Makanan Khas Ambon

Makanan Khas Ambon – Ambon merupakan daerah yang kaya akan keindahan alamnya yang menawan. Bukan hanya itu, selain dikenal dengan kekayaan alamnya yang Indah, Ambon juga memiliki wisata kuliner yang sudah populer di kalangan pecinta kuliner.

Meskipun tidak begitu banyak seperti yang ada ditempat lain, namun kuliner yang ada di Ambon berikut ini sudah mampu membuat selera makan kamu meningkat.

Nah apa sajakah daftar kuliner yang ada di Ambon? Berikut ini Gopensil.com sudah merangkumnya menjadi 12 daftar makanan khas :

Nasi Kelapa Khas Ambon

Nasi Kelapa Khas Ambon
Nasi Kelapa Khas Ambon

Yang pertama adalah nasi kelapa. Nasi kelapa merupakan salah satu kuliner khas Andalan di Ambon. Nasi kelapa khas Ambon ini hampir mirip dengan nasi uduk, namun dalam penyajiannya tentu sangat berbeda.

Nasi kelapa khas Ambon dibuat dengan bahan utama beras dan juga santan kelapa. Tujuan diberikannya santan ini berguna untuk menjadikan nasinya terasa lebih gurih.

Dalam pembuatannya, nasi kelapa ini dibuat dengan cara yang khusus, sehingga mampu menghasilkan cita rasa yang khas dan berbeda dengan kuliner yang ada pada umumnya.

Langkah-langkah dalam proses memasak nasi kelapa khas Ambon ini adalah, pertama memasukkan terlebih dahulu beras setengah matang kedalam sebuah wadah.

Kemudian dicampur dengan santan, lalu diaduk hingga santan meresap selanjutnya dilanjutkan dengan mengkukusnya kembali.

Langkah selanjutnya adalah membuat bumbu, pertama siapkan parutan kelapa, bawang merah dan juga cabe merah yang sudah dihaluskan, serta beberapa bahan lainnya seperti air jeruk lemon, garam, terasi dan juga bumbu penyedap.

Masukkan semua bumbu tersebut kedalam parutan kelapa dan aduk-aduk hingga tercampur merata. Setelah itu masukkan parutan kelapa yang telah dicampur dengan bumbu tadi dan masak hingga selama 15 menit.

Nanti aroma harum akan muncul saat proses pemasakan, setelah itu nasi kelapa khas Ambon sudah siap untuk dihidangkan dan dinikmati bersama-sama.

Makanan Khas Ambon – Nasi Bambu

Nasi Bambu Ambon
Nasi Bambu Ambon

Nasi bambu khas Ambon merupakan salah satu menu utama yang pas untuk dinikmati ketika sedang bersantai.

Nasi bambu sendiri terbuat dari bahan utama beras ketan yang memiliki cita rasa yang enak dan berbeda dengan nasi pada umumnya.

Dalam proses pembuatan nasi bambu ini diperlukan kesabatan yang cukup tinggi, hingga dapat dinikmati kelezatannya.

Untuk membuat nasi bambu, hal pertama yang harus dilakukan adalah mencuci beras hingga bersih terlebih dahulu, lalu ditiriskan sampai sisa airnya mengering.

Sambil menunggu beras mengering, bisa dengan membuat santan dari parutan kelapa. Setelah itu santan tersebut akan diperas dan jangan lupa untuk memberikan sedikit garam pada santan agar cita rasanya semakin terasa.

Ketika santanya sudah siap, selanjutnya adalah menyiapkan bambu yang akan dipakai. Gunakanlah bambu yang memiliki ukuran yang sedang supaya hasilnya bagus dan pas sesuai ukuran.

Supaya nasi yang dimasak dengan bambu ini tidak lengket di bagian bambunya, kamu juga bisa menambahkan daun pisang sebagai pelapisnya. Dalam proses pembuatan nasi ini bisa membutuhkan waktu selama 6 jam-an.

Jangan lewatkan pula kelezatan makanan khas Kediri yang nggak kalah nasi bambu ini

Pisang Asar Khas Ambon

Pisang Asar Khas Ambon
Pisang Asar Khas Ambon

Salah satu makanan khas Ambon yang cocok untuk menemani waktu santai kamu selanjutnya adalah pisang asar.

Menikmati pisang asar juga akan semakin nikmat apabila ditemani dengan seduhan kopi ataupun teh yang hangat.

Sesuai dengan namanya, pisang asar merupakan makanan khas Ambon yang terbuat dari bahan dasar buah pisang, selain itu jenis pisang yang digunakan hanya menggunakan pisang jenis pisang raja.

Dalam proses memasaknya, biasanya makanan ini dimasak dengan cara dipanggang ataupun di oven.

Makanan Khas Ambon – Ikan Kuah Pala

Ikan Kuah Pala
Ikan Kuah Pala

Makanan khas Ambon yang satu ini merupakan salah satu kuliner asli di kepulauan Banda, selain itu pulau ini juga terkenal dengan rempah-rempahnya yang melimpah.

Cita rasa dari ikan kuah pala ini memiliki cita rasa yang lezat, biasanya makanan ini dihidangkan dalam acara menjamu beberapa pejabat yang datang di Pulau Banda.

Ikan kuah pala memiliki rasa kuah asam yang bercampur pedas, sehingga menghasilkan cita rasa yang enak dan segar saat kamu mencicipinya.

Ikan kuah pala juga sangat cocok jika dihidangkan dengan makanan lainnya, seperti ikan kakap merah yang dibakar dan juga urap daun pepaya.

Kopi Sibu-Sibu

Kopi Sibu Sibu Ambon
Kopi Sibu Sibu Ambon

Selain makanan khas, di Ambon juga terdapat minuman khas yang disebut dengan kopi sibu-sibu.

Kopi sibu-sibu merupakan salah satu kedai kop yang paling populer dan terkenal di daerah Ambon.

Kopi sibu-sibu sangat cocok sekali kamu nikmati saat bersantai bersama dengan teman-teman kamu.

Kopi sibu-sibu berasal dari jenis kopi robusta yang telah dihaluskan terlebih dahulu dengan menggunakan cara tradisional.

Salah satu hal unik dari minuman khas Ambon ini adalah terdapat campuran bubuk cengkeh tambahan sebagai komposisinya, kemudian ditambah dengan taburan biji kenari sebagai pelengkap.

Makanan Khas Ambon – Sambal Colo-Colo

Sambel Colo-Colo Khas Ambon
Sambel Colo-Colo Khas Ambon

Sambal colo-colo memiliki cita rasa yang cukup pedas, sambal ini menjadi salah satu menu wajib bagi masyarakat Ambon dalam menikmati makanan.

Sambal colo-colo terbuat dari bahan utama cabai rawit, bawang merah, tomat dan daun seledri.

Semua bahan tersebut dicampur menjadi satu kemudian ditambah dengan sedikit garam dan perasan air jeruk nipis.

Selain beberapa bahan diatas, biasanya sambal colo-colo juga ditambahkan dengan irisan kenari mentah, daun kemangi dan juga tambahan kecap manis.

Nasi Lapola

Nasi Lapola
Nasi Lapola

Nasi lapola adalah salah satu menu makanan yang memiliki cita rasa yang khas Ambon. Nasi lapola juga menjadi salah satu makanan favorit bagi masyarakat Ambon.

Nasi lapola terbuat dari olahan kacang tolo yang dicampur dengan beras. Dalam pembuatannya, beras yang telah disiapkan sebelumnya dimasak hingga setengah matang.

Setelah itu campurkan dengan kacang tolo, parutan kelapa dan juga sedikit tambahan garam untuk menambah cita rasa penyedapnya, lalu aduk semua bahan hingga merata.

Kemudian langkah selanjutnya yang harus di lakukan adalah mengukus nasi lapola tersebut hingga matang.

Nasi lapola memiliki cita rasa yang enak dan gurih. Pokoknya kalau kalian sedang berkunjung di Ambon, jangan sampai melawatkan kuliner khas Ambon yang satu ini ya.

Makanan Khas Ambon – Ikan Komu Asar

Ikan Komu Asar
Ikan Komu Asar

Ikan komu asar merupakan makanan khas Ambon yang dibuat dari ikan tongkol.

Ikan tongkol yang dipakai adalah ikan tongkol yang telah di bersihkan lalu diasap selama 1 jam.

Ikan komu asar ini menjadi salah satu kuliner Ambon yang nggak kalah lezatnya dengan kuliner yang lainnya.

Dan akan semakin mantap jika disantap bersama dengan nasi dan sambel colo-colo.

Rujak Natsepa

Rujak Natsepa Ambon
Rujak Natsepa Ambon

Salah satu kuliner Nusantara yang terkenal adalah rujak, hampir semua pecinta kuliner pasti sudah pernah makan kuliner yang satu ini.

Salah satu rujak yang juga nggak kalah enaknya adalah rujak khas Ambon yang disebut dengan rujak natsepa.

Seperti halnya rujak yang ada pada umumnya, rujak netsapa dibuat dari aneka buah-buahan seperti nanas, pala, mangga, pepaya, jambu, belimbing dan juga bengkoang.

Perpaduan aneka buah tersebut menciptakan cita rasa yang segar dan aroma yang menggoda selera makan.

Rujak netsapa dibuat dengan bumbu khas yang terbuat dari gula aren, asam Jawa, garam dan juga kacang tanah.

Kalau kamu sedang ke Ambon, jangan lupa untuk mencicipinya kelezatan rujak netsapa ini ya..

Makanan Khas Ambon – Gogos

Gogos
Gogos

Gogos merupakan kuliner khas Ambon yang mirip dengan kue lemper, didalamnya terdapat isian berupa suwiran ikan.

Bahan utama pembuatan gogos ini adalah ketan dan suwiran ikan yang dibentuk dengan dibungkus menggunakan daun pisang lalu dibakar.

Roti Kering Kenari

Roti Kering Kenari Khas Ambon
Roti Kering Kenari Khas Ambon

Roti kering kenari memiliki ciri yang mirip dengan roti tawar, hal yang membedakan roti tawar dengan roti kering kenari ini adalah toping yang ada diatasnya.

Pada roti kering kenari terdapat toping yang berupa gula dan cacahan dari kacang kenari, sehingga memiliki rasa yang khas dan nikmat.

Dalam pembuatannya, roti kering kenari dibuat dengan cara dipanggang dengan menggunakan mesin oven.

Roti ini biasanya menjadi salah satu oleh-oleh khas Ambon, jadi kalau kamu sedang berlibur di Ambon, jangan lupa membawakan roti ini sebagai oleh-oleh khas Ambon untuk keluarga kamu di rumah ya.

Makanan Khas Ambon – Bubur Sagu Ubi

Bubur Sagu Ubi Khas Ambon
Bubur Sagu Ubi Khas Ambon

Makanan khas Ambon yang ke 12 adalah bubur sagu ubi. Bubur sagu ubi ini terbuat dari bahan dasar sagu lempengan yang telah di rendam dengan menggunakan rebusan gula merah, daun pandan dan juga gula pasir.

Ketika bahan-bahan tersebut telah siap, lalu semuanya akan dicampurkan kedalam satu olahan dan kemudian ditambahkan dengan ubi merah rebus dan juga santen.

Biasanya makanan ini dituangkan dengan topping taburan kenari untuk menambahkan cita rasa kelezatannya.

Nah itulah ke 12 makanan khas Ambon yang dapat saya bagikan, semoga bermanfaat.

Jangan lupa untuk selalu pantengin gopensil.com ya, supaya kamu selalu dapat update.an terbaru setiap harinya

Leave a Comment