Manfaat Website Bagi Influencer dan Pebisnis Untuk Go Online

Saat kita berbicara mengenai website, mungkin sebagian dari kita akan berfikiran bahwasanya website merupakan sebuah aplikasi berbasis online yang ribet dibuat dengan barisan coding  yang bahkan nggak bisa kita baca, mungkin bagi orang awam akan berfikiran seperti ini.

Begitupula dengan saya saat pertama kali belajar membuat website, untuk membuat satu website berbasis toko online saja butuh waktu hingga 3 bulan untuk selesai membuatnya, itupun hanya selesai bagian sistem database dan desain awalnya saja, untuk session login nya belum selesai.

Hal tersebut karena saya membuat website dari awal, ngoding sendiri, buat sistem sendiri, dan semuanya dikerjakan sendiri, layaknya developper yang andal, padahal nggak tau apa-apa.

Namun tahukah kamu, bahwasanya membuat website itu tidak seribet yang saya tulis diatas. Terlebih kini sudah ada yang namanya worpress dan juga penyedia jasa pembuatan webiste yang sudah banyak bertebaran di mana-mana. Mulai dari yang paling murah hingga yang paling mahal sekalipun.

Pengalaman Belajar Membuat Website

credit : pixabay.com

Baik saya mau bercerita “yang lumayan panjang” pengalaman saya dalam belajar membuat website. Jadi pada awalnya saya adalah seorang yang gagap teknologi, nggak tau apa itu internet, apa manfaat internet. Karena saya memang anak rumahan yang selalu di pantau oleh Ibu saya.

Bahkan ketika ada tugas KKPI saat masih SMP suruh ngerjain tugas di Microsoft Word pun saya nggak tau, hingga membuat saya mohon bantuan kepada teman saya untuk di kerjakan tugas saya hehe. Hingga saat saya memasuki sekolah SMK, disanalah semua berawal pengalaman saya bergelut dengan barisan code yang bahkan saya sendiri nggak tau maksud code yang saya tulis.

Awal mula mengenal website sebenernya saya nggak langsung belajar pemrograman website, melainkan belajar teknik dasar hacking yang ketika saya SMK sedang ngetrend-ngetrendnya manusia newbie yang mengaku dirinya hacker, termasuk saya yang plonga-plongo ini.

Kemudian setelah memasuki kelas 2 SMK, ada materi website, disinilah saya mulai tertarik dengan website. Sayangnya pelajarannya hanya mengenai pembuatan database menggunakan Apache Server, ya cuman bikin database saja, tentu saja ini kurang memuaskan. Bagaimana tidak, untuk apa database kalau nggak ada interface websitenya? dari hal ini membuat saya ingin tahu lebih dalam, bagaimana cara membuat website.

Awalmulanya saya hanya membuat webiste diblog gratisan (blogger.com dan wordpress.com). Kemudian karena nggak puas dengan tampilannya yang nggak bisa di ubah-ubah sesuai keinginan membuat saya mencari penyedia blog yang bisa di custome, dan ketemulah dengan wordpress self hosted, apa bedanya wordpress self hosted dengan wordpress.com? nanti ada penjelasannya.

Namun syarat menggunakan wordpress selft hosted adalah harus memiliki domain dan hosting, Apa lagi ini? nanti saya jelasin di bawah ya. Akhirnya dengan terpaksa saya belajar membuat website di localhost menggunakan xampp dengan bantuan cms wordpress self hosted.

Namun karena SMK saya adalah jurusan Multimedia yang memang fokusnya editing video, foto, fotografi dan pers maka pengetahuan saya mengenai webiste masih minim banget, bahkan hingga saya lulus masih tidak terlalu paham cara membuat website. Hingga pada akhirnya, saya mendapat tawaran diklat gratis selama setahun yang diberikan kepada saya oleh Yayasan Yatim Mandiri yang ada di Surabaya. Disinilah saya mulai mengupgrade pengetahuan tentang website.

Belajar di Yatim Mandiri

Kampus Kemandirian

Jadi Yayasan Yatim Mandiri adalah sebuah Yayasan yang fokus dalam memberikan bantuan bagi anak-anak yatim seluruh Indonesia. Di Yatim Mandiri ada beberapa jurusan, yakni TKJ, Kuliner, Bisnis, Pertanian dan Akutansi.

