Makanan Khas Bantul

Makanan Khas Bantul – Berkunjung di suatu tempat rasanya kurang pas kalau belum mencoba kuliner khas yang ada ditempat tersebut. Karena biasanya setiap daerah memiliki makanan khasnya masing-masing, jadi rugi deh kalau tidak mencicipinya.

Bantul merupakan daerah yang terkenal dengan pantai parangtritisnya, pasirnya yang berwarna putih membentang luas, serta pemandangannya yang menwaan hati pengunjung, membuatnya terus ramai dari pengunjung yang silih berganti.

Namun tahukah kamu, kalau dibantul selain terkenal dengan panorama alamnya yang indah juga terkenal dengan aneka kuliner jajanannya yang juga nggak kalah dengan kuliner lainnya. Nah apa sajakah kuliner khas yang ada di Bantul? Berikut diantaranya:

Geplak

Makanan Khas Bantul // Geplak // Sumber : usaharumahan.id

Geplak merupakan cemilan khas Bantul yang terbuat dari bahan dasar tepung beras, parutan kelapa dan juga air gula. Cemilan ini memiliki beragam warna alias warna-warni.

Geplak memiliki rasa manis yang akan memanjakan lidah kamu ketika kamu memakannya. Jika kamu ingin mencoba cemilan ini kamu akan dengan mudah mendapatkannya di daerah wisata dan toko oleh-oleh di Bantul – Yogyakarta.

Kue Adrem

Makanan Khas Bantul // Tholpit // Sumber : wowkeren.com

Kue Adrem adalah cemilan khas Bantul yang berwarna coklat kehitaman. Bahan dasar pembuatan kue adrem yaitu terbuat dari tepung beras, gula Jawa dan kelapa parut.

Makanan ini memiliki sebutan asli adalah adrem. Selain itu, terkadang masyarakat juga menyebutnya dengan nama Tholpit. Disebut demikian karena makanan ini memiliki bentuk yang menyerupai alamat kelamin pria, yakni skrotum saat terjepit. Selain sebutan tersebut, tholpit juga bisa disebut dengan “mana tahan”.

Kue ini banyak diproduksi didaerah Sanden Bantul. Jadi kalau kamu mau mencicipi makanan tholpit ini, kamu bisa pergi ke kawasan tersebut untuk mencicipi rasanya, biar nggak penasaran.

Mie Des

Mie Des // Makanan Khas Bantul // Sumber : koranyogya.com

Mie Des adalah makanan khas Bantul selanjutnya, makanan ini banyak dijumpai di daerah Pondong – Bantul. Disebut dengan Mie Des maksudnya ialah mie yang memiliki rasa yang pedes.

Baca Juga  Makanan Khas Majalengka

Bahan dasar dari kuliner yang satu ini adalah pati ketela yang memiliki rasa kenyal, serta ukurannya yang besar. Berbeda dengan pembuatan mie pada umumnya, jika pada umumnya pembuatan mie dengan cara di gulung, mi des ini pembuatannya dengan cara di iris.

Rasanya yang pedas sangat cocok dengan lidah orang Indonesia yang memang suka pedes-pedes. Kalau kamu mau mencobanya dijamin kamu akan bercucuran keringat selama menikmatinya.

Nah kalau kamu sedang bermain di daerah Yogyakarta terutama di daerah bantul, jangan lupa ya untuk mencicipi kuliner yang satu ini, dijamin pedesnya bikin kamu merem melek.

Peyek Tumpuk

peyek tumpuk, kuliner khas bantul
Peyek Tumpuk // Kuliner Khas Bantul // Sumber : Tribun

Mendengar kata peyek pasti kamu sudah nggak asing dengan makanan yang satu ini. Peyek dan Krupuk merupakan salah satu lauk makanan yang harus ada disetiap menu makanan orang Indonesia.

Namun tahukan kamu, kalau peyek yang ada di Bantul ini berbeda dengan peyek-peyek pada umumnya. Mulai dari bentuknya peyek ini memiliki bentuk yang bulat dan tebal namun memiliki cita rasa yang enak dan gurih.

Nama peyek tumpuk sendiri berawal dari pembuatnya yang bernama Mbok Tumpuk pada tahun 1957, sehingga selain berbeda dengan peyek pada umumnya, peyek ini juga merupakan kuliner legendaris.

Bahan dasar pembuatan peyek tumpuk seperti halnya peyek pada umumnya, yakni terbuat dari bahan dasar tepung beras dan juga kacang tanah. Hanya saja yang membedakannya adalah bentuknya yang bulat dan tebal sehingga terlihat gendut.

Sate Klatak

sate klathak
Kuliner Khas Bantul // Sate Klathak // Sumber : inspirasipagi.id

Sebutan sate klatak berasal dari bunyi yang dihasilkan oleh satenya ketika sedang dibakar, sate ini akan berbunyi “klathak-klathak” ketika dipanggang. Salah satu hal yang membedakan sate ini dengan sate pada umumnya adalah, jika sate pada umumnya di tusuk menggunakan tusuk bambu, sate ini ditusuk menggunakan besi.

Hal ini karena besi merupakan penghantar panas yang baik, sehingga dengan menggunakan besi, sate akan cepat matang. Pada awalnya sate klathak ini berasal dari  daerah Plenet – Bantul. Sate ini juga hanya menggunakan bumbu berupa garam saja, kadang juga ditemani dengan irisan tomat dan kol. Akan tetapi walau terlihat sederhana sekali bumbunya, sate ini memilik banyak sekali penggemar loh, penasaran kan rasanya gimana, yuk cobain.

Baca Juga  Makanan Khas Cilacap

Gudeg Manggar

gudeg manggar, kuliner khas bantul
Kuliner Khas Bantul // Gudeg Manggar // Sumber : bonvoyagejogja.com

Sebagian dari kita mungkin sudah tidak asing lagi dengan kuliner yang bernama Gudeg. Namun gudeg mangar ini memiliki perbedaan dengan gudeg yang ada pada umumnya, jika pada umumnya gudeg terbuat dari bahan dasar nangka, gudeg manggar ini ini terbuat dari bahan dasar bunga pohon kelapa yang masih muda.

Menu ini berasal dari daerah Mangir, Pajangan – Bantul. Biasanya gudeg manggar akan disajikan dengan campuran irisan ayam, telur atau krecek. Kalau kamu pengen tahu rasanya bisa datang langsung ke Bantul ya untuk nyobain, dijamin nggak ada duanya deh.

Mie Lethek

mie lethek, kuliner khas bantul
Kuliner Khas Bantul // Mie Lethek // Sumber : genpijogja.com

Dilihat dari namanya, mie lethek merupakan jenis mie yang memiliki arti mie kusam, sebutan ini ditetapkan pada makanan ini karena mie ini memang memiliki warna kusam dan agak tidak menarik.

Mie ini dibuat dari kombinasi tepung tapioka dan gaplek atau tepung singkong, sehingga hasil kombinasi dari kedua jenis tepung ini membuat mie lethek memiliki warna yang kusam.

Tapi tahukan kamu, kalau mie ini memiliki rasa yang nikmat, bahkan kalau dinikmati dengan suwiran ayam atau telur rebus, maka rasanya akan semakin lezat. Walaupun warnanya kusam dan tidak terlalu meyakinkan, tapi mie ini diklaim lebih sehat dari mie instan pada umumnya, karena mie lethek tidak mengandung bahan pengawet sedikitpun.

Bakmi Pentil

bakmi pentil
Kuliner Khas Bantul // Mie Pentil // Sumber : tuguwisata.com

Bakmi pentil merupakan kuliner yang berasal dari Kecamatan Pundong – Bantul. Bakmi pentil berbahan dasar pati ketela. Mie ini memiliki keunikan dari mie yang lainnya, yakni bentuknya yang panjang serta ukurannya yang besar.

Bakmi pentil memiliki 2 jenis warna khas, yakni warna kuning dan warna puith, dan salah satu keunikan lainnya dari bakmi pentil ini adalah tekstur rasanya yang kenyal, sehingga disebut dengan mie pentil.

