Makanan Khas Cilacap

Makanan Khas Cilacap – Kota Cilacap menjadi Ibu kota dari Kabupaten Cilacap yang ada di Jawa Tengah. Cilacap memiliki jumlah penduduk sekitar 271.324 jiwa pada tahun 2013 lalu dengan luas wilayah 50,1 km2.

Sejak tahun 2000an Cilacap menjadi salah satu kota yang mampu berkembang dengan pesat. Hal ini ditandai dengan berdiirinya pusat perbelanjaan yang ada disana.

Tahukah kamu bahwasanya Cilacap tidak hanya terkenal dengan pusat perbelanjaannya saja, namun juga aneka kuliner yang ada di dalamnya juga nggak kalah populer, terlebih dikalangan pecinta kuliner.

Nah sudah tau belum nih apa saja kuliner atau makanan khas yang ada di Cilacap? Kalau belum, simak ya daftar makanan khas Cilacap dibawah ini:

1.Thempleng

Thempleng Khas Cilacap
Thempleng Khas Cilacap

Makanan khas Cilacap yang pertama disebut dengan thempleng, biasanya makanan ini juga disebut dengan rempeyek, namun di Cilacap sendiri disebut dengan Thempleng.

Thempleng terbuat dari tepung beras yang diolah dengan bumbu-bumbu khusus sehingga membuat cita rasa thempleng memiliki rasa yang enak dan juga gurih.

Makanan khas ini memiliki beberapa variasi, diantaranya thempleng kacang, kedelai, teri, rebon dan juga ada kacang ijo. Untuk mencicipi gurihnya makanan khas ini, kita dapat mendapatinya di warung-warung yang ada di daerah perkampungan.

2.Lanthing

Lanthing Khas Cilacap
Lanthing Khas Cilacap

Lanthing merupakan makanan khas Cilacap yang terbuat dari bahan dasar singkong serta memiliki bentuk bulat-bulat yang bolong dibagian tengahnya.

Lanthing memiliki cita rasa yang gurih, renyah dan sangat cocok sekali dijadikan sebagai cemilan disaat santai bersama dengan keluarga tercinta, teman dekat dan juga para sahabat.

Didaerah Adipala ada banyak sekali pembuat makanan khas ini yang banyak didistribusikan didaerah pelosok Cilacap dan sekitarnya.

3.Gembus

Gembus Khas Cilacap
Gembus Khas Cilacap

Gembus adalah sejenis Donat Jawa yang terbuat dari bahan dasar singkong yang kemudian diolah menjadi makanan khas yang banyak disukai orang.

Biasanya makanan ini dapat kita temui ketika ada acara hiburan yang ada dikampung-kampung, dan juga di dalam pasar tradisional di Cilacap.

Gambus sangat enak dinikmati ketika masih anget, karena ketika masih anget, biasanya makanan jenis ini memiliki rasa yang lebih gurih dan manis.

4.Mendoan

Mendoan Khas Cilacap
Mendoan Khas Cilacap

Mendoan merupakanmakanan khas CIlacap yang dapat kita temui dai daerah sekitaran Barlingcakeb. Makanan ini salah satu makanan yang sudah sangat familiar di daerah Cilacap.

Mendoan sendiri, adalah makanan yang terbuat dari tempe yang tipis dan lebar, kemudian dilumuri dengan olahan adonan tepung yang telah diberi bumbu, kemudian digoreng setengah matang.

Menikmati mendoan akan semakin mantap jika disantap saat masih anget.

5.Tahu Masak Khas Cilacap

Tahu Masak Khas Cilacap
Tahu Masak Khas Cilacap

Tahu masak merupakan makanan khas Cilacap yang bahannya terdiri dari tahu kotak putih yang digoreng, kemudian dipotong menjadi potongan lebih kecil yang diberi irisan kubis, kupat, kerupuk dan olahan bumbu khas yang dipadukan dengan kacang yang sudah digiling.

Jika kamu ingin merasakan lezatnya tahu masak khas Cilacap ini, kamu bisa menemukannya di pasar-pasar tradisional yang ada di daerah Cilacap.

6.Tempe Dages Cilacap

Tempe Dages Cilacap
Tempe Dages Cilacap

Tempe dages Cilacap ini merupakan makanan khas yang dibuat dari bahan dasar ampas tahu. Memiliki warna abu-abu serta berbentuk kotak padat.

Biasanya tempe dages Cilacap ini digoreng seperti halnya mendoan, sehingga rasanya nggak kalah dengan tempe mendoan.

Biasanya tempe dages ini dijual bersama dengan makanan khas lainnya seperti tahu berontak dan juga jajanan tradisional lainnya.

7.Sale Pisang Cilacap

Sale Pisang Cilacap
Sale Pisang Cilacap

Sale pisang merupakan cemilah khas Cilacap yang terbuat dari bahan dasar pisang, tentu sesuai dengan namanya.

Pisang yang telah matang akan dikeringkan terlebih dahulu, sehingga dapat menimbulkan cita rasa yang gurih dan manis.

Sale pisang ini sangat cocok sekali menjadi makanan ringan untuk menemani hari-hari santay kamu bareng anggota keluar, sahabat, teman ataupun kerabat kerja.

Saat ini sale pisang juga memiliki banyak variasi rasa, seperti rasa coklat dan juga keju.

8.Keripik Tempe

Keripik Tempe Cilacap
Keripik Tempe Cilacap

Tempe memang termasuk dalam makanan yang banyak di sukai oleh orang Indonesia. Ada banyak jenis olahan tempe yang ada. Salah satunya adalah yang ada di Cilacap ini.

Disini tempe dijadikan olahan khas yang disebut keripik tempe. Keripik tempe khas Cilacap ini diolah dengan penggorengan yang pas. Sehingga cita rasanya sangat khas, yakni terasa begitu renyah dan kriuk-kriuk.

Keripik tempe khas Cilacap ini memiliki bentuk yang tipis, memiliki warna coklat dan rasanya asangat renyah dan gurih.

Nah keripik tempe ini cocok banget untuk dijadikan oleh-oleh khas Cilacap untuk keluarga dan kerabat kamu dirumah.

Jadi kalau kamu sedang berada di Cilacap, jangan lewatkan untuk membawa oleh-oleh khas Cilacap yang satu ini ya.

9.Rempeyek Yutuk

Rempeyek Yutuk
Rempeyek Yutuk

Rempeyek yutuk merupakan salah satu dari banyak makanan khas Cilacap yang populer dikalangan pecinta kulineran.

Disebut dengan rempeyek yutuk karena makanan ini terbuat dari bahan dasar hewan laut yang memiliki kemiripan dengan kepiting dan udang.

Ketika yutuk telah diolah menjadi rempeyek makanan iniakan memiliki cita rasa yang enak dan gurih sehingga mampu menggoda selera makanmu.

Rempeyek yutuk berwarna orange kemerah-merahan. Yutuk ini dapat kita dapatkan dengan mudah didaerah pantai yang ada di Widarapayung dan sekitarnya.

10.Brekecek

Brekecek Khas Cilacap
Brekecek Khas Cilacap.jpg

Makanan khas Cilacap yang selanjutnya adalah brekecek. Makanan khas ini merupakan kepala ikan jahan yang dimasak dengan olahan bumbu-bumbu yang serupa dengan bumbu rica-rica.

Akan tetapi ada seidikit perbedaan cara pengolahan dan juga rasanya. Hmm kamu harus cobain nih makanan unik khas Cilacap yang satu ini.

11.Karedok

Karedok Makanan Khas
Karedok Makanan Khas

Karedok merupakan salah satu makanan khas yang ada di daerah Banjarsari Jawa Barat. Akan tetapi kita dapat menjumpainya di daerah Cilacap, karena makanan ini sudah menjadi sebuah tradisi disini.

Karedok merupakan makanan khas yang terbuat dari bahan sayuran mentah seperti wortel, kubis, timun, kacang panjang dan juga kecambah.

Sayuran tersebut kemudian dilumuri dengan bumbu sambel kacang yang pedas, kemudian ditambah dengan taburan kerupuk banggi atau juga kadang dicampur dengan tahu dan ketupat.

12.Kerupuk Tengiri Cilacap

Kerupuk Tengiri Khas Cilacap
Kerupuk Tengiri Khas Cilacap

Makanan khas Cilacap yang satu ini merupakan salah satu oleh-oleh yang dapat kamu bawa untuk keluarga dan kerabat dirumah.

Sesuai dengan namanya, kerupuk tengiri terbuat dari ikan tengiri yang memiliki bentuk bulat serta memiliki warna kecoklatan.

Kerupuk tengiri menjadi salah satu cemilan favorit didaerah Cilacap, karena memiliki rasa yang begitu gurih dan rasa ikan tengirinya juga sangat menonjol.

Menikmati ikan tengiri ini akan sangat cocok selagi santai menyaksikan televisi bareng keluarga tercinta ataupun bersama ramai-ramai menikmatinya dengan kerabat dan teman kerja.

Kalau kamu lagi ada di Cilacap, jangan lupakan untuk membawakan oleh oleh khas Cilacap yang satu ini.

13.Keripik dan Stik Sukun

Keripik dan Stik Sukun
Keripik dan Stik Sukun

Cilacap memang terkenal dengan olahan makanan dari hasil lautnya. Akan tetapi tahukah kamu, bahwasanya Cilacap juga memiliki produk unggulan yang ada di bidang pertaniannya loh.

Namanya adalah keripik sukun, keripik sukun merupakan cemilan khas yang ada di Cilacap yang terbuat dari bahan hasil pertanian, yakni sukun.

Sukun hasil tani tersebut akan diolah menjadi berbentuk tipis-tipis untuk dijadikan keripik sedangkan untuk olahan stiknya, sukun tersebut akan di iris menyerupai persegi panjang, yang kemudian digoreng hingga memiliki cita rasa yang enak dan gurih.

