Pengertian Pramuka (Manfaat, Tujuan, Fungsi, Metode Pembelajarannya)

pengertian pramuka

Apakah sobat merupakan anggota Pramuka? Atau adakah keluarga sobat yang menggeluti organisasi kepanduan ini? kalau iya, pastinya sobat atau mereka sudah tahu banyak informasi tentang Pramuka. Tapi sejauh mana pengetahuan tentang pengertian Pramuka, manfaat, tujuan dan fungsinya? Kalau masih kurang faham, mari sama-sama menyimak informasi lengkapnya berikut ini.

Manfaat Pramuka

manfaat pramuka
credit: sitaliya.sch.id

Mari kita awali dengan mengetahui terlebih dahulu apa saja manfaat dari Pramuka yang dikukuhkan sebagai organisasi penting di Indonesia pada 14 Agustus 1961 ini. Kebanyakan orang masih sering menyepelekan hal ini, padahal jika dilihat secara kontinu akan banyak terlihat perbedaan positif seorang anggota Pramuka.

  • Menciptakan Sosok Mandiri

Banyak kegiatan Pramuka yang bisa diikuti para anggotanya, mayoritas harus bisa dilakukan sendiri oleh para anggota tanpa tergantung pada orang lain. Contohnya, membuat tenda, memasak makanan, hingga mengobati luka. Hal ini sesuai dengan kode kehormatan yang dijunjung tinggi oleh anggota Pramuka dari semua tingkatan.

Hasilnya, anggota Pramuka akan tumbuh menjadi sosok yang mandiri, bukan saja saat melaksanakan kegiatan Pramuka tapi juga saat menjalankan kehidupannya sehari-hari, apalagi jika mereka ikut Pramuka sejak Sekolah Dasar, akan terasa perbedaannya.

  • Anggota Pramuka Punya Jiwa Sosial Tinggi

Kegiatan bakti yang sering dilakukan oleh organisasi Pramuka, menjadikan anggotanya memiliki karakter yang memiliki jiwa sosial tinggi. Sebab biasanya bakti yang dilakukan berhubungan dengan kegiatan sosial kemasyarakatan diantaranya, membantu membersihkan lingkungan, membantu merawat orang sakit, membantu masalah air bersih di berbagai kawasan.

  • Jiwa Kepemimpinan Yang di Atas Rata-rata

Dalam Pramuka juga diajarkan seseorang untuk bisa memimpin teman-temannya, karena akan ada pembagian regu dalam berbagai kegiatan. Cara ini akan membantu menciptakan pribadi pemimpin dan bisa mengambil keputusan yang tepat di saat yang tepat. Jadi jangan ragu untuk masuk Pramuka atau membiarkan anak sobat menjadi anggota Pramuka.

  • Bertanggung Jawab

Tak semua orang memiliki rasa tanggung jawab yang tinggi. Tapi percaya atau tidak, para anggota Pramuka yang mengerti pengertian Pramuka dan semua hal positif di dalamnya  mayoritas memiliki rasa ini. Mengikuti setiap kegiatan, mereka akan diberi tanggung jawab untuk mampu melakukan hingga tuntas. Ini akan mereka aplikasikan juga dalam kehidupan sehari-hari.

Contohnya seorang Sangga yang menghilangkan suatu barang harus bertanggung jawab dan tidak menyalahkan anggota lain. Alhasil, ketika hal itu terjadi dalam pergaulannya sehari-hari maka rasa tanggung jawab itu akan tetap diutamakannya.

  • Berjiwa Kreatif dan Inovatif

Banyak permainan dalam Pramuka yang bisa menggali potensi kreativitas dan inovasi seseorang. hal inilah juga yang bisa membentuk karakter kreatif dari seseorang, dan banyak yang sudah membuktikan bahwa anggota Pramuka bisa berkembang dewasa menjadi sosok pioneer yang kaya akan ide-ide cemerlang untuk direalisasikan.

  • Percaya Diri Tinggi

Kenapa bisa tinggi? Karena dalam Pramuka mereka dituntut bisa berbicara di depan umum tanpa takut dan malu. Mereka juga diberi ruang untuk lebih mencintai diri sendiri, sehingga ketika mereka paham arti mencintai diri sendiri maka kepercayaan diri akan muncul karena mereka tidak lagi takut mengekspresikan diri.

  • Selalu Disiplin

Pramuka memang terkenal dengan disiplinnya yang tinggi. Contohnya saja adalah ketika ada anggota yang terlambat tentu akan diberikan sanksi, hingga kedisiplinan tingkat tinggi yang akhirnya membuat anggota Pramuka terbiasa dengan tepat waktu, tepat menyelesaikan tugas dan disiplin lainnya dalam kehidupan.

Tujuan Pramuka

tujuan pramuka
credit: solopos.com

Ada empat tujuan Pramuka yang tercipta dari penjabaran pengertian Pramuka secara utuh. Pertama adalah pembentukan pribadi atau karakter seseorang yang positif, serta membuat dia memiliki akhlak yang baik dan mulia. Kedua adalah membuat anggota Pramuka memiliki rasa kecintaan terhadap Indonesia.

Ketiga adalah para generasi muda yang tergabung dalam Pramuka mampu mengeksplorasi kemampuan dirinya sendiri dan memaksimalkan keterampilan yang dimiliki. Sehingga ketika dewasa mereka hadir sebagai sosok yang memberikan dampak positif bagi masyarakat dan juga negara Indonesia.

Prinsip Dasar Pramuka

prinsip dasar pramuka
credit: lampungprov.go.id

Pramuka memegang prinsip dasar yang wajib dipahami dan diterapkan oleh anggotanya. Apa saja prinsip tersebut?

  1. Memiliki iman serta ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa
  2. Memiliki kepedulian pada bangsa, tanah air, sesama makhluk hidup serta alam
  3. Memiliki rasa kepedulian terhadap diri sendiri
  4. Mentaati kode kehormatan Pramuka

Kode Kehormatan Pramuka

http://unsoed.ac.id/

Yang dimaksud dengan kode kehormatan adalah janji atau disebut juga Satya Pramuka dan ketentuan moral yang biasa disebut Darma. Masing-masing tingkatan Pramuka memiliki kode kehormatan masing-masing yang dijalankan oleh seluruh anggota secara sukarela tanpa paksaan.

Kode Kehormatan Siaga

Pada tingkatan Pramuka Siaga  terdapat dua Satya dan dua Darma yang sebaiknya dijalankan oleh semua Anggota dalam setiap kegiatan dan kehidupan sehari-hari. Berikut penjelasannya.

  • Dwi Satya
  • Melaksanakan kewajiban kepada Tuhan, Negara, dan mematuhi aturan keluarga
  • Berbuat kebaikan setiap hari
  • Dwi Darma
  • Patuh pada kedua orang tua
  • Berani dan tidak mudah untuk putus asa

Kode Kehormatan Penggalang

Hampir sama dengan Siaga, pada tingkat Penggalang juga terdapat kode kehormatan yaitu Tri Satya dan Dasa Darma, yaitu

  • Tri Satya
  • Melakukan kewajiban pada tuhan, negara dan menjadi pengamal Pancasila
  • Menolong sesama makhluk hidup dan bersiap untuk ikut membangun masyarakat
  • Melaksanakan Dasa Darma
  • Dasa Darma
  • Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
  • Mencintai alam dan berkasih sayang dengan sesama manusia
  • Seorang patriot yang bersifat sopan dan satria
  • Patuh pada aturan dan suka melakukan musyawarah
  • Rela menolong sesama dan tabah dalam hidup
  • Rajin, terampil serta gembira
  • Hemat, cermat serta bersahaja
  • Disiplin, berani serta setia
  • Memiliki rasa tanggung jawab dan bisa dipercaya
  • Memiliki pikiran, perbuatan dan perkataan yang suci

Kode Kehormatan Penegak

Kode kehormatan untuk Pramuka tingkat Penegak dan Pandega adalah sama dengan Pramuka Penggalang, baik Tri Satya yang diterapkan, maupun Dasa Darmanya. Sedangkan untuk Pramuka dewasa memiliki ikrar untuk sanggup membawa generasi muda menuju masa depan yang lebih baik.

Metode Pramuka

Dalam melaksanakan kegiatan dan memberikan materi, Pramuka menggunakan metode tertentu yang dikenal dengan istilah interaktif dan progresif, bagaimana cara merealisasikannya? Pertama dengan belajar sambil mempraktekkan apa yang dipelajari, mengamalkan kode kehormatan Pramuka sesuai dengan tingkatan masing-masing.

Selanjutnya adalah mengikuti kegiatan yang memiliki tantangan dan pendidikan sekaligus, membiasakan diri belajar dengan cara kelompok, memakai sistem tanda terhadap kecakapan masing-masing, sering melakukan kegiatan outbond, menggunakan kiasan dasar dan memiliki sistem pemisahan antara anggota pria dan anggota wanita.

Banyak hal yang bisa dipelajari jika sobat menjadi bagian dari Pramuka, mulai dari memahami dan mengimplementasikan pengertian Pramuka secara baik, menjalankan semua aturannya dengan maksimal, maka percaya atau tidak karakter akan terbentuk menjadi manusia yang lebih baik dengan berbagai sikap dan tingkah laku positif.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like