7 Makanan Khas Asal Indonesia Yang Terkenal

Makanan Khas Indonesia – Nusantara ini banyak terkenal dengan keindahan alamnya di mata dunia dan menjadi salah satu tempat wisata paling populer dari daftar wisata yang ada.

Namun nggak hanya terbatas pada keindahan alamnya saja, ternyata Indonesia juga dikenal dengan makanan khasnya loh. Wah jangan-jangan kamu belum tau?

Nah kalau kamu belum tahu, wajib simak 7 makanan khas Indonesia berikut ini.

Bakso

Makanan khas Indonesia yang pertama ialah bakso, sudah tau bakso kan gaes? Hampir seluruh umat manusia yang ada di Indonesia pasti tau apa itu Bakso, walaupun kadang cuman tau namanya, rasanya kadang belum tau, soalnya belum nyobain.

Makanan yang satu ini hampir disukai dari berbagai kalangan. Mulai dari bayi, anak-anak, remaja, orang dewasa, hingga bahkan lansia pun suka dengan yang namanya bakso.

Apalagi saat musim dingin seperti sekarang ini, waah jadi makin luar biasa nikmatnya menyantap bakso ini.

Sobat tau nggak nih kalau kebanyakan penjual bakso berasal dari jawa. Walau begitu tidak menutup kemungkinan makanan khas ini bisa di temui dimana saja kamu berada.

Nasi Goreng (Sego Goreng)

Nah selanjutnya adalah nasi goreng, ini juga salah satu makanan kesukaan saya sejak kecil hingga sekarang, sampe rasanya kalau sekarang makan nasi goreng sampe muak rasanya.

Makanan khas Indonesia ini sangat terkenal, lebih-lebih di negeri sendiri, Indonesia ini. Hampir seluruh orang Indonesia pasti pernah makan makanan ini. Kalau belum pernah, ya monggo silahkan nyobain aja.

Saking terkenalnya, dimanapun kamu berada disitu pasti ada, tapi ya nggak mesti selalu ada, misal kamu sedang berada di tengah hutan yang nggak mungkin ada penjual nasi goreng disana.

Kecuali kalau kamu buat sendiri.

Apa sih yang membuat nasi goreng ini menjadi terkenal dan menjadi salah satu makanan khas di Indonesia?.

Saya sendiri nggak tau, mungkin karena olahan bumbunya yang waahh kali.

Soto

Selanjutnya adalah soto, hayo siapa yang nggak pernah makan soto? Hampir setiap hajatan orang jawa, pasti didalamnya ada kuliner soto ini.

Misalnya pada hajatan nikahan, khitanan, lamaran dan lainnya. Biasanya makanan inilah yang menjadi hidangan utama dalam acara tersebut.

Soto merupakan kuliner khas yang terbuat dari bahan dasar kaldu daging dan juga aneka sayuran yang semakin menambah godaan nafsu makan. Selain nikmat disantap, soto juga memiliki rasa khas gurihnya.

Kalau saya sendiri taunya jenis soto yang pernah saya coba cuman ada tiga. Soto buatan Ibu, soto lamongan, dan soto madura. Masih banyak lagi sebenernya cuman saya belum pernah nyobain.

Sate

Nah sate… te satte… Coba sate manakah yang paling sering kamu makan?

Sate merupakan salah satu makanan khas di Indonesia yang kepulan asapnya saja sudah menggoda selera makan. Apalagi dagingnya yang dibakar diatas bara api dengan bumbu-bumbu khasnya.

Biasanya sate ini dibuat dari bahan daging, baik itu daging ayam, kambing ataupun daging sapi, yang dipotong menjadi kecil-kecil kemudian ditusuk dan dibakar diatas bara api.

Biasanya sate ini disantap bareng dengan bumbu sambel kacang, yang merupakan bumbu khasnya. Kurang afdol rasanya kalau nggak ada bumbunya, bukan sate donk nanti kalau nggak dibumbuin.

Kalau sate yang saya tahu hingga saat ini ya cuman sate Madura saja hehe.

Gado-gado

Gado-gado adalah kuliner makanan khas yang terbuat dari aneka jenis sayuran, misalnya kacang panjang, kentang, toge dan sayuran lainnya.

Gado-gado sendiri mudah sekali dibuat, atau kalau kamu nggak bisa buat kamu bisa membelinya di warung pinggiran jalanan. Nah bagi kamu yang ada di Kota Malang, dan ingin mencari gado-gado, bisa mencarinya pada artikel berikut ini : Daftar Penjual Gado-Gado di Malang.

Gado gado akan lebih nikmati dinikmati jika disatupadukan bareng dengan nasi ataupun lontong, kemudian ditaburi dengan bawang dan kerupuk.

Rendang

Rendang merupakan salah satu makanan khas Indonesia yang juga banyak memiliki peminat.

Pada umumnya rendang memiliki rasa yang relatif pedas dengan bumbu yang khas pula yang membuatnya memilik rasa yang juga khas.

Rendang biasanya terbuat dari bahann dasar daging sapi, kemudian diolah menjadi makanan yang begitu menggoda lidah untuk selalu memakannya.

Penutup

Nah itulah beberapa makanan khas Indonesia yang sudah terkenal, baik di Negeri sendiri Nusantara ini hingga keluar negeri. Sebenernya masih banyak lagi makanan khas Asli Indonesia yang juga enak rasanya dan nggak kalah nikmat dengan daftar makanan yang saya tuliskan diatas.

Maka dari itu sudah sewajarnya kita mensyukuri kekayaan bumi Pertiwi ini sebagai tempat tinggal kita.

Nah mungkin itu saja, terima kasih sudah berkunjung di blog saya 🙂

  • Add Your Comment