rumah adat papua

Rumah Adat Papua (Lengkap Dengan Gambar Dan Penjelasannya)

Jika sebelumnya sudah dibahas mengenai Rumah Adat Sulawesi Selatan, pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang rumah adat Papua.

Indonesia adalah negara yang kaya akan keanekaragaman adat dan juga Budayanya yang sudah mendunia. Tiap-tiap daerah di Indonesia memiliki ciri khasnya masing-masing.

Salah satunya adalah di Papua ini yang memiliki bentuk Rumah Adat yang memiliki bentuk yang unik.

Rumah Adat sendiri mempunyai karakteristik yang unik dan juga arsitektur pembangunannya yang indah, Sehingga membuatnya mampu menarik wisatawan mancanegara untuk datang mengunjunginya.

Entah itu sebagai wahana hiburan ataupun untuk tujuan studi penelitian. Papua merupakan salah satu bagian Negara Indonesia yang berada di bagian paling timur. Papua sendiri terdiri dari dua provinsi yakni provinsi Barat dan yang berbatasan langsung dengan Papua Nugini.

Papua adalah salah satu provinsi di Indonesia yang merupakan provinsi paling luas diantara provinsi lainnya. Tidak heran jika hal tersebut membuat Papua mempunyai budaya yang bervariasi pada setiap sukunya.

Keunikan lainnya adalah, dijaman yang semakin berkembang ini Papua merupakan salah satu daerah yang masih menjunjung tinggi budaya dan adat istiadat suku mereka.

Hal tersebut dilakukan untuk menjaga kelestarian kebudayaan suku mereka. Meskipun berbeda dengan kebanyakan suku yang ada di Indonesia, namun Papua sangat menghargai perbedaan antara sesama.

Nah berikut ini adalah contoh rumah adat Papua lengkap dengan foto, keunikan dan penjelasannya secara detail:

Rumah Adat Papua dan Penjelasannya

rumah adat papua dan penjelasannya

Ada beberapa macam jenis mengenai rumah adat yang ada di Papua, berikut ini adalah 5 contoh rumah adat Papua lengkap dengan contoh gambar dan penjelasannya:

  • Rumah Adat Honai
  • Rumah Adat Ebai
  • Rumah Adat Wamai
  • Rumah Adat Kariwari
  • Rumah Adat Rumsram

Rumah Adat Honai

rumah adat papua dan keunikannya

Honai merupakan rumah adat khas Papua, rumah adat ini merupakan salah satu rumah adat khas Papua yang merupakan rumah tempat tinggal bagi suku Dani. Rumah Honai ini dihuni oleh kaum laki-laki.

Kata Honai berasal dari kata “Hun” yang artinya laki-laki, dan “Ai” yang berarti rumah.

Rumah adat honai bisa dijumpai di daerah lembah dan juga pegunungan. Dinding rumah adat honai terdiri dari bahan kayu dan atapnya terbuat dari jerami yang memiliki bentuk kerucut, bentuknya sekilas mirip dengan bentuk jamur.

Rumah adat Honai sengaja dibangun sempit dan tidak memiliki jendela yang bertujuan agar dapat menahan hawan dingin di daerah pegunungan di Papua.

Rumah adat Honai biasanya dibangun dengan ketinggian hanya 2,5 meter saja dan pada bagian tengah rumah adat ini ada sebuah tempat untuk membuat api unggun yang dapat digunakan untuk menghangatkan diri.

Bagi suku Dani dan juga beberapa suku yang mendiami wilayah pegunungan di Papua, Honai sudah dikenal sejak lama di daerah Jayawijaya.

Hingga saat ini rumah adat Honai masih dibangun sesuai dengan tradisi dan kondisi setempat.

Fungsi Rumah Adat Honai

rumah adat papua honai
raparapa.co

Rumah adat Honai memiliki beberapa fungsi, berikut ini adalah fungsi dari rumah adat Honai :

1 Sebagai Tempat Penyimpanan

Selain sebagai tempat tinggal, rumah adat Honai juga dimanfaatkan sebagai tempat untuk menyimpan barang, baik itu peralatan berburu ataupun peralatan untuk perang.

Selain itu rumah adat Honai ini juga merupakan sebagai suatu simbol yang sangat berharga secara suku dan adat di Papua.

2 Sebagai Tempat Penggemblengan

Di Papua anak laki-laki mempunyai peranan penting dalam suku Dani. Dan rumah adat Honai merupakan tempat yang dijadikan sebagai tempat untuk menggembleng para laki-laki untuk menjadi laki-laki dewasa yang dapat melindungi dan memimpin suku.

Mereka akan diajari bagaimana tentang peperangan dan bagaimana malakukan perburuan, supaya kelompok sukunya dapat bertahan hidup dan menjadi suku yang sejahtera

3 Sebagai Tempat Menyusun Strategi

Selain sebagai tempat penyimpanan dan tempat untuk menggembleng seorang laki-laki. Rumah adat Honai juga dimanfaatkan sebagai tempat dalam menyusun sebuah strategi.

Rumah Honai merupakan tempat yang paling baik dalam melakukan penyusunan stratefi perang yang efektif

Filosofi Rumah Adat Honai

rumah adat papua dan keunikannya
country-indonesian.blogspot.com

Selain memiliki banyak fungsi dan sebagai tempat tinggal, rumah adat Honai juga memiliki beberapa filosofi, berikut ini merupakan filosofi rumah adat Honai:

1 Sebagai Pemersatu kelompok

Bentuknya yang bulat dan melingkar merupakan sebuah bentuk yang menjadikan suku Dani agar dapat bersatu sama lain.

2 Sebagai Lambang Kesatuan

Rumah adat Honai juga menjadi dasar bagi suku Dani supaya senantiasa sehati, satu tujuan, dan juga sepemikiran dalam melaksanakan kegiatan sehari-hari.

3 Sebagai Status Harga Diri

Rumah adat Honai juga merupakan sebagai tanda harga diri martabat seseorang dalam suku Dani. Rumah adat Honai tersebut memiliki filosofi menampilkan dan memperlihatkan seperti apakah martabat diri mereka.

Ciri Khas Rumah Adat Honai

rumah adat asal papua
rumahadatistiadat.blogspot.com

Rumah adat Honai ini tidak memiliki jendela dan juga hanya mempunyai satu buah pintu saja.

Rumah adat Honai memiliki tinggi 2,5 meter dan mempunyai ruangan yang sempit yakni sekitar 5 meter.

Bukan tanpa tujuan rumah adat Honai ini dibuat sedemikian, hal tersebut bertujuan untuk dapat menahan hawa dingin di daerah pegunungan.

Pada bagian tengah rumah ini dibuat lingkaran yang berfungsi sebagai tempat untuk membuat api unggun yang dapat digunakan untuk menghangatkan badan.

Rumah adat Honai terdiri dari dua lantai. Pada lantai atas rumah adat ini memiliki fungsi sebagai tempat untuk tidur sedangkan pada bagian bawahnya berfungsi untuk tempat berkumpul dan melakukan berbagai kegiatan lainnya yang dilakukan didalam rumah.

Alas yang dipakai dalam rumah adat Honai adalah rumput yang telah dikeringkan, walaupun memiliki bentuk yang sederhana namun rumah adat Honai ini merupakan rumah adat yang unik dan menarik.

Dibagian paling bawah rumah ini biasanya juga dipakali sebagai tempat untuk menyimpan mumi. Rumah adat Honai juga memiliki fungsi sebagai tempat untuk menyimpan peralatan perang dan juga benda-benda warisan leluhur serta simbol dari adat suku Dani.

Rumah Adat Ebai

rumah adat dari papua adalah
ibnudin.net

Ebai berasal dari kata “Ebe” yang berarti tubuh dan “Ai” yang berarti rumah.

Hal ini dikarenakan perempuan adalah tempat tinggal bagi kehidupan. Rumah adat Ebai dipakai untuk melakukan proses pendidikan untuk anak-anak perempuan.

Para Ibu akan mengajarkan kepada anak-anak perempuan tersebut apa saja yang harus dilakukannya ketika mereka telah menikah nanti ketika sudah dewasa.

Ebai juga merupakan tempat tinggal bagi para Ibu-Ibu, anak perempuan dan anak lak-laki. Tetapi anak laki-laki hanya sementara tinggal di rumah ini, saat mereka sudah beranjak dewasa, maka anak laki-laki akan pindah ke rumah Honai.

Rumah adat Ebai sendiri memiliki kemiripan dengan rumah adat Honai, hanya saja mempunyai ukuran yang lebih pendek dan lebih kecil dibandingkan dengan rumah adat Honai.

Rumah Ebai pada umumnya berada di bagian samping kanan maupun kiri dari rumah Honai.

Rumah Adat Wamai

keunikan rumah adat papua adalah
romadecade.org

Rumah adat Wamai adalah rumah yang dipakai sebagai tempat tinggal para hewan ternak.

Misalnya untuk hewan ayam, babi dan anjing atau hewan ternak lainnya.

Rumah adat Wamai memiliki bentuk persegi namun ada pula yang berbentuk lainnya. Rumah wamai memiliki ukuran yang tidak sesuai alias fleksibel karena ukurannya tergantung dari besar dan juga kapasitas hewan yang ada didalamnya yang dimiliki oleh masing-masing keluarga.

Rumah Adat Kariwari

rumah adat papua beserta keunikannya
docplayer.info

Rumah adat Kaiwari merupakan rumah adat Papua yang dihuni oleh suku Tobati-Enggros yang tinggal di bagian tepi Danau Sentani, Jayapura.

Rumah adat Kariwari ini khusus ditempati untuk laki-laki yang sudah berusia 12 tahun. Dan dirumah ini pula anak laki-laki tersebut diajarkan bagaimana mencari nafkah.

Ditempat ini mereka akan diajarkan bagaimana menjadi laki-laki yang dapat bertanggung jawab, berani dan kuat.

Pendidikan yang diajarkan pada mereka meliputi bagaimana caranya membuat perahu, cara berperang, membuat senjata dan cara memahat.

Bentuk & Struktur Bangunan Rumah Adat Kariwari

Rumah adat kariwari mempunyai bentuk persegi delapan yang mirip dengan limas. Bentuk tersebut dibuat dengan tujuan supaya dapat menahan hembusan angin yang kuat.

Pada bagian atapnya berbentuk kerucut, dibuat kerucut karena menurut kepercayaan suku mereka berguna untuk mendekatkan diri kepada para leluhurnya.

Ukuran dari rumah adat Kariwari berbeda-beda, misalnya tingginya bisa terdiri dari 20 hingga 30 meter.

Rumah ini memiliki 3 lantai yang mempunyai fungsi masing-masing. Biasanya lantai paling bawah dimanfaatkan sebagai tempat untuk belajar remaja laki-laki suku tersebut.

Sedangkan pada lantai kedua dipakai sebagai tempat untuk menyambut tamu atau sebagai ruang pertemuan para pemimpin dan kepala suku dan juga sebagai tempat tidur.

Lantai ketiga digunakan sebagai tempat untuk meditasi dan berdoa.

Bangungan ini memiliki lantai yang terbuat dari lapisan kulit kayu dan dindingnya terbuat dari cacahan pohon bambu, kemudian atapnya terbuat dari daun sagu.

Pada bagian dalamnya juga terdapat kayu besi yang beruna sebagai penopang dan pengikat satu dengan lainnya. Fungsinya ialah supaya atapnya tidak terlepas ketika ada angin yang menerjangnya. Dan pada bagian batang kayunya digunakan untuk menyimpan aneka hasil kerajinan dan alat-alat untuk berperang.

Rumah Adat Rumsram

contoh rumah adat papua
romadecade.org

Rumah adat ini adalah rumah adat dari suku Biak Numfor. Rumah adat Rumsram ditujukan untuk para laki-laki.

Seperti halnya rumaha adat Kariwari rumah ini dipakai sebagai tempat untuk memberi pendidikan kepada anak-anak laki-laki dalam mencari pengalaman hidup dan cara agar menjadi laki-laki yang kuat dan dapat bertanggung jawab sebagai kepala keluarga ketika sudah berumah tangga nantinya.

Bentuk & Struktur Rumah Adat Rumsram

Rumah adat rumsram mempunyai bentuk persegi seperti halnya dengan rumah panggung.

Terdapat beberapa ukiran pada bagian atapnya yang mirip seperti perahu yang terbalik, hal tersebut menandakan bahwasanya mata pencaharian para penduduknya disana berprofesi sebagai nelayan.

Tinggi bangunan ini sekitar 6 hingga 8 meter.

Rumah adat Rumsram terdiri dari dua lantai. Pada lantai pertama bersifat terbuka dan tidak mempunyai dinding.

Lantai pertama berfungsi sebagai tempat untuk mendidik laki-laki tentang cara membuat perahu, memahat dan teknik berperang.

Pada bagian lantai rumah adat Rumsram terbuat dari kulit kayu dan dindingnya terbuat dari pohon bambu yang dicacah.

Rumah adat Rumsram mempunyai dua pintu yang terletak pada bagian depan dan belakang serta beberapa jendela, dan atap dari rumah ini terbuat dari daun sagu.

Penutupan

Nah itulah 5 rumah adat papua yang bisa saya bagikan kepada sobat GOPENSIL, semoga dapat bermanfaat dan bisa digunakan sebagai media penambah wawasan mengenai budaya yang ada di Indonesia ini.

Tentu dengan mengetahui kekayaan budaya yang ada di Negeri Pertiwi ini dapat membuat kita lebih mensyukuri Nikmat yang telah di Berikan-Nya kepada kita semua.

Semoga kita senantiasa bangga atas kekayaan negeri tercinta ini dan mampu menjaga agar budaya kita tetap lestari dan jangan biarkan budaya barat menguasi dan mengambil alih budaya kita, sehingga kekayaan budaya nusantara perlahan menghilang.

Mungkin itu saja, terima kasih telah berkunjung, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *