Makanan Khas Lamongan

Makanan Khas Lamongan – Lamongan ialah sebuah Kabupaten yang terletak di Provinsi Jawa Timur. Kota Lamongan menjadi populer karena terkenal dengan destinasi wisata baharinya yang indah dan mempesona.

Namun tahukah kamu, bahwasanya Kota Lamongan ini nggak hanya terkenal dari segi wisata baharinya saja, akan tetapi jika kita eksplore lebih jauh mengenai Kota Lamongan, didalamnya juga terdapat aneka kuliner khas yang dapat kita jumpai.

Salah satu kuliner khas Lamongan yang sudah terkenal di daerah Jawa adalah sotonya, yang biasa kita sebut dengan Soto Lamongan. Nah bukan hanya soto Lamongan saja ternyata, masih ada banyak lagi makanan khas Lamongan yang wajib kita ketahui.

Apa sajakah kuliner khas yang ada di Lamongan? Berikut diantaranya:

1 Soto Lamongan

Soto Khas Lamongan
Soto Lamongan // Makanan Khas Lamongan // Sumber : tirto.id

Siapa yang nggak pernah merasakan makanan khas yang bernama soto ini? Kamu pasti sudah nggak asing dengan makanan khas yang bernama soto ini kan? Bahkan soto merupakan makanan yang sudah sangat populer di masyarakat Indonesia.

Soto sendiri ada bermacam-macam, ada Soto Madura, Soto Purbalingga, Soto kerbau dari Kudus dan salah satu diantaranya adalah Soto Lamongan yang khas ini..

Makanan khas Lamongan ini cukup populer dikarenakan rasanya yang memiliki ciri khas tersendiri dari jenis soto lainnya, bukan hanya itu, soto khas lamongan ini juga memiliki cita rasa yang nikmat banget.

Soto Lamongan memiliki warna kuah yang kuning dan menggugah selera makan. Warna tersebut sebenarnya dihasilkan dari bumbu koya pada soto Lamongan tersebut.

Topping yang biasanya digunakan dalam makanan ini adalah suwiran daging ayam, daun bawang, irisan tomat, mie bihun dan juga telur rebus yang dibelah menjadi dua bagian. Selain telur ada hal yang nggak kalah penting untuk dilewatkan ketika menikmati soto khas Lamongan ini, yakni sambel dan kerupuk.

Untuk harganya sendiri, biasanya soto khas Lamongan ini diberi harga berkisar mulai dari  20rb sampai 30rb setiap mangkuknya.

2 Nasi Boranan

nasi boranan, makanan khas lamongan
Nasi Boranan // Kuliner Khas Lamongan // Sumber : luthfiyah.com

Bukan nasi buronan loh ya, jangan sampai salah baca hehe. Nasi baronan merupakan makanan khas Lamongan yang namanya cukup unik. Nama boran yang diberikan pada makanan ini merupakan nama dari tempat untuk menyimpan nasinya. Kemudian dari itulah, makanan khas ini disebut dengan nasi boranan.

Nasi boranan ini ialah sejenis nasi campur yang terdiri dari berbagai macam lauk dan rempeyek. Untuk mengawali harimu dalam beraktifitas kamu bisa menjadikan makanan khas ini sebagai menu sarapan pagi kamu.

Untuk harganya sendiri, nasi boranan ini berkisar mulai dari 10rb hingga 15rb setiap porsinya. Penasaran kan dengan makanan khas ini? Yuk main ke Lamongan biar bisa mencicipi nasi boranan.

Baca Juga  Makanan Khas Sumbawa

3 Wingko Babat Khas Lamongan

wingko babat, jajan khas Lamongan
Wingko Babat // Oleh Oleh Khas Lamongan // Sumber : resepasia.com

Salah satu jajan khas Lamongan yang menjadi makanan khas ialah wingko babat. Jajan ini dapat kamu nikmati bersama dengan teh maupun kopi.

Wingko babat ini juga dapat kamu bungkus sebagai makanan oleh-oleh khas Lamongan, supaya keluarga atau teman-teman kamu di rumah juga bisa mencicipi jajanan khas ini.

Asal mula penamaan wingko babat pada jajanan ini ialah berasal dari kata Babat yang merupakan nama dari sebuah daerah kecil yang ada di Lamongan. Dan wingko memiliki arti makakan kecil atau cemilan yang simple dan mudah di bawa kemana-mana. Nah sehingga makanan khas ini juga bisa kamu jadikan oleh-oleh.

Jajanan khas Lamongan ini terbuat dari bahan dasar tepung ketan, kelapa parut dan beberapa penyedap rasa lainnya. Wingko babat memiliki rasa yang gurih. Nah bagi kamu yang ingin mencoba jajanan khas ini kamu harus menyiapkan budget mulai dari 20rb hingga 30rb untuk membelinya.

4 Jumbrek

Jumbrek, Makanan Khas Lamongan
Jumbrek Khas Lamongan // Buah Tangan Khas Lamongan // Sumber : inibaru.id

Jumbrek adalah jajanan atau cemian khas Lamongan yang bisa menjadi pengganjal perut kamu ketika sedang laper.

Bahan dasar pembuatan jajajan khas ini adalah tepung beras, santen kelapa dan juga gula merah siwalan yang sangat khas di Lamongan. Biasanya jumbrek juga dicampuri dengan potongan buah nangka untuk menjadikan cita rasanya semakin beragam.

Kemudian olahan jumbrek yang sudah jadi, akan dibungkus kedalam daun lontar yang memiliki bentuk kerucut dan kemudian barulah jumbrek dikukus hingga mateng.

Nah kalau kamu sedang pergi atau sedang berlibur di Kota Lamongan, jagan lewatkan makanan khas yang satu ini ya. Cita rasa yang dihasilkan oleh jumbrek ini juga sangat menggoda selera, rasa manis ala-ala nangka dan juga teksturnya yang lembut dan kenyal dijamin akan menggoyang lidah kamu.

5 Tahu Campur Lamongan

Tahu Campur Lamongan
Tahu Campur Lamongan // Gambar Tahu Campur Lamongan // Sumber : masakuntukmu.blogspot.com

Makanan khas Lamongan yang selanjutnya adalah tahu campur, tahu campur ini nggak kalah enaknya dengan makanan khas lainnya yang ada di Lamongan. Walaupun kamu mungkin sudah sering dengan kuliner tahu campur, akan tetapi cita rasa tahu campur Lamongan ini memiliki cita rasa yang khas.

Salah satu keunikan tahu campur Lamongan dengan tahu campur yang ada pada umumnya adalah adanya petis udang dan juga perkedel. Sehingga membuat tahu campur khas Lamongan ini ciri khas tersendiri dari yang lainnya.

6 Es Dawet Siwalan (Ental)

es dawet siwalan Lamongan
Es Dawet Siwalan Lamongan // Minuman Khas Lamongan // Sumber : ksmtour.com

Es dawet siwalan atau juga disebut dengan ental ini merupakan salah satu minuman khas Lamongan. Es dawet siwalan adalah minuman dingin yang akan sangat cocok untuk menjadi pelepas dahaga di siang hari. Kalau kamu habis makan yang pedes-pedes kamu juga menjadikan es dawet ini sebagai minuman penutupnya.

Kata siwalan pada es ini diambil dari nama pohon lontar, yang biasanya banyak tumbuh didaerah sekitaran pesisir utara Pulau Jawa.

Untuk bahan pembuatannya, es dawet siwalan ini dibuat dari bahan tepung beras, santen kelapa, gula merah, dan juga campuran buah siwalan. Karena terdapat olahan buah siwalannya, sehingga rasa yang diberikannyapun khas dari buah siwalan.

Baca Juga  Makanan Khas Melayu

Nah kalau kamu sedang pergi berwisata di Lamongan, jangan lupa segarkan hari liburmu dengan menikmati es dawet siwalan ini.

7 Marning Khas Lamongan

marning khas Lamongan
Marning // Oleh Oleh Khas Lamongan // Sumber : camilannusantara.com

Marning, merupakan cemilan khas Lamongan selanjuntya. Marning merupakan salah satu oleh-oleh khas Lamongan yang juga nggak boleh kamu lewatkan untuk dicoba. Cemilan khas ini cocok banget untuk menemani keseharianmu ketika bersantai maupun ketika ngobrol bareng teman-teman kamu.

Cemilan khas ini terbuat dari bahan dasar jagung yang telah dikeringkan, kemudian diberi bumbu dan di goreng sampai kering dan renyah.

Marning memiliki cita rasa yang sangat gurih, serta sedikit asin. Tekstur marning sendiri terasa renyah, sehingga kalau kamu sudah makan 1 biji saja, maka kamu akan terus mencicipinya hingga habis.

8 Asem Bandeng

asem asem bandeng Lamongan
Asem Asem Bandeng Lamongan // Sumber : cookpad.com

Asem Bandeng, ialah kuliner khas Lamongan selanjutnya yang merupakan salah satu makanan seafood ala Lamongan. Meskipun memiliki sebutan nama Asem Bandeng, kuliner khas Lamongan yang satu ini tidak memiliki rasa asam seperti namanya.

Cita rasa yang dihasilkannya malah cenderung terasa asin dan gurih. Asem Bandeng sendiri adalah makanan khas yang dimasak dengan memanfaatkan ikan bandeng yang dimasak dengan rempah-rempah dan kuah bening.

Asem bandeng ini akan sangat nikmat jika disantap bersama dengan nasi yang masih hangat, sekali kamu menyantap kuliner khas Lamongan ini, pasti kamu pengen nambah lagi, lagi dan lagi.

9 Perkedel Lamongan

perkedel Lamongan
Perkedel // Kuliner Khas lamongan // Sumber : wisatanegeri.com

Kuliner khas Lamongan selanjutnya ialah perkedel. Mendengar kata Perkedel, maka saya pastikan kamu sudah pasti mengetahuinya. Perkedel merupakan makanan khas yang sudah nggak asing lagi di telinga orang-orang Indonesia.

Pada umumnya kuliner khas Lamongan ini disajikan untuk melengkapi sajian makanan untuk nasi kuning dan nasi uduk. Namun kamu juga bisa menikmatinya secara langsung sebagai cemilan.

10 Rawon Khas Lamongan

rawon Lamongan
Rawon Lamongan // Makanan Khas Lamongan // Sumber : resep-fitri.blogspot.com

Selain memiliki soto khas Lamongan, ternyata di Lamongan juga ada kuliner khas yang nggak kalah enaknya, namanya adalah rawon khas Lamongan.

Rawon ini dapat dengan mudah kamu jumpai di tempat makan tradisional ataupun pada penjual dan pedagang kaki lima yang ada di pinggiran jalan.

Cita rasa yang gurih pada rawon ini akan sangat lezat jika di nikmati bersama dengan nasih yang masih hangat. Apalagi ketika musim hujan seperti saat ini. Dipastikan kamu akan ketagihan.

Salah satu hal yang menjadi pembeda dari rawon khas Lamongan dengan rawon yang ada di tempat lainnya adalah kunyit yang ada didalamnya. Sehingga membuat rawon khas Lamongan ini kaya dengan cita rasa rempah-rempahnya yang alami dan juga rasanya yang gurih.

11 Pecel Lele

pecel lele Lamongan
Pecel Lele Lamongan // Gambar Pecel Lele Lamongan // Sumber : doyanresep.com

Menu khas dari Lamongan yang selanjutnya adalah pecel lele Lamongan. Pecel lele merupakan salah satu menu yang sudah sangat populer di kalangan masyarakat Indonesia.

Salah satu hal yang membuat pecel lele ini begitu populer adalah sambel terasinya yang bikin ngiler. Sesuai dengan namanya, pecel lele ini merupakan makanan khas yang diolah dari ikan lele yang digoreng kering sampai terasa krispi. Kemudian untuk sambelnya biasanya terbuat dari tomat segar, cabe rawit merah serta bawang putih dan juga bawang merah, dan satu hal lagi yang nggak boleh ketinggalan adalah terasi.

Baca Juga  Makanan Khas Riau

Agar sambelnya terasa lebih nikmat, biasanya sebelum di jadikan sambel, terasi tersebut akan di bakar terlebih dahulu. Rasa pedas asin yang dihasilkan dari sambel terasi ini, dijamin akan menggoyang lidah kamu.

12 Bandeng Colo

bandeng colo Lamongan
Bandeng Colo Lamongan // Sumber : jetgriyomapan.com

Bandeng colo, merupakan kuliner khas Lamongan yang sangat terkenal di Kota Lamongan. Biasanya makanan ini akan dihidangkan bersama dengan ikan bandeng, sayuran dan juga sup kuning.

Bandeng colo memiliki citarasa yang pedas, tentunya ini akan sangat cocok dengan kamu yang doyan kuliner pedas. Disebut dengan colo, hal tersebut karena rasa pedasnya yang bercampur dengan rasa masam segarnya yang berasal dari jeruk nipis.

13 Keripik Sunduk

keripik sunduk Lamongan
Keripik Sunduk // Oleh Oleh Khas Lamongan // Sumber : jejakpiknik.com

Perlu kamu ketahui, selain marning dan wingko, ternyata keripik sunduk juga merupakan salah satu cemilan khas Lamongan yang dapat kamu jadikan oleh-oleh untuk keluarga kamu di rumah.

Keripik sunduk merupakan makanan khas Lamongan dari ikan yang terbuat dari bahan dasar ikan sunduk, yang merupakan salah satu hasil laut dari nelayan yang memiliki kemiripan dengan ikan tenggiri dan kakap. Bentuk keripik sunduk sendiri hampir sama seperti keripik usus.

14 Rempeyek Cinta Rasa

rempeyek cinta rasa, oleh oleh khas Lamongan
Rempeyek // Oleh Oleh Khas Lamongan // Sumber : jejakpiknik.com

Rempeyek merupakan salah satu cemilan dan juga lauk makan yang sudah sangat sering kita jumpai, biasanya rempeyek ini dijadikan teman makan ketika menikmati nasi pecel atau makanan tradisional lainnya.

Sama halnya seperti rempeyek yang ada pada umumnya. Cemilan yang ringan ini juga dibuat dari bahan yang sama, namun cita rasanya khas Lamongannya itulah yang membuatnya berbeda.

Nah kamu pasti penasaran kan dengan cita rasa rempeyek ini? Untuk mendapatkannya kamu bisa langsung datang di rumah Mbak Tri yang ada di desa Sedayulawas. Untuk harganya berkisar mulai dari 12.500 sebungkusnya.

15 Gula Merah Siwalan

gula merah siwalan
Gula Merah Siwalan Khas Lamongan // Sumber : baabun.com

Nah olahan buah tangan khas Lamongan yang terakhir adalah gula merah Siwalan. Walaupun gula merah bisa kita dapatkan dengan mudah di pasar-pasar tradisional pada umumnya, akan tetapi gula merah siwalan khas Lamongan ini memiliki keunikan tersendiri dibanding gula merah lainnya.

Gula merah siwalan ini terbuat dari sadapan air mayang atau nira dari pohon siwalan, memiliki warna cokelat cerah karena dicampur dengan gula pasir.

Kalau kamu ingin membeli gula merah ini untuk oleh-oleh dirumah, kamu bisa mendapatkannya di pasar-pasar tradisional dengan harga mulai dari 20.000 per kilonya.

Nah untuk saat ini itulah 15 daftar makanan khas Lamongan yang dapat saya share. Jangan lewatkan pula artikel sebelumnya yang membahas mengenai makanan khas Bojonegoro. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Leave a Comment