plugin wordpress terbaik

12 Daftar Plugin Wajib Untuk WordPress Terbaik (Terbaru 2019)

Hai sobat, Alhamdulillah pada kesempatan kali ini saya masih diberi kesempatan untuk berbagi lagi.

Walau cuman berbagi pengetahuan yang sepele, namun Insyaa Allah dapat bermanfaat, Amiin

Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi mengenai daftar plugin yang perlu sobat instal di wordpress sobat, nggak wajib sih, cuman biar narik perhatian saja judulnya hehe.

Sebenernya ini juga plugin yang disaranin buat sobat yang suka ngeblog. Baik blogger yang hanya cerita ataupun blogger publisher.

Baiklah langsung saja untuk mempersingkat waktu, berikut ini adalah plugin yang menurut saya wajib di instal pada wordpress:

Jetpack

Jetpack merupakan plugin yang wajib di instal di wordpress sobat.

Plugin ini memiliki fungsi sebagai pembantu kita dalam melihat traffic, membuat related post dibawah postingan artikel kita, untuk sosial sharing, backup, security dan beberapa fungsi lainnya.

Jetpack sendiri tersedia untuk gratis dan berbayar. Namun versi gratisnya Insyaa Allah sudah mencukupi fungsinya.

Akismet

Akismet merupakan plugin wordpress yang digunakan untuk mengecek comentar, membuat contact form submission, dan menjaga website kita agar terhindar dari komentar yang berujung spam.

Wp Super Cache

Wp Super Cache merupakan plugin wajib yang berguna untuk mempercepat loading website.

Imsanity

Plugin ini memiliki fungsi untuk meresize otomatis sebuah gambar yang sobat uploud pada wordpress sobat.

Dengan menggunakan plugin ini maka akan semakin menghemat ruang penyimpanan server kita sehingga loading juga lebih cepat.

Autoptimize

Autoptimize berguna untuk menambah kecepatan website sobat dengan mengoptimize js, css, html, google font, gambar dll.

Wordfence

Wordfence berfungsi sebagai tool keamanan website kita, plugin ini berfungsi sebagai firewall, mallware scan, blocking, live traffic, dan juga keamanan login.

Manage Wp Worker

Manage Wp Worker berfungsi sebagai plugin untuk melakukan backup, sehingga jika nanti website kita tiba-tiba crash dan mengalami masalah, maka dapat diatasi dengan bantuan plugin ini.

Plugin ini memiliki versi gratis dan berbayar.

Google Captha

Plugin ini memiliki fungsi sebagai pencegahan spam pada kolom komentar, dengan menggunakan plugin ini Insyaa Allah website kita akan aman dari serangan komentar spam dari robot.

Yoast SEO

Yoast SEO berguna untuk membantu penulisan konten kita untuk menjadi lebih bagus dan lebih SEO friendly. Sesuai dengan namanya, plugin ini berfungsi untuk membantu peningkatan SEO website kita.

Classic Editor (Opsional)

Sebenernya plugin ini opsional, karena wordpress versi terbaru sekarang sudah update dari classic editor ke guttenberg.

Jadi apabila sobat ingin tetap menggunakan editor yang lama, bisa menginstal classic editor, namuan jika sobat suka dengan editor yang baru, ya berarti nggak usah di instal hehe.

Kalau saya sendiri, untuk website pribadi lebih suka guttenberg namun untuk website edukasi dan Adsense lebih suka menulis dengan menggunakan classic editor.

Really Simple SSL (Opsional)

Plugin ini sih opsional, apabila sobat menggunakan hosting VPS dan dikoneksikan dengan menggunakan Cloudflare maka sobat perlu menginstal plugin ini.

Insert Header and Footer

Insert header and footer ini memiliki fungsi untuk memudahkan kita dalam menaruh kode pada bagian header ataupun bagian footer.

Misalnya kita ingin menaruh kode pelacak Google Analytics atau Google Adsense kita bisa memanfaatkan Insert header and footer sebagai cara yang efektif untuk menempatkan kode tersebut.

Penutupan

Nah itulah plugin yang wajib di Install di wordpress bagi saya sih wajib, namun untuk sobat bisa menyesuaikan saja yang paling dibutuhkan yang mana.

Postingan ini juga merupakan sebuah catatan dari pelajaran yang ada di Pesantren Sintesa, sengaja saya post selain untuk berbagi Ilmu juga agar saya ingat plugin apa saja yang wajib di Instal yang direkomendasikan oleh Guru2 kami di Sintesa.

Mungkin sampai disini, terima kasih atas kunjungannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *