Jenis-Jenis Kabel USB Lengkap Dengan Penjelasan dan Kelebihannya

Jenis Kabel USB

Jenis Kabel USB – USB adalah singkatan dari Universal Serial Bus, pengertian USB adalah sebuah perangkat atau media penghubung antara komputer dengan perangkat elektronik lainnya, misalnya mouse, keyboard, scanner, printer, flash disk, camera, model, HDD external dan masih banyak lagi.

Teknologi USB dikembangkan pada pertengahan tahun 1990an dan telah menjadi standar untuk komputer, ponsel dan peralatan lainnya. Selain itu, saat ini USB juga telah dijadikan sebagai standar untuk pengisian baterai untuk ponsel.

Cara Kerja Transfer Data Pada Kabel USB

Cara Kerja Transfer Data Pada Kabel USB

Dalam proses transfer data pada kabel USB, setidaknya ada 4 jenis model yang digunakan dalam melakukan komunikasi dengan komputer, berikut diantaranya :

  • Control Transfer

Jenis transfer ini digunakan untuk melakukan tugas transfer informasi kontrol dengan mengidentifikasi dan melakukan konfigurasi pada perangkat yang terhubung.

  • Bulk Transfer

Pada jenis transfer ini, data yang ditransferkan dalam jumlah besar dan diverifikasi kebenaran datanya. Biasanya jenis tranfer ini digunakan pada perangkat printer.

  • Interrupt Transfer

Transfer data jenis ini adalah transfer data yang digunakan untuk mentrasnmisikan data kecil dengan cepat, biasanya dimanfaatkan pada perangkat mouse dan keyboard.

  • Isochronous Transfer

Jenis transfer ini pada umumnya digunakan untuk pemindahan data atau streaming datang dengan cepat dan real time. Salah satu faktor terpenting dari jenis transfer ini adalah waktu.

Baca Juga Jenis Kabel LAN

Transaksi Pada USB

Macam Macam Kabel USB

Dalam proses transaksi data, USB mampu mengirimkan 3 paket informasi dalam satu kali transaksi, berikut diantaranya :

  1. Token Paket : merupakan paket yang selalu dikirimkan oleh host.
  2. Data Packet : adalah paket yang dapat dikirimkan oleh host dan juga oleh perangkat.
  3. Handshake Packet : merupakan paket yang berisi informasi mengenai berhasil atau tidaknya penerimaan paket data. Handshake packet dapat dikirimkan oleh perangkat ke komputer dan juga sebaliknya.

Kelebihan Menggunakan USB

Kelebihan USB

Kabel USB memiliki beberapa kelebihan, adapun kelebihan yang terdapat pada teknologi USB adalah sebagai berikut :

  • Mudah Digunakan

Teknologi USB mampu melakukan konfigurasi dengan otomatis serta mendukung single interface untuk beberapa jenis perangkat. Dengan menggunakan USB kita juga dapat melakukan ekspansi atau penambaan port dengan menggunakan USB Hub apabila port yang terdapat pada komputer tidak mencucukpi.

  • Berkecepatan Tinggi

USB Universal Serial Bus memiliki kecepatan yang sangat tinggi. Kecepatan komunikasinya bisa mencapat 20Mbit/s (USB versi 3.2).

  • Keandalan / Realibility

Protokol USB mampu mendeteksi kesalahan yang terjadi pada pengiriman data, kemudian mengirimkan pemberitahuan kepada user supaya dapat mengirimkan datanya kembali.

  • Hemat Biaya

Karena penggunaan kabel USB yang sangat luas dan hampir semua jenis komponen dan konektor telah banyak menggunakan teknologi USB. Sehingga hal ini mampu menekan biaya produksi dan juga dapat menawarkan harga yang lebih murah alias hemat biaya.

  • Konsumsi Daya Kecil

Pada umumnya kabel USB hanya mengkonsumsi arus listrik beberapa miliampere saja, serta bekerja pada tegangan +5v.

Jenis-Jenis Kabel USB

Pada umumnya jenis kabel USB dibedakan menjadi dua macam, yakni dibedakan berdasarkan type atau versinya dan juga berdasarkan bentuk fisiknya atau jenis konektornya. Nah dibawah ini akan dijelaskan dari masing-masing jenisnya.

Jenis Kabel USB Berdasarkan Type (Versinya)

Jenis Jenis USB Berdasarkan Versi

Jika dilihat berdasarkan dari type atau versinya, maka kabel USB dapat dibedakan menjadi beberapa macam, berikut diantaranya :

USB 1.1

Jenis kabel USB 1.1 adalah versi kabel USB yang dirilis paling awal, tepatnya pada tahun 1988. USB 1.1 ini memiliki kecepatan transfer data hingga mencapai 12 MBps.

Namun beberapa pengguna terdahulu bependapat bahwa USB 1.1 hanya mampu bekerja pada kecepatan 1.2 MBps saja. Entah benar atau tidaknya, yang pasti jenis kabel USB ini kini sudah tidak digunakan lagi dalam dunia teknologi.

USB 2.0

Jenis USB versi 2.0 pertama kali dikenalkan pada tahun 2000-an, USB versi 2.0 ini memiliki berbagai fitur yang lebih baik dari versi sebelumnya.

Kecepatan USB 2.0 mencapai 480 MBps dan telah mendukung Hi Speed Mode. Setelah USB 2.0 resmi diluncurkan, jenis USB ini resmi menggantikan USB versi sebelumnya.

Namun dengan seiring berkembangnya teknologi, pada akhirnya USB versi 2.0 pun juga harus tergerser oleh versi selanjutnya, yakni USB 3.0, walaupun saat ini masih tetap digunakan.

