Habiba Hai kenalkan saya Habiba, penulis serta pengelola website gopensil.com ini, dapatkan informasi untuk menambah pengetahuamu hanya di gopensil.com...

Pengertian Sketsa Adalah: Jenis, Unsur, Teknik, Fungsi dan Aturan Buat

2 min read

Pengertian Sketsa Adalah: Dalam dunia seni, sketsa memiliki kaitan yang sangat erat dengan seni menggambar dan melukis.

Biasanya sketsa digunakan sebagai salah satu teknik menggambar kerangka ketika akan membuat gambar atau lukisan. Sehingga dengan membuat sketsa terlebih dahulu, dapat meminimalisir terjadinya keselahan dalam menggambar dan melukis.

Nah untuk memahami pengertian atau definisi mengenai sketsa dengan lengkap, berikut ini akan dijelaskan dengan lengkap dan detail.

Pengertian Sketsa

pengertian sketsa
sumber : onlinekarikatur.com

Sketch atau sketsa adalah gambar kasar dan ringan bisa disebut juga dengan gambaran garis besarnya saja dari gambar atau lukisan yang masih belum selesai.

Sketsa juga bisa diartikan dengan “sebuah rencana dari gambar atau lukisan yang akan dibuat”. Jadi sebelum kita menggambar dan melukis, kita akan membuat sketsanya terlebih dahulu. Sehingga ketika nanti mulai menggambar, akan lebih mudah dan lebih cepat.

Sketsa ini memiliki sifat sementara, biasanya sketsa dibuat diatas kertas atau kanvas. Dengan membuat sketsa sebelum menggambar dan melukis, hal ini dapat membantu dan melatih keterampilan dan juga meminimalisir kesalahan yang terjadi.

Jenis-Jenis Sketsa

jenis jenis sketsa
sumber: thegorbalsla.com

Adapun jenis-jenis sketsa dibagi menjadi tiga jenis yakni sebagai berikut ini:

  1. Sketsa gambaran garis besarnya saja

Adalah sketsa gambar yang berupa sebuah garis-garis dengan bentuk yang sederhana tanpa ada rincian. Dalam hal ini gambar yang dibuat sketsa bukanlah hasil akhirnya, namun berfungsi sebagai pola awal dari sebuah gambar yang akan dibuat.

  1. Sketsa cepat

Sketsa cepat adalah sketsa yang menggunakan beberapa garis yang berfungsi untuk menampilkan citra sketsa yang sudah selesai.

  1. Studi sketsa

Studi sketsa ialah jenis sketsa yang berupa coretan yang dilakukan dengan cepat, tidak terlalu rinci namun hanya memberikan bentuk umumnya saja dari gambar yang akan digambar atau akan dilukis.

Baca Juga  TEKNIK PLAKAT: Pengertian, Cara Buat & Contoh Gambarnya Lengkap

Unsur-Unsur Pada Sketsa

unsur unsur membuat sketsa
sumber : obatrindu.com

Adapun beberapa unsur-unsur yang perlu diperhatikan dalam membuat suatu sketsa, berikut adalah diantaranya:

  • Unsur Garis

Garis adalah unsur yang paling utama dalam membuat suatu sketsa. Jenis garis yang digunakan dalam membuat sketsa sendiri misalnya garis lurus dan garis melengkung.

  • Warna

Unsur warna adalah susunan warna pada suatu bidang, selaras atau tidaknya, semua ditentukan oleh bidang-bidang yang diatur menjadi harmonis.

  • Bidang

Unsur bidang disini maksudnya ialah garis-garis yang disusun akan membentuk suatu bidang tertentu.

  • Bentuk

Bentuk ini dihasilkan dari garis yang membentuk suatu bidang, maka akan menghasilkan bentuk yang Anda inginkan dalam membuat sketsa.

