√ 10+ Macam Macam Warna Kuning (Pengertian, Arti, Makna & Gambar)

Macam Macam Warna Kuning – Setelah sebelumnya sudah dibahas mengenai macam macam warna merah dan hijau, pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai macam macam warna kuning.

Kuning adalah salah satu jenis warna yang cerah, warna ini melambangkan perdamaian dan juga kecerian. Selain itu warna kuning juga merupakan warna cahaya yang memberi rangsangan pada sel kerucut merah dan hijau pada retina mata manusia. Namun tidak dapat memberikan rangsangan pada sel kerucut biru. Warna kuning memiliki panjang gelombang antara 565 hingga 590 nm.

Warna kuning juga termasuk salah satu dari tiga jenis warna primer subtraktif, bersama dengan magenta dan cyan. Dalam sistem warna CMYK, warna kuning merupakan salah satu dalam warna cetak.

Macam Macam Warna Kuning

Warna Kode HTML
Emas FFD700
Kuning FFFF00
Lemon Chiffon FFFACD
Light Goldenrod Yellow FAFAD2
Papaya Whip FFEFD5
Moccasin FFE4B5
Peach Puff FFDAB9
Pale Goldenrod EEE8AA
Khaki F0E68C
Dark Khaki BDB76B

Arti Warna Kuning Dalam Kepribadian dan Kesehatan Tubuh

arti warna kuning

Warna merupakan sesuatu yang menampilkan keindahan dan juga sesuatu yang menakjubkan dalam kehidupan kita. Karena tanpa adanya warna di dunia ini, kehidupan ini akan terasa hampa. Diantaranya banyak pilihan warna yang ada, setiap orang pasti memiliki satu atau bahkan lebih warna favorit mereka.

Akan tetapi setiap orang pastinya memiliki warna favorit yang berbeda pula. Boleh jadi warna yang kita sukai adalah jenis warna yang orang lain tidak menyukainya, begitupula sebaliknya. Warna yang orang sukai, belum tentu kita menyukainya.

Menurut beberapa ilmuan menyebutkan bahwa setiap warna yang ada memiliki makna pada otak kita, sehingga hal tersebut membawa dampak yang akan berpengaruh pada suasana hati kita.

Dan tahukah sobat, bahwasanya sebagian besar perusahaan yang bergerak pada bidang kuliner cenderung menggunakan warna merah dan kuning sebagai warna dominan pada logo ataupun branding mereak. Kita dapat memperhatikan brand pada logo McDonald, KFC ataupun Pizza Hut yang mereka semuanya menggunakan warna merah dan kuning.

Jika dilihat dari psikologi warna, warna merah dan kuning ialah jenis warna yang termasuk dalam warna yang mencolok pada mata yang melihatnya. Selain itu dalam terapi warna, warna merah  merupakan warna yang dapat dimanfaatkan untuk membangkitkan nafsu makan seseorang, sementara itu warna kuning mampu memberikan kesan yang ramah dan hangat.

Warna kuning sendiri juga termasuk salah satu warna yang paling sering sekali kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari kita. Misalnya lampu jalan yang berwarna kuning, tanda pada garis polisi yang juga berwarna kuning. Naha bagi sobat gopensil yang suka dengan warna kuning, berikut ini adalah beberapa arti warna kuning yang perlu sobat ketahui.

Arti Warna Kuning Dalam Psikologi

Arti Warna Kuning Dalam Psikologi

Dalam dunia psikologi, warna kuning adalah jenis warna yang mampu mengangkat suasana hati seseorang. Warna kuning memiliki sifat cerah yang bisa membantu kamu untuk merasakan suasana yang positif dan membangun optimisme. Warna kuning adalah warna yang mampu menyeimbangkan  pikiran serta mampu menjaga agar hati kamu semakin merasakan bahagia setiap harinya.

Dalam ilmu psikologi warna kuning memiliki arti yakni sebagai simbol imajinasi, kepandaian dan juga kebahagian. Biasanya orang yang menyukai warna kuning adalah tipe orang yang penuh dengan petualangan didalam kehidupannya, memiliki insting yang tajam, selain itu dia yang menyukai warna kuning adalah orang memiliki banyak peluang baik dalam sebuah usaha ataupun pada bisnis yang sedang ia jalani.

Bukan hanya itu, warna kuning juga merupakan jenis warna yang mendeskripsikan intelektualitas. Seseorang yang suka denan warna kuning biasanya memiliki kecerdasan yang tinggi. Mereka tangkas dalam menyelesaikan sebuah masalah yang sedang dihadapinya. Mereka juga mampu untuk tetap fokus dan teliti dalam mengambil sebuah keputusan penting didalam hidupnya.

Arti Warna Kuning Pada Kepribadian

Arti Warna Kuning Pada Kepribadian

Warna kuning merupakan warna yang menunjukkan kepribadian seseorang yang ceria. Jadi biasanya orang yang menyukai warna kuning adalah tipe orang yang ceria. Orang tersebut akan senantias merasakan kebahagiaan dan orang yang menyenangkan.

Selain itu, orang tersebut biasanya juga tipe orang yang memiliki rasa keingintahuan yang begitu tinggi, mereka adalah tipe orang yang cocok bekerja pada bidang pekerjaan yang memerlukan tingkat ketelitian yang tinggi. Bukan hanya itu, orang yang suka dengan warna kuning merupakan jenis orang yang kreativ dan menyukai kesenian.

Orang-orang yang menyukai warna kuning juga termasuk orang yang memiliki tingkat rasa kepercayaannya yang begitu tinggi. Mereka juga mudah tertarik dengan hal-hal yang baru. Orang yang suka dengan warna kuning mengganggap jika apapun yang mereka kerjakan pasti akan menuai hasil. Hal ini juga akan sangat berdampak baik bagi orang-orang yang ada di sekitarnya. Bagi orang yang menyukai warna kuning, tantangan adalah sesuatu yang harus dihadapi kapanpun dan dimanapun.

Orang yang suka akan warna kuning merupakan orang yang mudah bergaul dan bersosialiasi, sehingga membuat mereka memiliki banyak teman dalam kehidupan mereka. Mereka juga mampu menyeimbangkan kepentingan pribadinya dengan kepentingan umum yang lain. Orang tipe ini biasanya akan berfikir bagaimana caranya agar semua hal mampu menjadi lebih baik dengan kehadiran mereka disana. Mereka juga tidak akan mudahnya dalam meninggalkan urusan ataupun masalah yang mereka hadapi.

Arti Warna Kuning Pada Tubuh

Arti Warna Kuning Pada Tubuh

Makna atau arti warna kuning pada tubuh ialah menstimulasi berbagai fungsi pada tubuh. Misalnya aliran empedu dan cara kerja hati. Warna kuning mempunyai sifat pencahar dengan cara mempromosikan sekresi asam lambung dan juga membantu pembuangan usus. Warna kuning juga memiliki hubungan dengan intelektualitas dan proses mental.

Warna kuning yang cerah mampu merangsang otak dan dapat membuat kita menjadi lebih waspada dan tegas. Warna kuning juga termasuk warna yang ceria, menyenangkan dan penuh dengan energi, sehingga tidak heran apabila warna kuning ini juga identik dengan mainan pada anak-anak.

Biasanya warna kuning ini juga dimanfaatkan untuk mengundang perhatian dari orang yang menyaksikan desain logo. Hal tersebut dikarenakan begitu kuatnya warna kuning ini sehingga sering juga dimanfaatkan untuk menarik perhatian seseorang. Begitupula rambu lalu lintas yang memberikan tanda bahaya, semuanya didominasi oleh warna kuning ataupun warna merah, hal tersebut dikarenakan warna kuning merupakan warna yang mampu menarik perhatian.

Arti Warna Kuning di Dunia

arti warna kuning di dunia

Dibelahan dunia sana, hampir pada setiap kebudayaan yang ada mengartikan warna kuning yakni sebagai sinar matahari yakni sebagai sumber kehangatan dan sebuah kebahagiaan. Warna kuning juga sering dikaitkan dengan ke Tuhanan, seperti pada agama Hinduisme dan Mesir Kuno.

Penutupan

Nah sekian artikel mengenai macam macam warna kuning yang bisa saya bagikan untuk sobat semua, semoga bermanfaat. Jangan lewatkan pula artikel mengenai macam macam warna lainnya yang ada di blog ini. Setelah membaca macam macam warna kuning nggak lengkap rasanya kalau belum membaca macam macam warna hijau hehe.

  • Add Your Comment