Makanan Khas Madiun

Makanan khas Madiun – Masakan di Kota Madiun memang terkenal dengan harganya yang murah dan sajiannya yang sederhana.

Walaupun tersaji dengan sederhana, hal tersebut tentu tidak akan mengurangi cita rasa kelezatan yang terdapat pada aneka makanannya yang ada.

Nah apa sajakah kuliner khas yang ada di Madiun? berikut ini adalah daftar masakan khas di Madiun yang perlu kamu ketahui dan cobain:

Makanan Khas Madiun – Nasi Pecel

Makanan khas Madiun, Nasi Pecel
Nasi Pecel Khas Madiun

Siapa yang nggak pernah nyobain yang namanya nasi pecel? pasti kamu sudah pernah nyobain kan?

Nasi pecel merupakan makanan yang sudah banyak ditemukan di daerah Jawa, khususnya di daerah madiun. Selain itu, di daerah Jawa sendiri juga memiliki varian pecelnya masing-masing.

Pada umumnya nasi pecel yang kita jumpai pasti terdapat lauk yang terbuat dari aneka sayuran hijau. Namun di Madiun ini sedikit berbeda, nasi pecel yang ada disini biasanya diberi tambahan kembang turi.

Kembang turi merupakan lalapan yang banyak di gemari oleh orang-orang Jawa. Selain kembang turi biasanya ada tambahan kerupuk yang terbuat dari nasi atau bisa disebut dengan kerupuk nasi.

Untuk hidangan nasi pecel di daerah Madiun biasanya disajikan di dalam sebuah pincuk yang terbuat dari daun pisang.

Pecel Madiun ini sangat nikmat sekali, apalagi ketika sayuran yang ditumpuk diatas nasinya kemudian di siram dengan olahan sambel kacang yang terbuat dari kacang tanah, cabe, kunyit, jahe dan bahan-bahan lainnya.

Dijamin saat sekali mengecap makanan khas Madiun ini kamu pasti bakalan ketagihan.

Kalau kamu penasaran mau nyobain nasi pecel Madiun ini, kamu bisa menjumpainya di Jl. Cokroaminoto dan beberapa tempat lainnya yang ada di daerah sekitar Alun-alun Madiun.

Makanan Khas Madiun – Nasi Jotos

Makanan Khas Madiun, Nasi Jotos
Nasi Jotos Khas Madiun

Selain nasi pecelnya, Kota Madiun juga memiliki kuliner khas yang juga nggak kalah unik loh, namanya adalah nasi jotos.

Makanan khas Madiun yang ini memang tidak se viral nasi pecel, akan tetapi nasi jotos merupakan kuliner khas Madiun yang banyak digemari oleh masyarakat Madiun.

Disebut dengan nasi jotos (pukulan) adalah karena bungkus dari makanan ini memiliki bentuk seperti halnya kepalan tangan yang hendak memukul. Nasi jotos ini juga mirip dengan nasi jinggo dari Bali.

Dalam satu porsi nasi jotos terdapat nasi putih yang dilengkapi dengan lauk-pauk yang cukup sederhana, misalnya seperti tempe, tahu, telur maupun campuran mi bihun.

Salah satu ciri khas dari makanan ini adalah cita rasa sambelnya yang sangat nikmat, sehingga mampu memikat siapapun yang pernah mencicipinya. Nasi jotos ini biasanya dijual menjelang sore hari.

Jadi kalau kamu mau mencoba makanan khas ini, kamu bisa mencarinya disaat sore hari sambil jalan-jalan menikmati suasana hangat disore hari.

Salah satu tempat yang terkenal yang menyediakan makanan khas ini adalah didaerah Jl MT. Haryono, Jl Mayjend Panjaitan dan di daerah Jl Salak dan Jl Mangga.

Makanan Khas Madiun – Soto Kutilang

Makanan Khas Madiun, Soto Kutilang
Soto Kutilang Khas Madiun

Mungkin soto kutilang ini tidak terlalu populer di benak kita, berbeda dengan soto Lamongan atau soto Madura yang sudah banyak dijumpai di mana-mana.

Tapi tahukan kamu bahwasanya soto kutilang ini merupakan hidangan makanan khas yang memiliki cita rasa yang sangat enak dan gurih.

Soto kutilang merupakan makanan khas Madiun yang legendaris. Soto ini sudah dinikmati sejak puluhan tahun yang lalu. Warung yang menyediakan makanan ini tidak pernah sepi dari pengunjung untuk mencicipnya.

Hal tersebut terjadi karena soto kutilang memiliki cita rasa yang lezat dan memang disajikan dengan porsi yang sangat banyak, sehingga banyak yang ketagihan untuk mencobanya kembali.

Jangan lupa untuk nyobain juga makanan khas Minangkabau ya

Makanan Khas Madiun – Lontong Telur

Makanan Khas Madiun, Lontong Telur
Lontong Telur Khas Madiun

Tahu telur ini oleh masyarakat Madiun juga kerap kali disebut dengan tahu panggung.

Makanan ini terdiri dari lontong, tahu telur yang dilumuri dengan bumbu kacang kemudian ditaburi dengan bawang goreng dan juga daun bawangnya.

Perpaduan antara tahu telur dengan bumbu kacang yang pedas pasti akan membuat lidah kamu terus bergoyang untuk mencobanya kembali.

Jika kamu ingin mencoba makanan khas madiun yang satu ini, kamu bisa menemukannya di kedai yang ada didaerah Jl Merbabu, Madiun.

Makanan Khas Madiun – Pentol Corah

Makanan Khas Madiun, Pentol Corah
Pentol Corah

Pentol corah adalah makanan khas Madiun yang wajib kamu cobain jika kamu adalah pecinta kuliner yang memiliki cita rasa yang pedas.

Tahu corah terbuat dari bahan utama campuran tepung terigu, tepung kanji, air, olahan bumbu rempah-rempah seperti bawang putih, merica dan juga garam.

Setelah diuleni, adonan kemudian dimasukkan kedalam tahu lalu dikukus hingga matang.

Tahu corah biasanya dihidangkan dengan saus pedas, bawang putih dan juga merica dan garam.

Kamu dapat menikmati makanan ini dengan tambahan ceker ayam atau kerupuk. Pokoknya dijamin deh kamu bakalan suka dengan kuliner yang ini.

Kalau kamu penasaran dengan rasanya, kamu bisa mendapati kuliner khas ini di pusat pembuatannya langsung yang beralamatkan di RT 18 RW 06, Rejomulyo, Kertoharjo, Madiun.

Makanan Khas Madiun – Bluder Cokro

Makanan Khas Madiun, Bluder Cokro
Bluder Cokro Khas Madiun

Makanan khas Madiun yang satu ini adalah oleh oleh yang nggak boleh kamu lewatkan untuk keluarga kamu dirumah.

Sebenarnya bukan hanya bluder cokro saja yang dapat kamu jadikan oleh-oleh khas Madiun, ada banyak sekali oleh oleh khas Madiun yang berupa roti bluder, namun bluder cokro merupakan salah satu yang direkomendasikan.

Bluder cokro ini sudah menjadi ikon buah tangan khas dari kota Gadis ini. Bahkan sudah ada sejak masa kolonial Belanda, akan tetapi baru naik daun beberapa waktu yang lalu.

Sebelum makanan ini populer, hanya ada sebagian orang saja yang mengetahui keberadaannya.

Proses pembuatan bluder cokro ini terbilang masih menggunakan cara yang tradisional, sehingga mampu menjaga cita rasanya yang khas. Bluder cokro juga memiliki bentuk dan juga tekstur yang lembut. Sehingga banyak disukai oeh para pecinta kuliner.

Bluder cokro juga dijamin merupakan oleh oleh makanan yang sehat karena tidak menggunakan bahan pengawet apapun. Namun karena hal itu pula, membuat bluder cokro ini hanya mampu bertahan 6 hingga 7 hari saja.

Beberapa varian rasa yang disediakan pada menu oleh-oleh ini terdiri dari rasa original, keju, stroberi, nanas, kacang, abon dan juga kismis, serta variasi rasa lainnya.

Makanan Khas Madiun – Brem

Brem Madiun
Brem Khas Madiun

Selain bluder cokro, brem juga merupakan salah satu makanan yang menjadi ikon kota Madiun.

Brem adalah makanan khas Madiun yang terbuat dari sari ketan yang sudah difermentasi. Memiliki bentuk kota pipin dan juga berwarna putih agak kekuningan.

Rasa brem sendiri memiliki rasa yang segar dan melebur saat di makan di mulut. Rasa manis yang ada padanya akan melebur didalam mulut.

Brem sendiri memiliki beberapa varian rasa, yakni rasa original dan beberapa variasi rasa lainnya, seperti stroberi, keju dan juga coklat.

Makanan Khas Madiun – Kue Manco

Kue Manco Madiun
Kue Manco Madiun

Kue manco merupakan makanan khas kota Madiun yang merupakan warisan dari nenek moyang.

Menurut mitos yang ada, makanan ini tidak dapat dibuat ditempat manapun selain di desa Tambak Mas. Kue manco sendiri adalah sejenis jajanan yang dibuat dari bahan tama ketan.

Saat digigit, kue manco akan membentuk rongga didalamnya.

Dalam proses pembuatannya, kue ini terbilang cukup sederhana. Yakni tepung ketan yang merupakan bahan utamanya diberi air dan kemudian diaduk hingga menjadi adonan yang menyerupai donat.

Setelah itu kemudian direbus dan dikeringkan lalu dibentuk menjadi segitiga kecil-kecil.

Lalu adonan tersebut akan digoreng hingga mengembang dan dicampur dengan gula merah cair, selain gula merah ada yang diberi perisa ataupun kacang.

Makanan Khas Madiun – Madumongso

Madumongso Madiun
Madumongso Madiun

Biasanya makanan ini menjadi makanan khas yang banyak disuguhkan ketika lebaran tiba.

Terbuat dari bahan utama ketan hitam yang difermentasi hingga menjadi tape. Lalu dimasak dengan santan dan juga gula hingga teksturnya seperti dodol.

Jajanan ini memiliki kemasan yang cukup unik, yakni menggunakan kemasan yang terbuat dari kertas minyak yang memiliki varian warna yang bervariasi.

Selain warnanya yang bervariasi, bentuknya pun juga bervariasi, mulai dari yang berbentuk bulat hingga berbentuk lonjong.

Madumongso ini memiliki rasa yang agak asem, tapi bikin nagih. Kalau kamu penasaran dengan rasanya, kamu dapat dengan mudah menemukannya di hampir semua pusat oleh-oleh di Madiun.

Makanan Khas Madiun – Lempeng

Lempeng Madiun
Lempeng Madiun

Lempeng juga disebut kerupuk puli oleh masyarakat Madiun.

Kerupuk ini terbuat dari bahan utama nasi yang dibentuk tipis (gepeng) lalu dijemur hingga kering, dengan tujuan agar lebih renyah ketika di goreng.

Ciri-ciri lempeng atau kerupuk nasi yang enak adalah yang mudah pecah, karena yang demikian biasanya lebih renyah saat digigit.

Kerupuk ini juga biasa dijadikan lauk makanan, baik untuk nasi pecel atau makanan khas Madiun yang lainnya.

Selain kerupuk puli atau lempeng dan beberapa makanan khas Madiun lainnya yang sudah disebutkan diatas, sebenarnya masih ada banyak sekali makanan khas yang ada di Madiun yang bisa kamu cobain.

Terima kasih, jangan lupa untuk eksplore lebih banyak lagi aneka kuliner Madiun yang kamu jumpai ke mimin ya.

Leave a Comment