KREATIVITAS ADALAH? Pengertian, Ciri & Perbedaannya dengan Kreatif

| |

Kreativitas adalah kemampuan dalam menciptakan sesuatu yang baru, memberikan ide yang kreativ dalam memecahkan suatu masalah dan juga sebagai kemampuan dalam melihat suatu hubungan baru dengan unsur-unsur yang sudah pernah ada sebelumnya.

Menurut pendapat yang lainnya, kreativitas merupakan segala bentuk kemampuan seseorang dalam menciptakan hal yang baru, baik berupa gagasan maupun sebuah karya nyata yang memiliki perbedaan dengan gagasan atau karya yang sebelumnya.

Perbedaan Kreatif dengan Kreativitas

perbedaan kreativitas dengan kreatif
hai.grid.id

Mungkin kata kreatif dengan kreativitas hampir sama, namun pada dasarnya, kreatif dengan kreativitas memiliki sebuah perbedaan.

Dari sebuah situs tanya jawab Brainly saya mendapati sebuah pertanyaan seperti ini “Apa perbedaan antara kreatif dengan kreativitas?”

Jawabannya adalah, kreatif merupakan orang yang memiliki imajinasi yang tinggi, sedangkan kreativitas adalah sebuah karya atau kreasi kita sendiri.

Adapula yang berpendapat bahwa kreatif dan kreativitas memiliki arti seperti berikut ini:

  • Kreatif : memiliki wawasan yang luas dalam berimajinasi
  • Kreativitas: hasil dari orang-orang yang kreatif, misalnya “Kreativitas anak bangsa”

Nah untuk bisa memahaminya dengan baik, berikut ini adalah pengertian kreativitas secara umum dari berbagai sumber yang saya dapatkan:

Kreativitas atau daya cipta merupakan proses yang melibatkan pemunculan sebuah gagasan atau konsep yang baru. Bisa juga berarti pemunculan hubungan baru yang berasal dari gagasan atau konsep yang sudah pernah ada.

Jika dilihat dari sudut pandang keilmuannya, hasil pemikiran yang berdaya cipta atau kreativitas biasanya dianggap mempunyai keaslian & kepantasan.

Sebagai alternatif, kreativitas merupakan sebuah tindakan untuk membuat suatu hal yang baru. Dimasa ini kreativitas sangat dipengaruhi oleh beberapa faktor, yakni faktor lingkungan dan keturunan.

Pengertian Kreativitas Secara Umum

pengertian kreativitas secara umum
zistemo.com

Pada umumnya kreativitas mengandung arti yaitu sebagai kemampuan seseorang dalam menghasilkan suatu komposisi, produk ataupun berupa gagasan yang sebelumnya belum ada (gagasan baru).

Kreativitas bisa berupa pemikiran yang imajinatif yang dihasilkan bukan hanya dari rangkuman saja. Namun bisa berupa pola baru dan gabungan informasi yang dapat diperoleh dari pengalaman yang dimiliki sebelumnya.

Bisa pula diartikan sebagai penggabungan antara hubungan lama dengan situasi yang baru, yang memungkinkan dapat menciptakan hal-hal baru yang berbeda dengan sebelumnya.

Dari beberapa pengertian kreativitas yang telah dijelaskan diatas, bisa kita simpulkan bahwasanya kreativitas mengandung arti yakni “Sebuah kemampuan untuk menciptakan atau menghasilkan hal yang baru yang sebelumnya belum pernah ada atau belum pernah di ciptakan”.

Proses yang dilalui untuk menemukan hal yang baru ini bisa berasal dari proses imajinatif (kreatif) dari penciptanya, selain itu juga bisa berasal dari informasi atau pengalaman terhadap apa yang ingin diciptakan, setelah itu pencipta melakukan penggabungan atau melakukan kolaborasi dari karya atau gagasan yang sudah ada untuk menghasilkan suautu hal yang baru dan berbeda dengan karya ataupun gagasan yang sudah pernah ada sebelumnya.

Kesimpulan

pengertian kreativitas
yooreka.id

Dari beberapa pendapat yang sudah disebutkan diatas, dapat kita simpulkan bahwa Kreativitas merupakan kemampuan seseorang untuk membuat sesuatu yang baru yang berbeda dengan karya yang sudah pernah ada sebelumnya.

Dari data yang ada, kreativitas menggambarkan sebuah kelancaran, keluwesan, orisinalitas dalam berfikir dan juga kemampuan dalam melakukan kolaborasi atau penggabungan.

Jadi produk hasil kreativitas ini adalah bukan sesuatu yang benar-benar baru, namun bisa jadi dihasilkan dari gabungan antara data, karya atau gagasan yang sudah pernah ada sebelumnya, sehingga penggabungan tersebut menghasilkan suatu konsep atau karya yang berbeda dengan yang sudah ada sebelumnya.

Ciri-Ciri Kreativitas

ciri ciri kreativitas
sarjanaekonomi.co.id

Ada beberapa ciri-ciri yang dapat dilihat dari orang yang memiliki kreativitas. Ciri kreativitas dapat dilihat dari ciri kognitif “aptitude” dan ciri afektif ”non-aptitide” yang berhubungan dengan kreativitas.

  • Ciri-ciri kognitif ialah ciri-ciri yang berhubungan dengan kognisi, proses berfikir yang memiliki kelancaran, fleksibilitas dan orisinalitas dalam berfikir dan elaboration, yakni mengembangkan, memperkaya dan memperinci sebuah gagasan, sedangkan
  • Ciri-ciri afektinya merupakan ciri-ciri yang berkaitan dengan sikap maupun perasaaan yang meliputi rasa ingin tahu, bersifat imajinatif, berani mengambil sebuah resiko dan bersifat menghargai.

Kedua ciri-ciri tersebut diperlukan supaya perilaku kreatif dapat terwujud.

Menurut Guildford dalam Munandar, 1992, ciri-ciri kognitif dan afektif jelaskan sebagai berikut ini:

Ciri-Ciri Kognitif

Ciri-ciri kognitif ialah kreativitas yang berhubungan dengan kemampuan dalam berfikir kreatif. Ciri-ciri ini memiliki 5 ciri kognitif, diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Kelancaran Dalam Berfikir (Fluency)

Lancar dalam berfikir adalah kemampuan untuk melahirkan ide dan gagasan, memiliki banyak cara dalam melakukan berbagai macam hal, serta memiliki banyak jalan alternatif untuk jawaban dan menyelesaikan suatu masalah.

  1. Mampu Berifkir Dengan Fleksibel (Flexibility)

Berfikir fleksibel adalah kemampuan supaya tidak terpaku pada pola pikir yang lambat. Flexibility merupakan cara berfikir yang spontan dan adaptif.

Fleksibilitas spontan merupakan kemampuan dalam menyampaikan sebuah ide tanpa memiliki rasa takut salah. Sedangkan fleksibilitas adaptif adalah kemampuan dalam menyampaikan ide mengenai apapun itu, namun masih memperhatikan kebenaran dari ide yang akan disampaikan tersebut.

  1. Mampu Berifikir Secara Orisinal (Originality)

Berfikir orisinal adalah kemampuan dalam melahirkan sebuah ide atau gagasan, kemudian mengkombinasikannya sehingga menjadi suatu hal yang baru dan unik.

Ciri-ciri orang yang berfikir orisinal adalah, mampu memikirkan masalah yang sebelumnya belum pernah terfikirkan oleh orang lain.

  1. Memiliki Kemampuan Dalam Menilai (Evaluation)

Kemampuan menilai ini merupakan kemampuan dalam membuat penilaian sendiri mengenai apakah suatu pertanyaan itu benar atau tidak. Bertindak dengan bijaksana, yakni tidak hanya memunculkan gagasan saja, akan tetapi juga melakukannya.

  1. Mampu Melakukan Perincian (Elaboration)

Kemampuan ini berfungsi untuk memperkaya dan mengambangkan sebuah ide dan gagasan dalam memperinci sebuah objek, gagasan ataupun situasi, sehingga menjadi lebih baik dan menarik.

Orang-orang yang seperti ini biasanya akan mencari dan mendalami arti dari jawaban atau pemecahan masalah yang dihadapinya dengan sangat rinci.

Ciri-Ciri Afektif

Ciri-ciri ini memiliki hubungan dengan sikap, mental dan perasaan individu. Biasanya ciri-ciri saling berhubungan dan saling mempengaruhi dengan ciri-ciri kognitif.

Berikut ini adalah ciri-ciri afektif:

  1. Keingin Tahuan

Selalu memiliki rasa ingin tahu lebih banyak, biasanya orang tersebut akan banyak bertanya, memperhatikan segala hal dan peka dalam melakukan pengamatan.

  1. Imajinatif

Mampu membayangkan suatu hal yang sebelumnya belum pernah ada atau belum pernah terjadi, namun bisa membedakan mana yang khayalan dan mana yang dapat menjadi kenyataan.

  1. Tertantang

Memiliki rasa ingin mengatasi masalah-masalah yang terjadi, dan tertantang dengan sitauasi yang rumit dan tertarik dalam menyelesaikannya.

Berusaha terus hingga berhasil, sampai menemukan jawaban dan jalan keluar yang tepat.

  1. Berani Mengambil Resiko

Tidak takut membuat kesalahan merupakan ciri-ciri afektif. Tipe ini biasanya tidak takut mengalami kegagalan dan tidak takut dengan kritikan yang diberikan oleh orang lain.

  1. Menghargi

Memiliki sifat menghargai bimbingan dan arahan dalam hidupnya, menghargai kemampuan dan juga bakat sendiri untuk terus dikembangkan.

Selain menghargai diri sendiri, juga menghargai makna orang lain, keluarga atau yang lainnya.

Nah itulah pengertian kreativitas, lengkap dengan penjelasan, perbedaannya dengan kreatif serta ciri-ciri kreativitas.

Previous

Ikan Keting: Pengertian, Manfaat dan Cara Memancing Keting

Pengertian Sketsa Adalah: Jenis, Unsur, Teknik, Fungsi dan Aturan Buat

Next

Leave a Comment