Macam Macam Keyboard Komputer Lengkap Dengan Pengertian dan Fungsinya

Macam Macam Keyboard

Macam Macam Keyboard – Kita tahu bahwasanya keyboard merupakan salah satu piranti masukan yang sangat penting untuk komputer atau laptop. Dengan adanya keyboard, kita dimudahkan untuk melakukan proses input data, seperti menulis, memasukkan karakter dan berbagai keperluan lainnya yang sangat bergantung dengan keyboard.

Dari awal perkembangannya, keyboard memiliki bentuk dan fungsinya masing-masing. Mulai dari bentuk yang paling sederhana, hingga yang sudah semakin canggih seperti yang dapat kita jumpai saat ini. Yaps, perkembangan teknologi yang semakin pesan memang mengubah segalanya.

Pengertian dan Fungsi Keyboard

Pengertian Keyboard

Secara umum, keyboard adalah perangkat masukan data yang berfungsi sebagai pengubah huruf, angka dan juga kode lain menjadi sinyal listrik yang dapat diproses oleh sebuah sistem komputer.

Pada umumnya keyboard digunakan sebagai perangkat masukan. Selain itu, keyboard juga termasuk perangkat yang paling lama digunakan dalam perkembangan komputer. Dari sejak pertama kali diciptakan, keyboard memiliki banyak sekali jenis-jenisnya.

Jika kita mengetahui jenis-jenis keyboard dari dulu hingga sekarang, mungkin sebagian dari kita akan merasa kalau bentuk keyboard dijaman dahulu itu sangat aneh-aneh. Nah biar nggak penasaran, dibawah ini akan dijelaskan jenis-jenis keyboard dari dulu hingga sekarang :

Jenis – Jenis Keyboard

Jenis Jenis Keyboard

Jenis-jenis keyboard pada umumnya dibedakan menjadi beberapa jenis, mulai dari bentuk dan tombolnya, berdasarkan port yang digunakan dan juga berdasarkan bentuk fisiknya. Adapun macam-macamnya keyboard dibagi menjadi beberapa jenis, berikut diantaranya :

Macam Macam Keyboard Berdasarkan Bentuk dan Tombol

Macam macam keyboard berdasarkan bentuk dan tata letak tombolnya dibagi menjadi 7 jenis, yakni :

  • Keyboard QWERTY
  • Keyboard DVORAK
  • Keyboard KLOCKENBERG
  • Keyboard Malton
  • Keyboard Chord
  • Keyboard Alphabetik, dan
  • Keyboard Numerik

01. Keyboard QWERTY

Keyboard QWERTY

Tata letak tombol yang terdapat pada jenis tombol ini pertama kali ditemukan oleh Scholes, Glidden dan Soule pada tahun 1878. Kemudian menjadi standard mesin ketik pada tahun 1905.

Kata QWERTY sendiri diambil dari 6 huruf secara berurutan dari baris kedua dari tombol alfanumerik. Keyboard QWERTY didesain dengan tombol yang paling sering ditekan terletak saling berjauhan. Hal tersebut bertujuan untuk meminimalisir kemacetan pada saat mengetik.

Walaupun demikian tata letak keyboard QWERTY ini juga memiliki beberapa kelemahan, yakni beban tangan kiri lebih besar dibandingkan dengan tangan kanan.

02. Keyboard DVORAK

Keyboard DVORAK

Tata letak tombol pada keyboard DVORAK muncul pertama kali pada tahun 1932-an. Susunan pada keyboard DVORAK dibuat dengan bentuk yang menjadikan tangan kanan memiliki beban yang lebih banyak dibandingkan tangan kiri.

Tata letak pada keyboard DVORAK dibuat khusus supaya 70% dari ketikan jatuh pada home row. Hal ini bertujuan untuk meminimalisir kelelahan ketika melakukan pengetikan.

Selain itu sebuah uji coba yang dilakukan pada DVORAK juga menunjukkan bahwa tata letak DVORAK memiliki tingkat efisiensi 10 hingga 15% dibandingakn dengan QWERTY.

03. Keyboard KLOCKENBERG

Keyboard KLOCKENBERG

Keberadaan keyboard jenis KLOCKENBERG muncul setelah QWERTY dan DVORAK. Tujuan dari keyboard jenis ini adalah untuk menyempurnakan keyboard sebelumnya.

KLOCKENBERG terdiri dari du bagian yang terpisah (kanan dan kiri). Tombol yang terdapat pada KLOCKENBERG didesain berdekatan dengan meja kerja, dengan tujuan agar lebih nyaman ketika digunakan.

Tata letak yang dimiliki KLOCKENBERG dimaksukan untuk dapat mengurangi beban pada otot jari-jari, tangan dan bahu. Walaupun dianggap lebih nyaman, karena terpisah menjadi dua bagian menjadikan KLOCKENBERG membutuhkan banyak ruang.

04. Keyboard Maltron

Keyboard Maltron

Keyboard maltron memiliki bentuk yang sangat unik dibandingkan dengan jenis keyboard yang lainnya. Jika pada umumnya keyboard memiliki permukaan bentuk bidang datar, maka keyboard maltron memiliki bentuk cekung kedalam. Lebih jelasnya, silahkan lihat gambarnya.

Penggunaan keyboard maltron dinilai dapat menyesuaikan dengan tangan pengguna. Oleh karena itu maltron menjamin kenyaman jari pengetik saat melakukan pengetikan, sehinggaa tidak menyebabkan RSI (Repetitive Stress Injuries).

Selain hal tersebut, jenis keyboard ini juga dianggap dapat meningkatkan kecepatan mengetik, karena benar-benar menafaatkan ke-10 jari pengguna.

05. Keyboard Chord

Jenis keyboard ini hanya terdiri dari 4 sampai 5 tombol, sehingga auntuk memasukkan beberapa jenis huruf harus menekan beberapa tombol sekaligus.

Ukurannya yang compact menjadikan jenis keyboard ini cocok digunakan pada aplikasi portable. Meskipun demikian, penggunaan keyboard ini dalam jangka yang lama akan menyebabkann kelelahan pada tangan penggunanya.

Keyboard chord sendiri dibagi menjadi dua jenis, yakni keyboard palantype dan stenotype, berikut penjelasannya :

  • Keyboard Palantype
Keyboard Palantype

Pada keyboard palantype terdiri dari 3 jenis bagian tombol. Pada bagian sebelah kiri menunjukkan sebuah konsonan awal pada suatu kata, dibagian tengah menunjukkan huruf vokal, dan pada bagian kanan terdiri dari konsonan terakhir suatu kata.

Jika kita perhatikan pada gambarnya, disitu tidak semua konsonan dapat kita temui, karena konsonan yang tidak ada disana dapat disajikan dengan menggunakan tombol kombinasi.

  • Keyboard Stenotype
Keyboard Stenotype

Jenis keyboard stenotype biasanya dimanfaatkan untuk mencatan ucapan seseorang. Jenis tulisan menggunakan keyboard ini biasanya banyak digunakan oleh para wartawan dalam melakukan pencatatan ketika sedang wawancara cepat.

06. Keyboard Alphabetik

Keyboard Alphabetik

Disebut dengan keyboard alphabetik karena susunan hurufnya mengikuti huruf abjad. Jika dilihat dari tata letaknya, keyboard ini mirip dengan DVORAK dan QWERTY.

Keyboard ini biasanya dapat dijumpai pada mainan anak-anak, sehingga anak-anak bisa sambil belajar mengenali huruf alphabet.

Jenis keybaord ini saat ini tidak digunakan lagi, karena pada hasil pengujian, menggunakan jenis keyboard justru akan memperlambat laju pengetikan.

07. Keyboard Numerik

Keyboard Numerik

Adanya keyboard numerik ini bertujuan untuk melakukan input bilangan dengan jumlah yang besar. Karena biasanya orang yang melakukan perhitungan lebih menyukai penggunaan tombol numeric yang memiliki tombol yang mudah dijangkau oleh jari-jari tangan mereka.

Macam Macam Keyboard Berdasarkan Port yang Digunakan

Macam Macam Keyboard Berdasarkan Port yang Digunakan

Adapun jenis – jenis keyboard berdasarkan portnya, dibagi menjadi 4 jenis, yakni :

  • Keyboard Serial
  • Keyboard PS/2
  • Keyboard Wiresless
  • Keyboard USB

01. Keyboard Serial

Keyboard Serial

Keyboard serial addalah jenis keyboard yang menggunakan port DIN 5 Male. Jenis keyboard ini biasanya digunakan pada komputer AT. DIN 5 Male ini adalah jenis port keyboard serial yang terdiri dari 5 jarum yang menjadi penghubung antara keyboard dengan komputer.

Ukuran port pada keyboard ini cukup berbeda dengan keyboard lainnnya, karena memiliki ukuran yang lebih besar dan juga bentuk kabelnya yang lebih tebal.

5 Jarum yang terdapat pada keyboard ini berfungsi sebagai detektor aktif, sehingga jika salah satu dari ke-5 jarum tersebut mengalami kerusakan, maka keseluruhan dari keyboard ini tidak dapat difungsikan lagi.

02. Keyboard PS/2

Keyboard PS 2

Jenis keyboard PS/2 ini mirip dengan keyboard serial, hanya saja penggunaannya dipakai pada jenis komputer ATX, sebelum adanya keyboard USB dan Wireless, keyboard ini adalah yang paing banyak digunakan.

Saat akan menghubungkan keyboard kepada port komputer, dibutuhkan sedikit ketelitian dalam pemasangannya. Keyboard PS/2 ini terdiri dari 6 pin atau jarum sebagai konektornya dan masing-masing jarum memiliki fungsinya masing-masing.

Sehingga jika dalam pemasangannya kurang teliti dan kurang berhati-hati dapat menyebabkan pin tersebut patah atau bengkok, kemudian menyebabkan keyboardnya bermasalah bahkan tidak dapat digunakan lagi.

03. Keyboard Wireless

Macam Macam Keyboard, Keyboard Wireless

Keyboard wireless merupakan jenis keyboard yang tidak menggunakan kabel sebagai penghubungnya, karena sudah digantikan dengan teknologi infrared atau bluetooth.

Keyboard ini memiliki piranti pemancar dan penerima yang digunakan untuk menghubungkan keyboard dengan komputer. Keyboard jenis ini juga menjadi salah satu keyboard yang mudah digunakan karena tidak ribet-ribet menggunakan kabel.

Namun tentu saja kelemahan yang dimilikinya adalah keyboard ini membutuhkan baterai yang sewaktu-waktu dapat habis saat melakukan pengetikan.

04. Keyboard USB

Keyboard USB, Jenis Jenis Keyboard

Keyboard USB adalah jenis keyboard yang paling umum digunakan pada perangkat komputer, karena memiliki proses pemasangan yang cukup mudah dan simple.

Jenis port yang digunakan ialah port USB sebagai penghubung antara keyboard dengan komputer. Kalau menurut saya pribadi dibandingkan dengan keyboard wireless, keyboard USB lebih ekonomis karena tidak membutuhkan baterai tambahan.

Untuk mengetahui port pada USB sobat bisa membaca mengenai jenis jenis USB, namun sebelum itu, mari kita lanjutkan memahami jenis-jenis keyboard berdasarkan bentuk fisiknya dibawah ini.

Macam Macam Keyboard Berdasarkan Bentuk Fisik

Macam Macam Keyboard Berdasarkan Bentuk Fisik

Macam macam keyboard berdasarkan bentuk fisiknya dibagi menjadi 6 jenis, diantaranya :

  • Keyboard Standar
  • Keyboard Gaming
  • Keyboard Laptop
  • Keyboard Gulung
  • Keyboard Ergonomik
  • Keyboard Non-Fisik (Virtual)

01. Keyboard Standard

Keyboard Standard, Jenis Jenis Keyboard

Disebut dengan keyboard standar karena jenis keyboard ini adalah yang paling sering digunakan pada perangkat komputer ataupun laptop. Diantara beberapa jenis keyboard yang sudah dijelaskan diatas, salah satu yang menjadi standard keyboard adalah jenis QWERTY.

Selain QWERTY adapula AZERTY, jenis keyboard ini pada umumnya digunakan di negara berbahasa Perancis. Adapula jenis lainnya yang disebut dengan QWERTZ yang biasa digunakan pada negara di kawasan Eropa Tengah.

Keyboard di negara non-latin juga memiliki simbol alfabet milik mereka sendiri. Misalnya keyboard JCUKEN Rusia, keyboard Jepang dan juga China yang menggunakan simbol asli milik negera mereka.

Akan tetapi, meskipun berbeda simbol, tata letak yang digunakan masih mengikuti keyboard jenis QWERTY.

02. Keyboard Gaming

Macam Macam Keyboard, Keyboard Gaming

Seperti halnya keyboard standar, keyboard gaming pada dasarnya adalah keyboard standard yang dibuat khusus dengan tambahan fitur yang berguna bagi pemain game atau gamer.

Biasanya jenis keyboard ini dibuat dengan desain yang mencolok, sehingga kita akan dengan mudah untuk membedakan mana yang termasuk keyboard gaming dan mana yang termasuk keyboard biasa. Biasanya tombol yang terdapat pada keyboard gaming lebih menarik dan lebih keren karena dapat menyala.

03. Keyboard Laptop

Keyboard Laptop, Jenis Jenis Keyboard

Keyboard laptop sendiri sebenarnya juga menggunakan jenis keyboard standard yang memiliki bentuk lebih simpel namun tidak mengurangi efektifitasnya.

Keyboard laptop biasanya memiliki jarak yang berdekatan dengan tombol yang lainnya, meskipun memiliki bentuk yang lebih simple, keyboard laptop tetap mengikuti tata letak pada keyboard QWERTY.

Pada keyboard laptop biasanya tidak memiliki tombol numerik, karena biasanya kegunaan laptop hanya sebagai pengetikan saja dan sangat jarang digunakan untuk melakukan perhitungan.

04. Keyboard Gulung

Macam Macam Keyboard, Keyboard Gulung

Keyboard gulung memiliki bentuk yang fleksibel dan juga dapat digulung. Jarak tombol pada keyboard gulung juga seperti halnya dengan keyboard laptop yang saling berdekatan.

Keyboard jenis ini menurut saya kurang efektif jika digunakan untuk melakukan pengetikan, karena agak susah dan mudah bergeser-geser.

05. Keyboard Ergonomik

Keyboard Ergonomik, Jenis Jenis Keyboard

Keyboard jenis ini dibuat khusus untuk mengurangi ketegangan yang terjadi pada otot. Pada umumnya keyboard ergonomik didesain berbentuk V. Keyboard ergonomik terdiri dari dua bagian terpisah serta memiliki beberapa sub tipe.

06. Keyboard Non-Fisik / Virtual

Macam Macam Keyboard, Keyboard Virtual

Jenis keyboard yang terakhir adalah keyboard virtual, keyboard ini tidak memiliki bentuk fisik, karena termasuk dalam perangkat lunak. Keyboard ini hanya bisa muncul di layar komputer, sehingga dapat mempermudah jika kita memiliki laptop dengan sistem touch screen.

Jika kita menggunakan sistem operasi Windows, maka kita dapat mengaktifkan keyboard virtual ini dengan menekan tombol Win + R secara bersamaan, kemudian mengetik osk pada kolom pencarian yang muncul, setelah tekan Enter maka keyboard ini akan muncul.

Tombol Keyboard

Tombol Keyboard, Jenis Jenis Keyboard

Sebagai perangkat komputer yang berfungsi sebagai input device atau perangkat masukan, secara umum keyboard terdiri dari beberapa jenis tombol yang memiliki fungsinya masing-masing. Pada umumnya tombol tersebut terdiri dari beberapa tombol seperti :

  1. Tombol Pengetikan
  2. Tombol Angka
  3. Tombol Fungsi, dan
  4. Tombol Kontrol
  5. Special Function Key

Adapun fungsi dari masing-masing tombol tersebut adalah :

01. Tombol Pengetikan

Seperti yang sudah dibahas diatas bahwasanya keyboard mempunyai berbagai macam bentuk. Tombol pengetikan terdiri dari huruf atau angka yang menyerupai tata letak pada mesin ketik tradisional. Pada umumnya tombol pengetikan yang saat ini umum digunakan adalah sistem QWERTY.

Istilah QWERTY diambil dari sederetan tombol-tombol kiri teratas yang terdapat pada mesin ketik tradisional. Hal tersebut bertujuan supaya mempermudah pengoperasian bagi pemakai yang sudah terbiasa menggunakan mesin ketik.

02. Tombol Angka

Selain tombol untuk pengetikan huruf, keyboard juga memiliki tombol angkat yang terdiri dari angka 0 – 9. Letak tombol angka biasanya menyerupai tombol angka yang terdapat pada mesin penghitung (kalkulator).

Tombol angka pada umumnya disebut dengan Numeric Keypad dan biasanya berada di bagian kanan keyboard. Numeric keypad pada umumnya terdiri dari 17 tombol yang tersusun sama persis dengan kalkulator. Susunan yang disamakan dengan kalkulator tersebut dimaksudkan untuk mempermudah orang-orang yang terbiasa dengan kalkulator.

03. Tombol Fungsi

Tombol fungsi merupakan tombol pada keyboard yang terletak di bagian atas sendiri. Tombol fungsi terdiri dari sederetan tombol F1, F2 sampai dengan F12.

Tombol ini memiliki banyak fungsi, tergantung kita akan menggunakannya pada apa, karena pada masing-masing aplikasi, biasanya memiliki fungsi yang berbeda-beda pula.

Misalnya jika kita ingin menutup jendela browser, kita dapat menekan CTRL + F4 secara bersamaan, maka jendela browser tersebut akan tertutup secara otomatis.

04. Tombol Kontrol

Selain ketiga tombol diatas, keyboard juga memiliki tombol kontrol yang berfungsi untuk mengendalikan gerakan kursor pada desktop komputer.

05. Special Function Key

Sesuai dengan namanya, tombol ini memiliki fungsi yang spesial. Disebut demikian karena jika tombol ini ditekan secara bersamaan dengan tombol lain, maka akan memiliki beragam fungsi yang spesial dan sangat berguna bagi pengguna.

Misalnya jika kita menggabungkan tombol CTRL + Z, maka hal ini berguna untuk mengembalikan pekerjaan yang terlewatkan sebalumnya. Adapun jenis tombol ini adalah CTRL, Fn, ALT, Num Lock, Prinst Screen, Scroll Lock dan juga tombol Shift.

Cara Kerja Keyboard

Macam Macam Keyboard, Cara Kerja Keyboard

Pada bagian bawah keyboard terdapat suatu rangkaian listrik yang disebut dengan key matrix. Rangkaian tersebut terputus-putus pada setiap bagian bawah tombol pada keyboard. Saat tombol keyboard ditekan, hal tersebut akan mengakibatkan rangkainnya saling terhubung, sehingga menimbulkan aliran listrik yang dipantau oleh prosesor.

Kemudian prosesor akan akan mencocokkan kordinat (x,y) pada tombol yang ditekan terhadap peta karakter yang tersimpan didalam ROM. Oleh sebab itu prosessor dapat mengetahui setiap karakter yang di tekan oleh pengguna. Apabila pengguna menekan dua tombol sekaligus, maka prosessor akan mencari tahu keberadaan dari kombinasi tombol tersebut.

Peta karakter yang terdapat pada keyboard ini sebenarnya dapat diubah dengan menggunakan bantuan perangkat lunak (aplikasi). Misalnya kita ingin mengubah keyboard QWERTY yang kita miliki menjadi DVORAK, yang merupakan jenis keyboard yang memiliki sistem tata letak yang disusun berdasarkan keseringan dipakainya suatu huruf.

Keyboard sebenarnya juga dilengkapi dengan sebuah perangkat yang dapat menyerap getaran elektronik yang dihasilkan oleh pemutus sambungan rangkaian listrik. Perangkat ini sangat berguna sehingga prosesor akan menganggap sebagai tekanan tombol biasa.

Selain itu, keyboard juga dilengkapi dengan typematic yang membuat prosessor dapat mengenali jika pemakai memang menekan suatu tombol berterusan untuk mengetikkan suatu huruf secara berulang.


Penutup

Nah ada banyak sekali kan macam-macam keyboard yang sudah kita ketahui dari membaca artikel diatas. Walaupun ada banyak sekali macam-macam keyboard yang telah disebutkan, pada umumnya jenis keyboard yang saat ini dipakai adalah jenis keyboard QWERTY.

Jadi jika kita ingin mengganti keyboard komputer kita, pastikan memilih jenis keyboard QWERTY ya. Sekian dari saya, terima kasih semoga bermanfaat

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like