Makanan Khas Aceh

Makanan Khas Aceh – Provinsi Aceh adalah salah satu wilayah yang terletak di ujung barat negara Indonesia.

Aceh jug terkenal dengan sebutannya yakni Serambi Mekah, ada banyak sekali tempat wisata di Aceh baik religi ataupun wisata alamnya yang menarik perhatian untuk dikunjungi.

Selain kaya dengan tempat wisatanya, Aceh juga menyimpan aneka macam kuliner yang enak-enak dan lezat, cocok bagi para pecinta kuliner. Lalu apa sajakah kuliner khas Aceh tersebut?

Berikut ini gopensil.com telah merangkumnya menjadi 15 daftar makanan khas Aceh yang enak dan wajib untuk kamu cobain.

Mie Aceh

Mie Aceh Goreng
Mie Aceh Goreng

Mie Aceh merupakan makanan khas Aceh yang pertama, masakan mie Aceh memiliki cita rasa yang pedas. Mie ini berbentuk mie kuning tebal dengan tambahan irisan daging sapi, kambing ataupun ikan laut seperti udang dan cumi-cumi.

Sajiannya yang dicampur dengan sup kari yang gurih dan pedas, membuat mie Aceh ini cocok banget untuk kamu cobain.

Mie Aceh sendiri tersedia dalam 2 jenis, yakni digoreng dan juga berbentuk mie kuah atau sup. Biasanya mie Aceh ditaburi dengan bawang goreng dan disajikan dengan emping, mentiumun dan juga jeruk nipis.

Mie Aceh ini adalah salah satu kuliner khas Aceh yang sudah sangat populer, sehingga kamu akan dengan mudah menemukannya dari penjual kuliner yang ada.

Kuah Pliek U

Kuah Pliek U Aceh
Kuah Pliek U Aceh

Kueh Pliek U merupakan sejenis makanan tradisional khas Aceh yang khas dengan santan khas Acehnya.

Kuah pliek u juga mirip dengan gulai namun mamiliki isian berupa sayuran dan kuahnya terbuat dari rempah-rempah pilihan. Makanan ini adalah salah satu makanan tradisional di Aceh yang cukup terkenal, khususnya didaerah pesisir timur Aceh.

Kuah pliek u biasanya menjadi makanan yang dikonsumsi sehari-hari namun juga biasa disajikan ketika ada acara tertentu dan termasuk salah satu menu spesial yang banyak digemari oleh masyarakat Aceh.

Nama kuah pliek u ini diambil dari bumbu dasar yang menjadi bumbu makanan ini, yakni pliek u berarti Patarana, pliek u sendiri adalah sisa kelapa yang minyaknya telah diperas.

Biasanya masyarakat Aceh di pedesaan menggunakan minyak tersebut sebagai minyak goreng yang disebut dengan minyeuk reutik, sedangkan ampasnya dijemur lalu dijadikan sebagai bumbu dasar dari kuliner ini.

Kuliner ini cukup unik karena memiliki aroma dan juga cita rasa yang khas pada kuah yang digunakannya. Biasanya makanan ini menjadi salah satu menu yang digunakan oleh cateringaceh sebagai menu Andalannya.

Kuah Sie Itek

Kuah Sie Itek Aceh
Kuah Sie Itek Aceh

Salah satu masakan khas Aceh yang populer dengan rasa kuahnya yang enak adalah kuah sie itek. Makanan ini berbahan dasar daging itik ataupun bebek yang banyak disukai oleh masyarakat Aceh.

Kuah sie itek terbuat dari olahan bumbu yang sangat khas, sehingga membuat masakan ini tidak amis. Rasanya pun juga sangat enak dan lezat sehingga banyak pecinta kuliner dari luar Aceh datang kesini untuk nyobain masakan ini.

Pada umumnya masakan ini dihidangkan dengan dua varian yakni masak merah dan masak putih. Sie itek masak merah memiliki kuah yang berwarna merah karena bumbu utamanya berbahan cabe merah.

Sedangkan untuk sie itek putih memiliki tampilan seperti opor yang ada di daerah Jawa serta rasanya juga tidak begitu pedas.

Jangan lewatkan pula makanan khas Kebumen yang juga menarik untuk dicicipi

Gulee Sie Kameng

gulee sie kameng
gulee sie kameng

Gulee sie kameng memiliki arti gulai daging kambing dalam bahasa Indonesianya.

Biasanya masakan khas Aceh ini dapat dijumpai ketika ada acara tradisional dan hari besar Agama, namun kalau kamu pengen mencobanya, saat ini makanan tersebut sudah banyak tersedia diwarung makanan yang ada di daerah Aceh.

Makanan khas Aceh ini juga dikenal dengan sebutan kuah beulangong yang berbahan dasar daging kambing, nangka muda, pisang, dan bumbu rempah khas Aceh.

Gulee sie kameng ini memiliki aroma yang khas serta tekstur dagingnya yang empuk membuat rasanya semakin nikmat, dan akan semakin nikmat lagi kalau disantap ketika masih hangat.

Eungkot Masam Keu-eung

Eungkot Masam Keu-Eung
Eungkot Masam Keu-Eung

Masakan khas Aceh memang terkenal dengan masakannya yang kaya akan rasa, salah satunya adalah ungkot masam keu -euang yang mamiliki arti ikan asam pedas dalam bahasa Indonesia.

Disebut demikian karena bahan dasar masakan ini adalah asam sunti, yakni belimbing wuluh yang sudah dikeringkan lalu diolah dengan ikan hasil laut maupun ikan air tawar.

Perpaduan rasanya yang asam dan pedas pada masakan ini, membuatnya banyak di sukai oleh pecinta kuliner Aceh.

Timphan Khas Aceh

Timphan Aceh
Timphan Aceh

Makanan khas Aceh selanjutnya disebut dengan timphan, makanan ini adalah salah satu makanan yang juga populer di Aceh.

TImphan memiliki cita rasa yang manis, sangat cocok buat kamu jadikan oleh-oleh untuk keluargamu di rumah. Timphan memiliki cita rasa legit yang dihasilkan dari olahan tepung ketan yang berisi nangka, selai, pisang raja dan juga ubi-ubian.

Olahan tersebut lalu dibalut bersama dengan tepung lalu dibungkus dengan memakai kulit daun pisang. Makanan khas Aceh ini mampu bertahan hingga 3 hari dengan rasanya yang masih terjaga serta aromanya yang wangi.

Dendeng Aceh

Dendeng Aceh
Dendeng Aceh

Kuliner selanjutnya disebut dengan dendeng Aceh, masakan ini adalah salah satu oleh-oleh khas Aceh yang dapat kamu bawa pulang kerumah untuk keluargamu di rumah.

Sama halnya dendeng pada umumnya, dendeng Aceh juga terbuat dari dagi sapi yang di bentuk tipis-tipis kemudian dikeringkan lalu dicampur dengan bumbu-bumbu pilhan untuk menambah cita rasa yang sedap dan lezat.

Dendeng Aceh ini disajikan dengan rasa yang manis dan gurih dan sangat mantap dinikmati dengan nasi yang masih anget.

Kalau kamu tertarik membawa makanan ini sebagai oleh-oleh khas Aceh, kamu bisa dengan mudah mendapatkannya di toko dendeng yang banyak tersebar di pasar di Aceh.

Adee Meureudu

Adee Meureudu
Adee Meureudu

Adee meureudu adalah kue khas Aceh yang sangat populer terutama di daerah Meuredu, Pidie Jaya, rasanya tidak kalah dengan timphan.

Kue dapat dengan mudah dijumpai diberbagai daerah di Aceh, salah satunya adalah di Banda Aceh yang dikemas dengan kemasan yang bervariasi.

Kue ini terbuat dari bahan dasar tepung terigu dan singkong sehingga perpaduannya menghasilkan cita rasa yang gurih. Kalau kamu sedang di Aceh jangan lewatkan kue ini untuk dicobain ya.

Manisan Pala

Manisan Pala Aceh
Manisan Pala Aceh

Manisan pala alah satu oleh-oleh khas Aceh yang cocok banget untuk dibawa pulang. Manisan pala merupakan kuliner yang sudah populer sejak lama di Aceh.

Manisan pala ini adalah makanan ringan yang termasuk dalam buah-buahan, kamu dapat dengan mudah menemukannya di daerah Aceh Selatan, namun jangan khawatir karena kamu juga bisa menemukannya di toko-toko yang ada di Banda Aceh.

Buah ini biasanya diolah menjadi manisan, sirup, minyak pala dan juga kembang gula yang lezat, sehingga kalau kalau sedang berada di Aceh, wajib banget untuk nyobain manisan pala ini.

Bhoi

Bhoi Aceh
Bhoi Aceh

Kuliner khas Aceh selanjutnya yakni disebut bhoi, selain disebut bhoi makanan ini juga biasa disebut dengan kue ikan karena memiliki bentuk seperti halnya ikan.

Kue ini dapat dengan mudah kamu temukan di Aceh, karena sudah banyak tersedia ditoko oleh-oleh yang ada di Aceh yang menyediakan kue ini untuk berbagai kebutuhan.

Bakpia Aceh

Bakpia Aceh
Bakpia Aceh

Selain di Yogyakarta kue yang biasa di sebut bakpia ini juga dapat kita jumpai di Aceh. Bakpia Aceh ini juga sangat cocok untuk kamu jadikan sebagai oleh-oleh untuk keluargamu di rumah.

Bakpia Aceh dapat dengan mudah dijumpai di toko pusat oleh-oleh khas Aceh, hampir disemua daerah di Aceh pasti sudah ada kue yang lezat ini. Kamu juga dapat melihat langsung proses pembuatan bakpia Aceh di kawasan Pantai Kasih, Sabang.

Keumamah

Makanan khas Aceh selanjutnya bernama keumamah, makanan ini dapat dengan mudah di temukan dihampir seluruh wilayah Aceh.

Saat pertama kali mendengar masakan Aceh ini mungkin akan terasa asing, namun meskipun demikian makanan ini adalah salah satu kuliner terbaik di Aceh yang diolah dari bahan dasar ikan tuna yang direbus.

Setelah direbus kemudian ikan tersebut akan di keringkan kemudian dipotong menjadi potongan kecil-kecil.

Makanan ini dapat bertahan cukup lama, bahkan engkot keumamah mampu bertahan selama berminggu-minggu dan tetap memiliki cita rasa yang lezat dan enak ketika diolah kembali.

Untuk menambah cita rasa yang lebih nikmat biasanya keumamah dimasak sebagai hidangan pelengkap yang ditambah dengan bumbu-bumbu pelengkap seperti santan kelapa, kentang, cabe hijau dan aneka rempah lainnya.

Pisang Sale

Pisang Sale Aceh
Pisang Sale Aceh

Makanan khas Aceh yang juga cocok untuk dijadikan sebagai oleh-oleh untuk keluarga dirumah adalah pisang sale. Di Aceh makanan ini menjadi salah satu cemilan yang menarik dan cukup diminati banyak orang dan juga para wisatawan.

Pisang sale sendiri memiliki cita rasa yang khas, yakni gurih dan manis yang terpadu menjadi satu membuatnya cocok buat cemilan santai diwaktu senggang kamu.

Kalau kamu belum pernah nyobain sale pisang khas Aceh ini, kamu bisa mendapatkannya dengan mudah di tempat penjual makanan khas oleh-oleh di Aceh.

Bohromrom

Bohromrom
Bohromrom

Kuliner dari Aceh selanjutnya adalah bohromrom. Makanan khas Aceh ini memiliki bentuk yang unik dengan cita rasa yang enak dan legit ketika digigit.

Masyarakat Aceh pada umumnya mengenal makanan ini dengana nama kue boh duek beuduh yang disajikan dengan rasanya yang manis dan sangat lembut di mulut.

Makanan ini biasanya dilengkapi dengan parutan kelapa yang menambah cita rasa gurih padanya. Bahan dasar pembuatan bohrorom adalah tepung ketan, garam, gula Jawa maupun gula merah. Proses pembuatannya juga cukup mudah

Meuseukat

Meuseukat Aceh.jpg
Meuseukat Aceh.jpg

Makanan khas Aceh yang terakhir dalam pembahasan ini adalah meuseukat. Makanan ini cukup populer di Aceh dengan rasanya yang legit dan lezat membuatnya banyak disukai oleh para wisatawan.

Pada umumnya meuseukat memiliki bentuk seperti dodol, namun terbuat dari tepung terigu yang dicampur dengan buah nanas. Biasanya untuk dapat menikmati makanan ini kamu harus memesannya terlebih dahulu.

Nah itulah ke 15 daftar makanan dan oleh-oleh khas Aceh yang dapat gopensil.com bagikan, semoga bermanfaat ya.

Leave a Comment