Makanan Khas Sumbawa

Makanan Khas Sumbawa – Sumbawa Besar merupakan ibu kota dari Kabupaten Sumbawa – Nusa Tenggara Barat (NTT).

Sumbawa Besar merupakan salah satu kota yang ada di Pulau Sumbawa selain Kota Bima dan Dompu. Tahukah kamu bahwasanya Kota Sumbawa merupakan kota yang dalam proses pengajuan menjadi salah satu kota otonom baru di Indonesia.

Mendengar kata Sumbawa pasti kita kebayang dengan wisata religi, alam, sejarah dan juga budaya yang masih kental disana.  Kamu tahu nggak sih, ternyata kota Sumbawa ini juga memiliki banyak sekali makanan khas loh. Apa sajakah makanan khas yang dari Sumbawa? Berikut diantaranya:

Gecok

gejok, makanan khas sumbawa
Gejok // Kuliner Khas Sumbawa // Sumber : merahputih.com

Gecok merupakan Makanan Khas Sumbawa yang berbahan dasar daging dan jeroan sapi. Bahan dasar tersebut kemudian digoreng dan dimasukkan kedalam tumisan bumbu khas yang memakai belimbing wuluh.

Biasanya gecok dihidangkan dengan dibalut dengan parutan kelapa khas kemudian dibumbui dengan tumisan segar asam yang menambah cita rasa yang renyah dan gurih.

Makanan khas ini biasanya digunakan oleh masyarakat Sumbawa sebagai lauk untuk makan bersama dengan nasi. Nah kalau kamu penasaran dengan makanan yang satu ini, kamu dapat menjumpainya di daerah Kabupaten Sumbawa dan juga Sumbawa Barat.

Ayam Bakar Taliwang

ayam taliwang, kuliner khas sumbawa
Ayam Taliwang // Masakan Khas Sumbawa // Sumber : lensapena.id

Makanan khas yang satu ini adalah salah satu kuliner khas yang berasal dari Kecamatan Taliwang yang merupakan Ibu Kota dari Kabupaten Sumbawa Barat. Nama ayam bakar Taliwang sendiri diambil dari tempatnya berasal.

Pada umumnya ayam bakar Taliwang ini sama halnya dengan ayam bakar yang ada pada umumnya. Hanya saja sedikit berbeda dari bumbu yang digunakannya. Ayam bakar Taliwang memiliki cita rasa bumbu yang pedas serta sedikit asam.

Selain itu hidangan sambal yang dipakai juga mengandung minyak yang befungsi memberikan kesan yang berbeda dengan ayam bakar pada umumnya. Sehingga siapapun yang mencoba ayam bakar Taliwang ini dijamin kamu akan ketagihan dan pengen nambah lagi.

Sepat

sepat, makanan khas sumbawa
Sepat // Kuliner Khas Sumbawa // Sumber : merahputih.com

Sepat merupakan salah satu Kuliner Khas Sumbawa yang dapat dijumpai didaerah Kecamatan Sumbawa Besar.

Masakan tradisional Sumbawa yang satu ini biasanya dibuat oleh masyarakat Sumbawa sebagai salah satu menu untuk santapan berbuka puasa disaat memasuki bulan Suci Ramadhan.

Bahan dasar pembuatannya yakni terdiri dari ikan, ayam dan juga udang yang dibakar yang dimasukkan kedalam kuah asam yang telah dicampur dengan bumbu-bumbu seperti bawang merah, cabai, terong, dan juga tomat.

Untuk menambah rasa asam pada masakan sepat ini biasanya akan ditambah dengan  asam Jawa, belimbing ataupun mangga yang dicampur dengan perasan jeruk limau.

Singang Khas Sumbawa

Singang khas sumbawa
Singang // Makanan Khas Sumbawa // Sumber : merahputih.com

Makanan Khas Sumbawa Singang merupakan Kuliner Tradisional Khas Sumbawa yang terbuat dari bahan dasar ikan segar seperti bandeng dan ikan kakap yang dimasak dengan bumbu rempah-rempah.

Singang khas Sumbawa ini sekilas mirip dengan gulai ikan, kalau kamu pengen nyobain masakan yang satu ini kamu dapat menemukannya di daerah Kabupaten Sumbawa atau Sumbawa Barat.

Mangge Mada

mangge mada, makanan khas sumbawa
Mangge Mada // Kuliner Khas Sumbawa // Sumber : keluyuran.com

Mangge Mada merupakan Makanan Khas Sumbawa yang memiliki artinya “Gulai Jantung Pisang”, kuliner yang satu ini merupakan masakan tradisional Bima yang dapat kamu temui di Kota Bima dan Dompu.

Mangge adalah makanan khas yang terbuat dari bahan dasar jantung pisang, biasanya jantung pisang yang digunakan adalah pisang jenis raja, sehingga menambah rasa gurih dan nikmat ketika dinikmati.

Mangge mada biasanya juga ditambah dengan bahan tambahan lainnya seperti daging ayam cincang, udang bakar, santan, jeruk nipis, rebu dan juga cabe rawit.

Makanan khas yang satu ini memiliki kuah yang berwarna putih kecoklatan, warna tersebut dihasilkan dari jantung pisang yang dibakar dan juga dari santan kelapanya.

Bubur Palopo

bubur paloppo, makanan khas sumbawa
Bubur Palopo // Masakan Khas Sumbawa // Sumber : disperin.ntbprov.go.id

Bubur palopo didalam bahasa daerah Sumbawa memiliki arti bubur kerbau. Makanan khas yang satu ini memang terbuat dari bahan dasar susu segar dari kerbau yang menjadi pengganti santan.

Biasanya bubur palopo juga menggunakan bahan tambahan seperti gula merah dan juga air rebusan terong kuning, jadi tidak menggunakan bahan dari daging kerbau sama sekali.

Jadi jika kamu nggak suka daging kerbau, kamu nggak perlu khawatir untuk menikmati makanan ini. Kuliner ini merupakan bubur khas Sumbawa yang memiliki rasa yang enak loh, rasanya terasa gurih dan juga manis.

Tumi Sepi

tumi sepi, makanan khas sumbawa
Tumi Sepi // Kuliner Khas Sumbawa // Sumber : cookpad.com

Tumi sepi adalah kuliner khas yang terbuat dari bahan dasar udang rebon, udang rebon merupakan udang yang memiliki ukuran mini alias kecil-kecil. Dalam bahasa Mbojo, makanan ini berarti Tumis Udang Rebon.

Disebut demikian karena makanan khas ini dibuat dengan udang yang berukuran kecil yang kemudian ditumis dengan tomat, cabe, asam muda serta daun kemangi. Sehingga kalau kamu nyobain makanan ini, akan sulit rasanya mengungkapkan rasa yang ada padanya.

Biasanya tumi sepi dihidangkan bersama dengan nasih yang masih hangat, sehingga menambah cita rasa yang semakin menggugah selera.

Rusa Bakar

rusa bakar, kuliner khas sumbawa
Rusa Bakar // Makanan Khas Sumbawa // Sumber : gotripina.com

Rusa bakar sebenarnya adalah makanan khas Bima yang kini sudah jarang ditemui. Karena bahan dasar dari makanan khas ini merupakan daging rusa yang sudah jarang dijumpai.

Makanan khas ini sebelum dihidangkan biasanya akan diawetkan terlebih dahulu, yang kemudian dibakar dan dicampur dengan aneka olahan bumbu, untuk membuat rasanya menjadi lezat dan gurih ketika disantap dengan nasi.

Uta Londe Puru

uta londe puru, makanan khas sumbawa
Uta Londe Puru // Masakan Khas Sumbawa // Sumber : salsabila.student.umm.ac.id

Uta londe puru adalah masakan khas di daerah Sumbawa yang diolah dari bahan dasar ikan bandeng yang dibakar. Ikan bandeng yang digunakan dalam masakan ini adalah ikan bandeng yang memiliki ukuran besar yang dibkar dengan bumbu garam.

Masakan ini memiliki cita rasa yang gurih dan manis, apalagi kalau ikannya merupakan ikan bandeng yang baru ditangkap dan masih segar, maka rasanya akan semakin menggoda.

Biasanya makanan ini dihidangkan dengan sambel kecap dan juga potongan jeruk lemon cui. Hmm pasti kamu sudah bayangin kan rasanya seperti apa?

Uta Janga Puru

uta janga puru, makanan khas sumbawa
Uta Janga Puru // Kuliner Khas Sumbawa // Sumber : keluyuran.com

Uta janga puru adalah makanan khas selanjutnya yang mirip dengan masakan ayam taliwang. Bahan dasar masakan ini terbuat dari ayam yang memiliki ukuran yang sedang yang tidak dipotong namun dibuat bekakak.

Setelah diberi dengan olahan bumbu, kemudian daging ayam tersebut dibakar, kemudian disantap selagi masih panas dengan sambel bawang. Hmm kebayang pasti kan rasanya.

Uta Maju Puru

uta maju puru, makanan khas sumbawa
Uta Maju Puru // Makanan Khas Sumbawa // Sumber : Nabila Putry Amalia Sofyan

Uta maju puru adalah masakan khas Sumbawa yang terbuat dari bahan dasar daging rusa. Biasanya masakan ini hanya diberi bumbu garam, kemudian dipanggang diatas bara api. Kuliner yang satu ini sama halnya dengan rusa bakar yang sudah disebutkan diatas.

Katanya sih makanan ini memiliki cita rasa yang gurih, soalnya saya sendiri belum pernah nyobain, nggak tega sama rusanya.

Uta Mbeca Ro’o Parongge

Uta Mbeca Ro’o Parongge, makanan khas sumbawa
Uta Mbeca // Kuliner Khas Sumbawa // Sumber : Nabila Putry Amalia Sofyan

Makanan khas Sumbawa selanjutnya adalah uta mbeca ro’o parongge, merupakan masakan sayur bening yang hampir sama dengan sayur daun kelor ala Betawi. Bedanya masakan khas yang ini selain menggunakan daun kelor, juga ada tambahan sayuran lainnya, misalnya kangkung atau toge.

Hmm kira-kira seperti apa yang rasa yang dihasilkan dari masakan khas yang satu ini?

Manjareal

manjareal, kue khas sumbawa
Manjareal // Masakan Khas Sumbawa // Sumber : budaya-indonesia.org

Manjareal sebenarnya adalah jajanan kue khas Sumbawa yang terbuat dari bahan dasar kacang tanah yang telah diberi bumbu dan dibungkus dengan daun lontar. Manjareal memiliki aroma yang harum dan unik.

Makanan khas ini sangat nikmat apabila di nikmati dengan minuman teh ataupun kopi yang masih panas.

Palumara

palumara, makanan khas sumbawa
Palumara // Makanan Khas Sumbawa // Sumber : merahputih.com

Palumera merupakan salah satu Makanan Khas Sumbawa selanjutnya yang memiliki kemiripan dengan makanan khas bugis. Makanan khas ini terbuat dari bahan dasar ikan dan dihidangkan dengan ikan tongkol, cakalang atau ikan kakap yang dilengkapi dengan kuah santan.

Palumera adalah masakan khas yang memiliki rasa asam yang segar, yang dihasilkan dari tomat merah dan juga belimbing wuluh.

Nah demikianlah beberapa daftar kuliner khas Sumbawa yang dapat saya bagikan. Jangan lupa untuk membaca pula Makanan Khas Kepulauan Riau yang sudah saya tuliskan sebelumnya, terima kasih semoga bermanfaat.

Leave a Comment