Pramuka Siaga

Sejak duduk di bangku sekolah dasar, Praja Muda Karana (Pramuka) menjadi salah satu ekstra kurikuler yang sangat disukai. Karena kaya akan ilmu pengetahuan, mengasah keterampilan hingga mengajarkan banyak hal tentang kerjasama. Tingkatan pertamanya dikenal dengan nama Pramuka Siaga yang beranggotakan anak usia sekolah dasar. Apa pengertiannya, materi, yel-yel serta program kerjanya?

Pengertian

pengertian pramuka siaga
credit: kanaan.sch.id

Pengertian umum dari Pramuka Siaga adalah kelompok Pramuka yang beranggotakan siswa dengan usia antara tujuh sampai 10 tahun, dimana nama siaga merupakan perumpamaan dari bagaimana rakyat Indonesia berjuang untuk mempersiapkan kemerdekaan, mereka selalu siaga dan memulainya perjuangan sejak dicetuskannya Boedi Oetomo di tahun 1908.

Dalam Siaga ada tiga tingkatan yang disebut mula, bantu dan tata. Bagian paling kecil dari masing-masing tingkat diistilahkan dengan Barung, yang isinya lima hingga 10 orang dan dipimpin oleh seorang ketua. Beberapa Barung akan disatukan menjadi Barung Utama dengan pemimpin yang dipilih dari beberapa  ketua Barung yang menjadi bagian dari Barung Utama, sebutannya adalah Sulung.

Penanda dari Siaga adalah simbol yang ditempel pada lengan kiri baju seragam sekolah, tepatnya di bawah logo Barung. Jenis simbolnya hanya akan diberikan kepada anggota yang dinyatakan lulus Syarat Keterampilan Umum (SKU).

Materi Pramuka Siaga

materi pramuka siaga
credit: bloranews.com

Ada beberapa materi pelajaran yang diberikan kepada anggota Pramuka tingkatan siaga. Diantaranya adalah pengembangan sosial, pengembangan intelektual, pengembangan spiritual, pengembangan fisik dan pengembangan emosional. Apa saja yang diajarkan pada masing-masing pengembangan tersebut? ini penjelasannya.

  • Sosial

Secara garis besar materinya mengajarkan tentang cara berinteraksi dengan lingkungan, juga bagaimana caranya bekerja sama dan memerankan posisi pemimpin. Untuk tingkatan mula, anggota akan diajarkan mengetahui siapa saja anggota keluarganya, teman satu kelompok Barung dan Perindukan.

Pada tingkat Bantu pengembangan sosial yang diajarkan untuk lebih kenal tentang lingkungannya, aturan bersifat sosial yang terdapat pada lingkungan tersebut. sedangkan untuk tingkat Tata diajarkan tentang cara mematuhi aturan sosial, merealisasikan tugas yang diemban dan diperkenalkan pada wawasan tentang kebangsaan.

  • Intelektual

Memperkenalkan teknologi, mengasah kreativitas adalah materi pada bidang ini. Anggota juga diajarkan bagaimana untuk kritis dalam berfikir dan memahami sebuah kondisi. Untuk tingkat Mula dikenalkan tentang teknologi, serta keterampilan di bidang Pramuka, pada tingkat Bantu diajarkan bagaimana menjalankan teknologi dan keterampilan Pramuka serta menggunakannya.

Sedangkan pada tingkat Tata anggota Siaga dituntut sudah bisa menjelaskan kembali informasi yang sudah didapatkannya tentang Pramuka dan teknologi.

  • Spiritual

Materinya mencakup bagaimana menerapkan prinsip paling dasar dari Pramuka dan Pandu, gunanya adalah sebagai sarana mendalami dan mengkokohkan iman, saleh agar bisa memiliki rasa syukur kepada tuhan yang maha esa.

  • Fisik

Materinya mencakup masalah kesehatan pada tubuh manusia, mulai dari bagaimana masing-masing menjaga dan merawat tubuhnya hingga cinta pada badan sendiri sebagai bagian dari ungkapan terima kasih kepada tuhan. Ini sangat penting sehingga setiap anggota bisa selalu sehat dan terhindar dari penyakit.

  • Emosional

Materinya berkisar pada upaya menguasai beberapa rasa emosi seperti malu, takut, dan suka memberontak. Selain itu juga bagaimana anggota lebih kenal, paham dan bisa merealisasikan bagaimana nilai-nilai dalam Pramuka dengan baik. Mengetahui materi ini sejak dini juga akan membantu membentuk karakter yang baik.

Yel Yel Pramuka Siaga

yel yel pramuka siaga
credit: uniqpost.com

Yel-yel merupakan tarian atau kalimat yang dipakai untuk memberi semangat anggota saat melakukan sebuah kegiatan. Baik itu lomba sesama Barung Pramuka Siaga atau acara lainnya. di Indonesia banyak yel-yel Pramuka yang terbilang unik, menarik, menggelitik dan tentunya kaya makna. Seperti apa contohnya?

  • “Ada sebuah regu dari SD Kedensari, nama regunya Anggrek oke deh, regu lain capek deh!”
  • “Seekor naga yang kuat, punya badan yang kuat, badan yang panjang, terciptalah kelompok Naga!”
  • “Regu Mawar bisa bisa bisa, harus terus semangat kerja keras, untuk dapatkan juara, regu Mawar Go!”

Program Kerja Pramuka Siaga

Program Kerja Pramuka Siaga
credit: tribunnews.com

Program kerja dalam Pramuka adalah kegiatan-kegiatan yang dilakukan dalam rentang waktu tertentu, dan diikuti oleh semua anggota. Biasanya program ini disusun di akhir semester dan mulai direalisasikan pada semester berikutnya. Yang membuat jadwal kegiatan berbentuk program biasanya adalah Pembina yang melibatkan semua unsure dari Pramuka itu sendiri. Berikut ini salah satu contoh programnya.

  • Program Kerja Pramuka Siaga SD A
  • Bidang Acara dan Latihan Anggota
  • Mencapai SKU bagi anggota yang memenuhi persyaratan
  • Memaksimalkan latihan Pramuka Siaga di semua tingkatan
  • Mencapai Syarat Kelulusan Khusus (SKK) bagi yang memenuhi persyaratan
  • Menyelesaukan 10 SKK wajib yaitu agama, sosial, gotong-royong, kemanusiaan dan ketertiban, patriotisme dan seni kebudayaan, serta kesehatan dan ketangkasa.
  • Kemah jarak dekat (Perkemahan Sabtu Minggu)
  • Kemah jarak yang jauh
  • Lomba setiap tingkat
  • Bhakti sosial kemasyarakatan
  • Pendidikan Untuk Dewasa
  • Pembina dan Pembantu Pembina ikut berbagai diklat Pramuka
  • Pembina dan Pembantu Pembina hadiri pertemuan Pramuka

Permainan Dalam Pramuka Siaga

Permainan Dalam Pramuka Siaga
credit: radarbanyumas.co.id

Ada beberapa permainan yang biasa dipakai dalam berbagai acara Pramuka Siaga. Pertama dinamakan rebut rampas, dimana satu regu membentuk lingkaran dengan jarak satu meter. Masing-masing memegang tongkat yang diberdirikan di atas tanah, ketika aba-aba “ya” tongkat harus dilepas, dan anggota di samping kanan harus mampu mengambil tongkat sebelum jatuh ke tanah.

Kedua adalah permainan petani dan pencuri, caranya satu regu membuat lingkaran kemudian seorang anggota ditunjuk sebagai pencuri yang harus berada di luar lingkaran, dan seorang di lingkaran sebagai petani. Lalu sebuah benda diletakkan di dalam lingkaran, pencuri harus bisa masuk menyentuh dan membawa keluar benda dengan selamat dan tidak tertangkap oleh petani.

Ada juga yang namanya loncat berantai, dimana satu regu berdiri berbaris dari depan ke belakang dengan jarang satu lengan kemudian semua membungkukkan badan. Anggota paling belakang melewati semua anggota lain hingga berada paling depan, kemudian membungkuk diikuti anggota selanjutnya melakukan hal sama. Regu pertama menyentuh garis finish adalah pemenangnya.

Kode Kehormatan Siaga

Kode Kehormatan Siaga
credit: tribunnews.com

Kode kehormatan pada Pramuka tingkat Siaga merupakan aturan yang harus ditaati setiap anggota dalam kehidupan sehari-harinya. Ada yang dikategorikan janji dan disebut Satya dan ketentuan moral dinamakan Darma. Satya dan Darma memiliki dua poin, sehingga dikenal dengan sebutan Dwisatya dan Dwidarma.

Dwisatya

Demi kehormatanku, aku berjanji akan bersungguh-sungguh:

  • Menjalankan kewajiban kepada tuhan yang maha esa, negara kesatuan Republik Indonesia dan patuh aturan keluarga
  • Setiap hari berbuat kebaikan

Dwidarma

  • Siaga berbakti pada ayah dan bunda
  • Siaga berani dan tak putus asa

Walaupun mungkin saat ini Anda sudah bukan anggota Pramuka Siaga atau tak pernah jadi anggotanya, dengan informasi di atas paling tidak bisa memberikan tambahan wawasan bagi Anda tentang seluk beluk tingkat siaga pada Pramuka.

Leave a Comment