Makanan Khas Melayu

Makanan Khas Melayu – Masakan Melayu merupakan masakan yang dibuat oleh etnis Melayu. Masakan ini dapat kita jumpai di daerah Melayu, seperti Malaysia, Indonesia (Sumatera, Jawa dan Kalimantan), Singapura, Brunei, dll.

Ciri ciri utama dari masakan khas Melayu ini adalah menggunakan bahan rempah-rempah yang banyak. Selain rempah-rempah, penambahan santan pada masakan Melayu juga sangat penting.

Sehingga dari olahan rempah-rempah dan santan tersebut, mampu menghadirkan cita rasa masakan yang khas yang berbeda dengan yang lainnya.

Nah bagi kamu yang ingin tahu, apa saja daftar makanan khas Melayu, berikut penjelasannya:

Makanan Khas Melayu

  • Cencalok
cincalok ikan, makanan khas Melayu
Cencalok Ikan

Cencalok merupakan makanan khas yang berasal dari Melayu. Makanan ini mengandung banyak protein yang sangat tinggi.

Cincalok terbuat dari bahan dasar udang yang memiliki ukuran kecil-kecil yang difermentasi terlebih dahulu.

Karena menggunakan bahan dasar udang yang difermentasi, sehingga pembuatannya juga cukup lama.

Udang yang akan difermentasi pertama-tama harus dibersihkan terlebih dahulu cangkangnya lalu kemudian diaduk dengan menggunakan garam kasar.

Kemudian campuran udang dan garam ini dimasukkan kedalam sebuah tempat yang ditutup dengan kain yang tebal selama kurang lebih 30 hari.

Ketika telah difermentasi, maka cencalok siap dihidangkan bersama dengan nasi hangat yang dicampur dengan sambal bawang maupun sambal matah.

Hmm dijamin rasanya pasti bikin kamu ketagihan..

  • Mie Sagu
Mi Sagu Khas Melayu
Mie Sagu

Makanan khas Melayu yang kedua adalah mie sagu. Mie sagu khas melayu ini terbilang cukup unik, karena didalamnya terdapat tambahan ikan teri, daun kuncai dan juga toge.

Mie sagu memiliki rasa yang gurih dan manis, sehingga menjadi banyak digemari oleh para wisatawan. Selain itu mie sagu juga dipercaya bagus bagi pengobatan.

  • Sup Tunjang
Sup Tunjang Khas Riau
Sup Tunjang

Sup tunjang sekilas jika kita perhatikan mirip dengan sup buntut. Yang menjadi pembeda ialah terletak pada komponen tambahannya saja.

Sup tunjang dibuat dari olahan berbagai bahan dan juga rempah-rempah, misalnya cengkeh, kayu manis, bawang putih dan jahe, serta beberapa komponen lainnya.

Sup tunjang memiliki cita rasa manis yang dapat membantu mengembalikan energi kamu yang telah berkurang akibat kelelahan saat bekerja atau aktivitas lainnya yang menguras tenaga.

  • Ikan Selais Asap
Ikan Selais Asap
Ikan Selais Asap

Ikan selais asap ialah makanan khas Melayu yang diolah dengan bumbu gulai dan juga pindang. Sehingga ketika disajikan dan di disantap, rasanya akan sangat nikmat, apalagi jika di makan dengan sambel yang pedas.

Nah kalau kamu sedang berkunjung di Melayu, jangan lupa ya untuk mencoba makanan khas yang satu ini

Kue Khas Melayu

  • Kue Asidah
kue asidah
Kue Asidah Khas Melayu

Kue asidah merupakan kue khas Melayu yang dianggap sebagai kue yang menjadi karakteristik makanan khas melayu yang menonjolkan cita rasa khasnya.

Kue asidah dibuat dari bahan dasar perpaduan cengkeh, kayu manis dan juga daun pandan.

Kue asidah di masak dengan cara di kukus selama kurang lebih 20 menit, saat telah matang kue asidah memiliki tekstur yang lembut dan manis saat dimakan.

Biasanya makanan ini menjadi menu pembuka serta disajikan dengan bawang goreng.

  • Kue Bolu Kemojo
kue bolu kemojo khas Melayu
Kue Bolu Kemojo Khas Melayu

Kue yang satu ini juga biasa disebut dengan bolu komojo. Penamaan makanan ini berasal dari kata kemboja (bunga kamboja).

Disebut dengan nama tersebut karena alat loyang yang dipakai untuk membuat olahan kue bolu kemojo ini berbentuk seperti halnya bunga kamboja.

Kue khas Melayu yang satu ini memang sangat populer di Melayu, dan sering sekali dijadikan sebagai salah satu kue oleh-oleh khas Melayu.

Kue bolu ini dimasak dengan cara dikukus sehingga kesan tradisionalnya masih terjaga. Selain itu, biasanya kue ini juga dibuat bersama-sama masyarakat ketika ada sebuah pesta atau upacara adat yang akan di laksanakan.

  • Roti Jala
Roti Jala Kari Ayam
Roti Jala Kari Ayam

Roti jala merupakan salah satu dari makanan khas yang ada di Melayu. Disebut dengan roti jala karena bentuknya tipis-tipis serta memiliki rongga-rongga yang mirip jala.

Roti jala menjadi makanan khas Melayu yang menjadi populer karena banyak disukai oleh masyarakat. Kamu penasaran kan dengan rasanya? Makanya jangan lupa cobain makanan khas Melayu yang satu ini.

  • Roti Canai
Roti Canai Coklat
Roti Canai Coklat

Roti canai ini sebenarnya mirip dengan roti jala. Makanan khas ini merupakan makanan khas yang berasal dari masyarakat India yang merantau ditanah Melayu.

Roti canai memiliki bentuk persegi yang sangat tipis, kemudian dibentuk dengan cara dilipat kemudian dipanggang minggunakan minyak.

Roti canai merupakan makanan khas yang sudah terkenal, termasuk di Malaysia, biasanya roti canai ini dihidangkan bersama dengan kuah kari kambing.

  • Kue Bangkit
Kue Bangkit Melayu
Kue Bangkit Melayu

Nama kue ini memang unik. Disebut sebagai kue bangkit karena saat setelah selesai dimasak dan dikeluarkan dari mesin pemanggang atau oven, maka ukurannya akan menjadi dua kali lipat lebih besar.

Kue bangkit dibuat dari olahan bahan dasar adonan telur, tepung terigu dan juga mentega pilihan. Kue ini sangat cocok untuk menemani acara yang sedang berlangsung.

Saat dikunyah, kue bangkit memiliki tekstur yang lembut, sehingga menjadikan kue ini banyak disukai oleh penggemarnya.

  • Lempuk Durian
Lempok Durian Palembang
Lempok Durian Palembang

Makanan khas Melayu selanjutnya adalah lempuk durian. Makanan khas ini sebenarnya tersebar dibeberapa daerah, seperti di Palembang, Samarinda dan juga Pontianak.

Olahan buah durian pada makanan ini biasanya dicampur dengan sedikit campuran gula pasir. Hal ini bertujuan untuk menjadikan lempuk durian menjadi lebih awet dan tahan lebih lama.

Biasanya lempok durian ini mampu bertahan hingga 4 bulan apabila kita menyimpannya didalam lemari es.

  • Luti Gendang
Luti Gendang Khas Batam
Luti Gendang Khas Batam

Luti gendang merupakan kue khas Melayu yang terbuat dari bahan adonan donat kentang yang memiliki tekstur yang lembut.

Biasanya didalamnya terdapat isian abon yang memiliki rasa pedas manis sehingga perpaduannya menghasilkan rasa yang gurih dan enak.

Abon yang dimasukkan juga bervariasi sesuai dengan selera yang kita inginkan. Kue khas Melayu ini sangat cocok dinikmati ketika bersantay bersama keluarga ataupun teman-teman kamu selagi masih hangat.

Kue khas Melayu yang satu ini juga unik, yakni jika kamu suka kue yang setengah matang, kamu bisa memesan luti gendang ini dengan adonan setengah matang.

  • Kue Deram-Deram
Kue Deram-Deram
Kue Deram-Deram

Deram-deram merupakan kue khas Melayu yang juga disebut dengan derum-derum.

Deram-deram memiliki bentuk bula seperti kue donat, hanya saja ukurannya lebih kecil dibandingkan donat, selain itu warna deram-deram juga lebih pekat.

Deram-deram ini terbuat dari bahan dasar tepung beras yang dicampur dengan gula merah, kemudian digoreng dengan minyak.

Konon, kue deram-deram ini merupakan cemilan khas Melayu yang disediakan untuk Kesultanan Melayu.

Deram-deram ini sangat cocok bagi kamu yang suka cemilan manis, untuk dinikmati beramai-ramai.

  • Lopek Bugi
Lopek Bugi
Lopek Bugi

Kue khas Melayu yang selanjutnya adalah lopek bugi. Makanan ini merupakan salah satu makanan khas Melayu yang terbuat dari bahan dasar ketan.

Konon, lopek bugi ini merupakan makanan khas yang disajikan bagi para bangsawan. Akan tetapi saat ini, kue ini menjadi makanan yang dapat dinikmati oleh siapapun.

Biasanya lopek bugi disajikan pada saat datangnya hari-hari besar, seperti baliamau bakasai ataupun perayaan hari besar lainnya di Melayu.

  • Tepung Gomak
Kue Tepung Gomak
Kue Tepung Gomak

Tepung gomak merupakan kue khas yang dibalut dengan tepung sampai tebal. Biasanya tepung gomak menggunakan bahan dasar tepung ketan dan kacang ijo sebagai bahan dasarnya.

Untuk olahan isiannya tepung gomak biasanya menggunakan isian gula merah ataupun parutan kelapa. Sehingga rasanya mirip dengan dadar gulung.

Biasanya kue tepung gomak ini disajikan ketika ada acara kenduarian dan selamatan yang dihidangkan sebagai hidangan menu pembuka sebelum menyantap nasi dan lauk lainnya.

Minuman Khas Melayu

  • Es Laksamana Mengamuk
Es Laksamana Mengamuk
Es Laksamana Mengamuk

Sebutan dari minuman es ini memang unik. Disebut dengan es laksamana mengamuk karena, konon minuman ini berawal dari mengamuknya seorang laksamana di kebun kuini.

Yang menjadi penyebab mengamuknya laksamana tersebut mengamuk adalah karena istrinya dibawa pergi oleh pemilik kebun tersebut.

Dan dari situlah awal mula adanya minuman ini. Es ini merupakan minuman khas Melayu yang terbuat dari olahan buah kuini.

  • Es Air Mata Pengantin
es air mata pengantin
Es Air Mata Pengantin

Seperti halnya es laksamana mengamuk, es air mata penganti ini juga memiliki nama yang unik.

Es air mata penganti ini memiliki warna yang bervariasi. Biasanya es ini disajikan dengan biji selasih, blewah dan juga serutan es batu yang semakin menambah kesegarannya.

Hmm pasti enak banget nih di nikmati di siang-siang panas seperti saat ini.

  • Batu Permata di Sungai Rokan
Batu Permata di Sungai Rokan

Minuman khas Masyarakat Melayu yang terakhir ini disebut dengan batu permata di sungai rokan.

Sebenarnya minuman ini merupakan minuman segar yang terbuat dari nangka, mentimun, cincau, kelapa muda, pasir dan beberapa tambahan lainnya.

Jadi bukan terbuat dari batu seperti halnya namanya. Kumpulan buah segar yang ada tadi kemudian dicampurkan dan diberi air secukupnya. Setelah itu kamu dapat menikmatinya di siang-siang panas ini.


Masih ada banyak sekali makanan khas yang ada pada Masyarakat melayu yang harus kamu eksplor. Terutama bagi kamu yang mengaku sebagai pencinta kuliner, wajib harus tahu semuanya.. 🙂

Nah dari saya mungkin itu saja yang dapat saya share, jangan lewatkan pula tulisan sebelumnya yang membahas tentang makanan khas Cilacap yang juga nggak kalah enaknya. Terima kasih semoga bermanfaat!.

Leave a Comment