Makanan Khas Jember

Makanan Khas Kota Jember – Kota Jember merupakan kota yang terkenal dengan Tembakaunya, selain dikenal karena tembakaunya, Jember juga memiliki acara yang meriah setiap tahunnya.

Acara tersebut biasa kita sebut dengan JFC atau Jember Fashion Carnival. Acara tersebut sudah sangat dikenal di Indonesia, bahkan hingga mancanegara.

Selain itu saat ini kota Jember juga sudah mulai mengembangkan dirinya menjadi kota yang kaya akan tempat wisatanya. Baik itu wisata alam maupun wisata kuliner. Nah bagi kamu warga Jember, sudah tahu belum nih kuliner khas Jember?

Wah jangan-jangan kamu belum tahu ya apa saja yang menjadi makanan khas kota Kamu. Hmm kalau sampai saat ini masih belum tahu juga, wajib kamu harus mengetahui daftar makanan khas Jember berikut ini:

Pecel Gudeg Jember

pecel gudeg jember
Pecel Gudeg Jember / credit : cewealpukat.com

Pecel dan gudeg biasanya merupakan makanan yang berbeda, akan di kota Jember makanan ini diolah menjadi satu menjadi makanan khas Jember yang disebut dengan pecel gudeg.

Pecel sendiri banyak dikenal dengan makanan khas Madiun, sedangkan gudeg ialah identik dengan makanan khas Yogyakarta, akan tetapi di Kota Jember kita bisa menemukan keduanya menjadi satu makanan khas.

Pecel gudeg merupakan sayuran rebus yang ditambah dengan gudeg, potongan daging, sambel pecel serta tambahan peyek (rempeyek) yang disajikan kedalam satu piring.

Untuk menikmati makanan pecel gudeg khas Jember ini kamu juga boleh request lauk tambahan yang kamu sukai, untuk harganya nanti bisa menyesuaikan.

Suwar-Suwir Khas Jember

Suwar Suwir Khas Jember
Suwar Suwir Khas Jember / citra-rasa-jember.blogspot.com

Suwar-suwir merupakan makanan khas Jember yang sudah terkenal di banyak kalangan pecinta kuliner. Cemilan ini terbuat dari bahan tape yang memiliki tekstur yang renyah ketika di makan.

Biasanya suwar-suwir memiliki aneka ragam rasa, seperti rasa cokelat, rasa susu, rasa kacang, rasa sirsak dan juga rasa stroberi.

Suwar-suwir juga memiliki warna yang beragam alias warna-warni supaya lebih menarik. Untuk kamu yang ingin mencoba makanan khas Jember ini kamu bisa mendapatkannya dengan mudah di toko oleh-oleh yang ada di daerah Jember.

Prol Tape Khas Jember

prol tape khas jember
Prol Tape Jember / Sumber : cookpad.com

Seperti halnya suwar-suwir, prol tape juga termasuk oleh oleh khas Jember yang terbuat dari bahan tape, meskipun sama-sama terbuat dari bahan yang sama, namun makanan ini memiliki perbedaan dengan suwar-suwir terutama pada teksturnya.

Prol tape memiliki variasi rasa yang juga berbeda-beda, diantaranya adalah rasa kismis, cokelat, keju dan rasa original.

Prol tape dibuat dengan tape singkong yang dicampur dengan terigu, susu, telur, dan juga margarin yang diolah dengan pas sehingga menghasilkan makanan yang sangat lezat.

Prol tape memiliki perpaduan rasa yang manis, asam dan juga gurih.

Pia Tape Khas Jember

pia tape khas jember
Pia Tape Khas Jember / Sumber : travel.tribunnews.com

Jika didaerah lainnya makanan kue yang bernama pia terbuat dari bahan kacang-kacangan, berbeda dengan pia tape khas Jember yang satu ini.

Pia ini terbuat dari tape, selain itu pia tape ini juga memiliki varian rasa yang beragam, seperti keju, pisang, cokelat, dan juga stroberi.

Pada bagian luar atau kulitnya, pia ini memiliki tekstur yang keras tapi memiliki tekstur yang lembut pada bagian dalamnya.

Pia tape khas jember ini mampu bertahan sangat lama, jadi jika kamu ingin membawakan oleh-oleh khas Jember untuk keluarga kamu dirumah, kamu bisa mencoba membawakan oleh-oleh pia tape yang satu ini.

Nasi Langgi Jember

Nasi Langgi Jember
Nasi Langgi Jember / Sumber : travelingyuk.com

Makanan nasi langgi ini sebenarnya merupakan makanan khas yang berasal dari daerah Solo, namun kamu juga dapat menemuinya di daerah Jember.

Nasi langgi ini terdiri dari olahan nasi, sambel goreng kentang dan juga tempe, telur asin, daging sapi, abon, mentimun dan juga sambel. Nasi langgi ini dapat dengan mudah kamu temukan di warung-warung yang ada di Jember.

Salah satu tempat makanan yang menyediakan nasi langgi ini adalah di depot Jawa Timur di daerah jalan Gatot Subroto, Jember.

Jenang Waluh Jember

jenang waluh jember
Jenang Waluh Jember / Sumber : pinterest.com

Jenang waluh merupakan makanan tradisional khas Jember yang terbuat dari waluh atau labu kuning. Hmm baru tahu kan kalau labu ternyata juga dapat dijadikan makanan khas.

Waluh atau labu kuning tadi akan dicampur dengan kelapa dan juga ketan, sehingga menghasilkan rasa yang manis dengan tekstur yang kenyal dan juga lembut. Biasanya makanan ini menjadi cemilan oleh-oleh.

Brownies Tape Jember

brownies tape jember
Brownies Tape Jember / Sumber : gotravelly.com

Di Jember memang kebanyakan olahan makanan khasnya terbuat dari bahan dasar tape, salah satunya adalah brownies tapi ini. Kue khas Jember ini terbuat dari olahan tape yang memiliki varian rasa yang bervariasi seperti keju, kacang coklat dan juga ada yang memiliki rasa original.

Tahu Hwa

Tahu HWA Jember
Tahu HWA Jember / Sumber : familygoers.com

Tahu Hwa merupakan makanan khas Kota Jember yang terbuat dari bahan dasar ampas tahu. Biasanya tahu hwa disajikan bersama dengan kuah jahe yang memiliki rasa sedikit pahit dan panas.

Tahu hwa ini memiliki cita rasa yang unik sehingga membuatnya berbeda dengan kebanyakan kuliner khas yang ada ditempat lainnya. Makanan ini akan sangat cocok jika dinikmati ketika musim dingin seperti saat ini.

Martabak Malabar

martabak malabar jember
Martabak Malabar Jember / Sumber : bobo.grid.id

Di kota Jember ada makanan yang juga nggak kalah enaknya nih dengan makanan khas yang ada di tempat lainnya. Namanya martabak malabar, martabak ini memiliki ciri khas dan juga keistimewaan yang nggak ada pada martabak yang ada di tempat lainnya.

Martabak ini memiliki bentuk yang tipis serta diisi dengan daging kambing dan juga olahan rempah-rempah yang sangat khas. Hmm pokoknya martabak ini cocok banget kalau di nikmati saat malam tiba.

Lontong Kupang

lontong kupang khas Jember
Lontong Kupang Khas Jember / Sumber : gotravelly.com

Lontong kupang merupakan olahan kuliner lontong yang dicampur dengan olahan kerang. Biasanya jenis kerang yang digunakan untuk kuliner ini adalah kerang yang memiliki ukuran kecil.

Lontong kupang ini cocok banget buat kamu yang suka banget dengan kuliner. Biasanya didalam satu porsi lotong kupang ini terdapat kuah petis, sate kupang, taburan kupang, tauge, kacang tolo dan campuran lainnya.

Harganya juga cukup murah, berkisar mulai dari 8rb hingga 10rb untuk setiap porsinya.

Hmm kota Jember ternyata juga memiliki banyak sekali olahan makanan khas nya ya. Tapi perlu kamu ketahui, 10 daftar makanan diatas adalah sebagainnya saja, kamu bisa mengetahui lebih banyak makanan khas yang ada di Kota ini dengan mengeskplor lebih jauh mengenai makanannya.

Nah itu saja dari saya, jangan lewatkan pula artikel sebelumnya mengenai makanan khas Melayu yang juga nggak kalah lezatnya dengan kuliner Jember.

Leave a Comment