6+ Tarian Adat Flores Lengkap Dengan Penjelasan dan Gambarnya

3 min read

tarian adat flores

Tarian Adat Flores – Pulau Flores merupakan salah satu tempat yang kaya dengan destinasi wisata alamnya yang sangat indah. Selain tempat wisatanya yang banyak menarik banyak orang untuk datang dan berkunjung di Flores, ternyata Flores uga memiliki berbagai macam budaya.

Salah satu budaya di Flores ialah Tarian Adat nya yang unik. Selain itu masyarakat Flores yang juga terdiri dari beragam suku, bahasa dan juga budayanya membuat pulau Flores menjadi salah satu hal yang menarik untuk dapat menarik perhatian para traveller, baik lokal ataupun mancanegara.

Oleh karenanya, Pulau Flores sering menjadi salah satu tujuan destinasi wisata yang ada di Bumi Pertiwi Indonesia tercinta ini.

Dengan beragam budaya dan suku yang ada didalamnya, membuat Flores dapat melahirkan kekayaan budaya, salah satunya adalah tarian adat Flores yang unik dan menarik untuk dieksplore. Selain itu masing-masing tempat juga memiliki tarian adatnya masing-masing. Nah berikut ini adalah beberapa tarian yang ada di Pulau Flores:

  1. Tarian Adat Caci dari Manggarai Raya

tarian adat flores

Tari Adat Caci merupakan tarian perang dan juga sekaligus sebagai tari untuk permainan rakyat antara sepasang penari laki-laki yang saling bertarung dengan menggunakan cambuk dan perisai sebagai senjatanya.

Tarian Adat Caci adalah tarian khas yang berasal dari Manggarai Raya yang saat ini sudah terbagi menjadi beberapa wilayah administratif, yakni Kabupaten Manggarai Barat, Manggarai dan Manggarai Timur.

Baca Juga  12 Tarian Banten Lengkap Dengan Penjelasan dan Gambarnya

Biasanya tarian ini akan dilakukan saat masyarakat Flores melakukan syukuran pada musim panen. Tarian Adat Caci juga dimainkan ketika melakukan ritual tahun baru, upaca pembukaan lahan ataupun dalam acara pembukaan upacara adat yang ada di sana.

Tarian adat khas Flores ini diwariskan dari generari ke generasi selanjutnya, sehingga membuat tarian ini tetap lestari dan menjadi salah satu kekayaan budaya yang ada di Indonesia.

  1. Tarian Adat Tea Eku dari Kabupaten Nagekeo

tarian adat flores, tarian tea eku

Tarian khas Pulau Flores selanjutnya adalah tarian Tea Eku dari Kabupaten Nagekeo. Biasanya tarian ini akan dibawakan oleh para penari wanita yang dilengkapi dengan berbagai attribut seperti sapu tangan atau kain yang memiliki ukuran kecil.

Tarian ini berasal dari kata “tea” dan “eku” yang berarti, “tea” yakni sebuah getaran irama dari musik dan juga gerakan kaki dari para penarinya. Kemudian kata “eku” yang artinya adalah lambaian sapu tangan.

Biasanya tarian adat Tea Eku ini akan dibawakan pada kegiatan upaca adat tradisional di Pulau Flores. Tarian ini juga sering di bawakan dalam upaca penyambutan bagi para tamu yang datang, untuk perayaan pernikahan dan juga kegiatan seni dan kebudayaan lainnya.

  1. Tarian Adat Ja’i dari Kabupaten Ngada

tarian adat flores, tari ja'i

Tarian Ja’i merupakan tarian adat Flores yang berasal dari Kabupaten Ngada, tarian ini dibawakan sebagai bentuk rasa syukur dan kegembiraan.

Biasanya tarian ja’i dibawakan dengan beramai-ramai dengan masyarakat dari suku Ngada. Jika semakin banyak masyarakat yang ikut serta dalam mengikuti tarian ini maka suasananya akan semakin terasa hikmat.