Teknik Membuat Sketsa

teknik membuat sketsa
sumber : twitter.com (@Blue_Sketsa)

Dalam membuat sketsa, tentu tidak asal hanya melakukan coret-coret saja, namun ada beberapa teknik yang perlu kita ketahui, diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Teknik Arsir. Teknik arsir merupakan teknik dalam membuat sebuah sketsa yang dilakukan dengan cara mengarsir dengan garis-garis murni.
  2. Teknik Dussel. Teknik dussel adalah teknik dalam membuat sketsa yang cara kerjanya hampir sama dengan teknik arsir. Hanya saja teknik dussel ini memiliki bentuk garis yang diperhalus sehingga sketsa yang dihasilkan terlihat samar-samar.
  3. Teknik pointilis, adalah teknik membuat sketsa dengan menggunakan beberapa gabungan titik-titik menjadi sebuah bentuk dan menghasilkan gelap terang sebuah objek.
Baca Juga  Teknik Linear: (Cara Membuat Lengkap Dengan Contoh Gambarnya)

Fungsi Membuat Sketsa

fungsi membuat sketsa
sumber : apkpure.com

Ada beberapa manfaat yang bisa kita dapat saat membuat sketsa sebelum melukis atau menggambar, beberapa fungsi atau manfaat tersebut diantaranya adalah:

  • Untuk meminimalisir kesalahan yang terjadi saat menggambar dan melukis
  • Untuk memberikan gambaran mengenai tema yang akan kita gambar
  • Untuk dapat mempertajam pengamatan bagi seorang yang akan melukis
  • Untuk meningkatkan kemampuan si pelukis dalam mengkordinasi hasil pengamatan dan juga keterampilan tangaan.

Aturan Membuat Sketsa

aturan membuat sketsa
sumber : vidio.com

Dalam membuat sketsa, tentunya kita juga harus memperhatikan beberapa aturan yang harus dilaluinya. Hal ini memiliki tujuan agar sketsa atau gambar yang sudah jadi memiliki hasil yang maksimal.

Nah untuk itu, penting bagi kita untuk mengetahui aturan-aturan tersebut, berikut adalah aturan-aturan dalam membuat sketsa:

  • Membuat sebuah kerangka gambar
Baca Juga  12 Teknik Menggambar (Penjelasan, Contoh dan Gambarnya Lengkap)

Kerangka gambar biasanya terdiri dari garis vertikal, horizontal dan juga garis lengkung. Jadi dalam membuat sketsa saat hendak menggambar, usahakan ketiga jenis garis ini sudah ada terhadap sketsa kerangka gambar tersebut.

  • Membuat garis sekunder

Garis sekunder ialah membuat kerangka gambar berbentuk persegi ataupun lingkaran secara tipis.

  • Menebalkan garis pada sketsa

Nah langkah terakhir adalah menebalkan garis pada sketsa yang sudah dibuat. Jadi jika sketsa gambar yang dibuat sudah benar, sudah sesuai dengan gambaran dari sebuah gambar atau lukisan yang akan dibuat, maka langkah selanjutnya yakni menebalkannya sehingga terlihat menjadi lebih jelas.

Nah dari pengertian, jenis-jenis dan teknik membuat sketsa yang sudah dijelaskan diatas, bisa kita simpulkan bahwasanya yang dimaksud dengan sketsa adalah gambaran kasar dan ringan. Bisa disebut pula dengan gambaran garis besarnya saja dari suatu gambar yang akan dibuat atau yang masih belum selesai dibuat.

Manfaat membuat sketsa yang paling utama ialah untuk meminimalisir terjadinya keselahan ketikan membuat sebuah gambar atau sebuah lukisan.

Demikianlah tulisan mengenai pengertian sketsa, lengkap dengan cara dan contoh serta gambarnya. Semoga artikel singkat ini dapat bermanfaat bagi kita semua, terutama bagi Anda yang sedang membacanya.

sumber : pengertianku.net (dengan beberapa perubahan dan penambahan gambar)

0
Habiba Hai kenalkan saya Habiba, penulis serta pengelola website gopensil.com ini, dapatkan informasi untuk menambah pengetahuamu hanya di gopensil.com...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *