Kabel HDMI : Pengertian, Fungsi, Jenis-Jenis dan Macam-Macamnya

Kabel HDMI: Pengertian, Fungsi dan Jenis-Jenisnya

Kabel HDMI adalah kependekan dari High Definition Multimedia Interface, yang merupakan jenis kabel yang berfungsi untuk menghubungkan antara piranti elektronik yang dapat mentrasnfer sinyal video dan audio dengan kualitas yang tinggi (HD) dalam sekaligus.

Selama ini hal yang biasa dilakukan dalam menghubungkan antara perangkat audio maupun video adalah menggunakan kabel RCA (Radio Corporation of America), S-Video (Separate-video / Super-video) atau dengan kabel DVI (Digital Visual Interface).

Namun semakin berkembangnya teknologi kita dipertemukan dengan piranti HD seperti HDTV, Blue Ray Player, HD DVD Player dan lain-lain yang mempunyai sinyal video ataupun audio berkualitas tinggi atau HD. Sehingga kabel RCA dan sejenisnya kurang dapat menghandlenya dengan baik.

Oleh karenanya muncullah kabel HDMI yang didesain untuk melakukan transfer sinyal audio dan juga video berkualitas tinggi.

Lembaga HDMI sendiri didirikan oleh beberapa kelompok produsen elektronik terkenal misalnya : Hitachi, Panasonic, Philips, Sony, Thomson, Silicon Image dan juga Toshiba yang disupport oleh sebuah perusahaan film terkemuka FOX dan juga Universal.

Baca juga jenis kabel USB beserta fungsinya

Fungsi Kabel HDMI

Fungsi Kabel HDMI

Adapun fungsinya, kabel HDMI memiliki fungsi utama yakni sebagai alat untuk menghubungkan dan mentransmisikan sinyal video dan audio digital dari suatu perangkat yang mendukung HDMI ke perangkat lainnya seperti monitor, proyektor, televisi maupun perangkat audio digital.

HDMI juga memiliki fungsi sebagai pengganti digital untuk standar video analog, sehingga lebih efektif dan efisien. Jika membahas lebih rinci tentang kabel HDMI, ada banyak sekali manfaat yang dimilikinya, terutama pada sektor pendidikan, perniagaan, perkantoran dan lain-lainnya.

Perkembangan Kabel HDMI dari Versi ke Versi

Perkembangan Kabel HDMI dari Versi ke Versi

Setelah diluncurkan untuk pertama kalinya di tahun 2003, HDMI sudah memproduksi berbagai macam versi, dimulai dari versi 1.0 hingga versi 1.4 dan yang terbaru adalah versi 2.0 yang diluncurkan pada bulan September tahun 2013 lalu.

Lalu jenis HDMI manakah yang bagus untuk kita gunakan?

Sebagai konsumen kita tidak perlu terlalu memikirkan hal tersebut, karena tidak setiap versi selalu mengalami penambahan fitur yang signifikan. Yang perlu kita ketahui hanyalah versi terakhir saja, seperti yang banyak terdapat pada piranti HDMI saat ini, yakni versi 1.3 dan juga versi 1.4 ke atas.

Nah berikut adalah penjelasan mengenai versi kabel HDMI mulai dari versi 1.3 :

Kabel HDMI Versi 1.3

Jenis kabel HDMI versi 1.3 dibagi lagi menjadi dua jenis, yakni Standard HDMI dan High Speed HDMI, berikut penjelasannya:

  • Standard HDMI

Standard HDMI merupakan jenis kabel HDMI yang mempu melakukan transfer sinyal hingga mencapai 2.25 Gbps atau bandwidth mencapai 75 Mhz.

Standard HDMI ini memungkinkan untuk melakukan transfer sinyal HD video dengan resolusi 720p atau 1080i, akan tetapi masih kurang memadi untuk melakukan transfer sinyal dengan resolusi 1080p.

  • High Speed HDMI

High Speed HDMI merupakan jenis kabel HDMI yang mampu melakukan transfer sinyal hingga mencapai 10.2 Gbps dengan bandwidth mencapai 350 Mhz.

Sehingga memungkinkan untuk melakukan transfer sinyal video full HD yang memiliki resolusi 1080p. Jadi untuk yang ingin menyaksikan film full HD dengan resolusi 100p dari blue ray player maka harus menggunakan jenis kabel HDMI versi 1.3 yang high speed.

Kabel HDMI Versi 1.4

Kabel HDMI versi 1.4 merupakan jenis kabel HDMI yang saat ini banyak dipakai oleh HDTV. HDMI versi 1.4 mempunyai beberapa fitur yang harus kita ketahui.

Adapun beberapa fitur yang dimilikinya adalah sebagai berikut :

  • HDMI Ethernet Channel

Salah satu kelebihan yang dimiliki oleh kabel HDMI versi 1.4 ialah terdapat fitur penambahan jaringan internet yang memiliki kecepatan tinggi pada link HDMI.

Sehingga memungkinkan penggunanya untuk dapat melakukan akses internet tanpa memerlukan piranti kabel ethernet tambahan lagi.

  • 3D Video

Kabel HDMI Versi 1.4 jika memungkinkan untuk kita dapat menyaksikan film full HD 3D daru blue ray, karena telah mendukung 3D Video.

  • Automotive Connection System

HDMI Versi 1.4 juga dibuat dengan desain khusus untuk digunakan pada bidang otomotif, misalnya penggunaan pada mobil yang didesain khusus agar tahan terhadap kebisingan, getaran dan juga suhu yang ekstrim serta jenis konektornya yang juga berbeda.

Jenis – Jenis Kabel HDMI

Adapun jenis-jenisnya, kabel HDMI dibedakan menjadi beberapa macam standard seperti penjelasan dibawah ini:

Standard HDMI Cable

Standard HDMI Cable

Standard HDMI cable pada umumnya didesain dengan kecepatan transfer sinyal video dan audio HD dengan resolusi 720p – 1080i, seperti pada TV Satelit, DVD player dan juga pemancar TV HD.

Standard HDMI Cable With Ethernet

Standard HDMI Cable With Ethernet

Kabel HDMI jenis ini mempunyai kemampuan kinerja yang sama dengan standard HDMI cable sebelumnya, hanya saja jenis yang ini terdapat penambahan fitur jalur khusus sinyal data ethernet.

Standard Automotive HDMI Cable

Standard Automotive HDMI Cable

Standard automotive HDMI cable yang satu ini didesain khusus untuk ketahanan terhadap getaran, kebisingan dan juga tahan terhadap suhu yang ekstrim.

Jenis kabel HDMI yang satu ini memiliki kecepatan transfer sinyal HD seperti halnya standard HDMI, yakni 720p – 1080i.

Akan tetapi standard automative ini mampu mengirimkan sinyal yang lebih kuat jika dibandingkan dengan kabel HDMI jenis lainnya.

High Speed HDMI Cable

High Speed HDMI Cable

Jenis HDMI high speed didesain khusus agat dapat melakukan transfer sinyal HD dengan resolusi mencapai 1080p hingga keatasnya yang memiliki kemampuan resolusi 4k (4096 x 2160 pixels), 3D dan juga Deep Color.

High Speed HDMI Cable With Ethernet

High Speed HDMI Cable With Ethernet

Kemudian jenis kabel HDMI yang ke-5 mempunyai kemampuan dan juga kinerja yang sama dengan high speed HDMI sebelumnya, namun dengan penambahan fitur jalur untuk sinyal data Ethernet.

Macam-Macam Konektor HDMI

Macam-Macam Konektor HDMI

Dengan semakin banyaknya macam piranti elektronik yang mengadopsi konektor HDMI sebagai media untuk menghubungkan berbagai jenis perangkat. Hal ini membuat pihak HDMI itu sendiri mengeluarkan berbagai macam ukuran pada konektornya.

Adapun beberapa jenis konektor kabel HDMI adalah sebagai berikut :

Konektor HDMI Tipe A

Konektor HDMI Tipe A

Konektor tipe-a adalah jenis konektor HDMI yang paling umum digunakan, hal ini dapat dibuktikan dengan banyaknya jenis konektor ini yang dapat kita jumpai dibanyak piranti, misalnya pada perangkat HDTV, Laptop, Blue Ray dan perangkat lainnya.

Jenis konektor HDMI tipe-a juga tersusun dari 19 pin didalam konektornya dengan ukuran 13.99 mm x 4.45 mm dan biasa disebut dengan HDMI Full Size Connector.

Konektor HDMI Tipe B

HDMI Tipe B

Jenis konektor HDMI tipe-b memiliki ukuran yang lebih besar dibandingkan dengan konektor HDMI sebelumnya (tipe-a). Pada konektor HDMI tipe-b juga terdiri dari 29 pin.

Jumlah pin-nya yang semakin banyak pada konektor tipe-b ini dimaksudkan untuk teknologi tampilan masa depan, yang memiliki resolusi sangat tinggi UHDT (Ultra High Definition Television).

Konektor HDMI Tipe C

HDMI type c

Jenis konektor HDMI tipe-c juga disebut dengan HDMI Mini Connector, seperti halnya dengan tipe-a yang terdiri dari 19 pin, hanya saja ukurannya lebih kecil dibandingkan dengan tipe-a.

Konektor HDMI tipe-c memiliki dimensi 4.45 mm x 13.9 mm. Pada umumnya konektor tipe-c ini dipergunakan pada perangkat elektronik yang memiliki ikiran sedang seperti camcorder, handycam dan juga tablet.

Konektor HDMI Tipe D

HDMI Type - D

Konektor HDMI tipe-d juga biasa disebut dengan HDMI Micro Connector yang memiliki 19 pin didalamnya, ukuran atau dimensinya 2.8 mm x 6.4 mm.

Biasanya konektor jenis ini digunakan pada perangkat elektronik yang memiliki dimensi atau ukuran yang kecil, seperti kamera digital saku, smartphone dan peralatan elektronik mini lainnya.

Konektor HDMI Tipe E

HDMI Type E

Konektor HDMI tipe-e biasanya digunakan pada otomotif yang memiliki desain khusus pada konektornya. Biasanya pada konektor ini terdapat pengunci yang berfungsi agar tahan terhadap guncangan ataupun getaran.

Baca juga jenis kabel LAN yang paling banyak digunakan

Akhir Kata

Nah itulah pembahasan seputar kabel HDMI lengkap dengan pengertian dan penjelasannya, disertai dengan fungsi, jenis dan macam-macamnya secara lengkap.

Sekian dari saya, semoga bermanfaat dan terima kasih…

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like