12+ Manfaat Daun Beluntas (Bagi Kesehatan dan Perawatan Tubuh)

| |

Manfaat Daun Beluntas – Dikutip dari WikiPedia, daun beluntas ialah tumbuhan semak yang memiliki banyak cabang, mempunyai jenis rusuk yang halus dan memiliki bulu yang lembut.

Pada umumnya jenis tumbuhan ini banyak di manfaatkan oleh masyarakat di desa untuk dijadikan sebagai tanaman pagar rumah atau pekarangan mereka. Tumbuhan ini mampu hidup dengan liar, tingginya juga mampu mencapai hingga 3 meter jika tidak ada yang memotongnya.

Sehingga menjadikan tanaman beluntas sering dimanfaatkan sebagai tanaman pagar pekarangan. Tanaman beluntas mampu tumbuh di tempat yang tekstur tanahnya kering dan keras bahkan tanaman ini dapat hidup di tanah yang berbatu, tanaman beluntas juga mampu hidup di daerah ketinggian mencapai 1000 mdpl dan dataran rendah.

Tanaman beluntas dalam perkembangannya membutuhkan cahaya matahari yang cukup, tidak terlalu banyak dan tidak kurang, tanaman ini juga butuh sedikit naungan dari tanaman lain, agar tidak terkena langsung oleh sinar matahari.

Tanaman beluntas sangat mudah di kembang biakkan, salah satu caranya adalah dengan menggunakan teknik setek pada batangnya yang sudah memiliki umur yang sudah cukup tua. Tanaman beluntas memiliki banyak sebutan di tiap daerah, tiap daerah biasanya memiliki sebutannya masing-masing.

Masyarakat Melayun menyebutnya dengan sebutan beluntas, Sunda: baluntas, baruntas, Jawa: Luntas, Madura: Baluntas, Makassar: Lamutasa, Timor: Lenabou, sedangkan untuk nama asingnya, beluntas disebut dengan Luan Yi (dari bahasa China), Phatpai (Vietnam) dan beberapa sebutan lainnya.

Ciri-Ciri Daun Beluntas

ciri ciri daun beluntas
netralnews.com

Mungkin sebagian dari Anda masih belum tahu tumbuhan beluntas, berikut ini adalah ciri-ciri morfologi yang terdapat pada tumbuhan luntas:

  1. Memiliki daun yang bertangkai pendek
  2. Letaknya berseling-seling
  3. Memiliki bentuk bulat seperti telur sunsang
  4. Ujungnya berbentuk bundar melancip
  5. Memiliki bentuk tepi daun yang bergerigi
  6. Berwarna hijau terang
  7. Bunganya keluar dari cabang daunnya
  8. Memiliki bentuk yang bonggol
  9. Buahnya longkah dan seperti berbentuk gasing, memiliki warna coklat dengan sudutnya berwarna putih.

Khasiat dan Manfaat Daun Beluntas

khasiat dan manfaat daun beluntas
info-bertani.blogspot.com

Selain banyak dimanfaatkan oleh masyarakat sebagai salah satu tumbuhan untuk pagar pekarangan, ternyata daun beluntas memiliki khasiat lain yang sangat baik bagi keperluan manusia.

Berikut ini adalah beberapa kandungan yang terdapat pada tanaman daun beluntas:

  • Alkaloid
  • Tannin
  • Natrium
  • Minyak atsiri
  • Kalsium
  • Flafonoida
  • Magnesium
  • Fosfor
  • Vitamin A & C

Sedangkan akar dari tanaman bluntas memiliki kandungan flafonoida dan tannin. Daun ini memiliki ciri khas yakni baunya aromatis dan jika Anda menggigitnya Anda akan merasakan getir dan menyegarkan.

READ  Manfaat Kulit Manggis Bagi Kesehatan Tubuh

Tanaman bluntas memiliki banyak khasiat, diantaranya adalah untuk membantu meningkatkan nafsu makan, melancarkan pencernaan, meluruhkan keringat ditubuh, menghilangkan bau badan dan mulut, membantu meredakan demam, nyeri tulang, sakit pinggang dan juga untuk mengobati keputihan pada wanita.

Sedangkan khasiat yang terdapat pada bagian akarnya adalah berfungsi sebagai peluruh keringat dan sebagai penyejuk.

Biasanya masyarakat di daerah perkampungan banyak yang memanfaatkan daun beluntas ini sebagai lalapan untuk dikonsumsi bersama nasi dan lauk lainnya.

Daun beluntas memiliki kandungan kadar minyak atsiri hingga 5%, kandungan tersebut bermanfaat bagi tubuh kita sebagai penghambat tumbuhnya bakteri didalam tubuh.

Nah untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah beberapa manfaat dari daun bluntas lengkap dengan penjelasannya.

Manfaat Daun Beluntas (Lengkap dengan Penjelasan)

manfaat daun beluntas
kinisehat.com

Selain beberapa khasiat yang terdapat pada duan beluntas yang telah disebutkan diatas, berikut ini adalah manfaat daun beluntas lengkap dengan penjelasannya:

  • Manfaat Daun Beluntas Untuk Rahim

Salah satu manfaat yang berarti dari daun beluntas ialah untuk membantu menjaga kesehatan rahim seorang Ibu. Kandungan daun bluntas yang kaya akan senyawa yang bersifat Antioksidan, tentu sangat baik untuk menjaga kesehatan dan kekuatan rahim.

Selain menjaga kesehatan rahim, daun bluntas juga berfungsi untuk menjaga supaya sel yang ada didalam rahim terjadi dari kerusakan yang dapat mengakibatkan timbulnya sel kanker yang berbahaya.

  • Manfaat Daun Beluntas Untuk Keputihan

Salah satu masalah yang sering dihadapi oleh seorang wanita adalah masalah pada bagian organ vitalnya. Kondisi yang seperti tentunya sangat menggangu kenyaman Anda.

Bagi Anda yang mungkin mengalami hal seperti ini, Anda dapat mencoba mengatasinya dengan cara yang alami, yakni memanfaatkan daun bluntas untuk mengobatinya. Kandungan anti bakteri pada daun bluntas dapat menjadi alternatif bagi Anda untuk mengobati keputihan yang sedang Anda alami.

  • Khasiat Daun Beluntas Untuk Hipertensi

Pengobatan pada hipertensi dapat dilakukan dengan memanfaatkan daun beluntas. Kandungan atsiri, flavonoid, dan beberapa kandungan lainnya, dipercaya mampu membantu mengatasi masalah hipertensi yang sedang Anda alami.

  • Manfaat Daun Untuk Miss V

Mengkonsumsi sayuran yang sehat seperti kemangi dan daun beluntas, juga dipercaya mampu memberikan nutrisi bagi kulit dan juga tubuh manusia. Salah satu manfaat lainnya adalah untuk menjaga agar miss V tetap terjaga keharumannya.

Karena dengan mengkonsumsi sayuran tersebut, Anda bisa mengontrol aroma miss V Anda dengan baik dan maksimal, serta dengan cara yang alami, sehingga tidak berbahaya.

  • Khasiat Daun Beluntas Untuk Kista Ovarium

Manfaat daun beluntas selanjutnya ialah untuk membantu mengobati kista ovarium. Dalam pengolahannya caranya adalah siapkan 4 biji daun beluntas dan 7 butir cengkeh. Rebus cengkeh, kemudian masukkan daun beluntas yang telah disiapkan tadi, tutup hingga 15 menit kemudian Anda bisa meminumnya.

  • Khasiat Daun Beluntas Untuk Pendarahan & Menstruasi

Biasanya banyak wanita yang mengeluhkan gangguan ada menstruasinya. Siklus haid yang tidak teratur disertai rasa nyeri yang muncul ketika datang menstruasi. Bahkan hal tersebut ada yang sampai terjadi pendarahan pada waktu yang cukup lama.

READ  14+ Manfaat Cuka Apel Untuk Kesehatan dan Kecantikan Kulit Wajah

Dalam mengatasi hal ini, Anda dapat melakukannya dengan merebus sejummlah 20 lembar daun bluntas dengan 1 gelas air yang ditambah dengan sedikit asam Jawa dan juga garam. Kemudian peras dan saring air perasan tersebut dan Anda bisa meminumnya 3 kali dalam sehari.

  • Khasiat Daun Beluntas Untuk Mengatasi Bau Badan

Hampir setiap orang pasti memiliki masalah dengan bau badannya yang tercium tidak sedap, biasanya hal ini banyak terjadi pada kalangan lelaki, yang pada umumnya bekerja ditempat kerja yang keras dan penuh dengan tekanan, sehingga mengakibatkan keringat bercucuran sehingga menimbulkan bau badan.

Meskipun juga ada wanita yang juga memiliki masalah dengan bau badan, tapi mungkin hanya sebagian dikit saja.

Bau badan yang menempel pada diri Anda tentu akan membuat Anda merasa tidak nyaman dan tidak percaya diri, sehingga hal yang seperti memang harus segera dicarikan solusinya.

Nah salah satu khasiat yang ada pada daun bluntas ialah mampu mengatasi bau badan. Tanaman ini dipercaya sudah sekian lama mampu menjadi deodoran alami, yang telah terbukti mampu menghilangkan bau badan pada diri Anda.

Hal ini terjadi, karena daun bluntas memiliki kandungan senyawa anti bakteri yang dapat membantu menghilangkan bau badan pada diri Anda. Untuk mengatasi bau badan dengan menggunakan duan beluntas ini.

