Makanan Khas Minangkabau

Makanan Khas Minangkabau – Kita tahu bahwasanya Minangkabau merupakan sebuah wilayah yang biasa disebut dengan Minang.

Etnis ini tersebar di kawasan yang saat ini masuk kedalam Provinsi Sumatera Barat, Separuh daratan Riau, Bengkulu, Jambi, hingga barat daya Aceh.

Orang Minang kerap kali disamakan dengan orang Padang, hal ini merujuk dari sebuah kota Provinsi Sumatera Barat yakni Padang.

Masyarakat Minangkabau dikenal dengan bidang perniagaan dan juga intelektualnya. Mereka adalah pewaris terhormat dari tadisi Kerajaan Melayu dan Sriwijaya yang memiliki kegemaran dalam berdagang.

Selain terkenal dengan bidang perniagaannya, Minangkabau juga terkenal dengan masakan khasnya yang sangat menggoda selera.

Apasajakah masakan khas Minang tersebut? Berikut diantaranya:

Rendang

rendang khas Minang
Rendang Khas Minang / Sumber : foodizz.id

Rendang merupakan masakan tradisional khas Minang. Rendang menjadi makanan favorit hampir setiap orang yang datang dirumah masakan Padang.

Rendang sendiri terbuat dari bahan utama daging sapi, serta bahan lainnya berupa santan kelapa, cabe merah, dan juga bumbu-bumbu untuk memasak lainnya sebagai penyedap.

Selain menggunakan daging sapi, saat ini rendang juga ada yang menggunakan bahan dasar lainnya, misalnya menggunakan daging ayam, telur ataupun buah nangka yang masih muda.

Dendeng Balado

dendeng balado khas Padang
Dendeng Balado Khas Padang / Sumber : Youtube

Dendeng balado terbuat dari bahan utama daging sapi yang telah di iris dengan bentuk yang tipis lalu dikeringkan. Setelah itu daging sapi tersebut digoreng dan diberi campuran cabai merah.

Selain cabe merah biasanya dendeng balado juga diberi campuran bawang merah dan bawang putih dan bumbu seperti tambahan santan dan lain-lain.

Dendeng Batokok

dendeng batokok Padang
Dendeng Batokok Padang / Sumber : selerasa.com

Seperti halnya dendeng balado, dendeng batokok terbuat dari bahan utama daging sapi yang di iris dengan bentuk yang tipis-tipis lalu kemudian digoreng.

Daging sapi yang telah di goreng tersebut nantinya akan ditumbuk-tumbuk menggunakan cobek, dengan tujuan untuk menghasikan tekstur daging yang lebih lembut.

Perbedaan antara dendeng balado dengan dendeng batakok ini adalah jenis cabe yang dipakai. Jika pada dendeng balado menggunakan cabe merah, dendeng batokok ini cabe yang digunakan adalah cabe hijau yang digiling kasar.

Gulai Toco

gulai tauco Minang
Gulai Tauco Minang / Sumber : cookpad.com

Makanan khas Minangkabau yang selanjutnya adalah gulai toco. Makanan ini terbuat dari bahan utama kacang buncis yang dicampur dengan tempe dan juga daging yang telah dipotong kecil-kecil.

Selain daging dan buncis terdapat campuran lainnya seperti kacang hijau dan juga tambahan santan dan bumbu lainnya untuk menambah cita rasa nikmat padanya.

Gulai Itiak (Gulai Bebek)

Gulai Itiak
Gulai Itiak / Sumber : apasih.web.id

Disebut dengan gulai itiak atau bebek, karena makanan khas Minangkabau yang satu ini terbuat dari bahan utama daging itik.

Jenis itik yang dipakai merupakan itik yang masih muda yang kemudian dipotong lalu dibakar. Setelah matang maka daging tersebut akan diolah bersama dengan santan yang ditambah dengan cabe hijau kering dan juga jeruk nipis.

Hmm.. dagingnya terasa begitu empuk ketika digigit..

Gulai Daging

Gulai Daging
Gulai Daging / Sumber : nusantaratv.com

Gulai daging terbuat dari bahan utama daging sapi atau daging ayam, ada pula yang menggunakan jengkol.

Gulai daging ini biasanya dikenal dengan rendang muda, karena memiliki warna yang tidak terlalu hitam pekat. Bahan-bahan yang digunakan untuk bumbunya sama halnya dengan bumbu rendang.

Gulai Otak

Gulai Otak Padang
Gulai Otak Padang / Sumber : gotravelly.com

Gulai otak merupakan makanan khas Minangkabau yang terbuat dari bahan utama otak sapi yang telah di potong menjadi potongan kecil-kecil.

Makanan ini dipadukan dengan kuah santan yang sangat nikmat. Pokoknya kalau kamu sedang berada di Minangkabau, jangan lupa untuk mencicipi kuliner yang satu ini.

Gulai Kambing

Gulai Kambing Padang
Gulai Kambing Padang / Sumber : katalogkuliner.com

Gulai kambing ini adalah masakan khas Minangkabau yang berkuah santan. Terbuat dari bahan utama daging kambing dan santan, serta campuran cabe merah yang telah digiling dengan halus.

Biasanya gulai kambing ini diolah dengan tambahan bumbu khas minang lainnya. Sehingga menjadikan gulai kambing ini memiliki tekstur daging yang empuk serta rasanya yang pedas dengan aromanya yang sangat khas.

Soto Padang

Soto Padang
Soto Padang / Sumber : masakapahariini.com

Soto padang adalah masakan khas padang yang berkuah kaldu sapi. Bahan utama soto padang ini adalah daging sapi yang telah di iris dan dikeringkan.

Didalam masakanan soto padang ini biasanya terdapat perkedel kentang yang akan lebih nikmat apabila dinikmati ketika masih hangat.

Goreng Belut

Belut Goreng Padang
Belut Goreng / Sumber : selerasa.com

Masakan khas Minangkabau selanjutnya adalah goreng belut. Makanan ini berbahan utama belut, baik belut basah ataupun belut kering yang kemudian digoreng dengan campuran cabai merah atau cabe hijau.

Goreng belut ini akan sangat nikmat jika digoreng hingga kering, walaupun kamu juga boleh menikmati belut goreng basah.

Yang perlu kamu ketahui dari makanan ini adalah kandungan proteinnya yang begitu tinggi sehingga baik untuk kesehatan tubuh kita.

Pangek Padeh

Pangek Padeh Padang
Pangek Padeh / Sumber : cookpad.com

Padas dibuat dari bahan utama ikan, sebagain ada pula yang menggunakan bahan dasar daging. Selain daging dan ikan biasanya terdapat bahan tambahan seperti kacang panjang, nangka muda serta cabe giling.

Bahan-bahan tersebut kemudian akan dimasukkan dan dimasak dengan menggunakan periuk dari tanah yang dibagian dalamnya telah diberi alas daun pisang lalu dimasak menggunakan tungku.

Cancang

Cancang Minangkabau
Cancang Minangkabau / Sumber : idntimes.com

Cancang terbuat dari bahan utama daging berukuran kecil yang telah dipotong-potong. Cancang ini dimasak dengan menggunakan santan serta cabe merah yang telah digiling lembut.

Sehingga membuat cita rasanya menjadi terasa pedas dan memiliki aroma yang sangat khas.

Daging yang dipakai sebagai bahan utamanya biasanya menggunakan daging kambing. .

Palai Bada

Palai Bada Padang
Palai Bada / Sumber : idntimes.com

Palai bada adalah makanan khas Minangkabau yang terbuat dari bahan utama bada atau ukan teri yang memiliki ukuran kecil-kecil.

Masakan ini menggunakan parutan kelapa dan cabe serta tambahan bumbu lainnya. Kemudian dibungkus dengan menggunakan daun pisang lalu dimasak dengan cara dibakar diatas bara api.

Sehingga menghasilkan citas rasa yang pedas dan gurih yang mampu menggoyang lidahmu untuk terus nyobain.

Gulai Pucuak Ubi

Gulai Pucuak Ubi
Gulai Pucuak Ubi / Sumber : dapur-teh-enur.blogspot.com

Gulai pucuak ubi merupakan makanan khas Minangkabau selanjutnya, yang terbuat dari bahan utama daun singkong yang masih muda.

Daun singkong tersebut kemudian akan direbus dengan menggunakan santan yang dicampur dengan ikan teri berukuran kecil.

Gulai Jengkol

Gulai Jengkol
Gulai Jengkol / Sumber : suara.com

Gulai jengkol adalah makanan khas Minangkabau selanjutnya yang terbuat dari bahan utama jengkol yang telah direbus.

Kemudian digulai dengan tamabahn cabe merah giling dan beberapa tambahan bumbu lainnya.

Orang-orang menyebutnya gulai jengkol ini memiliki rasa seperti kentang dan kamek. Kalau kamu penasaran kamu bisa mencoba sendiri rasanya.

Gulai Paku

Gulai Paku
Gulai Paku / Sumber : merahputih.com

Makanan ini terbuat dari bahan utama daun paku yang diolah dengan bumbu santan, cabe hijau dan beberapa olahan bumbu lainnya.

Gulai paku akan lebih lezat jika disajikan dengan ketupat, terutama saat disajikan bersama dengan ketupat saat menjelang hari lebaran.

Sambalado Tanak

Sambalado Tanak
Sambalado Tanak / Sumber : pekanbaru.tribunnews.com

Sambalado tanak merupakan makanan khas Minangkabau yang berupa sambel yang dimasak kemudian dicampur dengan pete dan ikan teri yang memiliki ukuran yang sedang.

Sambalado tanak memiliki warna orange kecoklatan karena terdapat santan dan air nasi yang memiliki rasa lamak bana..

Sambalado Matah

Sambalado Matah
Sambalado Matah / Sumber : padangfood.com

Makanan khas Minangkabau yang terakhir adalah sambalado matah, masakan ini terbuat dari cabe hijau, cabe merah, tomat, bawang merah dan juga bawang putih yang digiling menjadi satu.

Kemudian bumbu tersebut akan dicampur dengan garam dan jeruk nipis untuk menambahkan cita rasa yang sedap dan lezat.

Rasanya dijamin enak banget, apalagi jika dicampur dengan ikan asin dan juga daun singkong yang masih muda, dijamin kamu pasti ketagihan.

Hmm banyak sekali kan aneka masakan khas Minang yang menggugah selera makan kita.

Bagi yang mengaku pecinta kuliner, wajib banget pokoknya untuk merasakan kelezatan aneka makanan khas Minang yang sudah disebutkan diatas.

Mungkin sekian dari saya, jangan lupa baca pula artikel sebelumnya yang membahas mengenai makanan khas Jember yang sangat khas dan langka banget. Terima kasih semoga bermanfaat.

Leave a Comment