Sambal Krecek

sambel krecek khas bantul
Kuliner Khas Bantul // Krecek // Sumber : masakandapurku.com

Sambal krecek merupakan salah satu makanan khas Bantul yang berasal dari Jogja, kuliner yang satu ini menjadi salah satu kuliner yang banyak digemari oleh para pecinta kuliner.

Baca Juga  Makanan Khas Sumbawa

Biasanya sambal krecek disajikan bersama dengan gudeg yang memiliki cita rasa manis. Sajian dari kedua kuliner tersebut pasti akan membuat kamu melunjak selera makannya. Rasa sambel krecek sendiri memiliki cita rasa yang pedas dan gurih, sehingga makanan ini juga cocok dipadukan bersama dengan makanan jenis lainnya.

Oseng-Oseng Mercon

oseng oseng mercon khas bantul
Kuliner Khas Bantul // Oseng Oseng Mercon // Sumber : kabarkuliner.com

Mendengar kata mercon pasti kita mengira makanan ini terbuat dari petasan atau mercon. Hmm memang kuliner yang satu ini merupakan salah satu kuliner yang ngeri sekali.

Oseng-oseng mercon ini merupakan salah satu menu makanan yang merupakan menu spesial bagi para pecinta kuliner pedas, hmm kamu penasaran dengan rasanya? Yuk cobain langsung ya.

Cilok Bantul

cilok khas bantul
Makanan Khas Bantul // Cilok Bantul // Sumber : Tribunnews

Cilok merupakan makanan yang dapat kita jumpai dengan mudah di mana-mana. Cilok sendiri merupakan jajanan yang terbuat dari tepung tapioka yang berasal dari daerah Jawa Barat.

Biasanya didalam cilok terdapat isian seperti daging cincang ataupun telur, sehingga membuat rasanya semakin nikmat, kenyal dan gurih. Cilok sendiri merupakan kuliner yang banyak peminatnya. Bahkan disetiap daerah kita akan dengan mudah menemukannya.

Cenil Bantul

cenil, kuliner khas bantul
Makanan Khas Bantul // Cenil // Sumber : eksotisjogja.com

Cenil merupakan jajanan yang sudah menjadi kuliner khas Jawa. Karena setiap daerah yang ada di Jawa hampir semuanya memiliki olahan khasnya masing-masing.

Tentunya hal ini membuat cenil yang ada di Jawa Tengah dan Jawa Timur memiliki perbedaan, baik dari jenis bumbu ataupun rasa dan juga teksturnya.

Nah kalau kamu pengen tahu bedanya, silahkan datang langsung saja ke Bantul ya utnuk mengetahui perbedaannya. Yang pasti seperti apapun olahan yang dibuat disetiap masing-masing daerah, semuanya akan terasa lezat.

Gatot Bantul

makanan khas bantul, gatot bantul
Makanan Khas Bantul // Gatot // Sumber : Tribunnews

Gatot adalah salah satu kuliner ringan yang berasal dari Gunung Kidul. Gatot terbuat dari gaplek atau singkong yang dikeringkan. Singkong yang sudah dikupas dan dibersihkan nantinya akan dijemur hingga menjadi gaplek.

Namun untuk membuat gaplek yang memiliki cita rasa yang lezat, bahan singkong yang digunakan adalah singkong yang memiliki kualitas yang baik. Nah kamu sudah pernah nyobain belum kuliner yang satu ini? Kalau belum pernah mungkin saat ini adalah waktu yang tepat untuk mencobanya.

Mungkin itu saja pembahasan mengenai makanan khas Bantul yang dapat saya bagikan kepada kita semua, semoga bermanfaat dan menjadi inspirasi bagi kamu yang bingung mencari cemilan yang pas. Jangan beranjak dulu ya, kamu bisa membaca juga artikel Makanan Khas Kulon Progo yang ada di sini.

Nah bagi kamu yang bingung mencari inspirasi cemilan untuk menemanimu disaat musim hujan, pantengin terus ya blog ini.

Leave a Comment