Jenis-Jenis Sandi Pramuka (Pengertian, Contoh dan Manfaatnya)

sandi pramuka

Sandi apa saja yang ada di pramuka? Ada banyak sekali macam-macam sandi didalam Gerakan Pramuka, namun disini saya akan menjelaskan 10 dari sekian jenis sandi yang banyak digunakan didalam Gerakan Pramuka.

Kita tahu, Pramuka saat ini merupakan suatu kegiatan yang diwajibkan bagi pelajar di berbagai sekolah, yang memiliki tujuan untuk sebuah upaya pembentukan karakter pelajar tersebut.

Salah satu hal penting dalam kegiatan Pramuka ialah dapat menghafal jenis jenis sandi Pramuka. Diantara banyaknya macam-macam sandi didalam Pramuka, yang umum dipakai adalah sandi morse, sandi kotak, sandi angka, sandi rumput, sandi napoleon dan jenis sandi lainnya yang masih banyak macamnya.

Tujuan diciptakannya sandi ini adalah ditujukan sebagai alat untuk melakukan komunikasi yang tidak dimengerti oleh lawan, sehingga isi dari komunikasi tersebut tidak akan dipahami oleh lawan.

Pengertian Sandi Pramuka

pengertian sandi pramuka

Didalam Bahasa Sanskerta, sandi memiliki arti “rahasia” atau bisa diartikan “menyembunyikan dan hanya orang yang telah mempelajarinya saja yang mengerti serta dapat menggunakannya”.

Pada awalnya, pemakaian sandi ini dipakai oleh para Pahlawan pada jaman dahulu untuk melakukan komunikasi, sehingga tidak diketahui oleh musuh. Begitupula di masa sekarang ini, adanya kode atau sandi ini juga dimanfaatkan dan dipakai dalam kegiatan militer yang membutuhkan komunikasi rahasia, serta sandi ini juga dipakai untuk kegiatan kepramukaan sebagai media pembelajaran.

Setelah kita membaca mengenai sandi sekilas di atas, tentu keberadaannya sangatlah penting, sehingga kita sebagai anggota pramuka ataupun pelajar perlu mengetahui beberapa jenis sandi tersebut.

Nah berikut ini merupakan 10 jenis sandi Pramuka, yang perlu kita ketahui:

Jenis-Jenis Sandi Pramuka

macam macam sandi pramuka

Jenis sandi ini merupakan sebagian saja dari macam-macam sandi yang ada, berikut diantaranya:

Sandi Morse

sandi morse

Penemu sandi Morse adalah seorang yang berkebangsaan Amerika, bernama Samuel F B Morse. Sandi morse ini disampaikan dengan menggunakan peluit, radio, asap, lampu, telegraf maupun menggunakan arus listrik.

Karena terdiri dari titik dan strip, maka untuk membedakannya digunakanlah perbandingan 1 : 3 (1 menandakan titik, dan 3 untuk strip).

Pada tahun 1837 silam, penggunaan sandi ini masih sangat terbatas yang digunakan dengan menggunakan sistem telegraf, serta baru di terima diseluruh dunia pada tahun 1851. Berikut contoh sandi morse:

sandi morse

Sandi Semaphore

sandi semaphore
credit: mbak-minah.blogspot.com

Jenis sandi yang satu ini biasanya digunakan untuk mengirim dan menerima berita dengan menggunakan bendera, dayung, batang ataupun hanya menggunakan tangan, baik tangan kosong ataupun menggunakan sarung tangan.

Informasi yang didapat akan dibaca melalui posisi tangan ataupun bendera yang digunakan. Walaupun ada yang menggunakan media tangan saja, akan tetapi pada saat ini umumnya sudah memakai bendera yang disebut dengan bendera semaphore.

Pengiriman sandi menggunakan bendera semaphore ini membutuhkan dua buah bendera, masing-masing bendera memiliki ukuran 45 cm x 45 cm. Bentuk persegi pada bendera sandi semphore ini adalah perpaduan dari dua buah segitiga sama kaki yang berbeda warna.

Warna yang dipakai dalam bendera semaphore sendiri dapat bermacam-macam, akan tetapi saat ini warna yang umum digunakan adalah memakai warna merah dan kuning. Warna merah biasanya berada di dekat tangkai bendera (untuk lebih jelasnya silahkan lihat gambarnya dibawah ini).

Sandi semaphore merupakan salah satu keahlian yang harus dikuasai didalam kegiatan Pramuka, nah berikut ini merupakan contoh gambar sandi semaphore:

sandi semaphore

Sandi Rumput

sandi rumput

Sandi rumput merupakan sistem representasi huruf, angka dan tanda baca yang dibuat berdasarkan prinsip dari kode morse. Sehingga untuk dapat memahami kode ini kita harus mengerti kode morse.

Perbedaan antara sandi morse dengan sandi rumput ini terletak pada cara penulisannya. Dimana pada sandi morse, titik dan garis akan diganti dengan rumput kecil dan rumput besar.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah gambaran contoh sandi rumput:

contoh mengerjakan sandi rumput

Sandi Kotak

Sandi kota merupakan salah satu jenis sandi yang paling mudah untuk dipelajari dibandingkan dengan sandi yang ada lainnya. Namun meskipun termasuk jenis yang paling mudah untuk dipelajari, namun tetap aja akan kesulitan, jika kita tidak tahu cara membacanya.

Sandi kotak sendiri terdiri dari 3 jenis, diantaranya:

  1. Sandi kotak I
  2. Sandi kotak II
  3. Sandi kotak III

Dari ke 3 jenis sandi tersebut memiliki rumus yang berbeda pula, namun tidak jauh perbedaannya.

Sandi Kotak I

Sandi kotak yang pertama terdiri dari dua bagian, pada bagian pertama berbentuk kotak yang terdiri dari garis vertikal dan horizontal. Sedangkan bagian keduanya memiliki bentuk seperti tanda silang.

Kedua bagian tersebut di pada setiap kolomnya terdapat dua huruf, berkut ini adalah rumus sandi kotak I:

Cara membacanya:

Contoh:

Sandi Kotak II

Sandi kotak I dengan sandi kotak II hampir sama, hanya saja pada sandi kotak II ini bentuknya lebih sederhana. Jika sandi kotak I memiliki dua jenis bagian, pada sandi kotak II hanya ada satu bagian saja.

Sandi kotak II hanya terbentuk dari garis vertikal dan horizontal, dan pada setiap bagiannya terdapat 3 huruf. Berikut ini adalah rumus sandi kotak II:

Contohnya:

Sandi Kotak III

Sandi kotak III memiliki bentuk yang agak rumit dibandingkan dengan sandi kotak sebelumnya. Berikut ini adalah rumus dari sandi kotak III:

Contohnya:

Jenis Sandi Lainnya

  • Sandi Napoleon
  • Sandi Angka
  • Sandi Kimia
  • Sandi Merah Putih
  • Sandi Koordinat
  • Sandi Udang
  • Sandi Hewan
  • Sandi Jam
  • Sandi Kurung
  • Sandi Braille
  • Sandi AND

Nah itulah jenis jenis sandi dalam Pramuka yang paling sering digunakan. Didalam Pramuka, sandi ini juga memiliki manfaat bagi pembina dalam memberikan pengajaran kepada peserta didiknya, khususnya mengenai bab sandi.

Selain itu manfaat sandi dalam kepramukaan ialah sebagai intermezo supaya tidak jenuh dalam menjalani kegiatan kepramukaan yang sedang berjalan.

Karena pasti ada kalanya para peserta didik akan mengalami kejenuhan dengan materi yang diberikan kepadanya.

Nah materi sandi ini dapat menjadi penghilang kejenuhan peserta didik, karena sifatnya lebih menantang, selain itu karena juga masih ada banyak jenis sandi pramuka lainnya yang lucu, sehingga hal tersebut dapat menjadi salah satu penghibur.

Adapaun manfaat dari belajar sandi Pramuka adalah sebagai berikut:

  1. Sebagai media pembelajaran yang baik untuk para peserta didik, mulai dari pramuka siaga hingga pandega.
  2. Untuk melatih ketelitian, daya ingat serta kecerdasan dan konsentrasi peserta didik.
  3. Untuk melatif peserta didik supaya menjadi lebih bertanggung jawab dan mandiri dalam melakukan pemecahan suatu masalah.
  4. Agar mampu mengenali lebih dalam mengenai Kepramukaan.

Dan beberapa manfaat lainnya yang akan sangat berguna bagi berlangsungnya kepramukaan di Indonesia.

Mungkin itulah pembahasan mengenai sandi yang dapat saya bagikan, sobat jangan hanya terpatok pada jenis sandi yang saya bagikan itu saja ya, karena masih ada banyak lagi jenis sandi didalam kegiatan Pramuka yang perlu sobat ketahui.

Dari saya itu saja, jangan lupa belajar tentang kepramukaan lainnya hanya di Gopensil.com, semoga bermanfaat, Terima Kasih.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like