Saya masuk di kelas TKJ, yang umumnya adalah belajar mengenai perangkat keras komputer, akan tetapi disini berbeda, walau kelasnya TKJ tapi pembelajarannya lebih fokus ke Bisnis dan Website. Hal ini karena Yayasan Yatim Mandiri memang memiliki tujuan memberikan pembelajaran dasar mengenai bisnis dan internet marketing, yang harapannya ketika lulus, kami bisa mengembangkan pengetahuan dasar yang sudah didapat dari sana.

Sehingga saat di sini saya lebih suka belajar ngoding  dan membuat toko online dan mengesampingkan pelajaran teknisinya. Saat di sini, dulu saya dengan tim saya membangun sebuah website dengan brand “Jejual Online” dengan alamat website “jejualonline.com” yang sistemnya saya coding sendiri menggunakan bahasa pemrograman “PHP, MySQL, JavaScript” dan beberapa bahasa Mark Up pembantu lainnya.

Namun website itu hanya bertahan satu tahun setelah kami lulus sudah nggak kepakai, sehingga websitenya expired dan kemudian ada yang beli dan tetap berfungsi sebagai toko online.

Kemudian ada website “garasikomputer.com” yang merupakan milik kakak kelas kami yang diamanahkan kepada kelompok saya, yang kemudian setelah lulus website tersebut menjadi milik saya dan kini sudah nggak ada lagi karena nggak tak perpanjang. Dari kedua website itulah saya belajar dan mengupgrade teknik pembuatan website saya. Hingga pada akhirnya setelah setahun lulus dari Yayasan Yatim Mandiri oleh dosen saya di sarankan masuk di Pesantren Sintesa Badrussalam, untuk mengupgrade pengetahuan saya mengenai website dan bisnis online.

Belajar di Pesantren Sintesa

Pesantren Sintesa

Nah saya kenalin dulu nih apa itu Pesantren Sintesa Badrussalam yang saat ini saya sedang belajar didalamnya. Pesantren Sintesa Badrussalam adalah sebuah pesantren modern yang fokus pada program Tahfidz dan Bisnis Online.

Pesantren ini tidak lepas dari perjuangan Mas Vatih sebagai pendirinya dan juga merupakan Guru kami di pesantren ini.

Selain belajar Tahfidz disini kami para santrinya juga di bekali ilmu pemasaran online, yakni bagaimana caranya agar bisnis dan usaha kita bisa Go Online dengan memanfaatkan sebuah website.

Pembelajaran mengenai bisnis disini terbagi menjadi dua, yakni tentang membuat website yang digunakan untuk mengejar traffic untuk Adsense dan untuk jualan atau jasa yang Go Online.

Disinilah saya banyak belajar tentang teknik menulis dan mengolah kata kunci dengan baik supaya tulisan disukai oleh Pembaca dan oleh mensin pencari Google, agar bisa meranking di page one. Walaupun saya juga masih belum paham banyak, karena memang saya adalah santri baru disini.

Setiap santri di Sintesa, diwajibkan memiliki satu website yang nantinya bermanfaat untuk tempat belajar menulis sebagai salah satu alat untuk mendapatkan penghasilan baik dari Adsense maupaun dari Bisnis yang diajarkan selama di Sintesa.

Salah satu website yang saya gunakan di sintesa ini adalah Vazame.com, yang sudah berusia 3 bulanan dan sudah berisi 60an konten, dan Alhamdulillah kini trafficnya sudah berkisar 400an perharinya dan Alhamdulillah sudah mulai naik trafficnya setiap hari.

Untuk blog Gopensil.com ini sendiri sebenarnya adalah blog yang saya buat setelah lulus dari Yayasan Yatim Mandiri, dan masih saya gunakan hingga sekarang, walau sudah nggak produktif lagi menulis diblog ini karena masih fokus menulis di vazame.com.

Keuntungan Memiliki Website

credit : pixabay.com

Ada banyak sekali keuntungan apabila kita memiliki sebuah website, entah itu website pribadi sebagai tempat untuk berbagi pengalaman hidup, maupun website untuk kebutuhan bisnis, misalnya Adsense dan bisnis lainnya yang memiliki pasar jika Go Online.

Saya pribadi memiliki beberapa website, salah satunya adalah Gopensil ini. Walaupun jarang saya update karena memang saat ini sedang fokus menulis di vazame.com. Nah berikut ini adalah beberapa keuntungan yang bisa kita dapatkan ketika kita memiliki sebuat website atau blog pribadi.

  • Sebagai sarana berbagi pengalaman pribadi
  • Sebagai tempat untuk menulis catatan online
  • Memiliki banyak relasi teman yang juga suka nulis di blog
  • Terlihat lebih keren dimata orang dumay
  • Bisa mendapatkan uang dari tulisan kita
  • Sebagai tempat untuk mempromosikan bisnis kita jika kita memiliki sebuah usaha
  • Dan macam-macam keuntungan lainnya.

Manfaat Website Bagi Influencer

credit : pixabay.com

Jika kamu adalah seorang influencer, maka memiliki website akan sangat menguntungkan bagi kamu, mengapa bisa demikian?

Karena influencer adalah orang yang mempunyai banyak pengikut atau follower entah itu di sosial media ataupun youtube, yang dengan hal ini membawa pengaruh yang kuat bagi followers mereka tersebut.

Biasanya influencer ini adalah seorang artis, selebgram maupun seorang youtuber seperti Atta Halilintar dan Ria Ricis yang memiliki jutaan subcriber. Lalu, apasih keuntungan memiliki website bagi seorang influencer?

Ada banyak sekali keuntungan yang bisa didapat seorang influencer yang memiliki banyak sekali followers, mungkin berikut ini adalah salah satu keuntungan yang akan di dapat oleh seorang influencer apabila mereka memiliki website:

Nampak Terlihat Lebih Professional

Jika kamu memiliki sebuah website, tentunya hal tersebut akan semakin menambah kesan profesionalitas kamu di mata para pengikut kamu.

Memperkuat Personal Brand

Website yang kamu miliki dapat membuat kamu mudah dikenali oleh para pengikutmu, dengan personal brand yang sudah kamu miliki dari sosial media kamu, dan website tersebut dapat memperkuat brand yang ada pada diri kamu

Membangun Opini dan Pengalaman Pribadi

Dengan memiliki website, kamu bisa membagikan pengalaman pribadi kamu di website atau blog kamu.

Orang Lebih Mudah Mengenal Kamu

Karena sebuah website dapat selalu online selama 24 jam non stop, otomatis hal ini bisa membuatmu menjadi lebih mudah di kenal banyak orang, hal ini juga akan semakin baik dampaknya pada peningkatan follower kamu.

Website Bisa Menghasilkan Uang

Tidak mudah untuk mendapatkan uang melalui sebuah website, banyak para pemain SEO yang mati-matian mengolah websitenya sedemikian baik agar bisa dikunjungi seseorang untuk mendapatkan uang dari websitenya.

Nah jika kamu memiliki sebuah website entah itu didalamnya berisi sebuah catatan harian kamu, tips-tips kesehatan yang kamu buat, tips resep masakan atau tips kesehatan maupun tips kecantikan dan beragam tips lainnya yang kamu share di website kamu, otomatis website kamu akan mudah untuk kebanjiran pengunjung.

Salah satunya datangnya pengunjung ke website kamu adalah follower setia kamu yang mereka sangat antusias mengikuti jejak kamu. Tentunya hal ini akan sangat menguntungkan bagi kamu.

Bagaimana menghasilkan uang dari website hari dari tulisan kita?

Kamu bisa memasang Google Adsense di website kamu, dengan begitu, saat ada orang yang mengklik iklan Google yang tampil di halaman website kamu, kamu bisa memperoleh keuntungan dari iklan tersebut.

Bukankah para penulis blog saat ini sudah banyak yang sukses dari Google Adsense?, hmm kalau kamu belum tahu kamu bisa lihat disini mengenai kisah sukses pemain Adsense.

Mungkin kamu perlu mempertimbangkan hal tersebut.. hehe

Manfaat Website Bagi Pebisnis

credit : pixabay.com

Nah kalau website bagi pebisnis bagi saya ini mungkin bisa dibilang wajib. Mengapa begitu? berikut alasannya:

Sebagai Branding

Branding sangat penting bagi pebisnis ataupun pengusaha. Dengan branding yang kita miliki, maka orang akan lebih mudah mengenal apa jenis usaha dan bisnis kita.

Contohnya adalah Apple, Microsoft, Android dan lain-lainnya.

Memperkenalkan Profil Perusahaan (Company Profile)

Biasanya perusahaan besar ataupun UKM memiliki sebuah company profil yang memudahkan orang yang mengunjunginya mengetahui apa jenis perusahaan yang dimiliki, dan bergerak dibidang apakah perusahaan yang kita punya.

Didalam website company profile tersebut, biasanya menjelaskan visi dan misi juga tujuan perusahaan, produk apa yang mereka jual dan lain-lainnya yang membuat perusahaan tersebut menjadi nilai lebih di mata pengunjung

Sarana Penjualan Produk

Sebagai seorang pebisnis tentunya kita memiliki suatu produk yang dapat diperjual belikan, entah itu produk yang berupa jasa, barang digital ataupun barang yang memiliki fisik.

Mungkin jualan bisa dilakukan di sebuah marketplace, sosial media seperti facebook ataupun instagram. Tapi bukan perusahaan besar juga melakukan hal tersebut, akan tetapi mereka masih memiliki sebuah website.

Tentunya sosial media itu hanya sebagai sarana untuk menjaring para pembelinya untuk melakukan transaksi langsung di website yang mereka miliki

Sarana Publikasi

Sarana publikasi disini bermanfaat untuk mempublikasikan apa saja produk yang dimiliki oleh perusahaan tersebut, baik itu jasa ataupun hal lainnya.

Terlebih jika perusahaan tersebut bergerak dibidang pemasaran online, media informasi, dan portal berita. Tentunya memiliki website adalah yang wajib. Contoh perusahaan portal berita di Indonesia adalah Kompas, IDNTimes, Detik dan perusahaan lainnya.

Menimbulkan Kesan Professional

Dengan adanya website pada perusahaan, hal ini bisa menjadikan perusahaan tersebut lebih dipercaya oleh orang-orang. Karena orang-orang akan berfikir bahwasanya perusahaan ini adalah perusahaan yang besar dan pasti sudah banyak di kelan oleh orang-orang melalui media internet.

Dengan begitu, orang yang mengunjungi website sebuah perusahaan tersebut tidak akan berfikir berkali-kali untuk melakukan transaksi ataupun memanfaatkan jasa yang disediakannya.

Mungkin itu hanyalah sebagian kecil dari manfaat website bagi Influencer dan bagi Pebisnis. Kamu mungkin setelah ini bertanya-tanya, gimana ya kalau aku bikin website juga?

Nah ada beberapa hal yang perlu kamu lakukan untuk memiliki website, berikut ini akan saya jelaskan secara singkat, tahapan membuat website. Baik itu dilakukan sendiri ataupun menyewa jasa pembuatan website.

Langkah-Langkah Membuat Website

credit : pixabay.com

Membuat Website Sendiri

Untuk membuat website sendiri, kamu butuh beberapa hal yang harus kamu siapkan, beberapa hal penting yang kamu perlukan untuk membuat website adalah sebagai berikut:

  • Hosting dan Domain

Hosting dan domain adalah hal yang wajib untuk memiliki sebuah website. Karena tanpa adanya hosting dan domain mustahil kamu memiliki sebuah website.

Jadi Hosting adalah sebagai tempat untuk melakukan penyimpanan file-file kamu yang diperlukan oleh website, misalnya untuk menyimpan semua postingan yang kamu update di website kamu.

Mudahnya adalah hosting merupakan sebuah rumah yang akan kamu tempati nantinya.

Sedangkan domain adalah sebuah alamat yang berguna untuk menggiring orang-orang untuk mengetahui rumah kamu (si hosting tersebut.) Jadi Hosting dan Domain keberadaan keduanya saling melengkapi.

Contoh domain adalah misalnya ichsani.com, vazame.com dan gopensil.com dll

  • CMS (Content Managemen System)

CMS adalah sebuah aplikasi berbasis web yang berfungsi agar website kamu bisa kamu manage dan kamu jalankan dengan baik. Salah satu CMS yang banyak sekali digunakan oleh para blogger ataupun pebisnis adalah WordPress.org, bedanya dengan WordPress.com adalah WordPress.org bisa kita custome sesuai dengan keinginan kita dan gratis, akan tetapi kita harus memiliki hosting dan domain terlebih dahulu.