14.Sea Food Pantai Teluk Penyu

Seafood Cilacap
Seafood Cilacap

Hmm siapa disini yang belum pernah makan sea food? Mau nyobain seafood yang enak? Nggak perlu jauh datang ke Jepang untuk menyantap sea food dengan cita rasa yang khas.

Di Cilacap, tepatnya didaerah Pantai Teluk Penyu, ada banyak sekali masakan sea food yang memiliki cita rasa yang nikmat dan mantap banget, yang diracik dengan olahan bumbu yang pas.

Harganya pun sangat terjangkau, serta lokasinya yang berada di pinggiran pantai, membuat menyantapnya menjadi lebih mantap.

15.Cetil atau Cenil

Cenil Khas Cilacap, Cetil Khas Cilacap
Cetil dan Cenil Khas Cilacap

Salah satu makanan khas tradisional yang hingga kini masih tetap populer dikalangan pecinta kuliner adalah cenil. Makanan khas Cilacap yang satu ini terbuat dari bahan dasar singkong yang dibentuk bulat-bulat yang memiliki warna-warni yang lucu.

Biasanya cenil dinikmati bersama dengan taburan kelapa dan juga gula pasir ataupun gula Jawa. Hmm kalau kamu sebelumnya belum pernah nyobain makanan ini, sekali mencoba dijamin pasti ketagihan.

16.Lupis

Lupis Khas Cilacap, Makanan Khas Cilacap
Lupis Khas Cilacap

Makanan khas tradisional yang juga nggak kalah populer dengan cenil adalah lupis. Lupis ialah jajananan yang biasanya dapat kita jumpai di pasar tradisional yang memiliki rasa yang legit dan manis.

Kue lupis ini terbuat dari beras ketan yang dibungkus dengan daun pisang yang kemudian dikukus. Kue lupis memiliki rasa yang nikmat yang disebabkan lumuran saus gula dan juga parutan kelapa yang sangat manis.

17.Lepet

Lepet Khas Cilacap, Makanan Khas Cilacap
Lepet Khas Cilacap

Lepet merupakan makanan khas yang terbuat dari beras ketan seperti halnya lupis. Namun lupis dan lepet ini merupakan kue tradisional yang berbeda.

Lepet biasanya dibungkus dengan lilitan janur kuning. Didaerah Cilacap biasanya lepet disuguhkan saat ada acara tujuah bulanan wanita yang sedang hamil atau acara selamatan lainnya.

Ada sebuah mitos yang mengatakan bahwasanya, jika lepet tersebut memiliki rasa yang asin, maka bayi yang dikandung berarti berjenis kelamin laki-laki, sedangkan bila rasanya tidak asin, maka bayinya perempuan.

Bener nggaknya saya juga nggak tahu, hehe.

18.Soto Sokaraja

Soto Sokaraja, Makanan Khas Cilacap
Soto Sokaraja

Makanan khas Cilacap selanjutnya adalah soto koraja, selain soto koraja ada beberapa soto lainnya seperti soto babat, soto daging sapi dan juga soto daging ayam.

Didalam soto koraja biasanya terdapat toge, kerupuk banggi, kubis, ayam, babat, daging dan juga lontong ataupun nasi dengan kuah kental yang berwarna coklat.

Soto koraja akan sangat lezat jika ditambah dengan sambel kacang ataupun sambel cabe. Soto koraja biasanya dapat dinikmati dengan tempe dan juga kerupuk.

19.Mi Goreng dan Nasi Goreng

Mie Goreng dan Nasi Goreng, Makanan Khas Cilacap
Mie Goreng dan Nasi Goreng

Mie dan nasi goreng Cilacap sangat populer dengan rasanya yang gurih dan enak. Hal ini dikarenakan olahan bumbunya yang sangat pas.

Mie yang digunakan biasanya dibuat dari mie keriting. Siapa saja yang telah mencicipi makanan ini pasti akan ketagihan untuk mencobanyak kembali.

Kita dapat menjumpai mie goreng dan nasi goreng Cilacap dimana-mana.

20.Mi Ayam

Mie Ayam Cilacap, Makanan Khas Cilacap
Mie Ayam Cilacap

Mie ayam Cilacap merupakan salah satu makanan khas Cilacap yang juga nggak kalah lezatnya dengan yang lainnya.

Mie ayam Cilacap memiliki warna mie yang putih dengan campuran sayur sawi yang direbus.

Biasanya mie ayam Cilacap ini dicampur dengan daging ayam, saus tomat, kecap dan juga sambel yang dicampur dengan kerupuk pangsit. Rasanya dijamin gurih dan sangat nikmat.


Nah itulah 20 daftar makanan khas Cilacap yang dapat saya share untuk kita semua. Jangan lewatkan pula artikel sebelumnya yang membahas tentang makanan khas Riau yang saya tulis sebelumnya. Terima kasih semoga bermanfaat.

Leave a Comment