Saat ini tarian ini sudah mengalami banyak sekali perkembangan hingga menjadi salah satu pusat perhatian dan sudah dikenal luas oleh masyarakat.

Baca Juga  12 Tarian Banten Lengkap Dengan Penjelasan dan Gambarnya

Saat ini tarian ja’i tidak hanya di bawakan untuk acara ada khusus saja, namun tarian ini juga sering dibawakan pada berbagai macam kegiatan seni dan budaya yang ada disana.

  1. Tarian Adat Gawi dari Kabupaten Ende

tarian adat flores, tari gawi
victorynews.id

Tarian Gawi merupakan tarian adat Flores yang berasal dari Kabupaten Ende, tarian ini merupakan salah satu tarian khas dari suku Ende Lio. Biasanya tarian ini dibawakan sebagai rasa sykur atas segala bentuk nikmat yang diberikan oleh sang pencipta.

Nama tarian ini sendiri berasal dari kata “Ga” yang artinya segan atau sungkan, sedangkan kata “Wi” memiliki arti menarik, sehingga dari penggabungan kedua kata tersebut dapat diartikan dengan menyatukan diri.

Dalam pertunjukannya, tarian ini juga dilakukan secara masal dan beramai-ramai dengan saling bergandengan tangan dan membentuk formasi seperti halnya lingkaran.

Tarian Gawi ini juga sering dibawakan pada acara upacara adat yang ada di Flores, misalnya ketika upacara pengangkatan kepala suku, selesai memanen, pembangunan rumah adat ataupun pada kegiatan lainnya.

  1. Tarian Adat Hegong dari Kabupaten Sikka

tarian adat flores, tari hegong
negerikuindonesia.com

Tarian hegong adalah tarian khas yang berasal dari kabupaten Sikka, biasanya tarian hegong ini dibawakan oleh para penari pria dan wanita secara berkelompok. Tarian hegong biasanya akan di iringi oleh alat musik tradisional yang disebut Gong Waning.

Hegong dalam tarian ini memiliki arti ajakan atau teriakan masyarakat untuk membunyikan gong. Saat gong sudah berbunyi, maka para penari dan masyarakat akan menari dan bergembira.

Pada saat ini tarian ini telah dikreasikan dengan gerakan lainnya, sehingga menambah variasi gerakannya. Formasi tariannya juga semakin beragam  sehingga dikenal dengan istilah tarian Hegong Kreasi, karena telah memiliki banyak kreasi tambahan.

Baca Juga  12 Tarian Banten Lengkap Dengan Penjelasan dan Gambarnya

Selain dibawakan untuk kegiatan upacara adat, tarian ini juga sering ditampilkan dalam banyak jenis acara, misalnya penyambutan untuk tamu yang penting, untuk acara pernikahan dan pentas seni dan budaya lainnya.

  1. Tarian Adat Hedung dari Kabupaten Flores Timur

tarian adat flores, tari hedung
kamerabudaya.com

Tarian hedung ialah tarian adat Flores yang ada didalam masyarakat Adonara, Flores Jawa Timur. Tarian hedung adalah tari perang yang pada saat dahulu dibawakan oleh masyarakat untuk menyambut para pahlawan yang pulang dari medan peperangan.

Tarian ini merupakan tarian yang melambangkan nilai-nilai kepahlawanan dan semangat untuk terus berjuang. Saat ini selain untuk acara pesta adat, tarian Hedung juga sering dibawakan untuk penyambutan para tamu serta dibawakan dalam pembuatan rumah adat, acara pernikahan dan lain-lainnya.


Nah itulah tarian Adat Flores yang dapat saya bagikan, semoga bermanfaat. Untuk sumber referensi kalian bisa lihat disini:

Jangan lewatkan juga artikel tentang tarian banten dan tarian lainnya yang ada diwebsite ini.

0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *