14+ Manfaat Cuka Apel Untuk Kesehatan dan Kecantikan Kulit Wajah

| |

Manfaat Cuka Apel – Berbagai manfaat yang terkandung didalam cuka apel sangatlah banyak dan semuanya sangat baik bagi kesehatan dan kecantikan.

Berbicara mengenai kecantikan wajah, salah satu manfaat yang dimiliki oleh cuka apel adalah manfaatnya untuk wajah, jerawat, kecantikan.

Selain itu, cuka apel juga mampu membantu program diet Anda. Nah untuk lebih lengkapnya, silahkan baca artikel ini hingga selesai yah 🙂

Manfaat Cuka Apel Untuk Wajah

manfaat cuka apel untuk wajah
idntimes.com

Seperti yang disebutkan diatas, salah satu manfaat cuka apel adalah untuk kecantikan kulit wajah. Nah berikut ini adalah beberapa manfaat cuka apel untuk wajah.

  • Meminimalisir Bintik Pada Wajah Akibat Penuaan

Jika Anda seorang wanita yang gemar menggunakan berbagai jenis produk kecantikan, didalam komposisi bahan yang ada pada produk kecantikan Anda, pasti Anda akan menemukan salah satu unsur yang ada pada produk tersebut adalah menggunakan Alpha Hydroxy Acid atau disingkat AHA.

AHA ialah senyawa kimia yang sering digunakan oleh berbagai produk kecantikan, untuk menjadikan wajah Anda menjadi nampak cantik merona dan mempesona.

Nah, kabar baiknya, Anda dapat menemukan senyawa yang mampu membuat Anda nampak cantik mempesona didalam cuka apel tersebut. Berbagai ahli banyak yang menyebutkan, bahwasanya cuka apel memiliki kemampuan untuk membantu menghilangkan sel kulit mati kemudian mendorong pembentukan sel kulit baru.

Sehingga wajah Anda akan terlihat lebih indah dan nampak cantik mempesona. Bukan hanya itu, cuka apel juga mampu memudarkan noda bekas jerawat yang ada di wajah Anda.

  • Mengatasi Masalah Jerawat

Jerawat yang timbul diwajah tentu akan sangat mengganggu produktifitas Anda. Apalagi jika diwaktu yang sama dengan munculnya jerawat tersebut, Anda memiliki jadwal untuk bertemu dengan pasangan Anda, pasti keadaan seperti membuat Anda semakin merasa sangat tidak nyaman bukan?

Jika Anda bingung bagaimana mengatasi jerawat tersebut dengan cepat, Anda bisa memanfaatkan cuka apel. Pemakaian cuka apel dengan cara yang baik dan teratur mampu menghindarkan wajah dari kototran, minyak dan juga bakteri yang menyebabkan timbulnya jerawat.

Cuka apel juga diketahui memiliki kandungan asam malat yang fungsinya yakni sebagai anti bakteri dan jamur. Sehingga Anda sangat bisa mengandalkan cuka apel ini dalam menuntaskan masalah jerawat di wajah Anda.

  • Menyeimbangkan pH Pada Kulit Wajah

Salah satu tanda ph Kulit di wajah Anda tidak seimbang adalah ditandai dengan kulit yang berminyak, kulit terasa kering, atau kurang kencang dan kurang elastis..

Ketidakseimbangan pH di kulit wajah ini dapat bepengaruh besar terhadap masalah kulit wajah lainnya. Namun Anda tidak perlu khawatir dengan hal ini, karena cuka apel juga memiliki manfaat dalam membantu menyeimbangkan pH kulit wajah, sehingga perlahan kulit wajah Anda akan memiliki pH yang normal kembali.

  • Mencegah Terjadinya Kerutan

Usia memasuki 30an keatas adalah usia dimana garis kerutan sudah mulai nampak pada wajah. Jika Anda khawatir dengan hal tersebut. Cobalah untuk menggunakan cuka apel pada wajah tiap hari dengan rutin.

READ  Pengertian Buah Bit Lengkap Dengan Manfaat Yang Dikandungnya

Kandungan asam yang terdapat didalam cuka apel mampu mengurangi garis halus yang muncul pada wajah sehingga akan membuat wajah Anda nampak lebih muda, lebih cantik dan tampak mempesona.

  • Mengeluarkan Racun didalam Kulit Wajah

Memiliki kulit wajah yang sehat adalah dambaan setiap wanita, salah satu penyebab kulit wajah yang tidak sehat adalah karena polusi dan radikal bebas yang menghampiri wajah.

Hal ini apabila tidak segera diatasi, maka akan dapat menyebabkan kulit nampak kusam dan timbul jerawat.

Nah kandungan beta karoten yang ada didalam cuka apel ini mampu dalam membantu mencegah kerusakan yang terjadi pada kulit wajah. Sel-sel kulit mati pun akan diangkat olehnya, dengan begitu wajah Anda akan nampak lebih sehat dan cantik alami.

  • Mengecilkan Ukuran Pori-Pori

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, cuka apel memiliki kandungan Alpha Hydroxy Acid yang memiliki fungsi dalam mendorong pembentukan sel kulit baru. Selain fungsi tersebut, kandungan Alpha Hydroxy Acid yang ada pada cuka apel juga dapat membantu mengecilkan lubang pori-pori pada kulit wajah.

Dengan begitu hal ini dapat menjadikan kulit wajah Anda nampak halus ketika disentuh, kandungan AHA yang ada pada cuka apel juga mampu membantu memaksimalkan proses pigmentasi kulit, sehingga menjadikan wajah Anda nampak terlihat cerah berkilau.

  • Mengatasi Kulit yang Terbakar Akibat Sinar Matahari

Jika Anda adalah salah satu orang yang suka sekali berlibur di daerah pantai, mungkin diantara sekian banyaknya Anda berlibur di pantai Anda pernah sekali merasakan kulit Anda terasa seperti terbakar.

Sinar matahari yang sangat panas, terlebih di musim panas seperti sekarang ini tentu sangat berbahaya untuk kesehatan kulit, terutama kulit wajah, karena kulit wajah sangat rentan sekali terhadap cuaca yang panas.

Untuk mengatasi masalah tersebut, Anda dapat menggunakan cuka apel sebagai salah satu obat untuk mengatasi hal tersebut. Kandungan pH pada cuka apel ternyata juga memiliki kemampuan dalam mengatasi kulit wajah yang terbakar akibat panas terik dari sinar matahari.

Manfaat Cuka Apel Untuk Program Diet

manfaat cuka apel untuk diet
teen.co.id

Selain bermanfaat untuk mengatasi masalah pada kulit wajah, cuka apel juga memiliki manfaat sebagai salah satu manfaat yang lain yang ada pada cuka apel adalah untuk menurunkan berat badan.

Apa saja penyebab cuka apel menjadi salah satu cara untuk menurunkan berat badan? Berikut ini diantaranya:

  • Mengontrol Nafsu Makan

Salah satu tantangan bagi Anda yang ingin memiliki badan yang ideal salah satunya adalah dengan mengurangi porsi makan yang berlebih.

Kabar baik bagi Anda yang ingin mengontrol nafsu makan Anda dengan baik, salah satu caranya adalah Anda dapat memanfaatkan cuka apel untuk membantu program diet Anda.

Dengan mengontrol nafsu makan dengan baik dan tidak berlebihan, akan mampu memberikan dampak pada penurunan berat Anda dengan baik pula.

  • Mengurangi Rasa Lapar
READ  Manfaat Kulit Manggis Bagi Kesehatan Tubuh

Salah satu penyebab nafsu makan yang berlebih adalah rasa lapar yang juga berlebihan. Jika Anda selalu merasa lapar setiap saat, tentu hal ini akan berdampak pada bertambahnya nafsu makan Anda.

Namun dengan adanya cuka apel ini Anda dapat mengontrol rasa lapar yang Anda hadapi, sehingga Anda dapat mengendalikan waktu makan Anda secara baik dan teratur.

  • Mampu Membakar Lemak dengan Baik

Kandungan pectin yang dimiliki cuka apel mampu membantu mempercepat pembakaran lemak di dalam tubuh manusia. Sehingga lemak menumpuk yang menumpuk dan berlebih yang ada didalam tubuh manusia dapat diatasi dengan cuka apel ini.

Apalagi jika Anda mengimbanginya dengan melakukan olah raga sehat yang teratur, hal ini akan semakin mempersingkat pembakaran lemak didalam tubuh.

Fungsi Cuka Apel Untuk Kesehatan & Kecantikan Wajah

manfaat cuka apel untuk kesehatan
gema.id

Selain untuk merawat kulit wajah supaya nampak cantik mempesona, salah satu manfaat lainnya adalah untuk menjaga kesehatan tubuh supaya selalu terhindar dari berbagai ancaman penyakit dan bakteri.

Nah berikut ini adalah beberapa manfaat yang dapat Anda dapatkan dari cuka apel untuk menjaga kesehatan dan kecantikan Anda.

  • Berfungsi Sebagai Masker Wajah

Jika Anda sedang mengalami kulit wajah yang terasa kering dan berminyak seperti yang sudah disebutkan diatas tadi. Untuk mengatasinya Anda juga dapat menjadikan cuka apel sebagai masker wajah.

Caranya adalah campurlah 2 sendok madu dengan 1 sendok cuka apel hingga merata. Kemudian Anda bisa mengoleskannya pada bagian wajah Anda yang sudah dibersihkan sebelumnya. Diamkah hingga 20 menit lalu bersihkan dengan membilasnya dengan air hangat, lalu bersihkan kembali dengan air dingin hingga bersih.

Anda dapat menggunakan cuka apel ini hingga 3 kali dalam satu minggu untuk melembabkan dan mengembalikan kulit wajah cantik Anda.

Jika Anda ingin mendapatkan hasil yang maksimal Anda dapat menambahkan 2 sendok krim asam pada masker yang Anda gunakan tersbebut. Penggunaan masker ini bermanfaat untuk membantu melembabkan kulit, membantu pengelupasan sel kulit mati, membantu mencerahkan kulit wajah, mengecilkan pori-pori dan membantu menghilangkan bekas jerawat, fungsi ini hampir sama dengan yang dimiliki oleh manfaat daun kelor.

  • Berfungsi Sebagai Toner Wajah

Manfaat lain dari cuka apel ialah dapat dimanfaatkan sebagai toner wajah. Kegunaan toner wajah sendiri adalah digunakan untuk membersihkan wajah dari sisa minyak dan make up.

Nah kebetulan cuka apel juga memiliki salah satu fungsi yang sama, yakni dapat kamu gunakan sebagai toner wajah. Untuk membuatnya, campurkan cuka apel dengan air dengan perbandingan 2 : 1. Misalnya 100ml cuka apel dicampur dengan 200ml air.

Kemudian Anda dapat mengoleskan cuka apel tersebut dengan menggunakan kapas yang lembut. Namun perlu Anda ketahui, jika kulit wajah Anda sangat sensitif, maka Anda perlu menambah kapasitas air sebagai campurannya.

  • Mengobati Gigitan Serangga
READ  Manfaat Kulit Manggis Bagi Kesehatan Tubuh

Bekas gigitan serangga di kulit biasanya akan terasa sangat gatal dan panas. Tentunya hal ini dapat mengganggu aktivitas Anda. Untuk mengatasi hal ini Anda dapat menggunakan cuka apel sebagai salah satu obat untuk mengobati bekas gigitan serangga.

Caranya adalah, Anda cukup menggunakan kapas yang telah di beri cuka apel dan menepuknya dengan lembut pada bagian yang tergigit oleh serangga tersebut. Perlahan rasa gatal yang terjadi akan segera hilang.

  • Sebagai Obat untuk Jerawat

Sifat antibakteri yang terkandung didalam cuka apel dapat membantu mengatasi jerawat yang membandel. Untuk mengatasinya Anda dapat memanfaatkan cuka apel ini untuk mengobati jerawat yang membandel pada wajah Anda.

Caranya adalah campurkan 100ml cuka apel dengan 300ml air, setelah itu oleskan pada bagian wajah Anda yang ditumbuhi oleh jerawat. Diamkan hingga 5 sampai 20 menit, kemudian bilas dengan air bersih dan keringkan.

Bekas jerawat yang membandel di wajah Anda perlahan akan menghilang, dengan cara Anda harus menggunakannya dengan rutin dan teratur.

Setelah apa yang sudah saya jelaskan semua, mungkin Anda berfikir bagaimana mendapatkan cuka apel yang baik.

Pada umumnya cuka apel saat ini sudah sangat mudah sekali kita temui di toko-toko online seperti di tokopedia, shopee ataupun bukalapak. Salah satu merek cuka apel yang banyak dijumpai di market place tersebut adalah cuka apel bragg dan cuka apel tahesta.

Dan masih banyak jenis lainnya yang juga tidak kalah bagus, namun kadang sebagian dari Anda mungkin masih kurang percaya dengan produk-produk tersebut. Nah untuk itu disini saya akan memberikan beberapa tips dalam memilih jenis cuka apel yang baik agar ketika Anda menggunakannya, Anda juga dapat mendapatkan hasil yang maksimal.

Tips Memilih Jenis Cuka Apel yang Baik

Dalam memilih cuka apel yang baik itu seperti apa, Anda dapat memilih cuka apel organik yang belum dipasteurisasi dan belum disaring.

Cuka apel organik lebih sehat karena terbebas dari pestisida dan bahannya masih 100% alami. Cuka apel yang masih murni dan belum disaring memiliki enzim dan bakteri sehat yang bermanfaat bagi tubuh Anda lebih banyak ketimbang cuka apel yang sudah melalui tahap penyaringan.

Jika Anda perhatikan, jenis cuka apel yang masih belum dipasteurisasi memiliki tampilan yang keruh. Namun keruhnya cuka apel yang masih murni bukan berarti itu adalah jenis cuka apel yang kurang baik.

Warna keruh yang terdapat pada cuka apel tersebut bisa disebabkan karena  adanya bakteri dan enzim sehat yang masih terdapat pada cuka apel.

Perlu Anda ketahui juga, dikutip dari lemonilo.com, bahwa jenis cuka apel yang baik adalah yang masih memiliki mother atau lapisan yang memiliki bentuk seperti sarang laba-laba yang terdapat pada permukaan cuka apel.

Mother ini menjadi sebuah tanda bahwasanya enzim dan bakteri yang bermanfaat yang ada didalam cuka apel tersebut masih hidup.

Nah bagaimana sudah jelaskan manfaat yang terdapat pada cuka apel, jika Anda tertarik mendapatkan cuka apel namun Anda bingung mencari jenis cuka apel yang baik, meskipun sudah dijelaskan diatas mengenai tips memilih cuka apel yang baik, Anda bisa menghubungi saya untuk mendapatkannya.

Caranya silahkan hubungi saya lewat wa berikut 0856.0862.3732 (bisa langsung Anda klik ya). Terima kasih semoga bermanfaat, jangan sungkan untuk sering mampir di blog ini untuk mendapatkan update terbaru J

Previous

12+ Manfaat Daun Beluntas (Bagi Kesehatan dan Perawatan Tubuh)

Ikan Wader: Pengertian, Jenis & Manfaatnya (Lengkap Dengan Gambar)

Next

Leave a Comment