Pramuka Penggalang

Dalam organisasi Pramuka terdapat beberapa tingkatan sesuai dengan umur anggota, salah satunya adalah Pramuka Penggalang. Banyak hal menarik yang bisa dipelajari dari tingkatan Pramuka yang satu ini, mulai dari apa sebenarnya Penggalang itu, materi apa saja yang diberikan kepada anggotanya, seperti apa contoh yel-yel penyemangat dan apa saja program kerjanya. Mau tahu? Simak informasinya.

Pengertian

pengertian pramuka penggalang
credit: harapanrakyat.com

Dikaji dari segi pengertiannya Pramuka tinggat penggalang adalah julukan bagi anggota Pramuka yang usianya 11 sampai 15 tahun. Mereka yang masuk tingkatan ini sudah melalui beberapa tahapan diantaranya lolos Syarat Kecakapan Umum (SKU) untuk Penggalang yang sudah berada pada tingkat Rakit.

Alasan dinamakan Penggalang karena mengambil istilah pada zaman sejarah Indonesia, ketika lahirnya Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928. Masa itu dinamakan masa penggalangan untuk mencapai persatuan dan kesatuan Indonesia, maka dipakailah kata Penggalang sebagai tingkatan kedua dari Pramuka hingga saat ini.

Ada empat tingkatan Pramuka Penggalang yaitu Penggalang Ramu, Penggalang Rakit, Penggalang Terap, dan Penggalang Garuda. Untuk mencapai tiap tingkatan, anggota harus melalui serangkaian tes SKU dan dinyatakan lulus. Jika tidak lulus maka dalam berbagai acara Penggalang anggota tersebut akan disebut Tamu Penggalang.

Materi Pramuka Penggalang

materi pramuka penggalang
credit: sahabatkeluarga.kemdikbud.go.id

Ada beberapa materi wajib yang harus dipelajari oleh para anggota Pramuka Penggalang, terutama di bidang kesehatan yaitu Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K). beberapa poin penting yang diajarkan adalah :

  • Untuk Pasien Berhenti Bernafas

Saat seseorang mengalami berhenti nafas akibat berbagai pemicu, hal pertama yang harus dilakukan adalah memberikannya nafas buatan, dengan begitu oksigen akan masuk kembali ke paru-paru pasien dan membantu proses pernafasan mulai normal. Urutan langkah yang harus dilakukan yaitu :

  1. Posisikan kepala mendongak dengan posisi dagu naik
  2. Buka mulutnya dengan menarik rahang
  3. Anda bisa mulai memberi nafas buatan dengan meniupkan udara dari mulut Anda ke mulut pasien, pastikan gidung tertutup rapat. Jika diberikan melalui hidung, pastikan mulutnyalah yang tertutup rapat.
  4. Untuk pasien dewasa tiupan diberikan 12 kali dalam rentang satu menit sedangkan anakanak 20 kali dalam satu menitnya.
  • Untuk Pasien Tersengat Listrik
Baca Juga  TINGKATAN PRAMUKA : Siaga, Penggalang, Penegak & Pandega

Siapkan tongkat panjang yang terbuat dari papan kering, lalu pastikan Anda berada di atas alas yang berbahan kain, karton atau kayu. Selanjutnya gunakan tongkat tersebut untuk membuang kabel atau benda penyalur arus listrik yang ada di tubuh pasien. Sambil menunggu pertolongan medis, Anda bisa memberikannya nafas buatan sesuai dengan golongan usia.

  • Untuk Pasien Pendarahan

Hal pertama adalah menutup luka dengan kain kasa steril. Lalu tekan area luka dengan tangan cukup kuat agar darahannya berhenti. Jika sudah berhenti, tutup kembali luka dengan kain bersih yang kering, lalu bersikan sekitar area luka dengan air bersih dan matang. jika pasien banyak mengeluarkan darah dan shock posisikan dia senyaman mungkin hingga pertolongan tiba.

Selain materi di atas, tingkatan Penggalang juga diberikan berbagai materi yang berhubungan dengan sosial, emosional, fisik,agama dan intelektual. Sehingga mereka bisa memiliki jati diri yang baik dan mampu melakukan hal-hal positif dimanapun dia berada.

Baca Juga  Tongkat Pramuka

Yel Yel Pramuka Penggalang

yel yel pramuka penggalang
credit: lilimori.sideka.id

Masing-masing regu dalam semua tingkatan Pramuka biasanya memiliki yel-yel atau slogan yang akan diucapkan atau diperagakan saat acara tertentu. Bahkan seringkali yel-yel ini dijadikan objek lomba untuk melihat kreativitas dari anggota Pramuka. Mau tahu seperti apa yel-yel Pramuka Penggalang?

  1. Aku masuk Pramuka dikarena cinta, mulai dari Pramuka siaga aku suka. Sampai jadi Pembina juga cinta, membela nusa bangsa akupun rela.
  2. Barisan kita gerakan Praja Muda Karana. Barisan kita putra putri Indonesia. Bendera kita tunas kelapa itulah lambangnya, di bawah naungan sang merah putih jaya.
  3. Paramukaido, have ho do yo, Lukadio. Aku tahan sakit sampai masuk rumah sakit, have ho do yo, Lukadio

Program Kerja

program kerja pramuka penggalang
credit: banjarkota.go.id

Masing-masing tingkatan Pramuka memiliki program kerja yang biasanya dilakukan sepanjang satu semester, sama halnya dengan kegiatan belajar-mengajar di sekolah. Masing-masing Gugus Depan mempersiapkan programnya dan wajib melaksanakannya sesuai yang telah disepakati bersama. Berikut ini salah satu contoh program kerja Pramuka tingkatan Penggalang.

  • Bidang Operasional dan Tes Pramuka
  1. Mencapai Syarat Ketentuan Umum (SKU)
  2. Mencapai Syarat Ketentuan Khusus (SKK) di bidang agama, patriotism dan seni budaya, ketangkasan dan kesehatan, keterampilan dan teknik pembangunan, sosial, perikemanusiaan, lingkungan hidup, ketertiban masyarakat, dan perdamaian dunia.
  3. Meningkatkan mutu latihan semua anggota, dari Penggalang Ramu, Penggalang Rakit, dan Penggalang Terap.
  4. Diadakannya Gladian untuk pemimpin rwgu
  5. Diadakan kemah pada hari tertentu seperti Kamis dan Jumat
  6. Diadakan perjalanan jauh atau kemah jauh
  7. Melakukan lomba
  8. Melakukan bakti untuk masyarakat
  9. Mengirim regu pada berbagai lomba di berbagai tingkatan seperti ranting, cabang, daerah atau nasional
  10. Melakukan latihan sistem gabungan dengan gugus lain
  11. Melakukan musyawarah dengan anggota internal gugus depan siaga.
  • Bidang Penelitian dan Pengembangan
  1. Mengirim Pembina pada kegiatan bersifat kursus yang diselenggarakan oleh Ranting atau Cabang Kwartir.
  2. Mengirim Pembina untuk ikut dalam berbagai pertemuan
  3. Menghadiri pertemuan tingkat Gugus Depan
  • Bidang Sarana dan Administrasi
Baca Juga  Tanda Pengenal Pramuka

Memaksimalkan administrasi yang lengkap termasuk sarana yang akan membantu seluruh kegiatan sebuah gugus depan. Kegiatannya adalah:

  1. Menyediakan buku induk
  2. Mempersiapkan stempel
  3. Memastikan tersedianya buku jurnak kegiatan untuk waktu harian atau mingguan
  4. Adanya buku yang berisikan semua administrasi di bidang keuangan
  5. Memastikan adanya daftar dari seluruh inventaris
  6. Menyediakan buku tamu yang harus diisi oleh setiap tamu yang datang ke kantor gugus depan
  7. Mempersiapkan laporan setiap semester
  8. Mempersiapkan tenda untuk kegiatan anggota
  9. Mempersiapkan alat penunjang kegiatan seperti tongkat dan tali

Kode Kehormatan

kode kehormatan pramuka penggalang
credit: jurnalislam.com

Dalam pramuka dikenal kode kehormatan yang wajib dipatuhi oleh semua anggota. Pada tingkat Pramuka Penggalang dikenal Dharma Pramuka yang juga diterapkan pada setiap tingkatan. Poin-poinnya adalah sebagai berikut.

  1. Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
  2. Mencintai alam dan saling mengasihi antar sesama manusia
  3. Menjadi patriot yang memiliki kesopanan dan jiwa satria
  4. Patuh dan suka melakukan musyawarah
  5. Rela menolong siapa saja dan tabah dalam melakukan segala sesuatu
  6. Rajin, terampil dan selalu gembira
  7. Hemat dalam hidul cermat serta bersahaja
  8. Disiplin, berani dan juga setia
  9. Memiliki rasa tanggung jawab dan bisa dipercaya
  10. Memiliki pikiran yang suci begitu juga ucapan dan perbuatan.

Mengenal lebih dekat tentang semua seluk beluk Pramuka Penggalang memang membuat Anda berdecak kagum. Karena di usia muda anggota sudah diberikan pelajaran yang sangat baik untuk menunjang pembentukan karakternya. Wajar jika sampai saat ini Pramuka tetap jadi bagian penting dalam proses belajar di sekolah hingga perguruan tinggi.

Leave a Comment