Anda harus merebus 4 hingga 5 helai daun beluntas dengan air mendidik, setelah selesai direbus dan mendidih, tunggu hingga tidak terlalu panas dan dingin kemudian Anda bisa meminumnya, lakukan dengan rutin, supaya mendapatkan hasil yang Anda inginkan dengan maksimal.

  • Khasiat Daun Beluntas Untuk Mengatasi Pegal Linu

Selanjutnya, daun beluntas memiliki manfaat yakni untuk mengobati pegal linu. Biasanya kondisi seperti ini dipengaruhi oleh aktivitas fisik yang terlalu lelah sehingga membuat badan terasa ngilu dan tidak nyaman sehingga dapat mengganggu aktivitas yang lainnya.

READ  Pengertian Buah Bit Lengkap Dengan Manfaat Yang Dikandungnya

Jika rasa ngilu tersebut datang menghampiri Anda, mungkin Anda perlu mencoba mengkonsumsi daun beluntas ini, dengan tujuan untuk membantu meredakan pegal linu yang sedang dirasakan tersebut.

Untuk caranya, sama saja dengan sebelumnya yakni siapkan 4-5 helai daun beluntas, kemudian bersihkan dan rebus didalam air mendidih kemudian Anda bisa meminum air rebusannya sampai rasa pegal linu yang ada bisa perlahan menghilang.

  • Khasiat Daun Beluntas Untuk Mengatasi Nyeri Pinggang

Selain dapat membantu mengobati pegal linu, daun beluntas juga bisa dimanfaatkan untuk membantu mengurangi rasa nyeri pada pinggang.

Rasa nyeri dipinggang tentunya akan sangat mengganggu aktivitas sehari-hari Anda. Selain mengakibatkan susah bergerak kesana-kemari, nyeri dipinggang juga dapat menurunkan produktivitas Anda.

Oleh karenanya, jika Anda merasakan nyeri pinggang, Anda bisa mencoba meminum rebusan air daun bluntas ini untuk membantu mengurangi nyeri pada pinggang Anda.

  • Daun Bluntas Untuk Rematik

Bukan hanya membantu mengobati pegal linu dan nyeri pada pinggan, namun daun bluntas juga mampu membantu mengatasi rematik. Jika Anda sedang menderita penyakit rematik, Anda dapat mencoba pengobatan alternatif dengan menggunakan daun kelor ini.

Daun bluntas, memiliki kandungan senyawa yang bersifat anti-inflamasi, diamana peradangan yang terjadi dapat mengakibatkan gejala rematik.

Selain dapat membantu mengatasi penyakit rematik, daun bluntas juga dapat menambah sistem kekebalan tubuh Anda menjadi lebih kuat, termasuk juga dalam mencegah terjadinya penyakit rematik tersebut menyerang Anda kembali.

  • Menghilangkan Bau Mulut

Kadang beberapa orang sering memiliki masalah dengan bau muluntya, jadi nggak hanya terjadi pada bau badan saja.

Hal yang seperti ini tentu dapat mengganggu, misalnya Anda tidak akan PD (Percaya Diri) ketika sedang berbicara dengan seseorang diakibatkan bau mulut Anda yang kurang sedap.

Nah untuk mengatasi hal ini, tenyata daun bluntas juga memiliki khasiat dalam mengatasi bau pada mulut. Zat anti bakteri yang ada didalam daun bluntas, mampu membantu mengatasi bau pada mulut Anda.

Jadi jika Anda sedang merasakan bau mulut Anda kurang nyaman, Anda bisa mencoba meminum rebusan daun bluntas dengan baik dan benar dan juga secara teratur.

  • Merawat Wajah

Selain bermanfaat untuk kesehatan tubuh, daun bluntas juga dapat dijadikan sebagai herbal kecantikan. Khasiat lain dari daun bluntas ialah untuk merawat wajah agat tetap terjaga kecantikannya, fungsi daun bluntas ini tentu hampir sama dengan manfaat daun kelor, yakni sama-sama bermanfaat untuk kecantikan wanita.

Kandungan senyawa yang terkandung dalam daun bluntas memiliki banyak manfaat untuk membantu merawat sel-sel kulit wajah supaya terhindar dari oksidari yang dapat menyebabkan rusaknya sel tersebut.

Perlu kita ketahui bahwasanya kerusakan pada sel kulit wajah dapat berakibat pada penuan dini yang terjadi di wajah Anda. Hal ini biasanya ditandai dengan munculnya kerutan, flek hitam dan garis halus yang muncul pada wajah.

Nah itulah 12 manfaat dari daun beluntas yang dapa saya bagikan, semoga bermanfaat bagi kita semua. Terima Kasih

Previous

√ 4+ Jenis Minyak Zaitun (Lengkap Dengan Pengertian & Manfaatnya)

14+ Manfaat Cuka Apel Untuk Kesehatan dan Kecantikan Kulit Wajah

Next

Leave a Comment