Makanan Khas Majalengka

Makanan Khas Majalengka – Kota Majalengka merupakan sebuah kota yang berada di Provinsi Jawa Barat. Di Majalengka terdapat sebuah bandara udara internasional, sehingga Majalengka menjadi salah satu bagian dari kota yang cukup dikenal oleh banyak orang, salah satunya adalah mereka yang suka berburu kuliner khas tradisional.

Berbicara soal Majalengka, Kamu sudah tahu belum nih kalau Majalengka ternyata juga memiliki banyak sekali makanan khas tradisional. Seperti halnya dengan tempat-tempat lain yang juga memiliki kuliner yang menjadi ciri khas kota tersebut.

Begitupula dengan Kota Majalengka, Nah apakah Kamu sudah tahu apa saja sih kuliner makanan khas yang ada di Majalengka? Pasti Kamu penasarankan pengen nyobain, nah bagi Kamu yang mungkin sedang berada di Kota ini, berikut adalah makanan khas Majalengka yang perlu Kamu coba:

Ampas Kecap

makanan khas majalengka
Ampas Kecap // Kuliner Khas Majalengka // Sumber : cookpad.com

Ampas kecap merupakan makanan khas yang ada di Majalengka yang pertama. Disebut dengan ampas kecap karena makanan tersebut berbahan dasar sisa kacang kedelai yang diperoleh dari hasil proses pembuatan kecap.

Ampas kecap ini memiliki warna hitam serta rasanya yang gurih. Akan sangat nikmat jika makanan ini kita nikmati di saat siang hari. Di Majalengka sendiri sudah banyak sekali warung-warung yang menyediakan lauk makanannya dengan ampas kecap, karena sudah menjadi salah satu makanan favorit di Majalengka, kamu akan dengan mudah mendapatkan untuk mencicipi rasanya.

Jalakotek

makanan khas majalengka jalakotek
Jalakotek // Makanan Khas Kota Majalengka // Sumber : sindonews.com

Jalokotek, adalah cemilan khas Majalengka yang terbuat dari bahan dasar aci dan tahu yang telah diberi bumbu. Makanan ini memiliki karakteristik yang sama dengan kue pastel.

Nah jika Kamu menjumpai makanan ini, Kamu harus mencoba menyantapnya dengan keadaan kuenya masih hangat, karena cita rasa yang diberikannya akan semakin nikmat ketika masih dalam keadaan hangat.

Jalakotek adalah salah satu jenis makanan khas yang paling terkenal di Kota Majalengka. Untuk mencobanya, kamu bisa datang ke alun-alun Majalengka untuk mencicipi kelezatan makanan ini.

Mangga Gedong Gincu

makanan khas majalengka mangga gedong gincu
Mangga Gedong // Makanan Ringan Khas Majalengka // Sumber : openrice.com

Selain makanan atau kulinernya yang terkenal, di Majalengka terdapat buah yang bernama mangga gedong gincu. Mangga jenis ini sudah sangat terkenal dikalangan masyarakatnya.

Rasa khas manisnya yang segar serta memiliki warna dan bentuk yang gemesin banget, membuat mangga gedong gincu ini menjadi salah satu industri yang menguntungkan di Majalengka.

Mangga ini juga sudah menjadi salah satu ikonnya Majalengka. Kamu tahu nggak kalau buah mangga ini sudah diekspor ke beberapa negara loh, salah satu tujuan ekspornya adalah di  negara Arab Saudi, Jepang, korea dan yang lainnya.

Untuk kamu yang ingin mencoba kelezatan mangga ini, nggak susah kok untuk mendapatkannya, karena kamu bisa mendapatkan dan menemukannya dengan mudah di pinggiran jalan di Majalengka.

Kecap Majalengka

kecap khas majalengka
Kecap Khas Majalengka // Sumber : budaya-indonesia.org

Salah satu ikon Majalengka selain buah mangga, ternyata kecap ini juga menjadi salah satu ikonnya Majalengka loh. Kecap ini sudah sangat terkenal dikalangan masyarakatnya.

Kecap ini memiliki cita rasa yang manis serta gurih, serta teksturnya yang kental membuat kecap ini berbeda dengan kecap lain pada umumnya. Ada banyak sekali jenis dan mereknya, sehingga menjadikan kecap ini menjadi legenda hingga sampai sekarang ini.

Kalau kamu sedang berada di Majalengka jangan lupa ya untuk membelikan keluargamu yang dirumah kecap ini sebagai oleh-olehnya. Mudah kok untuk menemukannya, kamu bisa mencari kecap ini di pasar tradisional ataupun di toko oleh-oleh.

Gula Cakar

gula cakar
Gula Cakar // Sumber: openrice.com

Namanya agak serem ya, nanti pas dimakan mencakar-cakar lagi. Hmm tenang walaupun di sebut dengan gula cakar, akan tetapi cemilan khas ini sama halnya dengan cemilan oleh oleh gula pada umumnya.

Gula cakar ini biasanya dihidangkan untuk minuman kopi dan teh, komposisinya sendiri terbuat dari bahan dasar gula pasir yang telah dicampuri dengan soda sehingga membuatnya dapat mengembang.

Lotek

Lotek // Sumber : idntimes.com

Lotek merupakan salah satu makanan khas di Majalengka yang bahan utamanya terbuat dari sayuran, sambal kacang serta lontong. Makanan ini dijamin pasti akan membuat kamu kenyang.

Kalau kamu ingin mencicipinya sangat mudah kok, seperti halnya cemilan khas lainnya yang ada di Majalengka, makanan yang satu ini dapat dengan mudah kamu temui di lokasi strategis para penjual makanan, yakni di pinggiran jalan.

Oncom Goreng

oncom goreng khas majalengka
Oncom Goreng // Sumber : masakandapurku.com

Selanjutnya salah satu makanan yang menjadi kuliner khas di Majalengka adalah oncom goreng. Perlu kita ketahui cemilan yang satu ini berbeda dengan oncom goreng yang ada ditempat lainnya.

Jika ditempat lain oncom goreng memiliki ukuran yang lumayan besar, di Majalengka ini ukurannya lebih kecil serta ada bumbu dan bawang gorengnya, sehingga rasanya pasti akan sangat lezat.

Jika ingin menikmati makanan ini, kamu bisa mencoba menikmatinya sebagai makanan pendamping mie ayam atau bakso. Untuk mendapatkan cemilan khas Majalengka yang satu ini juga mudah, kamu bisa mencarinya di pasar tradisional dan toko oleh-oleh yang ada.

Rempeyek Palasah

rempeyek palasah
Rempeyek // Sumber : idntimes.com

Salah satu makanan yang banyak terdapat di Indonesia adalah Kerupuk dan Rempeyek. Jenis gorengan yang biasa dijadikan lauk makanan yang satu ini memang memiliki rasa yang renyah dan gurih, karena terbuat dari olahan bumbu dan resep turun-temurun membuat jenis cemilan ini menjadi salah satu makanan yang menagih di lidah. Susah berhenti pokoknya kalau sudah nyobain rempeyek yang satu ini.

Disebut dengan rempeyek palasah hal ini karena makanan khas ini berasal dari kecamatan Palasah yang merupakan penghasil rempeyek yang sangat terkenal di daerah Majalengka.

Seblak Basah

seblak basah
Makanan Khas Majalengka // Seblak Basah // Sumber : azzamaviero.com

Selain banyak ditemukan di mana-mana, ternyata seblak ini juga menjadi salah satu makanan yang dapat dengan mudah kita jumpai di Majalengka loh.

Kita ketahui, seblak merupakan kuliner khas yang dapat dengan mudah kita temua di mana-mana, hal ini karena makanan ini merupakan makanan yang sudah populer dikalangan pecinta kuliner.

Seblak basah di Majalengka ini dilengkapi dengan kerupuk yang disajikan dengan keadaan yang masih hangat, serta ditambah dengan varian bumbu-bumbunya yang semakin menggugah selera makan kamu.

Tutut

tutut keong khas majalengka
Makanan Khas Majalengka // Tutut Keong // Sumber : masakandapurku.com

Tutut merupakan makanan yang terbuat dari bahan sejenis keong yang memiliki ukuran mini. Biasanya tutut ini dimakan sebagai lauk dan adapula yang dijadikan sebagai makanan pencuci mulut.

Tutut ini dimasak dengan rempah rempat, makanan ini merupakan salah satu dari beberapa makanan Khas Majalengka yang sudah populer di kalangan masyarakat dan pecinta kuliner.

Nah kurang lebih itulah 10 makanan khas Majalengka yang dapat saya share, sebenarnya kalau membahas kuliner dan makanan yang ada di suatu tempat di Indonesia nggak akan ada habisnya.

Ada banyak sekali makanan khas yang dapat kita jumpai di mana-mana, namun kadang kita nggak tau nama sebutan dari makanan tersebut. Tapi tak mengapa, nggak tau namanya yang penting tau rasanya hehe.

Oke mungkin itu saja, bagi kamu pecinta kuliner Nusantara, jangan lupa untuk eksplore makanan khas yang ada di Nusantara ini ya, salah satunya makanan khas Majalengka ini.

Jangan lewatkan juga makanan khas Kalimantan Timur yang ada di blog ini ya 🙂 .

Leave a Comment