  • Template

Kamu juga perlu template untuk menjadikan webiste kamu nampak lebih indah dan professional, kamu juga perlu melakukan desain dan pengaturan yang mungkin agak susah dilakukan bagi orang awam, apalagi pemilihan jenis template juga nggak asal template.

Kita harus mengetahui apakah template yang kita gunakan sudah baik atau malah membawa dampak buruk bagi website yang kita miliki.

Ah ribet amat sih..

Memanfaatkan Jasa Pembuatan Website

credit : grapiku.com

Karena kadang membuat website ini agaknya terlalu ribet untuk dilakukan, ada baiknya kamu memanfaatkan jasa pembuatan website yang sudah banyak sekali bertebaran di dunia ini. Salah satu penyedia jasa pembuatan website yang saya sarankan adalah Grapiku.

Sebenarnya jasa pembuatan website ini bukan hanya untuk diri kita yang masih awam dan belum mengenal website, namun bagi para mastah pun boleh menggunakan jasa website karena beberapa hal, salah satunya adalah waktu yang terbatas, sehingga mengharuskan kita untuk memanfaatkan jasa pembuatan website.

Mengapa saya menyarankan memilih Grapiku?, adalah karena Grapiku merupakan Jasa pembuatan website berkualitas yang mencakup banyak sekali layanan.

Salah satunya adalah, Grapiku melayani pembuatan website profil atau brand, yang cocok bagi influencer dan para pebisnis untuk membangun branding mereka.

Kemudian grapiku juga melayani jasa pembuatan website toko online yang sangat baik bagi perkembangan sebuah usaha para pebisnis. Nggak hanya itu, Grapiku juga melayani pembuatan website dengan tema berikut ini:

  • Website Travel
  • Website Media informasi atau Portal
  • Web Blog
  • Web Personal Portofolio yang juga bagus untuk menambah kesan professional influencer
  • Website Kulineria dan Cafe
  • Website Komunitas dan Organisasi serta Web Pemerintahan dan lainnya.

Sangat lengkap sekali pilihan di Grapiku, jadi kamu nggak perlu repot-repot mencari jasa yang sesuai dengan yang kamu inginkan, karena di Grapiku sudah komplit semua ada.

Selain menyediakan jasa pembuatan website, Grapiku juga menyediakan Jasa Desain Branding dan Desain Ilustrasi.

Kelebihan Menggunakan Jasa Pembuatan Website Grapiku

credit : grapiku.com

Grapiku menyedian tampilan website yang modern dan responsive, sehingga dapat menyesuaikan tampilan di mobile dan di komputer.

credit : grapiku.com

Website dioptimasi dengan baik, sehingga dapat meningkatkan konversi penjualan bagi para pebisnis, dan untuk para influencer dapat meningkatkan pengikut mereka menjadi semakin bertambah.

credit : pixabay.com

Keamanan website dijamin, baik dari virus ataupun dari bug yang ada, sehingga kamu nggak perlu khawatir dengan serangan-serangan yang mungkin terjadi pada website kamu.

credit : grapiku.com

Grapiku sudah pernah mendapatkan Penghargaan Indonesia Website Awards pada September 2018 lalu.

Jadi kamu nggak perlu meragukan lagi kualitas dan jasa yang disediakan oleh Grapiku.

credit : grapiku.com

Grapiku di lenkapi beberapa fasilitas lainnya yang lengkap, seperti editornya yang mudah, harganya juga yang sangat terjangkau, serta di Grapiku, juga akan diberikan panduan pengelolaan website kamu.

Jadi kamu yang masih awam sekali dengan website nggak perlu khawatir, karena selain diberikan panduan lengkap Grapiku juga melengkapi layanannya dengan Customer Servicenya yang sudah berpengalaman.

Untuk menambah keyakinan kamu terhadap jasa layanan yang diberikan ole Grapiku, mungkin kamu bisa melihat daftar website yang sudah pernah dibangun oleh Grapiku berikut ini

Sudah yakin? tunggu apa lagi, layanan di Grapiku sudah sangat lengkap dan komplit, yuk liat liat dulu di Grapiku.com.

    1. Yance Sitohang June 30, 2019
    2. Sabda Awal June 30, 2019

    Add Your Comment