Makanan Khas Kulon Progo

Makanan Khas Kulon Progo – Salah satu kota yang menjadi tujuan wisata adalah Kulon Progo. Kulon Progo merupakan sebuah kota yang berada di DIY.

Kulon Progo memiliki wisata alam yang mempesona, yang mampu menarik perhatian para wisatawan, baik yang dari dalam ataupun yang dari luar.

Selain terkenal dengan wisata alamnya yang mempesona, Kulon Progo ternyata juga menyimpan aneka kuliner khas loh, hmm apa sajakah makanan khas yang ada di daerah Kulon Progo ini?

Berikut ini adalah macam-macam kuliner khas yang ada di Kulon Progo yang harus kamu ketahui:

  • Geblek
Geblek // Kuliner Khas Kulon Progo // Sumber : Cookpad

Yang pertama adalah geblek, makanan khas dari Kulon Progo ini adalah salah satu makanan yang paling khas di Kulon Progo. Geblek menjadi makanan yang menjadi identitas dan juga sebagai pembeda antara Kulon Progo dengan daerah lain.

Kuliner yang satu ini terbuat dari bahan ketela pohon yang diproses dengan cara tertentu sehingga menjadi olahan makanan yang bernama geblek. Geblek sendiri memiliki keunikan, yakni berbentuk lingkaran kecil dan dirantai menjadi tiga sampai 4 buah.

Pada saat ini, biasanya makanan ini biasa disajikan dengan menu tempe benguk ataupun tempe kara. Penasaran dengan rasanya seperti apa? Yuk kamu bisa nyobain makanan khas ini hanya di Kulon Progo.

  • Cethot
Cethot // Makanan Khas Daerah Kulon Progo // Sumber : IDNTimes

Cethot merupakan makanan khas Kulon Progo selanjutnya. Jajanan tradisional yang disebut cethot ini sebenarnya bukan makanan yang begitu khas. Akan tetapi jajanan ini merupakan jajanan tradisional yang dapat kita jumpai didaerah Jawa termasuk di daerah Kulon Progo.

Cethot merupakan makanan khas yang bahan dasarnya terbuat dari olahan singkong. Kamu tahu tidak kalau makanan ini merupakan salah satu makanan yang sangat populer di dusun Tepus Somorejo pada tahun 80an loh.

  • Cenil

Cenil adalah salah satu makanan khas Kulon Progo yang memiliki bentuk bulat bulat kecil dengan warna yang beragam alias warna-warni. Jajanan yang satu ini memiliki tekstur yang kenyal saat di kunyah.

Selain bentuknya yang bulat dan warnanya yang beragam, cenil ini biasanya dimakan bersama dengan taburan parutan kelapa, sehingga rasanya akan ada gurih-gurihnya.

Bahan dasar pembuatan dari jajan cenil ini adalah sari pati ketela pohon, sama halnya seperti cethot. Dibeberapa daerah cenil ini juga disebut sebagai cethot.

  • Growol
growol kulon progo
Gowol // Makanan Khas Kulon Progo // Sumber : Liputan6

Kuliner khas selanjutnya memiliki sebutan growol. Growol adalah makanan khas yang terdiri dari adonan singkong. Sama halnya dengan cethot dan cenil yang juga terbuat dari bahan dasar singkong.

Jajajan khas ini memiliki aroma yang menyengat, sehingga bagi orang yang belum pernah mencobanya mungkin akan pikir-pikir dulu untuk merasakannya. Tapi kalau kamu sudah pernah nyobain makanan ini, kamu akan menemukan rasa gurih dari jajanan ini, rasanya juga tidak menakutkan seperti aromanya.

Biasanya makanan ini akan dihidangkan bersama dengan parutan kelapa yang membuat rasanya semakin gurih. Makanan ini juga tidak hanya dijumpai di daerah Kulon Progo saja, akan tetapi biasanya juga dapat kita jumpai di pasar tradisional ataupun didaerah pedesaan lainnya.

  • Tempe Benguk Santen
tempe benguk santen
Tempe Benguk Santen Khas Kulon Progo // Sumber : Tugu Wisata

Tempe benguk santen merupakan salah satu makanan khas yang memiliki ukuran yang besar. Akan tetapi khusus didaerah Kulon Progo, jenis makanan ini memiliki ukuran yang lebih kecil dari yang lainnya serta dipadukan dengan santen kental.

Makanan ini menjadi makanan favorit di daerah Kulon Progo. Biasanya kamu akan menemui makanan ini yang dijual oleh Ibu-ibu lansia di pinggir jalanan, selain menjual tempe benguk, biasanya mereka juga menjual geblek dan tempe kara.

  • Enting-Enting Jahe
enting enting jahe khas kulon progo
Enting-Enting Jahe Khas Kulon Progo // Sumber : kulur-kulonprogo.desa.id

Kuliner yang satu ini, merupakan salah satu kuliner yang sudah tersohor di daerah Kulon Progo, kudapan yang dicampur dengan gula, kelapa, kacang, wijen dan bahan lainnya ini merupakan salah satu oleh-oleh khas dari Kulon Progo.

Enting-enting ini memiliki perpaduan rasa pedas yang dihasilkan dari bahan jahe dan juga rasa manis yang dihasilkan dari gurihnya wijen.

  • Peyek Undur-Undur
peyek undur undur khas kulon progo
Peyek Undur Undur // Khas Kulon Progo // Sumber : budaya-indonesia.org

Terdengar agak aneh ya dari namanya, peyek undur-undur ini merupakan salah satu makanan ringan yang ada di kawasan Kulon Progo. Biasanya makanan ini dapat dijumpai di daerah jajaran pantai Glagah.

Disebut dengan peyek undur-undur, karena peyek ini terbuah dari bahan dasar undur-undur, sudah tau belum nih apa itu undur-undur?

Undur-undur pantai tersebut digoreng dengan tepung beras yang dicampur dengan tepung kanji. Biasanya bumbu untuk pembuatan peyek ini juga dicampur dengan olahan kuah santen, bawang putih, ketumbar, garam, kencur serta daun jeruk sehingga membuat rasanya semakin kresss dan kriuk-kriuk di lidah.

  • Gula Semut
gula semut khas kulon progo
Gula Semut Khas Kulon Progo // Sumber : Oke Zone

Gula semut adalah  gula yang memiliki hamparan seperti halnya semut dan berwarna merah seperti halnya gula Jawa. Gula semut ini juga sama sama terbuat dari nira pohon kelapa. Namun yang membedakannya adalah ukurannya yang berbentuk butiran kecil seperti kawanan semut.

Dikawasan Kulon Progo, gula semut ini secara tradisional masih dimanfaatkan sebagai salah satu jajanan khas oleh-oleh Kulon Progo, dan jika kamu berminat untuk mendapatkannya kamu bisa datang langsung ke desa tempat produksinya.

Jangan lupa untuk membaca juga makanan khas daerah Majalengka ya. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment