Makanan Khas Kediri

Makanan Khas Kediri – Kediri merupakan salah satu bagian dari kota terbesar di Jawa Timur setelah Surabaya dan Malang.

Kota kediri juga dikenal sebagai kota industri rokok terbesar di Indonesia. Suasanya pun juga terkenal kondusif dan cukup banyak menyimpan kekayaan alam, religi dan juga aneka macam kuliner.

Kota Kediri juga terkenal akan wisata alam, religi dan kulinernya. Selain itu kota Kediri merupakan kota yang memiliki julukan sebagai kota tahu.

Hmm hal demikian disebabkan karena makanan khas di kota ini banyak yang menggunakan bahan utama tahu. Namun selain tahu, di Kediri juga terdapat banyak sekali makanan khas lainnya.

Nah berikut ini Gopensil.com telah merangkum beberapa daftar kuliner khas Kediri yang terkenal lezat dan bikin nagih, pokoknya kamu wajib untuk nyobain.

Soto Khas Kediri

Soto Khas Kediri, Makanan Khas Kediri
Soto khas Kediri

Soto Kediri merupakan makanan khas kota Kediri yang pertama. Mungkin soto Kediri tidak setenar dengan soto khas Lamongan yang memiliki cita rasa yang lezat.

Namun perlu kamu ketahui, soto khas Kediri ini juga nggak kalah nikmatnya dengan soto khas Lamongan.

Soto Kediri ini juga terbilang unik, karena menggunakan santan sebagai kuahnya sehingga memiliki cita rasa yang lebih gurih dibandingkan kuliner soto di tempat lainnya.

Untuk mencicipi soto khas Kediri ini kamu dapat menemukannya di tempat penjualnya yang ada di kawasan terminal tamaran di kecamatan Mojoroto kota Kediri.

Cobain juga kenikmatan soto Lamongan, hanya di makanan khas Lamongan

Sate Bekicot Khas Kediri

Sate Bekicot Kediri, Makanan Khas Kediri
Sate Bekicot Kediri

Selain disebut sate bekicot, makanan ini juga sering disebut dengan sate nol dua, entahlah saya kurang begitu paham alasannya disebut demikian.

Namun yang pasti sate ini merupakan sate yang dibuat dari bahan utama bekicot yang diolah menjadi kuliner lezat dan menggiurkan.

Mungkin sebagian orang akan jijik dengan sate ini, namun perlu kita ketahui bahwasanya sate ini memiliki kandungan yang sangat baik bagi kesehatan tubuh kita.

Bahkan bekicot merupakan salah satu makanan favorit yang ada di negara Perancis.

Jika kamu adalah salah satu pecinta kuliner yang ekstrim kamu wajib cobain makanan yang satu ini. Datanglah ke desa Djengkol yang berada tidak jauh dari lokasi Monumen Simpang Lima Gumul, kurang lebih sekitar 10 km dari sana.

Ditempat tersebut, selain dapat kamu temui sate bekicot ini, kamu juga dapat menemukan olahan kuliner lainnya yang berbahan dasar bekicot, seperti tumis bekicot, siput krengsengan dan juga keripik.

Jangan takut dengan harganya, karena harga olahan kuliner didaerah ini cukup bersahabat, sehingga cocok bagi kamu yang suka jalan-jalan untuk berhemat.

Sate Emprit Khas Kediri

Sate Emprit Kediri
Sate Emprit Kediri

Selain sate bekicot, di kota Kediri juga terdapat kuliner lainnya yang juga unik, namanya adalah sate emprit.

Salah satu hal unik dari sate ini adalah bahan yang digunakannya.

Sesuai dengan namanya, sate emprit ini adalah sate yang diolah dari bahan utama daging burung emprit, burung emprit dapat dengan mudah di jumpai di daerah persawahan.

Tentu berbeda dengan sate pada umumnya yang kebanyakan menggunakan bahan daging kambing atau ayam.

Kamu pasti juga penasaran dengan sate kelapa khas Surabaya kan? yuk kita cobain juga makanan khas Surabaya yang juga nggak kalah menggoda.

Stik Tahu Khas Kediri

Stik Tahu Kediri
Stik Tahu Kediri

Stik tahu merupakan makanan khas kota Kediri yang menjadi salah satu cemilan favorit pecinta kuliner jajanan.

Pada umumnya stik tahu banyak dijual dalam bentuk kemasan, karena termasuk jenis makanan ringan. Sehingga dengan demikian kamu juga dapat membawanya pulang dengan mudah sebagai oleh-oleh khas Kediri.

Sesuai dengan namanya, stik tahu ini terbuat dari tahu yang memiliki kualitas bahan terbaik, tidak heran jika rasa yang ada padanya-pun juga sangat the best.

Proses pembuatannya juga dilakukan dengan cara tradisional dengan tujuan bumbu rempat alaminya dapat terpadu dengan sempurna, sehingga mampu menghasilkan cita rasa yang lezat dan tetap sehat.

Pokoknya kalau lagi dikediri jangan lupa bawakan makanan ini untuk keluarga tercintamu di rumah ya, biar semua tahu rasanya.

Nasi Goreng Arang

Nasi Goreng Arang, Makanan Khas Kediri
Nasi Goreng Arang Kediri

Nasi goreng telur atau daging mungkin sudah biasa di telinga kita, namun pernahkan kita menjumpai dan merasakan nasi goreng arang?

Hmm kalau belum pernah, maka wajib untuk mampir ke Kediri nih. Di Kediri ada nasi goreng yang unik, namanya adalah nasi goreng arang.

Mungkin sebagian dari kita akan berfikir kalau nasi goreng ini terdapat campuran arangnya?.. Hmm tidak kawan, itu hanya sebutan saja bagi nasi goreng ini.

Nasi goreng arang khas kota Kediri ini adalah nasi goreng seperti pada umumnya. Hanya saja dalam proses memasaknya menggunakan kompor arang sehingga rasanya juga pasti beda dong.

Pada sajian nasi goreng arang ini juga terdapat potongan daging ayam kecil-kecil, sehingga semakin nikmat deh rasanya.

Nasi Pecel Sambal Tumpang

Nasi pecel sambel tumpang Kediri
Nasi Pecel Sambel Tumpang Kediri

Nasi pecel merupakan salah satu kuliner khas Indonesia, mengapa demikian? yaps karena memang nasi pecel ini akan sangat mudah sekali kita jumpai di warung-warung makanan.

Bahkan hampir setiap warung di Jawa pasti menyediakan makanan khas pecel ini. Salah satunya termasuk di Kota Kediri.

Kamu dapat menjumpai makanan khas Kediri yang satu ini dengan dengan mudah, terutama di daerah Jl Doho.

Olahan nasi pecel yang ada di Kediri ini terbilang unik, karena sedikit berbeda dengan nasi pecel yang ada pada umumnya.

Nasi pecel sambel tumpang biasanya disajikan dengan saus yang saling tumpang tindih antara nasi dan berbagai sayuran pelengkapnya. Kemudian ditambah dengan sambel tumpang yang merupakan sambel hasil fermentasi dari tempe.

Agar lebih terasa cita rasa pecelnya, kamu bisa menambahnya dengan kerupuk peyek.

Nasi pecel sambel tumpang biasanya disajikan dengan menggunakan daun pisang sebagai wadanya, sehingga menambah kesan unik dan tetap menjaga ke khasannnya sebagai makanan tradisional.

Carang Mas

Carang Mas Kediri
Carang Mas Kediri

Makanan tradisional Kediri yang nggak kalah lezat dengan kuliner ditempat lain yang selanjutnya adalah carang mas.

Bahan utama makanan tradisional khas Kediri ini adalah ubi jalar. Sehingga memiliki cita rasa yang khas.

Rasanya yang manis dan renyah menjadikan carang mas banyak disajikan sebagai cemilan diwaktu bersantai. Tak jarang carang mas juga sering dijadikan sebagai makanan oleh-oleh khas Kediri.

Kalau kamu penasaran dengan makanan tradisional yang satu ini, kamu dapat memperolehnya di toko pusat oleh-oleh yang ada di Kediri dengan mudah.

Lumayan dong buat kamu bawa pulang ke rumah biar semua keluarga kamu juga dapat mencicipinya.

Cenil Khas Kediri

Cenil Khas Kediri
Cenil Kediri

Cenil merupakan makanan tradisional khas Kediri yang sangat direkomendasikan buat kamu cobain.

Bentuk dari cenil ini bisa beraneka ragam, ada yang berbentuk persegi panjang maupun berbentuk kotak.

Cenil juga memiliki warna-warni yang beragam dan unik, sehingga mampu menarik perhatian pecinta kuliner untuk mencicipi rasanya.

Warna-warni yang terdapat pada cenil ini berasal dari zat pewarna yang dicampur sesuai dengan takaran yang pas.

Seperti halnya klepon, biasanya cenil dihidangkan dengan taburan parutan kelapa diatasnya untuk menambah rasa gurih yang bikin nagih siapapun yang mencobanya.

Tahu Takwa

Tahu Takwa Khas Kediri
Tahu Takwa Khas Kediri

Tahu takwa adalah salah satu makanan khas Kediri yang selanjutnya. Tahu takwa ini wajib kamu cicipi ketika berada di Kediri.

Makanan ini pada awalnya dikenalkan oleh seorang pengusaha yang berasal dari negeri China pada tahun 1912.

Nama tahu takwa diambil dari bahasa Mandarin yang berartikan aroma. Karena tahu ini memang memiliki aroma yang khas dan mampu menggoda selera makanmu.

Tahu takwa memiliki tekstur kulit tahu yang gurih karena digoreng menggunakan minyak goreng dengan aturan suhu yang pas.

Pokoknyaa kalau kamu sedang liburan atau sekedar jalan-jalan di Kota Kediri, wajib banget pokoknya kalau nggak nyobain kuliner yang satu ini.

Klepon Khas Kediri

Klepon Kediri
Klepon Kediri

Klepon merupakan makanan tradisional khas kota Kediri wajib kamu cobain. Klepon yang ada di kediri ini memang tidak terlalu populer dibandingkan dengan klepon yang ada di Pasuruan.

Namun tahukah kamu bahwa klepon khas kediri ini juga nggak kalah enaknya loh dengan klepon yang ada di tempat lainnya.

Klepon khas Kediri memiliki bentuk bulat dan berwarna hijau seperti pada kue klepon pada umumnya. Didalamnya juga terdapat isian gula merah dan pada bagian luarnya terdapat taburan parutan kelapa yang menambah gurihnya makanan ini.

Nah itulah 10 daftar makanan khas Kediri yang nikmat, lezat dan menggoda selera makan.

Yuk kita cobain juga makanan khas Madiun biar makin gendut hehe.

Itu saja dari saya, semoga bermanfaat ya sobat, jangan lupa untuk terus pantengin update terbaru seputar makanan khas hanya di Gopensil, terima kasih.

Leave a Comment