Pengertian Shalat Sunnah Beserta Macam dan Jenisnya, Lengkap dengan Niat dan Do’anya

Pengertian Sholat Sunnah – shalat sunnah merupakan shalat sunnah selain shalat fardlu (shalat lima waktu, shubuh, dhuhur, ashar, maghrib dan isya’). Dengan kata lain, shalat sunnah adalah shalat yang pernah dikerjakan oleh Rosulullah SAW.

Shalat sunnah ini dikerjakan bertujuan untuk mendekatkan diri kepada Allah serta untuk memperoleh kelebihan dan kesempurnaan dari shalat fardhu yang mungkin ada banyak kekurangannya. Shalat sunnah ini juga dapat di sebut sebagai sholat Tathowu’ yang artinya shalat yang apabila kita kerjakan maka yang mengerjakannya akan mendapatkan pahala dan bila ditinggalkan maka tidak disiksa (tidak berdosa). Nah berikut ini adalah beberapa macam dan jenis sholat sunnah yang banyak sekali macam-macamnya.

Macam-macam Atau Jenis Shalat Sunnah

Sholat sunnah ini tentunya banyak sekali macamnya, selain itu juga setiap sholat sunnah yang dikerjakan guna untuk kebutuhan tertentu. Berikut ini beberapa sholat sunnah yang banyak dikerjakan oleh umat muslim.

Sholat Sunnah Tahiyatal Masjid

Shoalat sunnah tahiyatul masjid merupakan sholat untuk menghormati masjid. Maksudnya ialah mengerjakan sholat sunnah dua rokaat saat memasuki masjid sebelum duduk dimasjid tersebut, sebagaimana sabda Rosulullah SAW berikut ini :

عن ابي فتا دت قال رسول الله صـلى الله وسلم اذا دخل احد كم المسجد قلا يجلس حتى يضلى ركعتين (رواه البخارى ومسلم)

Artinya : “dari Abu Qatadah katanya Rosulullah SAW bersabda: Apakah salah seorang kamu masuk masjid, maka hendaklah shalat dua rakaat sebelum duduk” (H. R. Muslim)

Tata cara sholat tahiyatul masjid ini, dikerjakan seperti halnya dengan mengerjakan shalat sunnah lainnya, perbedaannya hanya terletak pada niatnya saja, nah berikut ini adalah niat dari sholat tahiyyatul masjid.

اصلى سنةتحيةالمسجدركعتين مستقبل القبلة لله تعا لى

Artinya : “Aku niat shalat sunnah tahiyyatul masjid srbanyak dua rakaat dengan menghadap kiblat karena Allah ta’ala” (HR. Muslim)

Shalat Sunnah Tarawih

Sholat sunnahSebagai umat muslim, kita pasti tahu, sholat terawih ini adalah sholat sunnah yang dikerjakan pada bulan puasa saja.

Pengertian Sholat Tarawih

Sholat tarawih merupakan sholat sunnah yang dikerjakan pada saat bulan Romadhon. Hukum dari sholat sunnah tarawih ini adalah sunnah muakkad yang artinya adalah shalat sunnah yang sangat dianjurkan, baik untuk laki-laki maupun perempuan. Mengingat sholat tarawih hanya dikerjakan 1 kali dalam setahun yakni pada bulan Romadhon saja. Sholat sunnah tarawih boleh di kerjakan sendiri atau munfarid ataupun dikerjakan secara berjamaah. Sholat sunnah tarawih juga bisa dikerjakan di dalam rumah, musholla dan juga masjid. Waktu pelaksanaan shalat tarawih ini adalah dikerjakan setelah melaksanakan sholat isya hingga akhir waktunya adalah saat sampai fajar sidiq (ketika waktu masuk subuh).

Mengenai sholat tarawih menurut riwayat ahli hadits, Rosulullah mengerjakan shalat tarawih di masjid secara berjamaah hanya dua kali selama hidupnya, yaitu pada malam tanggal 23 dan 25 pada bulan Romadhon, setelah itu Beliau tidak mengerjakan sholat tarawih secara berjamaah di masjid. Hal ini dikarenakan beliau takut akan diturunkannya wahyu mewajibkannya shalat tarawih di kemudian hari.

