Pramuka Pandega

Pramuka Pandega merupakan tingkatan Pramuka ke 4, yakni setelah Pramuka Penegak. Pada umumnya anggota Pramuka Pandega berusia mulai dari 21 hingga 25 tahun. Pandega merupakan peserta didik terakhir didalam gerakan Pramuka setelah Pramuka Penegak.

Istilah Pandega disini memiliki arti yakni “pemuka” atu “ahli”

Kegiatan yang dilakukan didalam Pandega sama halnya dengan yang dilakukan oleh Pramuka Penegak, serta dilakukan secara bersama-sama.

Pembinaan kelompok Pandega dilakukan mulai dari tingkat Gugus Depan (Gudep) dalam satuan yang disebut dengan Racana, serta pada tingkatan Kwartir dapat mengikuti Satuan Karya dan Dewan Kerja.

Satuan Pandega

Pramuka Pandega dihimpun di Gugus Depan dalam satuan yang dijuluki dengan sebutan Racana. Racana merupakan kumpulan dari dua hingga empat reka yang dikelola oleh Dewan Racana yang merupakan anggota racana yang sudah dilantik menjadi Pandega.

Racana sendiri dipimpin oleh seorang Ketua yang dibantu oleh seorang Sekretaris, Bendahara dan juga seorang Pemangku Adat. Selain itu Racana juga dapat membentuk satuan terkecil yang disebut dengan Reka.

Racana sendiri boleh dinamai sesuai dengan nama yang dapat mencerminakan karakter racana. Di tingkat kwartir, Pramuka Pandega dapat bergabung dalam wadah pembinaan Satuan Karya (SAKA) dan juga Dewan Kerja.

Kegiatan yang Dilakukan Pandega

kegiatan yang dilakukan pramuka pandega
credit: pauddikmasdiy.kemdikbud.go.id

Untuk kegiatan yang dilakukan di Pandega sama halnya dengan apa yang menjadi kegiatan di Pramuka Penegak, selain itu kegiatan tersebut sebagian besarnya dilakukan bebarengan.

Berikut ini adalah beberapa kegiatan yang dilakukan oleh Pramuka Pandega:

  1. Melakukan latihan keterampilan Kepramukaan
  2. Melakukan Musyawarah di Dewan Kerja dan juga di Dewan Racana
  3. Mengasah Kemampuan Nalar
  4. Gladian Pimpinan Satuan atau disingkat DIANPINSAT
  5. Raimuna
  6. Kegiatan Perkemahan Wirakarya
  7. Kegiatan Perkemahan Bhakti, merupakan perkemahan yang sama dengan Wirakarya akan tetapi perkemahan ini adalah acara dari Satuan Karya.
  8. Jamboree On The Air dan Jamboree On The Internet.
Baca Juga  Dwi Satya Pramuka (Pengertian, Makna, Arti & Penjelasannya, Lengkap)

Syarat Kecakapan Umum Pandega

syarat kecakapan umum pandega
credit: harian.analisadaily.com

Syarat Kecakapan Umum Pandega atau SKU merupakan satu-satunya SKU dalam satuan Pramuka Pandega. Seorang calon Pandega baru, akan  dilantik menjadi anggota dalam Racana Pandega apabila telah menyelesaikan syarat syarat kecapakan umum (SKU) Pandega. Dan apabila belum menyelesaikannya, maka ia akan disebut dengan “Tamu Pandega”.

Berikut adalah syarat-syarat yang wajib dipenuhi terlebih dahulu:

  1. Rajin dan juga aktif dalam mengikuti latihan Racana Pandega
  2. Mampu memberikan penjelasan mengenai arti Pancasila
  3. Dapat menjadi pembantu Pembina Penggalang atau Pembina Siaga, serta sudah pernah mengikuti Kursus Pembina Mahir Bagian Dasar
  4. Keagamaan (sesuai dengan agama masing-masing).

Kode Kehormatan Pramuka Pandega

kode kehormatan pandega
credit: harian.analisadaily.com

Kode kehormatan Pandega seperti halnya dengan kode kehormatan Pramuka Penegak serta anggota Pramuka Dewasa lainnya.

Kode kehormatan seorang Pramuka terdiri dari Satya Pramuka yang bermakna “Janji” yang disebut dengan Trisatya, dan Darma Pramuka yang bermakna “Ketentuan Moral” yang disebut dengan Dasadarma.

Adapun bunyi dari teks Trisatya dan Dasadarma bagi Pandega adalah sebagai berikut:

Trisatya

Demi kehormatanku, aku berjanji akan bersungguh-sungguh:

  • Menjalankan kewajibanku terhadap Tuhan Yang Maha Esa, Negara Kesatuan Republik Indonesia dan mengamalkan Pancasila.
  • Menolong sesama hidup dan ikut serta membangun masyarkat.
  • Menepati Dasadarma.

Dasadarma

  • Taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
  • Cinta alam dan kasih sayang sesama manusia.
  • Patriot yang sopan dan kesatria.
  • Patuh dan suka bermusyawarah.
  • Rela menolong dan tabah.
  • Rajin, terampil dan gembira.
  • Hemat, cermat dan bersahaja.
  • Disiplin, berani dan setia.
  • Bertanggung jawab dan dapat dipercaya.
  • Suci dalam pikiran, perkataan dan perbuatan.
Baca Juga  Teks Tri Satya Pramuka | Lengkap Dengan Pengertian dan Maknanya

Itulah isi dari kode kehormatan Pramuka Pandega, selengkapnya sobat bisa membacanya pada artikel mengenai Trisatya dan Dasadarma.

Pengorganisasian Pandega

credit: lensafokus.id

Kelompok Pandega merupakan kelompok Pramuka yang dihimpun dalam satuan yang disebut dengan Racana. Idelanya dalam 1 Racana Pandega memiliki 10 sampai dengan 30 anggota Pandega.

Racana juga masih dapat dibagi lagi menjadi beberapa bagian kelompok kecil lainnya yang disebut dengan Reka.

Racana Pandega memakai nama serta lambang yang dipilih sesuai dengan aspirasi para anggotanya, serta mengandung kiasan dasar menjadi sebuah motivasi bagi kehidupan Racana.

Biasanya mereka akan memakai nama-nama tokoh seperti Pahlawan, jenis senjata, nama Kerajaan yang ada dalam Pewayangan maupun didalam Mitos.

Sedangkan untuk Reka biasanya bebas memilih nama yang di inginkan oleh para anggotanya, tentunya masih sesuai dengan minat bersama kelompoknya.

Racana sendiri dipimpin oleh seorang ketua yang disebut dengan Pradana, dan Pradana ini dipilih berdasarkan musyawarah para anggota Racana. Organisasi ini dirancang sesuai dengan organisasi yang ada didalam kehidupan masyarakat umum.

Hal ini dikarenakan umur para anggotanya sudah mampu terjun kedalam kehidupan masyarakat. Didalam organisasi Racana terdapat Dewan Racana Pandega yang memiliki sebutan “Dewan Pandega” dan satu lagi “Dewan Kehormatan”.

Didalam Dewan Pandega juga memiliki struktur organisasi Pramuka yang terdiri dari Ketua Racana yang disebut “Pradana”, Kerani atau Sekretaris, Bendahara, Pemangku Adat atau Penjaga Kode Etik Racana, serta beberapa anggota lainnya.

Sedangkan peran Pembina Racana yakni bertindak sebagai penasehat, pendorong, pengarah, dan juga sebagai pembimbing serta juga memiliki hak untuk mengambil sebuah keputusan akhir. Dewan Pandega ini memiliki tugas diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Merancang sebuah program kegiatan
  2. Mengurus serta mengatur kegiatan
  3. Melakukan evaluasi terlaksananya suatu kegiatan
  4. Melakukan perekrutan anggota baru
  5. Mencari dan mengidentifikasi sumber dana untuk disampaikan kepada Ketua Gudep
  6. Mampu mengelola dana untuk menjalankan program kegiatan
  7. Melaporkan hasil pelaksanaan kegiatan kepada Pembina Gudep.
Baca Juga  Pramuka Penegak

Dewan Kehormatan Pandega merupakan Dewan yang dibentuk dengan tujuan untuk mendampingi Dewan Pandega. Berikut ini adalah tugas-tugas dari Dewan Kehormatan Pandega:

  1. Menentukan pelantikan
  2. Memberikan suatu penghargaan kepada anggota Pandega yang memiliki prestasi
  3. Serta memberikan hukuman kepada yang melanggar kode kehormatannya
  4. Melakukan rehabilitasi anggota Racana Pandega.

Hal – Hal Lainnya Mengenai Pandega

  • Pramuka Pandega biasa disingkat dengan menggunakan huruf “D” serta menggunakan kode warna “Coklat”
  • Upacara didalam ambalan Penegak adalah menggunakan formasi dengan barisan “bershaf” dengan dipimpin oleh Racana disisi paling kanan.

Bentuk barisah bershaf ini mengandung sebuah filosofi yakni terbukanya sebuah pandangan dan pola fikir para Pandega dalam menerima pengaruh yang baik pada lingkungan di sekitarnya.

Arti atau Kiasan Istilah yang ada di dalam Pandega

  • Istilah Pandega memiliki sebuah arti Pemuka atau Ahli. Yang mengandung sebuah filosofi terhadap romantisme perjuangan Bangsa Indonesia dalam menegakkan Kemerdekaan Republik Indonesia yang dilanjutkan dengan masa “Memandegani” pelaksanaan pembangunan di Indonesia.
  • Racana, memiliki arti dasar tiang bangungnan yang dalam bahasa Jawa disebut dengan Umpak
  • Reka, memiliki arti menyusun atau mengatur dan mengarang baik-baik.
  • Pramuka Pandega dan Pramuka Penegak bisa mengikuti dan bergabung bersama dengan Satuan Karya Pramuka, (Saka Wira Kartika, Saka Dirgantara, Saka Kencana, Saka Wana Bakti, Saka Bahari, dan Saka yang lainnya).
  • Pandega dan Penegak juga boleh menjadi bagian dari anggota Dewan Kerja, baik pada tingkat Cabang (DKC), Daerah (DKD) dan juga Nasional (DKN).

Nah itulah pembasan mengenai Pramuka Pandega, semoga bermanfaat, jika ada yang masih bingung silahkan tulis komentar di kolom bawah ini ya. Jangan lewatkan pula artikel bermanfaat lainnya hanya di gopensil.com.

Sumber Artikel :

  • Wikipedia
  • Pramukaria.id

Leave a Comment