Pramuka Penegak

Pramuka Penegak – Kalau sebelumnya Anda sudah mengenal Pramuka Siaga dan Penggalang, sekarang saatnya lebih dekat dengan tingkatan Pramuka Penegak. Ada yang bilang bahwa tingkatan paling tinggi, namun sebenarnya dalam Pramuka banyak tingkatan lain yang memiliki aturan dan ketetapannya masing-masing. Apa sebenarnya Penegak, apa saja materi yang diajarkan, Simak dalam informasi berikut!

Pengertian

pengertian pramuka penegak
credit: mamhtroso.com

Pramuka tingkat penegak memiliki arti sebagai anggota Pramuka yang usianya antara 16 tahun hingga 20 tahun. Nama penegak diambil dari simbol berdirinya Indonesia sebagai negara merdeka sejak 17 Agustus 1945. Penegak juga berarti sebuah keberhasilan masyarakat Indonesia menuju kehidupan yang mandiri usai dijajah oleh Belanda dan Jepang.

Pelantikan seorang anggota Pramuka tingkat Penegak akan dilakukan setelah calon anggota mengikuti serangkaian acara yang dilaksanakan gugus penegak tempatnya sekolah. Biasanya acara tersebut dilaksanakan dalam rentang waktu satu bulan, dan calon anggota diberi gelar tamu ambalan. Setelah dilantik barulah dia resmi menjadi anggota penegak.

Ada dua tingkatan dari Penegak, yaitu Penegak Bantara dan Penegak Laksan, dengan bagian terkecil daru masing-masing tingkatan dinamakan Sangga. Biasanya Sangga terdiri dari enam hingga delapan anggota Penegak. Di atas Sangga ada yang namanya Ambalan, yaitu kumpulan dari empat Sangga dan dipimpin oleh Pradana. Nama Ambalan dari masing-masing Penegak sangat beragam.

Materi Pramuka Penegak

materi pramuka penegak
credit: mamhtroso.com

Secara umum materi pelajaran dan penambah wawasan yang diberikan kepada anggota Pramuka Penegak meliputi empat bahasan utama yaitu helpfulness tentang bagaimana anggota Penegak bisa jadi pribadi yang suka menolong sesama dan mendedikasikan dirinya untuk kebaikan. Penjabarannya bisa melalui berbagai kegiatan sosial kemasyarakatan.

Kemudian health, yang mencakup pembelajaran tentang bagaimana menjaga kesehatan sendiri, keluarga dan masyarakat dengan berbagai kegiatan baik yang diselenggarakan oleh Penegak, maupun berkolaborasi dengan organisasi lain. Lalu happiness dimana anggota Penegak harus menebar kebahagiaan bagi banyak orang dan selalu hidup tanpa hal-hal negatif.

Keempat adalah handicraft yaitu materi tentang keterampilan yang harus dikuasai oleh setiap anggota Penegak. Biasanya yang membuat materi adalah Dewa Penegak yang dibantu oleh Pembina sebagai konsultannya.

Program Kerja

program kerja pramuka penegak
credit: medanbisnisdaily.com

Sama halnya dengan tingkatan Pramuka lain, Penegak juga biasanya memiliki program kerja yang disusun bersama. Biasanya dilakukan untuk jangka waktu satu semester dengan jenis kegiatan yang beragam dan pastinya melibatkan semua unsure yang ada di dalam kelompok Penegak tersebut. seperti apa contoh program kerja Penegak?

  1. Kegiatan Wajib

Merupakan kegiatan yang wajib diikuti oleh seluruh anggota penegak, seperti latihan rutin bersama, upacara untuk menerima anggota baru, mengikuti kemah untuk pelantikan calon Penegak, melaksanakan kegiatan ibadah rutin, dan ikut dalam kegiatan bakti yang diadakan di lingkungan sekolah atau kampus serta masyaakat.

  • Kegiatan Rutin

Ada berbagai kegiatan rutin yang biasa dilakukan oleh anggota Penegak dalam setiap semester diantaranya adalah

  • Rapat Pleno : dilakukan untuk mengevaluasi semua program yang dilaksanakan oleh Dewan Ambalan dalam jangka waktu satu tahun, dan menyusun aturan hingga program baru untuk tahun selanjutnya.
  • Rapat Bidang : dilaksanakan oleh masing-masing bidang dalam kepengurusan Pramuka Penegak, untuk menentukan program kerja,apa saja yang harus dilakukan dan bagaimana merealisasikannya dengan baik.
  • Pemberian Materi : Dewan kerja Ambalan memberikan materi tentang Pramuka sesuai dengan literature dari perpustakaan dan pengalaman yang sudah dimiliki anggota dewan tersebut.
  • Ujian Syarat Ketentuan Umum (SKU) Penegak : ujian yang diberikan untuk anggota sesuai dengan syarat dan ketentuan yang ada. Kelulusan ujian ini menentukan apakah anggota tersebut bisa ikut perkemahan Bintara atau tidak.
  • Pemantapan : Mempertegas karakter anggota untuk memiliki sikap disiplin, setia dan berani. Selain itu juga melatih kemandirian
  • Perkemahan Bantara : melantik anggota yang sudah lulus SKU sebaga anggota Penegak yang sebenarnya.
  • Kegiatan Partisipasi

Yaitu kegiatan yang melibatkan anggota Penegak di berbagai bidang seperti sosial dan kegiatan di berbagai daerah. Contohnya adalah :

  • Bakti Sosial yang dilaksanakan di lingkungan sekitar
  • Mengikuti program pembersihan pantai dan sungai
  • Berpartisipasi dalam kegiatan kebersihan lingkungan
  • Menambah wawasan di berbagai kegiatan seperti Unit Bantuan Pertolongan Pramuka (UBALOKA), Pasukan Pengibar Bendera Daerah (Pasperda), Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar (KMD).

Istilah Dalam Pramuka Penegak

istilah dalam pramuka penegak
credit: tribunnews.com

Ada banyak istilah yang dipakai dalam Pramuka Penegak, masing-masing memiliki arti dan fungsi yang sangat penting dalam menjalankan kegiatan.

  • Sangga

Yaitu kelompok paling kecil dari Penegak yang terdiri empat sampai delapan anggota. Ada beberapa jenis Sangga diantaranya adalah Sangga Pelaksana, Sangga Penegas, Sangga Pendobrak, Sangga Pencoba dan Sangga Perintis. Masing-masing ditentukan berdasarkan ujian khusus yang dilakukan secara internal.

  • Ambalan

Merupakan gabungan dari beberapa Sangga dengan maksimal anggotanya adalah 32 orang. Setiap Ambalan memiliki nama tersendiri, biasanya mengambil nama para pahlawan Indonesia, tokoh dari cerita yang melegenda, atau nama tokoh wayang.

  • Pembina

Setiap kelompok dalam Penegak sebaiknya memiliki Pembina. Biasanya Pembina akan dikukuhkan untuk masing-masing Sangga atau Ambalan. Tapi aturan bakunya adalah Pembina kelompok pria haruslah pria, dan Pembina kelompok wanita haruslah wanita pula.

  • Peminatan

Masing-masing anggota boleh memilih lembaga minat sesuai dengan keinginannya. Ada sejumlah peminatan atau Satuan Karya (Saka)  dalam tingkat Penegak seperti:

  1. Saka Dirgantara yaitu minat di bidang kedirgantaraan
  2. Saka Bahari yaitu minat di bidang laut
  3. Saka Taruna Bumi yaitu minat di bidang peternakan, pertanian atau perikanan
  4. Saka Kencana yaitu minat di bidang penduduk dan keluarga
  5. Saka Bakti Husada yaitu minat di bidang kesehatan dan pelayanannya
  6. Saka Wira Kartika yaitu minat di bidang nasionalisme
  7. Saka Bhayangkara yaitu minat di bidang masyarakat dan hukum
  8. Saka Wana Bhakti yaitu minat di bidang kehutanan
  • Dewan Ambalan

Pengembangan kepemimpikan dalam Penegak direalisasikan dengan pembentukan dewan Ambalan, yang dikomandoi oleh Pradana, dan dibantu oleh Penjaga aturan, Bendahara, sekretaris dan anggota. Tugasnya antara lain membuat perencanaan program dan melaksanakannya, menyusun administrasi dari setiap kegiatan.

Dewan Ambalan dipilih dari ketua dan wakil dari Sangga yang masuk dalam sebuah Ambalan, yang diputuskan secara demokratis dan terbuka di hadapan semua anggota Ambalan.

  • Dewan Kehormatan

Merupakan pendamping kerja Dewan Ambalan, yang dipilih dari pimpinan Ambalan yang ada di lingkungan Penegak tersebut. tugasnya adalah menetapkan jadwal pelantikan anggota, siapa yang pantas diberi penghargaan atau siapa yang melanggar aturan. Mereka juga menentukan proses rehabilitasi yang harus dilakukan oleh anggota Penegak,

Dalam tingkatan Pramuka Penegak lebih banyak struktur yang dimiliki, begitu juga dalam hal materi dan kegiatan. Karena anggotanya sudah termasuk dalam kategori remaja hingga dewasa. Namun sejatinya setiap anggota Pramuka tetap memegang teguh kode kehormatan dan menjalankan kehidupan sesuai dengan aturan dan ilmu yang diajarkan dalam organisasi tersebut.

Leave a Comment