USB 3.0

USB 3.0 adalah versi terbaru dari teknologi USB yang dirilis pada tahun 2008. Kecepatan USB 3.0 sudah mampu melakukan transfer data hingga 5 GBps pada mode superspeed. Salah ciri-ciri dari USB 3.0 ialah konektor dan socketnya memiliki warna biru yang menjadi pembeda dari versi sebelumnya.

USB 3.1

USB 3.1 merupakan versi USB yang merupakan pembaruan dari versi sebelumnya. USB 3.1 dirilis pada tahun 2013 dan telah disempurnakan dari versi sebelumnya.

USB 3.1 memiliki kecepatan 2 kali lebih tinggi dari versi sebelumnya, yakni mencapai 10 GBps, sehingga USB 3.1 diberi julukan sebagai USB SuperSpeed+ atau standar dengan kabel USB fastcharging Thunderbolt milik Apple.

Baca Juga Jenis Kabel Listrik

Jenis Kabel USB Berdasarkan Bentuk Fisik (Konektornya)

Berdasarkan bentuk fisik atau konektornya, kabel USB dibedakan menjadi beberapa jenis, berikut diantaranya :

USB Standar Type-A

USB Type-A

USB Type-A adalah salah satu dari berbagai macam type USB yang paling banyak digunakan pada berbagai perangkat. Bentuk USB Type-A memiliki bentuk persegi dan cenderung lebar.

Biasanya USB Type-A pada umumnya digunakan untuk menghubungkan perangkat seperti mouse dan juga keybord pada komputer.

USB Type-A juga dapat berfungsi sebagai alat untuk melakukan transfer data dari smartphone ke komputer ataupun sebaliknya.

Karena USB Type-A merupakan salah satu jenis USB yang paling umum digunakan, sehingga memungkinkan jenis USB ini dapat digunakan pada berbagai macam jenis port USB seperti USB 3.0, 2.0 bahkan USB 1.1.

USB Standard Type-B

USB Type-B

Pada umumnya USB Type-B digunakan untuk menghubungkan perangkat seperti printer dan scanner ke komputer ataupun ke laptop.

Meskipun sama-sama memiliki bentuk persegi, bentuk USB Type-B tida selebar pendahulunya Type-A. Dari berabgai macam jenis USB yang ada, jenis USB Type-B merupakan salah satu jenis USB yang jarang dijumpai.

Mini USB

Mini USB

Dibandingkan dengan USB Type-A Mini USB mempunyai bentuk yang lebih kecil. Mini USB adalah jenis USB yang pada umumnya digunakan pada berbagai jenis mobile device seperti smartphone, dan pada umumnya berfungsi sebagai alat untuk pengisian daya baterai.

Selain digunakan pada smartphone biasanya Mini USB juga digunakan pada MP3 Player dan beberapa jenis kamera digital yang mempunyai konektor dengan standar berbeda dari konektor pada umumnya.

Akan tetapi jenis Mini USB ini kini sudah jarang sekali digunakan, karena penggunaannya telah berkurang setelah hadirnya Micro USB.

Micro USB Type-A

Micro USB Type-A.jpg

Saat ini jenis kabel USB micro merupakan diantara banyak jenis-jenis USB yang paling banyak digunakan, karena dianggap sangat mobile friendly jika dibandingkan dengan pendahuunya Mini USB.

Micro USB Type-A mempunyai bentuk yang berbeda dengan Mini USB, yakni memiliki bentuk yang lebih lebar dan pipih. Jenis USB ini banyak digunakan pada ponsel, kamera digital dan PDA. Kecepatan transfernya mencapat 480 MBps

Micro USB Type-B

Micro USB Type-B

Seperti halnya dengan Micro USB Type-A, jenis kabel USB ini juga banyak digunakan pada ponsel, kamera digital dan juga PDA. Kecepatan transfernya juga sama dengan Micro USB Type-A yakni 480 MBps.

Adapun perbedaan diantara Micro USB Type-A dengan Micro USB Type-B adalah, jika Micro USB Type-A memiliki bentuk persegi panjang yang lebar dan pipih dengan kedua ujung besi yang lurus, sedangkan pada Micro USB Type-B memiliki bentuk yang agak melengkung.

USB Type-C

USB Type-C

Penggunaan USB Type-C telah banyak digunakan pada berbagai perangkat smartphone terbaru yang saat ini telah beredar. Walaupun juga masih banyak jenis smartphone yang menggunakan port Micro USB, akan tetapi untuk beberapa jenis smartphone kelas menengah dan hampir semua smartphone kelas atas telah menggunakan port USB Type-C.

USB Type-C memiliki kecepatan transfer yang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan pendahulunya Type-A dan Type-B.

Lightning

USB Lightning

Jika kamu adalah pengguna iPhone maupun iPad, pasti kamu sudah tidak asing lagi dengan jenis USB ini. Jenis USB ini memiliki ukuran yang hampir sama dengan Micro USB.

Hanya saja, jenis USB ini hanya diproduksi khusus untuk produk milik Apple sehingga hanya dapat digunakan sebatas pada produk Apple saja.

USB Lightning memiliki fungsi sama halnya dengan USB yang ada pada umumnya, yakni untuk menghubungkan perangkat Apple seperti iPod, iPad maupun iPhone kedalam komputer, kamera dan untuk mengisi daya.

USB On-The-Go (OTG)

USB OTG

USB OTG merupakan jenis USB yang memungkinkan para penggunanya untuk dapat membaca dan melakukan transfer data dari satu perangkat keperangkat lainnya, pada umumnya USB ini digunakan pada Flash Drive, sehingga pengguna dapat membaca data yang ada di Flash Drive tersebut melalui smartphonenya.

Akhir Kata

Nah itulah beberapa macam kabel USB, mulai dari versi dan juga bentuk konektor yang dimilikinya. Terima kasih, semoga bermanfaat..

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like