggunakan Teknik Wet on Wet

Untuk lukisan yang menggunakan teknik wet on wet, kuaslah kertas dengan cat sesuai dengan sketsa yang dibuat. Mulai dari warna yang lebih terang, kemudian sebelum cat mengering, langsung ditumpuk dengan menggunakan jenis warna lainnya yang lebih gelap.

  • Menggunakan Teknik Wet on Dry

Jika menggunakan teknik melukis wet on dry, caranya adalah kuaslah kertas menggunakan cat yang sesuai dengan sketsa yang telah dibuat sebelumnya. Mulailah dari menggunakan warna yang lebih terang, ketika cat sudah kering lalu tumpuklah dengan menggunakan warna yang lebih gelap.

  • Mewarnai

Lakukanlah penumpukan cat dengan menggunakan warna lebih gelap jika warna yang di inginkan memiliki kualitas warna yang masih terlalu terang atau kurang gelap, hingga hasil warna yang ada sudah sesuai dengan yang di inginkan.

  • Finishing atau Sentuhan Akhir

Bagian finishing ini sebenarnya sama dengan bagian mewarnai untuk memberikan sentuhan warna yang lebih indah lagi.

Baca Juga  Pengertian Sketsa Adalah: Jenis, Unsur, Teknik, Fungsi dan Aturan Buat

Video Cara Menggambar atau Melukis Menggunakan Teknik Aquarel

Contoh menggambar anggur dengan cat air.

Contoh Lukisan atau Gambar yang Menggunakan Teknik Aquarel

Berikut ini adalah contoh-contoh macam macam gambar yang dilukis menggunakan teknik aquarel

teknik aquarel
credit: abbeart.blogspot.com

Gambar diatas merupakan jenis gambar yang dilukis menggunakan cat air. Gambar tersebut jika kita lihat merupakan gambar bertema rumah yang sederhana yang berada di tengah-tengah hutan atau kebun dengan suasana yang masih asri dan nyaman untuk ditinggali.

Kesan yang dihasilkan dari teknil menggambar menggunakan cat air ini pun dapat menggambarkan bahwa pada latar rumah tersebut seperti habis di guyur oleh hujan, karena terlihat agak basah pada bagian tanahnya.

teknik aquarel
credit: abbeart.blogspot.com

Dapat kita lihat bahwa pada gambar diatas berdiri dua orang yang saling menggayung perahu diatas sebuah danau yang lumayan besar. Dilengkapi dengan pemandangan gunungnya yang terlihat begitu indah dibagian belakangnya yang menambah kesan yang professional dari pelukisnya.

Serta paduan warna yang begitu kaya yang ada pada warna tersebut menambah keindahan dan keasrian yang diberikan didalam lukisan tersebut.

teknik aquarel
credit: abbeart.blogspot.com

Pada gambar diatas, melukiskan sebuah gambar dengan casteel yang besar dan menjulang tinggi, lengkap dengan pemandangan di sekelilingnya yang terlihat berada disebuah hutan dengan beberapa objek gambar manusia yang mengelilinga yang memakai payung hujan.

Pada gambar tersebut, mungkin pelukis ingin menggambarkan suasana masa dahulu, yang dapat dibuktikan dengan gambar cateelnya.

Penutupan

Nah itulah beberapa hal yang membahas mengenai teknik gambar aquarel yang bisa saya bagikan kepada Anda semua, semoga bisa bermanfaat, terima kasih.

0
Habiba Hai kenalkan saya Habiba, penulis serta pengelola website gopensil.com ini, dapatkan informasi untuk menambah pengetahuamu hanya di gopensil.com...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *