Makanan Khas Surabaya

Makanan Khas Surabaya – Surabaya merupakan salah satu Kota Terbesar di Indonesia. Namun nggak hanya itu, selain merupakan kota terbesar, Kota Surabaya juga menyimpan banyak sekali wisata kuliner yang perlu kamu eksplore.

Nggak cukup rasanya kalau pergi ke Surabaya cuman main-main di keramaian dan hiruk pikuknya kota Surabaya tanpa menikmati aneka kuliner khas yang ada didalamnya.

Mau tau apa saja makanan khas Surabaya yang harus kamu cicipi? Berikut diantaranya:

1 Sate Klopo Ondomehan

sate klopo khas Surabaya
Makanan Khas Sate Klopo // Sumber : modern.id

Pada umumnya kuliner sate merupakan sejenis makanan yang dibakar diatas bara api, dan pada umumnya sate terbuat dari bahan olahan daging, entah dagi sapi, ayam ataupun daging kambing saja tanpa ada campuran lainnya.

Namun berbeda dengan makanan khas Surabaya yang satu ini, sate klopo namanya. Sate ini selain terbuat dari bahan dasar daging, diluarnya juga diberi lumuran kelapa. Kalau untuk mengetahui rasanya agak sulit dijelaskan melalui kata-kata, kamu harus datang langsung ke Surabaya dan mencicipi sendiri rasanya ya.

Sate klopo ini berada di lokasi : Jl. Walikota Mustajab No. 36, Ketabang, Genteng, Surabaya. Untuk harganya cukup terjangkau, berkisar mulai dari 17rb hingga 18rb setiap porsinya.

2 Sego Sambel Mak Yeye

Sego Sambel Khas // Sumber : kulinerasik.com

Kalau kamu tipe orang pecinta kuliner yang pedes-pedes, sudah saatnya kamu mencoba kuliner khas Surabaya yang bernama sego sambel Mak Yeye ini.

Kuliner khas ini berada didaerah Jagir, Wonokromo, kalau ingin mencicipi makanan khas disini kamu harus datang menjelang larut malam, karena tempat makana ini buka saat menjelang tengah malam dan tutup hingga menjelang subuh.

Rasa khas dan pedasnya yang berbeda dengan tempat lainnya, membuat kamu harus rela mengantri menunggu antrian yang lainnya selesai.

Lokasi tepatnya dari sego sambel Mak Yeye ini berada di Jl. Jagir Wonokromo Wetan No 12 Jagir, Wonokromo, Surabaya. Untuk harga makanan disini berkisar mulai dari 15rb untuk dapat menikmati lezatnya kuliner nasi sambel yang dicampur dengan olahan ikan pari, tempe dan juga telur goreng.

3 Lontong Balap Garuda

makanan khas surabaya, lontong balap
Lontong Balap // Sumber : idntimes.com

Salah satu kuliner Surabaya yang kini melegenda adalah lontong balap. Lontong balap Pak Gendut ini sudah berdiri sejak tahun 1958, rasa dan juga kualitasnya tetap terjaga hingga kini, sehingga membuat para pelanggannya betah dan ketagihan untuk selalu datang kembali mencicipi lontong balap ini.

Lontong balap Pak Gendut berada di lokasi Jl. Prof. Dr. Moestopo 11, Surabaya. Untuk harga kuliner ini dipatok mulai dari 10rb setiap porsinya.

4 Rujak Cingur Ahmad Jais

makanan khas surabaya, rujak cingur
Rujak Cingur // Sumber : kabarrantau.com

Kuliner asli Surabaya selanjutnya adalah rujak cingur. Salah satu tempat terbaik untuk memburu makanan khas Surabaya adalah di daerah Genteng. Warung Ahmad Jaiz ini menyediakan rujak cingur yang disajikan dengan memiliki kekhasannya sendiri.

Mulai dari bahan yang digunakannya yang mampu membuat kamu dapat merasakan kuliner dengan pilihan bahan terbaik. Untuk mendapatkan dan merasakan rujak cingur ini kamu harus bersabar untuk ngantri ya, karena biasanya ditempat ini selalu ramai dengan pembeli lainnya.

Rujak cingur Ahmad Jaiz ini berada dilokasi Jl Ahmad Jaiz No. 40, Peneleh, Genteng, Surabaya. Untuk harganya, berkisar mulai dari 45rb per porsinya, hmm mahal ya.

5 Warung Kepiting Cak Gundul

makanan khas surabaya, warung kepiting.jpg
Warung Kepiting // Sumber : jogja.tribunnews.com

Menikmati makanan yang terbuat dari bahan dasar kepiting memang agak susah. Kita harus berusaha dan bersabar untuk dapat menikmatinya. Nah supaya rasa yang didapat sepadan dengan usaha yang kita lakukan, mungkin kita patut mencoba makanan khas Surabaya kepiting Cak Gundul ini.

Makanan khas yang berbahan daasar kepiting ini berada di wilayah Manunggal, memiliki rasa serta sensasi yang nikmatnya dijamin nggak ada duanya.

Kalau kamu ingin mencicipinya, kamu bisa datang ke lokasi Jl. Raya Kupang Indah No. 45, Sonokwijenan, Suko Manunggal, Surabaya. Harga makanan disini berkisar mulai dari 13.5rb hingga 27rb setiap 100 gramnya.

6 Tahu Campur Kalasan

makanan khas surabaya, tahu campur kalasan
Tahu Campur Kalasan // Sumber : liputan6.com

Salah satu makanan khas Surabaya yang pelu kamu cobain kelezatannya adalah tahu campur kalasan H Abdul Mahmud. Ditempat ini kamu dapat menemui aneka kuliner seger yang bergizi juga tentunya.

Tahu campur kalasan ini berada di Jalan Kalasan No. 16, Pacar Keling, Tambaksari, Surabaya. Harga aneka kuliner yang ada disini berkisar mulai dari 20rb setiap porsinya.

7 Rawon Setan

makanan khas surabaya, rawon setan
Rawon Setan Khas Surabaya // Sumber : hipwee.com

Makanan khas rawon merupakan salah salah satu hidangan khas yang ada di Surabaya, meskipun namanya agak menakutnkan, tapi makanan ini merupakan salah satu kuliner yang banyak digemari, khususnya di daerah Surabaya.

Saking populernya makanan khas ini, membuat banyak restoran yang mencoba memakai nama Rawon Setan sebagai menu masakannya. Meskipun begitu, tetap saja yang asli tetaplah yang terbaik.

8 Semanggi Taman Bungkul

makanan khas surabaya, semanggi
Kuliner Semanggi Khas Surabaya // Sumber : goodnewsfromindonesia.id

Perlu kamu ketahui, Surabaya adalah kota yang juga dikenal dengan kuliner khasnya yang berbahan dasar semanggi, selain kuliner lainnya yang juga terkenal.

Akan tetapi saat ini sudah agak sulit untuk menemukan warung makan yang menyediakan makanan khas ini, hal tersebut dikarenakan bahan dasar pembuatan masakan ini sudah sulit sekali dijumpai.

Tapi kalau kamu penasaran pengen mencoba rasanya, kamu bisa mencoba datang di lokasi Jalan Taman Bungkul, Darmo, Wonokromo, Surabaya. Harga makanan yang sangat khas ini berkisar mulai dari 10rb saja setiap porsinya.

9 Soto Lamongan Cak Har

makanan khas surabaya, soto lamongan
Soto Lamongan Khas Surabaya // Sumber : idntimes.com

Walaupun dari namanya adalah soto Lamongan, namun makanan khas lamongan ini dapat dijumpai di Surabaya juga. Sajian khas dari soto ayam kampung dengan kaldunya yang lezat ini, mampu bergoyang bersama lidah, membuat siapapun yang mencicipinya pasti ketagihan.

Untuk dapat menikmati soto Lamongan ini kamu harus datang sebelum jam makan siang, karena biasanya pada jam tersebut soto Lamongan tersebut sudah ludes dilalap predator kuliner hehe.

Lokasi soto Lamongan Cak Har ini berada di Jalan Arif Rachman Hakim, Keputih, Sukolilo, Surabaya. Untuk harganya berkisar mulai dari 18rb saja setiap porsinya.

10 Soto Gubeng Pojok

makanan khas surabaya, soto gubeng pojok
Soto Gubeng Khas Surabaya // Sumber : liputan6.com

Selain soto Lamongan yang merupakan kuliner khas Lamongan itu, di Surabaya juga ada makanan khas yang bernama soto gubeng pojok. Perbedaan soto gubeng pojok dengan soto Lamongan Cak Har adalah dari bahan dasarnya.

Soto Gubeng ini terbuat dari bahan dasar daging dan juga jeroan sapi, sehingga kaldu yang dihasilkannya memiliki cita rasa yang mantap yang membuatmu nggak bisa berhenti mencicipinya.

Soto Gubeng Pojok ini berada dilokasi Jalan Kusuma Bangsa No 30, Ketabang, Genteng, Surabaya. Untuk harganya berkisar mulai dari 20rban setiap porsinya.

11 Soto Ayam Ambengan

makanan khas surabaya, soto ayam ambengan
Soto Ayam Ambengan Khas Surabaya // Sumber : wikipedia.org

Selain kedua soto diatas, Surabaya juga memiliki banyak spot kuliner yang menyediakan soto lainnya, diantaranya adalah soto ayam ambengan ini.

Menikmati soto ayam ambengan Pak Sadi ini kamu akan merasakan sensasi kenikmatan kuliner khas di Surabaya yang berbeda dengan yang lainnya.

Soto ini juga merupakan makanan khas Surabaya yang banyak direkomendasikan. Nah kalau kamu ingin mencoba menikmati sensasi kelezatannya, kamu bisa datang dilokasi Jalan Ambengan No. 2, Ketabang, Genteng, Surabaya. Untuk harganya berkisar mulai dari 22.5rb setiap porsinya.

12 Mie Pecun (Pedas Beracun)

makanan khas surabaya, mie pecun
Mie Pecun Khas Surabaya // Sumber : ibnuasmara.com

Jangan mengaku pecinta kuliner pedas ya kalau belum mencicipi hotnya makanan khas Surabaya yang satu ini.

Dikedai ini terdapat menu kreatif diantaranya adalah mie goreng pecun bahenol, pecun maniac, pecun senggol telor serta pecun bugil. Hmm namanya aneh-aneh ya.

Selain mie goreng, dikedai ini juga tersedia mie rebus yang diberi nama dengan pecun gatal, pecun beceks, pecun klomoh dan juga pecun mletek suwek.

Penamaan yang diberikan pada setiap makanan yang ada disini memang agak vulgar, sebenarnya tujuan dari penamaan yang vulgar dari makanan yang ada disini adalah bertujuan untuk menarik pengunjung saja.

Untuk dapat menikmati makanan khas disini, kamu bisa datang ke lokasinya di Jl Anjasmoro depan Hotel Widodaren, dengan harga mulai dari 10 hingga 20rb per porsinya.

13 Bakso Beranak

makanan khas surabaya, bakso beranak
Bakso Beranak Khas Surabaya // Sumber : gotravelly.com

Bakso merupakan salah satu kuliner khas yang ada di Surabaya. Salah satunya adalah bakso beranak ini. Kalau kamu lagi disurabaya, sayang banget nih kalau nggak nyobain makanan khas yang satu ini.

Bakso beranak ini adalah bakso yang didalamnya terdapat 3 bakso kecil-kecil, serta ada juga bakso pitoni yang didalamnya terdapat 7 bakso kecil.

Untuk dapat menikmati kuliner ini kamu bisa datang ke lokasinya di Jl. Raya Dukuh Kupang Barat, No. 81, Dukuh Kupang, Kota Surabaya. Untuk harganya berkisar mulai dari 15 hingga 25rb setiap porsinya.

14 Bakso Abah Killer

makanan khas surabaya, bakso abah killer
Bakso Abah Killer Khas Surabaya // Sumber : traveltodayindonesia.com

Selain bakso beranak yang unik, bakso Abah killer ini juga nggak kalah uniknya dengan bakso beranak. Rasanya yang pedas pada bakso ini mampu memanjakan lidah kamu yang mencicipinya.

Yang unik dari bakso Abah Killer ini ialah didalamnya terdapat cabai dan kuah yang sangat pedas, sehingga membuat bakso ini disebut dengan bakso killer.

Kalau kamu ingin mencicipi bakso Abah Killer ini, kamu bisa datang ke alamat Jl. Klampis Semolo Timur I Blok AB No 36, Semolowaru, Sukolilo, Semolowaru, Surabaya.

15 Warung Nasi Cumi

makanan khas surabaya, warung nasi cumi
Warung Nasi Cumi Khas Surabaya // Sumber : tribunnews.com

Mungkin salah satu dari kalian sudah pernah main ke pasar atom? nah ketika kamu lewat pasar atom dimalam hari, kamu perlu nih cobain nasi cumi yang ada di pasar atom.

Nasi cumi pasar atom ini mempunyai cita rasa yang tidak perlu kamu ragukan lagi tuh rasanya. Dijamin suapan pertama dari makanan khas Surabaya yang satu ini, pasti bikin nagih.

Di sini juga tersedia beberapa menu, diantaranya adalah menu nasi campur, nasi komplit, nasi cumi peyek dan yang paling mantep adalah nasi cuminya.

Kamu bisa datang di Jalan Waspada, Pabean, di Kota Surabaya untuk dapat menikmati makanan khas yang satu ini. Untuk harganya, makanan khas ini berkisar mulai dari 25rb hingga 35rb rupiah per porsinya.

Nah itulah ke 15 Makanan Khas Surabaya yang bisa saya bagikan, semoga bermanfaat. Sebenernya masih ada banyak lagi kuliner serta jajan khas yang ada di Surabaya lainnya. Semoga di lain hari bisa update yang lebih lengkap lagi.

Terima kasih sahabat setia Gopensil, jangan lewatkan pula tulisan sebelumnya tentang makanan khas Sumbawa yang perlu kamu cobain kenikmatan kuliner ala-ala Nusantara bagian timur ya.

Leave a Comment