Makanan Khas Kalimantan Timur

Makanan Khas Kalimantan Timur – Sama halnya dengan Kalimantan tengah, selatan, utara dan barat. Kalimantan timur sendiri juga mempunyai makanan khasnya sendiri. Salah satunya adalah makanan kering khas kalimantan timur yang dapat langsung dimakan.

Mungkin makanan khas yang ada di Kalimantan Timur masih belum terlalu terkenal di Nusantara ini, akan tetapi cita rasa dan kenikmatan rasanya tentu tidak boleh kita ragukan. Mengingat setiap daerah pasti memiliki cita rasa tersendiri yang spesial yang berbeda dengan daerah lainnya. Dengan begitu hal tersebutlah yang membuatnya menjadi lebih unik di mata pecinta kuliner.

Salah satu khas yang diberikan dari masakan khas dari Kalimantan Timur adalah rasanya yang menusuk lidah alias begitu pedas. Sehingga hal ini menjadikannya sebagai surga bagi mereka yang menyukai kuliner yang memiliki cita rasa yang pedas. Selain rasanya yang pedas, kuliner disini termasuk kuliner yang mengandalkan bumbu rempah – rempah yang kuat.

Nah biar kamu nggak penasaran dengan kuliner khas Kalimantan Timur apakah yang harus kamu cobain, mungkin berikut ini adalah daftar makanan khas Kalimantan Timur yang dapat kamu jadikan pilihan :

1 Nasi Kuning

makanan-khas-kalimantan-timur-nasi-kuning

Nasi kuning merupakan salah satu varian dari aneka jenis makanan khas yang ada di Kalimantan timur. Jenis kuliner ini adalah makanan yang terbuat dari nasi. Di Nusantara sendiri, kuliner jenis nasi kuning ini dapat dengan mudah di kita jumpai.

Selain itu di Kalimantan Timur sendiri, kuliner ini merupakan kuliner yang umum sekali bisa kita jumpai, terlebih diwaktu pagi menjelang waktu bekerja untuk mengisi perut (sarapan).

Nasi kuning khas Kalimantan Timur ini mempunyai rasa yang nikmat dengan harganya yang murah alias sangat terjangkau. Nasi kuning khas Kalimantan Timur ini terbuat dari beras yang kemudian dimasak dengan aneka olahan rempah-rempah yang menambah kenikmatan rasanya saat kita mengunyahnya di mulut kita.

Biasanya kuliner ini akan disajikan dengan berbagai macam lauk seperti ikan, daging ayam dan aneka jenis lauk-pauk lainnya. Tak lupa pula kerupuk yang akan menambah selera makanmu menjadi-jadi.

Warna kuning yang ada pada nasi kuning ini berasal dari rempah-rempah kunyit yang telah diparut yang kemudian air perasannya akan dicampurkan dengan aneka olahan rempah lainnya.

Selain warnanya yang berbeda dari kebanyakan nasi biasanya, juga membuat nasi kuning ini memiliki rasa yang lebih enak dan lebih gurih dibandingkan dengan nasi pada umumnya. Biasanya nasi kuning ini banyak dimanfaatkan dalam acara selamatan yang disulap menjadi tumpeng.

2 Pisang Gapit

makanan-khas-kalimantan-timur-pisang-gapit

Disebut dengan pisang gapit karena dalam proses pembuatannya pisang ini akan dipanggang sambil digapit. Gapit memiliki arti yakni menjepit . Dalam hal ini, pisang yang sudah digapit akan dipencet hingga berbentuk pipih yang kemudian akan dicampur bersama dengan saus.

Selain pisang gapit ada beberapa jenis kuliner lainnya yang memiliki kemiripan dengan pisang gapit ini. Beberapa kuliner yang mirip ialah pisang epe yang berasal dari Makassar dan colenak yang berasal dari Jawa Barat. Biasanya olahan makanan ini akan di suguhkan bersama dengan susu karamel yang terbuat dari bahan dasar gula merah dan santan kental.

3 Nasi Bekepor

makanan-khas-kalimantan-timur-nasi-bekepor

Nasi bekepor adalah makanan khas Kalimantan timur yang terbuat dari beberapa komposisi yakni nasi putih dan aneka olahan rempah-rempah yang selanjutnya akan dimasak dengan menggunakan alat masak khusus khas Kalimantan.

Setelah masakan sudah siap dihidangkan, biasanya nasi bekepor ini akan disajikan dengan aneka sayur asam khas Kalimantan timur, yakni sejenis sayur asam yang diolah dengan ikan tawar jenis patin dan ikan gabus.

4 Ayam Cincane

ayam cincane

Awalnya kuliner ayam cincane ini adalah makanan khas yang hanya dihidangkan ketika ada acara penting saja, misalnya pernikahan atau kelahiran. Namun saat ini menu makanan khas ini sudah bisa kita jumpai pada warung makan yang terdapat di Kalimantan Timur.

Menu ayam cincane terdiri dari daging ayam kampung yang menjadi bahan baku utamanya, karena ayam kampung lebih dianggap gurih jika dibandingkan dengan ayam potong dan sejenisnya.

Setelah itu, daging ayam kampung tersebut akan dicampur dengan bumbu beraneka macam rempah berupa jahe, kemiri, lengkuas dan aneka bahan rempah lainnya. Setelah itu daging ayam akan dibakar dengan memanfaatkan bara api, selain di panggang juga bisa dengan digoreng.

Menu ayam cincane ini akan semakin nikmat apabila kita menikmatinya dengan menggunakan nasi putih dan jeruk purut yang menambah aromanya semakin menyulut selera makan menjadi lebih membludak.

5 Gence Ruan

Menu ini memang terdengar agak asing di telinga kebanyakan orang yang tentunya tidak asing bagi masyarakat Kalimantan Timur. Kuliner Gence Ruan terbuat dari bahan dasar ikan gabus yang masyarakat lokal menyebutnya dengan ikan haruan.

Ikan gabus tersebut kemudian ditaburi dengan garam yang kemudian dipanggang di atas bara api. Setelah matang ikan ini akan disiram dengan aneka tumisan bumbu yang sudah disiapkan sebelumnya yang terbuat dari aneka rempah-rempah bawang merah, bawang putih, cabe dan aneka rempah lainnya.

Nah itulah beberapa makanan khas Kalimantan Timur yang bisa saya sharing kepada sobat Rumput Hidup. Semoga bermanfaat dan terima kasih atas kunjungannya di blog ini.

  • Add Your Comment