√ 23+ Macam Macam Warna Hijau (Pengertian, Psikologi, Beserta Kode)

Macam-Macam Warna Hijau – Setiap harinya kita tidak dapat lepas dari yang namanya warna sebagai manusia yang memiliki penglihatan yang normal.Warna sendiri memiliki arti yakni suatuspektrum dalam cahaya sempurna atau warna putih.

Begitu banyaknya macam macam warna yang ada di kehidupan ini diakibatkan oleh warna-warna tersebut yang mempunyai identitas masing-masing.

Hal ini berhubungan dengan spektrum yang mempunyai panjang gelombang yang berbeda-beda pada setiap warnanya. Salah satu warna sekunder adalah warna hijau, warna hijau ini dihasilkan dari percampuran antara warna primer kuning dengan warna biru.

Selain itu warna hijau sendiri masih memiliki banyak variasi lainnya yang masing-masing memiliki nama yang berbeda. Nah berikut ini adalah macam-macam warna hijau lengkap dengan nama, kode warna dan pengertiannya secara lengkap.

Macam Macam Warna Hijau

Berikut ini adalah tabel jenis-jenis warna hijau, lengkap dengan kode HTML

Warna Kode HTML
Green Yellow ADFF2F
Chartreuse 7FFF00
Lawn Green 7CFC00
Lime 00FF00
Lime Green 32CD32
Pale Green 98FB98
Light Green 90EE90
Medium Spring Green 00FA9A
Spring Green 00FF7F
Medium Sea Green 3CB371
Sea Green 2E8B57
Forest Green 228B22
Hijau 008000
Dark Green 006400
Yellow Green 9ACD32
Olive Drab 6B8E23
Olive 808000
Dark Olive Green 556B2F
Medium Aquamarine 66CDAA
Dark Sea Green 8FBC8F
Light Sea Green 20B2AA
Dark Cyan 008B8B
Teal 008080

Artchicoke

Warna artchicoke adalah warna hijau yang memiliki kode warna yakni #8f9779, warna hijau artchicoke ini adalah warna yang terispirasi dari bunga sayuran artchicoke.

Asparagus

Warna asparagus merupakan warna hijau dengan kode warna yakni #87a96b. Warna ini asal-usulnya didapatkan dari tanaman rumput asparagus yang juga dikenal dengan sebutan sayuran musim semi.

Avocado

Warna avocado adalah warna hijau yang dapat kita ketahui dari namanya bahwasanya penamaan warna ini adalah berasal dari warna kulit buah alpukat, warna avocado sendiri memiliki kode warna #568203.

Fern Green

Fern Green adalah warna hijau yang terinspirasi dari tumbuhan pakis. Warna Fern Green ini memiliki kode warna html #4f7942.

Forest Green

Warna hijau yang satu ini adalah jenis warna yang mencerminkan warna pada hutan yang didalamnya terdapat aneka pepohonan dan juga tanam-tanaman. Warna hijau Forest Green ini memiliki kode warna HTML yakni #22B22.

Mantis

Warna hijau mantis adalah warna hijau yang di inspirasi oleh hewan belalang doa, belalang jenis ini juga dikenal dengan sebutan cancorang oleh orang-orang Sulawesi. Warna hijau mantis memiliki kode warna HTML yakni #74c365.

Mint Green

Warna mint green adalah jenis warna hijau yang cukup dikenal oleh kalangan masyarakat, warna ini identik dengan warna hijau pucatnya. Warna mint green memiliki kode warna HTML yakni #98FB98.

Most Green

Most Green adalah jenis warna hijau yang didapatkan dari inspirasi warna yang ada pada warna hijau pada tumbuhan lumut. Warna hijau ini memiliki kode warna HTML yakni #8a9a5b.

Pine Green

Pine Green adalah jenis warna hijau yang dari inspirasi warna pohon pinus yang menggambarkan musim semi. Warna ini memiliki kode warna HTML yakni #01796f.

Tea Green

Tea Green adalah warna yang terinspirasi dari warna pada teh hijau yang sedang diseduh didalam air hangat. Warna tea green ini memiliki kode warna yakni #d0f0c0.

Selain macam-macam warna hijau diatas, dibawah ini juga ada beragam warna hijau lainnya yang dilihat dari sisi objek tertentu.

Jenis Jenis Warna Hijau Berdasarkan Objek Tertentu

jenis jenis warna hijau

Kalau kita berusaha dan mau mengamati aneka macam warna, pastilah nggak akan cukup waktu kita untuk mengamati aneka macam macam warna yang ada. Salah satunya adalah warna hijau.

Warna hijau sendiri pun memiliki banyak ragam jenisnya, mulai dari hijau muda, hijau pekat, hijau tua, hijau alami ataupun jenis warna hijau lainnya. Beragam warna hijau tersebut dapat dikategorikan menjadi beberapa daftar dibawah ini:

Army Green

Warna hijau army green adalah jenis warna hijau yang didapatkan dari inspirasi warna hijau tentara. Walaupun pada dasarnya warna pada tentara sendiri campur aduk dan nggak hanya warna hijau saja yang ada disana. Adapun kode warna HTML untuk warna hijau Army Green ini adalah #4B5320.

Bottle Green

Kita pasti sudah tidak asing lagi dengan botol kaca dengan warna hijaunya yang khas. Berdasarkan hal tersebut warna boottle green memiliki kode warna HTML yakni #006A4E.

Celadon

Celadon adalah warna turunan yang menampilkan hijau pucat, warna hijau ini terinspirasi dari pakaian tokoh novel yang memiliki nama sama yakni Celadon. Tokoh penulis novel itulah yang memunculkan ide mengenai warna celadon ini. Warna celadon sendiri memiliki kode warna HTML yakni #ACE1AF..

Emerald

Warna hijau emerald adalah warna turunan yang mengekspresikan batu permata zamrun yang khas. Warna emerald sendiri memiliki kode turunan HTML yakni #50C878.

Feldgrau

Warna feldgrau merupakan warna hijau turunan yang terinspirasi dari warna seragam yang dipakai oleh Angkatan Darat Jerman pada tahun 1907. Warna feldgrau sendiri memiliki kode warna HTML yakni #4D5D53.

Islamic Green

Warna ini adalah warna turunan hijau yang selanjutnya. Warna Islamic green didapatkan dari inspirasi warna bendera Organisation of Islamic Cooperation yang menjadi lambang agama Islam. Warna Islamic green sendiri memiliki kode warna HTML yakni #009000.

Jade

Warna jade adalah warna hijau turunan yang terinspirasi dari warna batu permata giok yang memiliki kode warna HTML yakni #00A86B.

Pengertian Warna Hijau

pengertian warna hijau

Warna hijau adalah salah satu warna sekunder yang dihasilkan dari penggabungan antara warna kuning dengan warna biru. Selain itu warna hijau juga termasuk komplemen dari magenta.

Warna hijau adalah warna yang menyejukkan, warna ini selain banyak kita jumpai pada dedaunan, hijau juga memiliki manfaat yakni untuk mengurangi rasa stress. Hijau sendiri dalam banyak bahasa daerah juga biasa disebut dengan warna “ijo”.

Hijau merupakan jenis warna antara warna kuning dan sian.

Warna Hijau Dalam Emosi

emosi warna hijau

Warna hijau merupakan warna yang berkaitan dengan alam. Di dalam dunia psikologi warna hijau adalah warna yang sering digunakan untuk membantu seseorang yang berada pada situasi sedang tertekan, supaya mampu menyeimbangkan dan juga menenangkan emosinya.

Sifat Positif Yang Dimiliki Oleh Warna Hijau

Berikut ini adalah beberapa sifat positif yang dimiliki oleh warna hijau:

  • Kehidupan
  • Ketenangan
  • Rileksasi
  • Kemudahan
  • Penyeimbang Emosi
  • Menurunkan Strees
  • Penyembuhan
  • Empati
  • Kesegaran
  • Kesejukan
  • Keberuntungan
  • Keuangan
  • Harmoni
  • Cinta Universal
  • Istirahat
  • Pemulihan
  • Jaminan
  • Kesadaran
  • Keamanan
  • Kedamaian
  • Keinginan
  • Ketabahan, dan
  • Kekerasan Hati.

Sifat Negatif yang Ada Pada Warna Hijau

Selain memiliki beberapa sifat positif yang ada pada warna hijau, akan tetapi disisi lain, warna hijau juga memiliki sifat negativ, berikut ini adalah beberapa sifat negatif yang dimiliki oleh warna hijau:

  • Menimbulkan Rasa Terperangkap atau Tersesat
  • Rasa Bosan
  • Stagnasi
  • Superior
  • Ambisi, dan
  • Keserakahan.

Penutpan

Nah itulah kumpulan macam macam warna hijau yang bisa saya bagikan untuk sobat Gopensil. Jangan lewatkan pula artikel sebelumnya yang membahas mengenai macam macam warna merah dan macam macam warna lengkap.

Terima kasih semoga menuai manfaat ya 🙂

  • Add Your Comment