Makanan Khas Kepulauan Riau

Makanan Khas Kepulauan Riau – Kepulauan Riau (Kepri) merupakan salah satu provinsi yang ada di Indonesia. Provinsi Kepri berbatasan langsung dengan Vietnam dan Kamboja dibagian utara, Malaysia dan juga berbatasan langsung dengan Kalimantan Timur pada bagian timurnya, serta beberapa bagian lainnya.

Provinsi Kepulauan Riau merupakan provinsi Kepulauan yang ada di Indonesia, luas keseluruhan dari wilayah Kepulauan Riau ini adalah sebesar 8.201,72 km2, Dan 96%-nya merupakan lautan dan hanya sekitar 4% saja yang merupakan daratan.

Kepulauan Riau terdiri dari 5 Kabupaten, 2 Kota, 52 Kecamatan dan 299 Kelurahan atau Desa. Disebut dengan Kepualauan Riau, karena Provinsi ini memiliki sejumlah 2.408 pulau besar dan kecil yang 30% dari semuanya masih belum memiliki nama dan berpenduduk.

Dengan luas daerah yang dimiliki oleh Kepualauan Riau membuatnya tidak hanya kaya akan sumber daya alam, penduduk dan banyaknya pulau yang ada didalamnya. Akan tetapi dilain itu, Kepulauan Riau juga memiliki aneka makanan khasnya yang disebut dengan Makanan Khas Kepulauan Riau.

Apa sajakah Makanan Khas Kepulauan Riau tersebut? Berikut ini adalah daftar Makanan Khas Kepulauan Riau lengkap dengan gambar dan penjelasannya:

Gong Gong

makanan khas kepulauan riau
Kuliner Khas Kepulauan Riau // Gong Gong

Gonggong merupakan makanan khas Tanjung Pinang – Kepulauan Riau. Gong gong memiliki nama latin Canarium Stroumbus, adalah sejenis siput atau kerang laut yang merupakan salah satu Makanan Khas Kepulauan Riau.

Makanan khas yang satu ini biasanya diolah dengan cara direbus yang kemudian disantap dengan menggunakan sambal khusus. Selain terkenal di Kepulauan Riau, makanan khas ini juga terkenal didaerah Malaysia, Singapura, Korea, Thailand bahkan hingga ke India. Salah satu faktor penyebabnya adalah rasa dan aromanya yang begitu khas, sehingga banyak terkenal diberbagai belahan dunia.

Hewan laut yang menjadi bahan dasar kuliner ini banyak ditemukan didaerah perairan Desa Lobam, Tanjung Uban, Pulau Bintan dan Batam. Kandungan gizi yang dikandungnya juga sangat tinggi. Bahkan sebagai orang mempercayai, dengan mengkonsumsi makanan ini dapat meningkatkan daya pertumbuhan pada hormon serta mampu meningkatkan vitalitas.

Mie Tarempa

mie tarempa

Mie tarempa juga disebut dengan mie siantan, berbahan dasar mie kuning dan tepung terigu, telur, kecambah serta potongan ikan laut yang digoreng dengan bumbu cabai.

Mie tarempa merupakan makanan yang khas, sehingga sangat mudah untuk ditemuinya. Biasanya makanan ini banyak terdapat didaerah Kabupaten Anambas, akan tetapi didaerah Tanjung Pinang juga terdapat beberapa tempat yang juga sudah terkenal.

Lempok Durian

Makanan khas berikut ini adalah sejenis dodol yang dibuat dengan bahan dasar buah durian siantan yang nikmat. Lempok durian ini memiliki rasa yang khas dan legit. Resep pembuatan lempok durian ini diturunkan secara turun-temurun sehingga memiliki cita rasa yang khas jika dibandingkan dengan yang ada di Sumatera dan Kalimantan.

Pembuatannya juga menggunakan cara yang sederhana. Jika kamu ingin mencicipi seperti apa rasanya, kamu bisa memperolehnya di kedai makanan yang banyak terdapat di titik Kota Tarempa maupun di Letung.

Lakse

makanan khas kepulauan riau, lakse

Lakse merupakan salah satu makanan khas Kepulaun Riau yang merupakan makanan sejenis mie yang dicampur dengan olahan bumbu racikan khas Tionghoa dan Melayu.

Meskipun menyerupai mie, kuliner khas Kepulauan Riau yang satu ini memiliki ukuran yang lebih tebal dari mie yang lainnya. Nama lakse yang diberikan pada makanan ini diambil dari bahasa Sanskerta yang berarti “Banyak”, Hal ini untuk menggambarkan bahwasanya makanan ini dibuat dari berbagai olahan bumbu.

Di Kepulauan Riau, makanan khas ini disajikan dalam beberapa variasi, diantaranya adalah Lakse Khas Anambas yang masuk dalam kategori Lakse kari yang memiliki kuah yang lemak dan pedas.

Lakse ini juga kaya akan bumbu rempah-rempahnya. Kamu kamu sudah pernah mencoba kuliner yang satu ini, dijamin kamu bakalan ketagihan untuk mencicipinya lagi.

Kerupuk Atom

kerupuk atom

Kerupuk atom merupakan salah satu makanan khas Anambas – Kepulauan Riau. Makanan ini berbahan dasar ikan tongkol sehingga menciptakan citarasa yang gurih dan lezat.

Kerupuk atom sangat cocok dinikmati sebagai makanan ringan atau cemilan. Di Kota Tarempa makanan khas ini dapat kamu dapatkan dengan mudah di kedai-kedai tempat membuatnya langsung.

Pada umumnya kerupuk atom ini diproduksi di usaha rumah tangga dengan jumlah yang terbatas. Bahkan terkadang produsennya hanya memproduksi untuk memenuhi pesanan saja.

Kopi Hawaii

kopi hawaii

Kalau kamu sedang berkunjung di Kijang Bintan, jangan lupa untuk mampir pula di kedai kopi Hawaii ini ya. Konon, olahan kopi yang diracik di kedai ini memiliki cita rasa yang unik dan khas, sehingga membuatnya berbeda dengan kopi yang ada ditempat lainnya.

Kalau kamu tertarik untuk mencicipi Kopi Hawaii ini, kamu bisa langsung datang dan buktikan sendiri.

Kedai kopi yang satu ini juga sangat ramai oleh pengunjung, terutama mereka yang merupakan penikmat kopi hawaii. Jadi kalau kamu lagi berada di Kepulauan Riau, jangan lupa mampir di kedai ini ya.

Asam Pedas Baung

asam pedas baung

Makanan Khas Kepulauan Riau selanjutnya adalah Asam Pedas Baung, merupakan makanan yang cara pengolahannya menggunakan bahan dasar hewan laut. Kuliner yang satu ini terkenal dengan kandungan proteinnya yang tinggi.

Asam pedas baung juga menjadi salah satu makanan yang banyak penggemarnya, karena selain kandungan proteinnya yang tinggi, makanan ini juga mengandung lemak yang rendah serta pengolahannya yang menggunakan bumbu rempah khas.

Mie Lendir

makanan khas kepulauan riau, mie lendir

Kuliner khas yang satu ini memang memiliki nama yang agak aneh. Sebutan mie lendir yang ditujukan pada makanan khas yang satu ini adalah karena kuah dari mie tersebut memiliki tekstur yang kental.

Kuah yang kental ini juga dihasilkan dari olahan kacang tanah dan juga ubi sehingga menghasilkan kuah yang berlendir dan memiliki warna kecoklatan. Mie yang digunakan dalam olahan makanan ini adalah mie kuning yang diolah bersama dengan telur rebus.

Lendot

makanan khas kepulauan riau, lendot

Lendot adalah makanan sejenis sayuran yang berbahan dasar kangkung dan juga bayam. Lendot merupakan makanan berkuah yang berbeda dengan kuah makanan yang lain pada umumnya.

Jika sayuran pada umumnya memiliki kuah yang bening akan tetapi berbeda dengan lendot, lendot memiliki olahan kuah yang kental. Kuah yang kental ini dihasilkan dari olahan sagu yang telah dihaluskan dengan air.

Selain itu lendot juga terbuat dari campuran bumbu khas Kepulauan Riau, sehingga membuat makanan ini memiliki cita rasa tersendiri ketika kamu mencicipinya.

Selais Asap

makanan khas kepulauan riau, selais asap

Selais asap merupakan makanan khas Kepulauan Riau selanjutnya yang dapat dengan mudah di temukan di Kepulauan Riau. Rasanya yang gurih dan renyah membuat selais asap ini menjadi salah satu makanan yang paling dicari oleh pengunjung.

Meskipun bentuknya hampir sama dengan ikan asap pada umumnya, akan tetapi selais asap ini berbeda dengan jenis ikan lainnya. Ikan selais dibakar menggunakan bumbu khusus khas Kepulauan Riau. Biasanya ikan selais disajikan bersama dengan sambel yang semakin menambah kelezatan rasanya.

Cencaluk

makanan khas kepulauan riau

Makanan Khas Kepulauan Riau selanjutnya adalah Cencaluk. Kuliner khas yang satu ini terbuat dari bahan dasar udang yang berukuran kecil-kecil yang sudah difermentasi.

Biasanya cencaluk dimanfaatkan sebagai lauk yang disajikan pada sebuah acara. Selain menggunakan bahan dasar udang yang telah difermentasi, bisa juga menggunakan udang rebung.

Biasanya cencaluk dimasak dengan olahan rempah-rempah khas Kepulauan Riau, dengan begitu olahan rempah-rempah tersebut semakin menambah kelezatan kuliner ini.

Sop Tunjang

sop tunjang

Kemudian makanan khas Kepulauan Riau yang terakhir adalah sop tunjang, yang merupakan makanan khas yang sangat direkomendasikan buat kamu yang suka makanan berkuah.

Sop tunjang merupakan salah satu kuliner khas Kepulauan Riau yang sangat menggoda selera makan, kalau nggak percaya kamu bisa cobain sendiri rasanya.

Sop tunjang dibuat dari daging sapi yang berada di sekitar tulangnya. Kemudian dimasak hingga teksturnya empuk, sehingga membuatnya lebih mudah untuk disantap. Teksturnya yang empuk dengan paduan kuah sotonya yang menggoda membuat makanan ini menjadi salah satu makanan yang paling banyak dicari.

Penasaran dengan rasanya? Yuk kita main bareng ke Kepulauan Riau untuk menikmati kuliner yang ada disana. Eits jangan lupa untuk membaca makanan khas Bantul yang ada pada postingan sebelumnya ya.

Itulah ke 12 Makanan Khas Kepualauan Riau yang dapat saya bagikan, semoga bermanfaat.

Leave a Comment