Makanan Khas Kebumen

Makanan Khas Kebumen – Hmm ternyata Kebumen nggak kalah menariknya dengan kota lain soal kuliner ya?.

Di Kebumen ternyata banyak sekali makanan khas tradisional yang nggak kalah dengan kuliner di tempat lainnya seperti Jogja, Semarang dan beberapa kota lainnya.

Tahukah kamu, apa saja kuliner khas yang ada di Kebumen? Nah berikut gopensil.com sudah merangkumnya menjadi 10 daftar makanan khas, Kalau kamu sedang di Kebumen jangan lupa untuk cobain salah satu dari daftar dibawah ini ya!.

Nasi Penggel

Makanan Khas Kebumen Nasi Penggel
Nasi Penggel

Nasi penggal merupakan makanan khas Kebumen yang akan kita bahas di awal. Nasi ini memiliki bentuk bulat seperti bola pingpong yang disajikan pada pincuk yang terbuat dari daun pisang.

Dalam satu pincuk biasanya terdiri dari 7 sampai 8 penggel. Nasi ini memiliki cita rasa yang gurih dan cocok banget dinikmati sebagai menu sarapan pagi.

Kalau kamu mau mencicipi makanan ini, usahakan sudah bersiap dipagi hari, karena jika sudah agak siang biasanya penjual nasi ini sudah tidak ada lagi.

Sate Ambal

Sate Ambal Khas Kebumen
Sate Ambal Khas Kebumen

Makanan khas Kebumen selanjutnya adalah sate ambal. Jika kamu adalah masyarakat asli Kebumen pasti nggak asing dengan makanan ini.

Saking melegendanya sate ini membuanya dapat dijumpai di daerah lainnya diluar Kebumen.

Disebut dengan sate ambal, karena sate ini berasal dari desa yang disebut Almbalresmi, Kecamatan Ambal yang terletak didaerah pesisir selatan kota Kebumen.

Salah satu keunikan dari sate ini adalah dari sambelnya. Jika sate pada umumnya terbuat dari sambel kacang, sate ambal menggunakan sambel tempe yang memiliki rasa yang khas.

Sebelum dibakar biasanya daging yang digunakan untuk bahan utama satenya terlebih dahulu di masak dengan tujuan rasanya menjadi lebih gurih dan lembut.

Biasanya sate ambal disajikan bersama dengan lontong ataupun ketupat, untuk menikmati kelezatan sate ambal kamu bisa mendapatkannya dengan harga yang terjangkau, yakni mulai dari 10 ribuan saja.

Sale Pisang

Sale Pisang Kebumen
Sale Pisang Kebumen

Sale pisang merupakan salah satu makanan khas Kebumen yang banyak dijadikan sebagai makanan oleh-oleh khas Kebumen. Oleh-oleh khas ini tepatnya berasal dari Desa Mangli, Kecamatan Kuwarasan, Kebumen.

Sale pisang terbuat dari buah pisang yang di iris tipis-tipis lalu dijemur untuk dikeringkan sehingga membuatnya lebih tahan lama. Saat sudah mengering, sale pisang akan digoreng dengan tepung terigu.

Soto Tawangminangu

Soto Tawangminangu Khas Kebumen
Soto Tawangminangu Khas Kebumen

Soto Tawangminangu adalah salah satu kuliner soto yang nggak kalah lezatnya dengan soto Lamongan ataupun soto Madura. Sesuai dengan namanya, soto Tawangminangun berasal dari Tawangminangun, Kebumen.

Salah satu keunikan dari soto Tawangminangu adalah, jika pada umumnya soto menggunakan daging ayam maka soto ini menggunakan daging entok ataupun itik sebagai dagingnya.

Selain komposisi dagingnya yang berbeda dengan soto yang lain, kuah yang dipakai pada soto ini juga bukanlah kuah bening, melainkan kuah santan yang dipadu dengan kaldu daging entok yang lezat dan gurih.

Biasanya satu porsi soto Tawangminangu ini disajikan dengan menggunakan ketupat yang dijamin pasti bikin kamu kenyang banget.

Yuk cobain juga kelezatan soto Lamongan di makanan khas Lamongan yang sudah dibahas sebelumnya.

Yutuk Goreng

Yutuk Goreng Kebumen
Yutuk Goreng Kebumen

Kita tahu bahwasanya yutuk merupakan sejenis hewan yang dapat dengan mudah dijumpai didaerah pesisir pantai Kebumen, salah satunya didaerah pantai Petanahan.

Hewan bercangkang yang mirip dengan undur-undur ini diolah menjadi bakwan ataupun rempeyek khas yang memiliki rasa yang renyah dan gurih, rasanya mirip dengan udang.

Jika sobat gopensil mampir di daerah pantai Petanahan ini jangan lupa ya untuk mencoba kelezatan kuliner khas Kebumen yang satu ini.

Yutuk goreng atau rempeyek yutuk ini paling nikmat dijadikan sebagai pelengkap saat sedang menikmati nasi pecel atau pun makanan khas yang lainnya

Soto Ayam Petanahan

Soto Ayam Petanahan Kebumen
Soto Ayam Petanahan Kebumen

Selain soto Tawangminangun di Kebumen juga ada lagi kuliner soto yang nggak kalah enaknya, namanya soto ayam petanahan.

Pada soto ayam Petanahan ini terdapat suwiran daging ayam legkap dengan campuran toge dan juga lontong ketupat.

Soto ini memiliki kuah yang kental dan rasanya yang gurih karena disajikan dari bumbu rempah-rempah berupa kunyit dan jahe yang menambah cita rasa khasnya.

Dijamin kamu bakalan kenyang kalau nyobain makanan ini, karena biasanya sajian dalam satu porsinya banyak banget.

Jipang Kacang

Jipang Kacang Kebumen
Jipang Kacang Kebumen

Makanan khas Kebumen yang selanjutnya adalah jipang kacang. Jipang kacang juga cocok dijadikan salah satu menu oleh-oleh khas Kebumen. Selain harganya yang cukup terjangkau, hingga kini makanan ini juga diproduksi dengan cara yang tradisional.

Bahan yang digunakan juga cukup sederhana, yakni kacang, gula Jawa dan juga minyak sayur. Jipang kacang memiliki cita rasa yang lengket karena khas gula Jawanya.

Karena rasa gula Jawanya yang khas dan manis, maka dari itu kalau kamu punya sakit gigi mending gak usah dulu nyobain deh hehe.

Lanting

Lanting Kebumen
Lanting Kebumen

Lanting atau juga disebut klanthing merupakan salah satu oleh-oleh khas Kebumen yang sangat terkenal, bahkan kota Kebumen sendiripun sering dijuluki sebagai Kota Lanthing.

Lanting adalah makanan khas Kebumen yang berbetuk angka delapan dan terbuat dari bahan dasar singkong.

Pada mulanya lanting hanya memilik 2 varian rasa, yakni rasa original dan rasa bawang goreng. Namun saat ini kamu juga bisa menemukan makanan ini dengan aneka rasa, seperti rasa balado, pedas manis, jagung bakar, keju dan variasai rasa yang lainnya.

Lanting memiliki rasa yang gurih dan renyah. Pokoknya kalau sedang ada di Kebumen, jangan lewatkan makanan ini untuk di cicipi ya.

Bengkoang

Bengkoang Kebumen
Bengkoang Kebumen

Selain terkenal dengan kuliner khasnya, Kebumen juga dikenal dengan buahnya yang disebut bengkoang.

Saat kamu berkunjung di sini kamu akan dengan mudah menemukan buah segar ini di sepanjang jalan di Kota Kebumen.

Salah satu daerah di Kebumen yang terkenal sebagai penghasil buah bengkoang ini adalah di Kecamatan Prembun. Buah bengkoang dari sini memiliki rasa yang sangat manis serta warna yang sangat putih bersih.

Bengkoang sendiri merupakan ubi-ubian yang memiliki kandungan air yang segar dan cocok sekali di makan saat cuaca panas seperti saat siang hari. Maknyuss pokoknya..

Gula Merah

Gula Merah Kebumen
Gula Merah Kebumen

Kemudian yang terakhir ada gula merah. Sobat gopensil sudah tahu belum nih bahwasanya Kebumen juga termasuk salah satu daerah yang menghasilkan gula merah?

Gula merah khas Kebumen ini dihasilkan dari air nira pohon kelapa yang kemudian diolah dengan menggunakan wajan dan dimasak selama 3 jam hingga air nira berubah menjadi kental.

Nah itulah 10 daftar makanan khas Kebumen yang dapat saya share ke kalian semua, semoga bermanfaat dan menambah daftar kuliner yang akan kamu cicipi selanjutnya.

Terima kasih telah berkunjung, terus pantengin website gopensil.com ya biar kamu selalu dapet info kuliner terupdate lainnya.

Leave a Comment