Makanan Khas Bojonegoro

Makanan Khas Bojonegoro – Bojonegoro merupakan salah satu Kabupaten yang ada di Provinsi Jawa Timur – Indonesia, dengan Ibu Kotanya yakni Bojonegoro.

Bojonegoro sendiri ialah pusat pemerintahan Kabupaten Bojonegoro. Kota ini merupakan salah satu kota yang cukup besar dan juga ramai. Selain itu perekonomian warganya juga selalu meningkat, sehingga mampu menjadi salah satu penarik investor untuk mendirikan pasar modern disana.

Selain pasar modern yang ada, di Bojonegoro juga terkenal dengan pasar tradisionalnya yang tidak kalah ramai oleh pengunjungnya. Didalamnya juga banyak tersedia aneka makanan khas dan juga oleh-oleh khas Bojonegoro.

Nah apakah kamu sudah tau, apa saja daftar makanan khas yang ada di Bojonegoro? Kalau belum tau, kamu bisa intip nih beberapa daftar makanan khas yang ada di Bojonegoro lengkap dengan gambarnya:

1 Putu

putu makanan khas bojonegoro
Putu // Jajanan Khas Bojonegoro // Sumber : liputan6.com

Siapa sih yang nggak kenal dengan jajanan yang bernama putu ini. Putu merupakan salah satu cemilan khas yang sering dijumpai di sore atau malam hari. Sebenernya putu tidak hanya dapat kamu temukan di Bojonegoro saja, karena jajanan khas yang satu tersebar luas di Jawa.

Salah satu alasan yang menjadikan makanan khas ini menjadi salah satu jajanan khas di Bojonegoro adalah, karena saking banyaknya penjual yang berkeliling menjajakannya. Sehingga membuat putu ini menjadi salah satu makanan khas di Bojonegoro.

Jajanan khas yang satu ini sangat nikmat jika disantap ketika masih anget, apalagi kalau menyantapnya saat musim hujan begini, pasti pengen nambah terus.

Perlu kamu ketahui bahwa, putu merupakan jajanan tradisional yang diolah dari tepung beras yang memiliki tekstur yang kasar, yang dicampuri dengan gula Jawa dan juga parutan kelapa yang membuat jajanan ini unik dari yang lainnya.

Parutan kelapa yang sudah disipakan sebelumnya, nantinya akan ditaburkan dibagian kue putu yang telah matang dan siap untuk kamu nikmati.

Proses pembuatan kue putu ini, yakni dengan cara dikukus pada sebuah cetakan yang memiliki bentuk tabung seperti paralon, biasanya cetakannya terbuat dari bambu kecil dan dipotong pendek-pendek.

Nah kalau kamu belum pernah nyobain jajanan kue yang bernama putu ini, yuk datang ke Bojonegoro untuk mencobanya.

2 Klepon

klepon makanan khas bojonegoro
Klepon // Jajajan Khas Bojonegoro // Sumber : merdeka.com

Selain putu, ada lagi nih jajanan khas yang ada di Bojonegoro, Namanya adalah klepon. Klepon merupakan jajanan tradisional khas Bojonegoro yang biasanya dijual berdekatan dengan penjual putu. Nah karena saking deketnya membuat orang-orang yang menikmati jajanan ini merasa kurang lengkap kalau nggak sekalian nyobain putu.

Klepon memiliki bentuk bulat dan biasanya memiliki warna hijau. Serta didalam klepon ini biasanya ada isiannya berupa gula merah cair, sehingga ketika kita menggigitnya, nanti gulanya akan melumer di mulut, cobain deh biar kamu tahu rasanya.

3 Keripik Tempe

keripik tempe, cemilan khas bojonegoro
Keripik Tempe // Oleh-oleh Khas Bojonegoro // Sumber : ramesia.com

Jajanan khas Bojonegoro selanjutnya adalah keripik tempe. Ketika kamu berkunjung ke Bojonegoro jangan lupa ya untuk membawakan keluarga kamu yang di rumah jajanan khas ini. Kamu bisa membeli keripik tempe ini sebagai oleh-oleh untuk keluarga kamu dirumah, itung-itung biar mereka juga bisa mencicipi keripik tempe khas Bojonegoro ini.

Keripik tempe Bojonegoro ini memiliki rasa yang gurih, serta teksturnya yang begitu renyah, membuat keripik ini banyak digemari oleh para pecinta kuliner.

Salah satu hal yang membuat keripik tempe Bojonegoro ini memiliki rasa gurih adalah lapisan tepungnya yang dioleskan rata pada permukaan tempe yang akan digoreng.

Untuk mendapatkan dan merasakan gurihnya keripik tempe ini, kamu dapat dengan mudah menemukannya di pusat penjual oleh-oleh khas Bojonegoro, yang pasti harganya terjangkau dong.

Baca Juga  Makanan Khas Sumbawa

4 Wedang Tape

Minuman khas Bojonegoro
Wedang Tape // Minuman Khas Bojonegoro // Sumber : jurnaba.co

Kalau biasanya wedang merupakan minuman hangat yang terbuat dari Jahe ataupu Kopi, berbeda dengan minuman khas Bojonegoro yang satu ini, namanya adalah wedang tape.

Wedang tape adalah salah satu minuman khas Bojonegoro yang menjadi salah satu minuman favorit masyarakat di Bojonegoro, selain menjadi minuman yang menjadi favorit masyarakat lokalnya tidak jarang minuman khas ini juga menjadi salah satu minuman yang banyak di cari oleh para wisatawan yang berasal dari luar Bojonegoro.

Disebut dengan wedang tape, hal ini dikarenakan bahan dasar dari minuman ini adalah terbuat dari tape ketan hitam yang diolah dengan campuran santan panas serta beberapa bahan lainnya yang membuat wedang tape ini memiliki cita rasa yang hangat ketika meminumanya.

Wedang tape ini sangat cocok dinikmati saat cuaca dingin, terutama dimusim hujan seperti sekarang ini. Jika kamu ingin mencoba minuman khas yang ada di Bojonegoro ini kamu bisa mendapatkannya di warung legendaris yang telah menjual wedang tape ini sejak tahun 1950an, yang berlokasi di daerah Jalan KH Mansyur.

5 Serabi

serabi khas bojonegoro
Serabi // Kuliner Bojonegoro // Sumber : okezone.com

Kue seraba merupakan makanan khas Bojonegoro selanjutnya, kue ini memiliki cita rasa yang dominan manis serta gurih. Selain dapat ditemuka ditempat lainnya, seperti Bandung dan Solo, jadi serabi ini juga dapat kamu jumpai di Bojonegoro, rasanya juga nggak kalah nendang kok dengan kue serabi yang ada di tempat lainnya.

Kue serabi merupakan kue yang diolah dengan cara tradisional, akan tetapi kue ini sekarang sudah menjadi sajian makanan modern yang nggak kalah populernya.

Kue surabi adalah kue yang dibuat dari bahan dasar beras dan beberapa bahan campuran lainnya. Biasanya untuk mendapatkan kue khas ini, kamu dapat menjumpainya disaat pagi hari, karena kue ini biasanya menjadi salah satu makanan pengganti untuk sarapan.

6 Gethuk

getuk, makanan khas Bojonegoro
Getuk // Jajanan Tradisional // Sumber : sajiansedap.grid.id

Siapa diantara kalian yang nggak kenal dengan jajanan tradisional ini?. Gethuk namanya, kue ini merupakan salah satu kue tradisional yang merupakan favorit saya hingga kini.

Sebenarnya jajanan khas yang ini dapat kita jumpai dibanyak tempat lainnya di Jawa. Namun makanan ini juga menjadi salah satu makanan khas Bojonegoro karena merupakan salah satu makanan khas yang legendaris.

Gethuk asli Bojonegoro biasanya terbuat dari singkong yang berwarna-warni, ada putih, kuning, hijau dan lainnya yang disajikan dengan taburan parutan kelapa diatasnya.

Nama lain dari jajanan khas ini adalah Gethuk Lindri, kenapa kok disebut dengan gethuk lindri? Saya juga nggak tahu, mungkin kalau kamu nyobain sendiri rasanya, kamu nanti bakalan tahu, kenapa disebut dengan gethuk lindri.

7 Salak Wedi

Salak Wedi // Buah Khas Bojonegoro // Sumber : desabisa.com

Makanan khas Bojonegoro selanjutnya adalah salah wedi. Buah khas dari Bojonegoro ini berbeda dengan salak yang ada di daerah lainnya, karena rasa manis yang ada padanya memiliki rasa manis yang sedikit berpasir.

Loh kok berpasir? Penasaran kan, makanya kamu harus nyobain secara langsung salah khas ini, supaya kamu mengerti kenapa salah ini disebut dengan salak wedi (salak pasir).

Jika kamu tertarik dan penasaran dengan rasanya, kamu bisa membelinya langsung pada petaninya, untuk mendapatkan harga yang lebih murah. Tapi walaupun kamu membelinya di pasaran juga nggak bakalan rugi kok, karena harganya juga nggak jauh berbeda.

8 Blimbing Ngringinrejo

Blimbing Ngringinrejo // Buah Khas Bojonegoro // Sumber : suarabanyuurip.com

Blimbing ngringinrejo merupakan salah satu buah khas Bojonegoro selain salak wedi. Buah blimbing ini memiliki rasa yang manis dan segar. Bentuk dan aroma buah blimbing ini juga menarik sekali.

Blimbing ngringinrejo ini banyak dihasilkan didaerah Desa Ngringin yang masuk kedalam wilayah administrasi Kecamatan Kalitudu.

Untuk mendapatkan buah yang khas ini, kamu bisa membelinya langsung kepada petaninya, selain itu kamu juga mendapatkan kesempatan untuk memetik buahnya secara langsung loh.

9 Ender Ender (Oleh-Oleh)

ender ender bojonegoro
Ender Ender Bojonegoro // Sumber : pegimakan.id

Salah satu makanan khas Bojonegoro yang menjadi favorit masyarakatnya adalah ender-ender. Selain menjadi favorit masyarakat lokal, makanan yang merupakan oleh-oleh khas Bojonegoro ini juga digemari oleh para wisatawan yang datang ke Bojonegoro.

Baca Juga  Makanan Khas Lamongan

Oleh-oleh khas Bojonegoro ini memiliki bentuk yang lebar dengan cita rasanya yang manis, sehingga menjadikannya salah satu makanan yang menjadi favorit.

Oleh-oleh khas Bojonegoro ini merupakan makanan tempo dulu, namun tetap mampu bertahan dan semakin eksis hingga sekarang. Bahkan saat ini ender-ender ini sudah diolah dengan cara modern, sehingga mampu untuk bersaing dengan oleh-oleh khas lainnya.

10 Peyek Bayam

Keripik bayam khas Bojonegoro
Keripik Bayam // Makanan Khas Bojonegoro // Sumber : pertanianku.com

Peyek bayam adalah makanan ringan khas Bojonegoro yang diproduksi oleh UD DPR Putra pimpinan Bapak Sutikno. Sesuai dengan nama yang melekat pada makanan ringan ini, yakni peyek bayam. Merupakan makanan ringan yang terbuat dari bahan dasar olahan bayam.

Daun bayam yang sudah dikeringkan, nantinya akan diolah dengan tepung dan bumbu sebagai penyedapnya, kemudian akan di goreng dengan menggunakan minyak goreng yang sudah dipanaskan.

Hmm makanan ringan yang satu ini memang sangat cocok untuk dijadikan cemilan sehari-hari, terlebih sekarang musimnya hujan. Untuk dapat mencicipi rasanya, peyek bayam ini dapat dengan mudah kamu temukan di toko-toko yang menyediakan oleh-oleh Khas Bojonegoro.

11 Dadar Jagung

dadar jagung khas Bojonegoro
Dadar Jagung // Makanan Khas Bojonegoro // Sumber : cookpad.com

Dadar jagung adalah salah satu makanan khas Bojonegoro yang selanjutnya. Disebut dengan dadar jagung, karena makanan khas ini dibuat dari bahan dasar jagung, tepung tapioka, dan beberapa tambahan bumbu penyedap alami lainnya seperti daun bawang, cabe, bawang merah & putih, dan bumbu-bumbu lainnya.

Proses pembuatan dadar jagung juga terbilang cukup mudah. Hal pertama yang harus dilakukan adalah dengan menghaluskan terlebih dahulu jagungnya. Setelah itu baru kemudian menghaluskan bumbu-bumbunya, setelah bumbu sudah tercampur merata, maka olahan jagung dan bumbu tersebut dicampur hingga merata.

Setelan semua merata, kemudian dibentuk bulatan kecil, bisa dengan menggunakan sendok. Kemudian goreng dengan api sedang, sehingga matangnya dapat merata kesetiap bagiannya.

12 Sego Mawut

sego mawut khas Bojonegoro
Sego Mawut // Makanan Khas Bojonegoro // Sumber : jurnaba.co

Makanan khas selanjutnya ialah memiliki sebutan sego mawut. Menu khas Bojonegoro ini terdiri dari nasi, sayuran, telur serta tambahan mie yang kemudian dijadikan satu dan digoreng.

Sego mawut ini merupakan salah satu kuliner khas Bojonegoro yang banyak di jual oleh para pedagang kaki lima pada saat malam tiba. Kalau kamu penasaran dengan rasanya, kamu bisa datang langsung di Jalan Panglima Sudirman untuk mencoba kuliner khas ini.

13 Nasi Flambe

nasi flambe Bojonegoro
Nasi Flambe Bojonegoro // Sumber : rynari.wordpress.com

Nasi flambe ialah makanan khas Bojonegoro yang didalamnya terdiri dari nasi campur dengan nasinya yang hangat dengan campuran ayam suwir, telur orak arik, udang goreng serta sambel terasi yang menggoyang lidah.

Sambel terasi yang digunakan pada nasi flambe ini begitu pedas, sehingga sangat pas untuk disajikan bersama dengan lauk-pauk yang sudah disebutkan diatas.

Kalau kamu ingin merasakan nasi flambe ini, kamu dapat menikmatinya dengan datang langsung ke warung Dumi Express yang berada di Jln Rajawali, Kelurahan Karang Pacar, berada di dekat SMPN 5 Bojonegoro.

14 Wader Kali

ikan wader kali khas Bojonegoro
Wader Kali Khas Bojonegoro // Sumber : amrisnaas.student.umm.ac.id

Makanan khas Bojonegoro selanjutnya ialah wader kali. Makanan khas yang satu ini akan sangat nikmat jika disantap bareng sambel terasi atau sambel khas yang ada di Bojonegoro.

Tahukah kamu, bahwa ikan wader adalah ikan yang hidup dan banyak ditemukan di perairan air tawar atau sungai. Salah satu sungai tempat ikan ini hidup adalah di daerah sungai bengawan solo yang mengalir di kawasan Bojonegoro.

Ikan wader sendiri memiliki bentuk yang mungil, sehingga cocok dijadikan lauk bersama dengan sambel terasi.

Jika kamu ingin mencoba kenikmatan dari ikan wader ini, kamu bisa datang di Warung Wader Kali Jetak yang berlokasi di Kelurahan Perak, Bojonegoro. Lokasi tersebut tepat berada di bagian utara bundaran Jetak.

15 Ledre (Oleh-Oleh)

ledre khas Bojonegoro
Ledre Khas Bojonegoro // Sumber : masakandapurku.com

Ledre merupakan makanan oleh-oleh khas Bojonegoro yang sangat populer. Ledre memiliki cita rasa yang gurih dan manis, sehingga menjadi jajanan yang sangat laris di pasaran.

Baca Juga  Makanan Khas Cilacap

Bahan dasar pembuatan ledre ini juga bisa dibilang memiliki bahan yang sederhana, diantaranya adalah dari campuran tepung terigu, tepung beras dan juga gula. Sedangkan bahan utamanya adalah dari buah pisang raja yang memiliki aroma khas.

Dalam proses pembuatannya, ledre ini cukup digulung atau kalau orang Bojonegoro biasa menyebutnya dengan diluntung. Jika diperhatikan bentuknya memang seperti egg roll akan tetapi kalau sudah mencicipinya, pasti kamu akan tahu perbedaannya.

Nah kalau kamu sedang liburan di Bojonegoro, jangan lupa ya untuk membawakan oleh-oleh khas Bojonegoro yang satu ini, biar keluarga kamu di rumah bisa merasakannya juga.

16 Keripik Pisang (Oleh-Oleh)

keripik pisang khas Bojonegoro
Keripik Pisang // Oleh Oleh Khas Bojonegoro // Sumber : bp-guide.id

Makanan khas Bojonegoro selanjutnya yang dapat kamu jadikan oleh-oleh untuk keluargamu di rumah adalah keripik pisang.

Keripik pisang ini terbuat dari bahan dasar pisang sobo pipit atau pisang kepok. Makanan oleh oleh khas ini di produksi oleh Industri rumahan maupun UKM (Usaha Kecil Menengah).

Nah bagi kamu yang tertarik untuk mencoba keripik pisang ini, kamu bisa mendapatkannya di Dusun Suku, Desa Sambongrejo RT 01/RW 01, Kecamatan Gondang – Bojonegoro.

17 Balung Kuwuk (Oleh-Oleh)

balung kuwuk oleh oleh khas Bojonegoro
Balung Kuwuk // Oleh Oleh Khas Bojonegoro // Sumber : idntimes.com

Balung kuwuk merupakan makanan khas yang menjadi salah satu oleh oleh dari Bojonegoro. Cemilan yang pas buat kamu yang suka ngemil ini terbuat dari bahan dasar singkong atau ketela pohon. Selain itu cemilan khas ini juga menjadi salah satu produksi utama UKM yang ada di Bojonegoro.

Walaupun bahan dasarnya terbuat dari bahan dasar singkong, akan tetapi cemilan ini berbeda dengan keripik pada umumnya yang juga terbuat dari bahan dasar singkong.

Untuk mendapatkan cemilan ini kamu bisa membelinya langsung ataupun dengan pesan online. Untuk membelinya langsung kamu bisa datang di Desa Bergas Kidul, Dusun Sruwen RT 03/RW 04. Kalau kamu males mau datang langsung ke Bojonegoro, tidak perlu khawatir karena kamu bisa membelinya secara online di Tokopedia.

18 Keripik Jahe (Oleh-Oleh)

keripik jahe oleh oleh khas Bojonegoro
Keripik Jahe // Oleh Oleh Khas Bojonegoro // Sumber : linkbojonegoro.blogspot.com

Mendengar cemilan khas keripik singkong, kentang ataupun keripik pisang adalah sesuatu yang biasa, namun bagaimana dengan keripik Jahe? Hmm tentu nggak biasa kan.

Kita tahu, jahe merupakan salah satu bahan yang biasanya digunakan untuk wedang, seperti wedang jahe, kopi jahe atau yang lainnya. Tapi kebayang nggak sih kalau jahe dijadikan keripik?

Di Bojonegoro ada nih keripik yang dibuat dari bahan dasar jahe, rasanya pun juga pasti berbeda dengan keripik pada umumnya. Keripik jahe memiliki rasa yang manis dan pedas, ketika menikmati makanan ini, kamu akan merasakan sensasi hangat dari jahe yang merupakan bahan utamanya.

Kalau kamu penasaran ingin mencicipinya langsung, kamu bisa mendapatkan keripik jahe ini hanya di Bojonegoro. Salah satu produsen keripik jahe yang terkenal di Bojonegoro adalah Keripik Jahe Pak Eco.

Dibuat dari olahan jahe pilihan dengan resep khusus yang tanpa menggunakan pemanis ataupun pengawet buatan, dijamin kesehatannya. Keripik jahe ini sangat cocok buat teman ngemil, terutama di musim hujan seperti sekarang ini.

19 Unthuk Yuyu (Oleh-Oleh)

unthuk yuyu khas bojonegoro
Unthuk Yuyu // Oleh Oleh Khas Bojonegoro // Sumber : cookpad.com

Kemudian makanan khas yang selanjutnya adalah unthuk yuyu. Cemilan oleh oleh khas Bojonegoro ini cukup jarang ditemui ditempat lainnya, karena sudah jarang yang menyediakan cemilan ini.

Akan tetapi kalau kamu datang ke Bojonegoro, kamu nggak perlu khawatir nggak ketemua dengan makanan khas ini. Unthuk yuyu ini di produksi dan dijual oleh SUmber Rizki Bojonegoro. Harganya pokoknya sangat cocok dengan sensasi saat kamu menikmatinya.

Cemilan oleh-oleh khas ini dapat kamu dapatkan dengan harga 15.000 per 250 gramnya.

Nah itulah beberapa daftar makanan khas, oleh-oleh khas serta cemilan khas Bojonegoro yang bisa saya share. Jangan lewatkan pula Makanan Khas Surabaya yang sudah di bahas sebelumnya. Terima kasih semoga bermanfaat.

Leave a Comment