Jenis Kabel Listrik

Jenis Kabel Listrik – Keberadaan kabel listrik memiliki banyak sekali manfaat bagi perkembangan jaman dan teknologi. Bayangkan jika hingga kini tidak ada kabel yang dapat menyalurkan listrik kedalam setiap rumah untuk menghidupkan lampu ataupun alat elktronik lainnya.

Tentu akan sangat menyusahkan bukan?…

Kabel listrik memiliki fungsi sebagai penghantar atau konduktor yang menghantarkan arus listrik ke benda-benda yang membutuhkan energi listrik agar dapat digunakan sebagaimana fungsinya.

Sebelum membahas mengenai macam macam kabel listrik akan ada baiknya jika kita memahami terlebih dahulu mengenai istilah konduktor dan isolator, karena pada kabel biasanya terdapat dua bahan tersebut.

Konduktor : merupakan bahan yang mampu menghantarkan arus listrik, bagian ini terbuat dari logam (tembaga atau alumunium). Daya hantar yang dimilikinya ditentukan oleh parameter yang disebut KHA (Kemampuan Hantar Arus).

KHA pada setiap kabel memiliki kemampuan yang berbeda-beda, hal ini tergantung pada bahan konduktor dari kabel listrik itu sendiri.

Isolator : merupakan baha yang sukar menghantarkan arus listrik, isolator pada kabel digunakan sebagai pembungkus yang memiliki fungsi sebagai pelindung supaya tidak berbahaya bagi manusia.

Bagian isolator ini aman untuk dipegang, karena terbuat dari bahan karet dan plastik. Semakin tinggi kualitas isolator yang digunakan pada kabel, maka semakin bagus pula kualitas dari kabel tersebut.

Bagian konduktor pada kabel listrik berfungsi untuk menghantarkan arus listrik yang terbuat dari tembaga dan alumunium. Daya hantar arus (KHA) ditentukan oleh bahan pembuatannya dan luas penampang atau diameter konduktor itu endiri.

Semakin besar diameter yang dimiliki oleh konduktor kabel, maka kemampuan hantar arusnya akan semakin tinggi pula.

Satuan KHA digunakan dalam satuan Ampere.

Misalnya :

Jika terdapat kabel yang memiliki keterangan KHA 12 Ampere, sumber tegangan listriknya 220 V, maka daya yang dapat disalurkan oleh kabel tersebut adalah:

P = V x I
Daya = Tegangan x Arus
Watt = Ampere x Volt
= 12 x 220
= 2640 Watt

Artinya segala benda elektronik yang menggunakan daya hingga 2.640 watt, contohnya seperti kulkas, maka dapat menggunakan jenis kabel yang memiliki 12 ampere.

Dibawah ini adalah tabel luas penampang dan KHA-nya :

Luas Penampang (mm)KHA (A)Max. Watt
0.754880
1.561320
2.5102200
4163520
6204400
10255500
16357700
256013200
3510022000
5012527500
7016035200
9525055000
12029264240

Dengan melihat tabel diatas kita dapat menentukan jenis kabel yang akan kita gunakan untuk keperluan yang kita butuhkan.

Misalnya untuk keperluan menghidupkan kulkas dibutuhkan daya 1200 watt (kita dapat mengambil baris kedua dari tabel diatas). Kabel yang kita butuhkan adalah kabel yang memiliki KHA 6 A, dengan luas penampang 1.5 mm.

Jika kita menggunakan kabel dengan luas penampang yang kurang dari 1,5 mm, maka kabel yang kita gunakan nantinya hanya dapat menghantarkan daya maksimal sebesar 880 watt. Kita harus tahu bahwa ukuran kabel juga harus disesuaikan dengan daya (watt) sehingga aman untuk digunakan.

Nah jika sudah memahami sedikit mengenai hal diatas, sekarang mari kita ketahui lebih lanjut mengenai macam-macam kabel dibawah ini:

Jenis Jenis Kabel

Ada banyak sekali macam-macam kabel listrik yang digunakan sebagai instalasi listrik, diantaranya adalah kabel jenis NYA, NYAF, NYM, NYMHY, NYY, NYYHY, BC dan jenis kabel lainnya.

Nah berikut ini adalah penjelasan mengenai jenis-jenis kabel lengkap dengan gambarnya :

Jenis Kabel NYA

Kabel NYA

Kabel jenis NYA merupakan jenis kabel yang berisi tunggal, kabel jenis ini biasanya banyak dimanfaatkan untuk kebutuhan instalasi listrik di perumahan.

Kabel NYA yang digunakan sebagai instalasi listrik di perumahan biasanya memiliki diameter atau luas penampang 1,5 mm dan 2,5 mm, serta dilapisi dengan isolator PVC.

Biasanya isolatornya menggunakan warna yang berguna sebagai pembeda antara fasa, netral dan ardenya. Beberapa jenis warna yang digunakan diantaranya adalah warna kuning, merah, biru, hitam dan juga kuning strip hijau.

Kabel NYA hanya memiliki satu lapis isolator, sehingga pemasangan pada instalasinya harus menggunakan pipa PVC, pipa union ataupun dengan menggunakan pipa fleksibel untuk pelindungnya.

  • N = Kabel jenis standar dengan penghantar tembaga
  • Y = Isolator PVC
  • Kawat berisolasi

Kabel NYA termasuk kabel yang digunakan di udara jadi tidak diperuntukkan untuk ditanam didalam tanah. Dalam penggunaannya kabel NYA harus memenuhi beberapa ketentuan berikut ini:

  1. Harus menggunakan pipa pelindung instalasi (untuk pemasangan dalam jangkauan tangan).
  2. Dipasang didalam pipa PVC untuk pemasangan di ruangan yang lembab.
  3. Tidak boleh langsung menempel pada plesteran kayu ataupun ditanam langsung dalam plesteran atau kayu, namun harus dilindungi dengan memakai pipa instalasi.
  4. Jika dipasang diluar jangkauan tangan, boleh dipasang terbuka dengan memakai isolator jepit ataupun rol isolator. Cara memasangnya juga harus ada jarak minimal 1 cm dari dinding dan dari bagian lain (dari bangunan atau konstruksi).
  5. Boleh digunakan didalam alat listrik dan PHB.
  6. Tidak diperbolehkan dipakai didalam ruangan yang basah, alam terbuka dan di tempat kerja ataupun di dalam gudang.

Jenis Kabel NYM

Kabel NYM

Kabel NYM merupakan jenis kabel yang memiliki lebih dari satu inti kabel didalamnya. Didalam kabel NYM juga terdapat beberapa kabel jenis NYA yang dibungkus menjadi satu dengan isolasi putih dan selubung karet.

Kabel jenis ini biasanya dimanfaatkan untuk instalasi listrik didalam gedung ataupun juga rumah. Jumlah inti pada kabel NYM terdapat 2, 3 hingga 4 inti dengan masing-masing memiliki warna yang berbeda.

Setiap inti kabel NYM memiliki lapisan isolator, kabel ini relatif lebih kuat jika dibandingkan dengan kabel NYA karena memiliki isolasi PVC dan juga selubung karet, namun tentu saja harganya relatif lebih mahal dari kabel NYA.

  • N = Kabel jenis standar dengan penghantar tembaga
  • Y = Isolator PVC
  • M = Berselubung PVC

Berikut ini adalah tabel dari inti kabel NYM lengkap dengan ukurannya :

Inti KabelUkuran Kabel
2 Inti2×1,5 mm2
3×1,5 mm2
3 Inti3×1,5 mm2
3×2,5 mm2
3×4 mm2
3×6 mm2
4 Inti4×2,4 mm2
4×4 mm2
4×6 mm2
4×10 mm2

Untuk membaca maksud dari tabel diatas adalah, misalnya kabel NYM bertuliskan 2×1,5 mm2, artinya ialah terdapat dua kabel tembaga ataupun kawat yang masing-masing memiliki diameter 1,5 milimeter.

Dalam penggunaannya, kabel NYM harus memenuhi beberapa ketentuan dibawah ini :

  1. Boleh dipasang langsung pada plesteran maupun kayu, serta dapat ditanam langsung pada plesteran, termasuk didalam ruangan yang lembab dan basah, ditempat kerja maupun digudang dengan bahaya kebakaran ataupun ledakan.
  2. Boleh dipasang langsung dibagian bangunan, konstruksi, rangka atau yang lainnya, dengan syarat pemasangannya tidak sampai merusak bagian selubung luar.
  3. Tidak boleh dipasang didalam tanah.

Jenis Kabel NYY

Kabel NYY

Kabel jenis NYY ini dirancang khusus untuk penggunaan didalam tanah, luar ruangan, kering dan juga lembab. Supaya lebih terjamin tingkat keamanannya biasanya kabel ini digunakan dengan menggunakan pipa PVC atau pipa besi.

Kabel ini memiliki bahan isolator yang memiliki konstruksi yang lebih kuat dibandingkan dengan jenis kabel NYM, yang biasanya dilengkapi dengan bahan anti gigitan tikus.

Kabel NYY biasanya berwarna hitam dengan isolasi ganda, kabel jenis ini biasanya banyak digunakan untuk kabel lampu tanam dan juga untuk penggunaan di luar rumah.

Kabel ini juga biasa dimanfaatkan sebagai kabel tenaga pada suatu industri. Selain itu pemasangannya didalam tanah juga harus diperhatikan dan harus selalu dijaga dari kerusakan isolasinya akibat kemungkinan kerusakan mekanis.

Maka dari itu agar lebih aman, biasanya penggunaan pada kabel ini digunakan pelindung yang dapat berupa pupa ataupun pasir, lalu diberi batu dibagian atasnya.

Jenis Kabel NYAF

Kabel NYAF

Kabel NYAF merupakan salah satu jenis kabel yang inti kabelnya terbuat dari bahan tembaga dan berserabut. Kabel NYAF memiliki lapisan isolasi PVC.

Kabel NYAF adalah jenis kabel yang sangat fleksibel sehingga sangat cocok jika digunakan untuk jalur-jalur yang berkelok. Dalam penggunaannya kabel NYAF harus dilindungi dengan pipa karena isolasi yang digunakan adalah isolasi tunggal.

Kabel ini juga tidak baik jika digunakan pada tempat yang lembab ataupun basah.

Jenis Kabel NYYFGby / NYRGbY / NYBY

Kabel NYBY

Jenis kabel listrik yang satu ini mempunyai lapisan isolator yang sangat kuat dan tebal. Biasanya kabel ini digunakan untuk ditanam didalam tanah tanpa menggunakan perlindungan tambahan.

Meskipun demikian penggunaan kabel ini di jalan-jalan tetap direkomendasikan untuk menggunakan pelindung pipa PVC. Jenis kabel ini juga dapat ditanam didalam tanah dengan kedalaman hingga 80 cm (0,8 m).

Jenis Kabel NYCY

Kabel NYCY

Kabel NYCY merupakan jenis kabel listrik yang dirancang khusus untuk penggunaan didalam ruangan, didalam tanah, ataupun dialam terbuka.

Kabel ini terdiri dari penghantar konsentris yang dilapisi dengan pelindung pita CU kabel. Kabel ini juga tahan terhadap berbagai macam kondisi cuaca.

Jenis Kabel BC

Kabel BC

Kabel jenis ini mempunyai sistem kondukstansi yang baik dan unik. Penghantar kabel ini terbuat dari pilinan kabel yang dijadikan satu sehingga menghasilkan konstruksi kabel yang kuat dan tidak mudah putus.

Jenis kabel listrik ini banyak dimanfaatkan sebagai kabel arde / ground yang ada di gedung-gedung dan bangunan tinggi, hal ini dilakukan karena jenis kabel ini sangat baik digunakan sebagai kabel penghantar untuk penangkal petir. Pada umumnya kabel ini memiliki ukuran antara 6 mm sampai dengan 500 mm.

Jenis Kabel AAAC

Kabel AAAC

Kabel listrik jenis ini terbuat dari pilinan kabel yang berbahan alumunium-magnesium-silikon yang merupakan bahan logam campuran.

Jenis kabel ini dirancang sangat kuat, anti karat dan mampu digunakan untuk jangka waktu yang cukup lama. Kabel AAAC juga dapat digunakan dengan sangat baik sebagai pengantar dari penangkal petir.

Jenis Kabel ACSR

Kabel ACSR

Biasanya kabel listrik jenis ini banyak dimanfaatkan pada saluran transmisi yang memiliki tegangan tinggi, yang dipasang melintang pada isolaso diantara dua tiang menara distribusi.

Kabel ini terbuat dari bahan alumunium dengan inti kawat baja. Jenis kabel listrik ini sangat bagus untuk penggunaan pada saluran arus listrik yang memiliki tegangan sangat tinggi.

Jenis Kabel ACAR

Kabel ACAR

Kabel ACAR memiliki kemiripan dengan kabel sebelumnya (ASCR), fungsi yang dimiliki juga sama, perbedaannya terletak pada kualitasnya yang lebih bagus jenis kabel ACAR.

Hal ini disebabkan kabel ACAR bahan kabelnya diperkuat dengan bahan logam campuran, sehingga mampu menghasilkan jenis kabel yang sangat kokoh dan sangat kuat.

Jenis Kabel NYMHYO

Kabel NYMHYO

Kabel NYMGYO adalah kabel yang tidak diperuntukkan untuk instalasi listrik yang memiliki tegangan besar, namun penggunaannya lebih pada arus yang rendah saja, misalnya untuk kabel audio video, speaker dan pada rangkaian elektronika tertentu.

Dipasaran jenis kabel ini memiliki kualitas yang beraneka ragam, ada yang terbuat dari tembaga murni dan juga adapula yang terbuat dari tembaga campuran.

Biasanya kualitasnya ditentukan oleh harganya, semakin tinggi harganya maka semakin baik pula jenis kabel yang didapatkan.

Jenis Kabel NYMHY / NYYHY

Kabel NYMHY

Kabel NYMHY dan NYYHY merupakan jenis kabel berserabut yang dilapisi dengan isolasi PVC. Kabel jenis ini biasanya hanya dimanfaatkan di saluran listrik rumah yang memiliki daya dibawah 900 watt.

Jika tegangan listrik rumah tersebut memiliki daya diatas 900 watt maka disarankan untuk menggunakan jenis kabel yang memiliki inti tunggal saja, misalnya kabel jenis NYM yang sudah dijelaskan di atas.

Nah itulah ke 12 macam jenis kabel listrik yang dapat menambah pengetahuan kita seputar kabel listrik semoga bermanfaat ya. Terima kasih atas kunjungannya, jangan lupa untuk selalu kunjungi gopensil.com untuk mendapatkan update terbaru lainnya.

Sumber : Guru listrik keren

Leave a Comment