Jumlah bilangan sholat tarawih adalah 20 rakaat, sebagaimana yang diamalkan oleh Umar Bin Khattab yang disepakati oleh para ijma’ para sahabat. Sebagaimana dijelaskan dalam hadist Baihawi dengab sanad yang shohih dan hingga saat ini shalat sunnah tarawih 20 rakaat dikerjakan di Masjidil Haram.

عن يزيدابن رمّان قالــ كان النـاس في زمـن عمريقومون في رمضان بثلاث وعشرين ركعة

Artinya : dari Yazid bin Ruman ia berkata “Adalah umat islam mendirikan shalat pada bulan romadhon di zaman Umar Bin Khottob 23 rokaat (HR. Malik)

Dalam pelaksanaan sholat tarawih dengan cara berjamaah sebagaimana kita lihat di tanah air kita adalah mencontoh perbuatan sahabat Umar Bin Khottob. Sebagaimana hadits shoheh riwayat Imam Bukhori dalam bab shalat tarawih :

عن عبدالرحمن ابن عبدي القا ري انّـه قال خرجت مع عمرابن الخطاب رضي الله عنه ليلةفي رمضان الى المسجد فاذاالناس اوزاع متفرقون يصلى الرّجل فيصلى بصلاته الرّهط فقالــ عمر انّي ارى لوجمعت هؤلاء على قارئ واحد لكان امثال ثمّ عزم فجمعهم على ابي ابن كعب ثمّ خرجت معه ليلة اخرى والناس يصلّون بصلاة قارئهم قالــ عمر نعمت البدعة هذه

رواه الخارى

Artinya : Abdurrahman Bin Abdul Qori berkata : Pada suatu malam bulan romadhon aku keluar bersama Umar Bin Khattab mereka pergi kr masjid (Madinah) ketika itu didapati orang-orang berkelompok bercerai berai, seorang shalat sendirian dan seorang yang lain, maka shalat pula beberapa orang mengikuti di belakangnya, maka berkata Umar “Aku berpendapat kalian kukumpulkan mereka itu diatas satu Imam. Tentunya lebih baik (lebih serupa dengan shalat Rosulullah). Kemudian Beliau bertekad melaksanakan kemauannya lalu ia dipersatukan orang-orang berjama’ah kepada Ubay Bin Ka’ab”. Sesudah itu (pada waktu yang lain) aku keluar bersama Beliau, sedangkan orang-orang yang mengerjakan shalat (bermakmum) dibelakang Imamamnya. Berkatalah Umar “ini adalah bid’ah yang paling baik”. (HR Bukhori)

Adapun yang berpendapat shalat tarawih jumlah rakaatnya 11 dengan shalat witir adalah berdasarkan hadits

عن عائشة انّها قالت ماكان النبي صلى الله عليه وسلّم يزيد في رمضان ولا في غيره على احدى عشرة ركعة

Artinya : Dari Aisyah berkata : Nabi Muhammad SAW tidak mengerjakan shalat (shalat sunnat) lebih dari 11 rokaat baik dibulan romadhon maupun di bulan yang lain (HR Bukhori dan Lainnya)

Penjelasan :

  • Hadits diatas shohih diriwayatkan oleh Imam Bukhori
  • Perkataan Ummul Mu’minin (Siti Aisyah) diakui kebenarannya karena memang ucapan beliau tidak diragukan kebenarannya, hanya saja yang menjadi pertanyaan, shalat apakah yang dimaksud beliau, apakah shalat witir, apakah shalat tahajjud, atau shalat tarawih, bila dikatakan sholat tarawih apaakah mungkin karena di dalam hadits tersebut terdapat kata kata (في رمضان ولا في غيره) didalam bulan romadhon dan diluar bulan romadhon. Kata kata tersebut membuktikan bahwa maksudnya shalat itu bukan shalat tarowih karena sholat tarowih tidak ada kecuali pada bulan romadhon.

Praktek Melakukan Sholat Sunnah Tarawih

Melaksanakan sholat sunnah tarawih dapat dikerjakan secara berjamaah maupun dilaksanakan secara sendirian, setiap dua rokaat salam. Berikut ini adalah tata cara dalam melaksanakan sholat tarawih :

  • Niat sholat tarawih jika dilafadzkan adalah sebagai berikut ini اصل سنّة التراويح ركعتين مأموما/امامالله تعالى (Artinya : saya niat shalat tarawih dua rokaat makmum/imam karena Allah).
  • Gerakan sholat tarawih sama dengan shalat fardlu lainnya.
  • Bacaan sholat tarawih sama dengan sholat fardlu yang lainnya.
  • Mengucapkan dalam setiap dua rokaat. jadi setelah melakukan 10 kali salam, berarti sholat tarawih selesai.

Do’a Sholat Tarawih

اللهمّ اجعلنا بالايمان كاملين ولفرا ئضك مؤدّين وعلى الصلوات محافظين وللزّكاة فاعلين ولماعندك طالبين ولعفوك راجعين وبالهدى متمسّكين وعن اللغو معرضين وفي الدنيا زاهدين وفي الاخرة راغبين وبالقضاءراصين وعلى لنّعماءشاكرين وعلى البلاء صابرين وتحت لواء سيّدنا محمّد صلى الله عليه وسلّم يوم القيامة سائرين وعلى الحوض واردين والى الجنّة داخلين وعلى سريرالكرامة قاعدين ومن حورعين متزوّجين ومن سندس واستبرق وّديباج متلبسين ومن طعام الجنّة اكلين ومن لبن وّعسل مّصضّ شاربين باكواب وّاباريق وكأس مّن معين مّع الذين انعمت عليهم من النّبيّين والصدّيقين والشّهداء والصّالحين وحسن اولئك رفيقا ذلك الفضل من الله وكفى بالله غليما وّالحمدلله ربّ العالمين

Artinya : Wahai Allah! jadikanlah kami golongan orang yang sempurna imannya, mengerjakan apa yang yelah Engkau wajibkan, memelihara shalat, menunaukan zakat, mencari anugerah yang disisi Engkau, mengharapkan ampunan Engkau, berpegang teguh pada petunjuk, berpaling dari kesenangan yang menyesatkan, tidak terlalu senang kepada dunia, dan senang kepada akhirat, dan rela terhadap suatu kepastian, bersykur terhadap kenikmatan, sabar terhadap cobaan, dan pada kiamat nanti berjalan dibawah panji panji junjungan kita Nabi Muhammad SAW diatas telaga yang sejuk, masuk kedalam surga, duduk diatas tempat duduk kemuliaan, dan beristrikan bidadari yang cantik, memakai pakaian sutera, tipis dan tebal serta memakai berbagai pakaian yang serba bagus, memakan hidangan surga, minum susu dan madu asli lagi jernih dengan gelas, ceret dan tempat lainnya dari mata air yang tak pernah berhenti bersama sama mereka yang telah Engkau beri nikmat, mereka dari golongan para Nabi, para Shiddiqin dan orang orang syahid serta orang orang shalih, mereka itu adalah sebaik baik teman, demikian itu kemurahan dari Allah, dan Allah Maha Cukup lagi Maha Mengetahui, dan segala Puji Allah Tujan Semesta Alam.

Shalat Sunnah Witir

Pengertian sholat witir

Sholat witir adalah sholat sunnah yang jumlah rokaatnya berjumlah ganjil. Sholat sunnah witir dikerjakan pada waktu malam yakni setelah sholat isya’. Sholat witir boleh dikerjakam dengan bilangan rokaat satu, tiga, lima, tujuh, sembulan dan yang paling bangak adalah sebelas.

Hukum Mengerjakan Sholat Witir

Hukum mengerjakan sholat sunnah witir adalah sunnah Muakkad, yang artinya sangat dianjurkan. Sebagaimana sabda Nabi Muhammad SAW :

عن عليّ كرم الله وجهه قالــ : الوتر ليس بحتم كصلاةالمكتوبة ولكن سنّ رسول الله صلى الله عليه وسلّم قال انّ الله وتر يحب الوتر فاوتروايااهل القران

Artinya : Dari Ali ra berkata, Shalat witir itu bukan wajib sebagaimana shalat lima waktu tetapi Rosulullah SAW telah menyunatkannya dan bersabda “Sesungguhnya Allah itu witir (Esa) dan suka pada witir, maka shalat witirlah wahai ahli Quran. (HR Abu Daud dan Tirmidzi)

عن عائشة كان اانّبيّ صلى الله عليه وسلّم بين ان يفرغ من صلاة العشاءالى الفجراحدى عشرة ركعة يسلّم بين كلّى ركعتين ويوتر بواحدة

Dari Aisyah bahwasanya Nabi SAW shalat diantara shalat isya’ sampai terbit fajar sebelas rokaat. Beliau memberi salam tiap tiap dua rokaat dan yang penghabisannya satu rokaat (HR Bukhori Muslim)

Doa Setelah Melaksanakan Sholat Tarawih dan Witir

اللهمّ تقبّل منّا صلاتنا وصيا منا وقيا منا وتخشّعنا وتضرّعنا وتعبّدنا وتمّم تفصيرناء ولا تضرب بها وجو هنا يااله العالمين وياخير النّاصرين برحمتك ياارحم الراحمين وصلّى اللّه على سيّدنا محمّد وعلى اله وصحبه وسلّم والحمد لله ربّ العالمين

Praktek Sholat Sunnah Witir

Sahalat sunnah witir dikerjakan setelah shalat isya’setiap malam, akan tetapi pada bulan romadhon dikerjakan setelah sholat tarawih. Mengerjakan sholat witir ini boleh dilakukan satu rokaat, tiga rokaat, lima rokaat, tujuh rokaat, sembilan rokaat dan paling banyak sebelas rokaat.

Niat Sholat Sunnah Witir

  • Niat sholat witir jika dilafadzkan adalah sebagai berikut (1rokaat) اصلّي سنّة الوتر ركعة اماما / مأموما للّه تعالى Artinya : saya niat sholat witir satu rokaat jadi imam / makmum karena Allah
  • Gerakan sholat witir sama dengan sholat fardhu
  • Bacaan sholat witir sama dengan sholat fardhu
  • Bila melakukan shalat satu rokaat setelah sujud pada rokaat pertama langsung tahiyat dan salam
  • Bila melakukan sholay tiga rokaat, maka lebih utama apabila dikerjakan dengan dua kali salam
  • Jika melakujan sholat witir 3 rokaat, maka niatnya adalah sebagai berikut اصل سنّة الوتر ركعة اماما / مأموما للهتعالى Artinya : saya niat sholat sunnah bagian dari witir dua rokaat sebagai imam/makmum karena Allah

Setelah Sholat Sunnah Witir disunnahkan Membaca

سبحان الملك القدّوس 3x
سبّوح قدّوس ربّنا وربّ الملا ئكة والرّوح.

اشهد ان لااله الّاالله. استغفرالله نسألك رضاك والجنّة ونعوذبك من سخظك والنّار اللهمّ انّك عفوّكريم تحبّ العغو قاعف عنّا

Sholat Sunnah Tasbih

Shalat sunnah tasbih harus dikerjakan sebanyak empat rokaat, dan setiap rokaat membaca tasbih 75 kali.

  1. Setelah membaca Al Fatihah dan surat membaca 15 kali
  2. Rukuk membaca tasbih 10 kali
  3. I’tidal pada saat berdiri tegak membaca tasbih 10 kali
  4. Sujud membaca tasbih 10 kali
  5. Duduk antara dua sujud membaca tasbih 10 kali
  6. Sujud kedua kali membaca tasbih 10 kali
  7. Bangun dari sujud sebelum berdiri duduk istirahat membaca tasbih 10 kali

Dab begitu seterusnya pada saat rokaat kedua sama dengan rokaat pertama. Pada rokaat yang kedua ini bacaan tasbih yang 10 kali yang terakhir dibaca setelah membaca tahiyat akhir sebelum salam.

Niat Mengerjalan Sholat Sunnah Tasbih

اصلّى سنّة التّسبيح ركعتين مستقبل القبلة لله تعالى

Artinya : aku niat sholat sunnah tasbih dua rokaat karena Allah Ta’ala

nah itulah sobat beberapa sholat sunnah, lengkap dengan do’a dan niatnya, selain sunnah diatas yang telah disebut, adapula sholat sunnah yang dianjurkan pula, diantaranya adalah sholat sunnah Tahjjud dan sholat sunnah Taubat, Insyaa Allah akan saya jelaskan di artikrl selanjutnya.

Semoga bermanfaat, terima kasih 😊

Leave a Comment