Pengertian dan Jenis Jenis Email Lengkap

Jenis Jenis Email – Apasih yang dimaksud dengan email?, email memiliki kepanjangan yakni elektronik mail, adalah surat elektronik yang memiliki fungsi sebagai sarana untuk berkirim dan menerima surat secara online, sehingga file yang bisa dikirim menggunakan email ini memiliki format dan bentuk digital.

File, dokumen dan pesan lainnya yang dapat dikirim melalui internet biasanya hanya bisa dibuat dari komputer atau file yang hanya bisa dibuat dan ditampilkan di komputer, laptop dan smartphone.

Kalau dulu ketika kita ingin menulis dan mengirimkan pesan memerlukan sebuah kertas dan alat ATK lainnya, saat ini hal terebut sudah mulai bergeser kepada layanan email yang lebih simple dikerjakan dan nggak mengeluarkan banyak uang.

Selain itu apabila berkirim surat atau pesan lainnya dengan menggunakan emai, pesan tersebut akan datang dengan cepat, tanpa terhalangi oleh jarak yang jauh. Bahkan walaupun berkirim email antar negara pun, dalam hitungan detik pun pesan email tersebut bisa sampai dengan cepat.

Hingga saat ini mengirim pesan menggunakan email masih banyak digunakan, walau sebenernya sudah banyak orang yang lebih suka memanfaatkan aplikasi sosial media seperti Whatsapp, Instagram, Twitter dan Facebook, namun salah satu kelebihan email yakni dapat digunakan untuk mengirim pesan dengan kapasitas da resolusi yang besar.

Jenis-Jenis Email Lengkap Dengan Pengertiannya

jenis jenis email
lifewire.com

Ada beberapa jenis jenis email yang ada, dalam hal ini terdapat tiga macam jenis email yakni POP Mail, Webmail dan Forward Mail.

Dibawah ini adalah penjelasan dari pengertian macam-macam email diatas:

Pop Mail

Pengertian POP Mail, POP Mail memiliki kepanjangan Post Office Protocol, merupakan email yang diterima melalui layanan Internet Service Provider yang menjadi langganan kita.

Kelebihan dari menggunakan POP Mail ini ialah kita dapat membaca pesan di dalamnya secara offline alias nggak perlu koneksi internet.

Untuk melihat secara offline email yang muncul kepada kita maka kita dapat melakukannya dengan cara menghubungkan komputer kita ke internet, yang nantinya akan berfungsi untuk mendownload email yang ada di sever kemudian kita dapat memutus koneksi internetnya.

Kemudian kita bisa membacanya dengan cara offline tanpa koneksi internet. Biasanya untuk dapat mendownload email untuk dibaca secara offline kita perlu sebuah aplikasi tambahan client mail seperti Eudora atau Microsoft Outlook Express pada komputer yang kita pakai.

Kekurangan dari POP mail ialah kita tidak bisa membukanya disembarang tempat, kecuali kita membawa laptop kita.

Web Mail (Web Based Email)

Web Mail merupakan klien email yang memanfaatkan sebuah halaman web sebagai media untuk melihat, mengelola dan membuatnya pada sisi klien.

Dengan menggunakan web mail biasanya kita tidak perlu melakukan instalasi pada komputer kita, karena web mail merupakan email yang berbasis online. Web Mail adalah salah satu jenis email yang paling banyak disukai karena kemudahan aksesnya yang bisa diakses dimana saja dan kapan saja, asalkan ada koneksi internet.

Selainn itu dengan menggunakan webmail, kita dapat membukanya di lebih dari satu komputer, karena webmail sendiri memanfaatkan sebuah website agar bisa diakses oleh penggunanya.

Berikut ini adalah contoh macam-macam email :

  • Google Mail
  • Yahoo Mail
  • Hotmail
  • GMX Mail

Forward Mail

Sedangkan forward mail merupakan jenis email yang jenis layanannya ialah meneruskan email yang diterima oleh pengguna terhadap email lainnya. Biasanya layanan forward email ini dimanfaatkan oleh orang-orang yang memiliki banyak sekali alamat email.

Cara Kerja Email

Nah untuk mengetahui cara kerja email lebih detail saya akan memberikan sebuah ilustrasi agar lebih mudah dipahami dan dimengerti.

cara kerja email
id.ccm.net

Email bekerja memanfaatkan kotak surat elektronik, ketika sebuah email dikirm, maka pesan dalam email tersebut akan dikirimkan dari server pengirim menuju server surat elektronik penerima.

Lebih tepatnya pesan yang dikirim menuju mail serverlah yang bertugas mengangkut email. Hal ini disebut dengan MTA (Mail Transport Agen) kepada penerima MTA.

Dalam sebuah jaringan internet, MTA berkomunikasi satu dengan yang lainnya menggunakan protokol SMTP yang biasanya disebut dengan SMTP Server atau outgoing mail server.

Penerima MTA kemudian akan memberikan email kepada incoming mail server atau server surat masuk yang biasa disebut dengan MDA (Mail Delivery Agent) yang berfungsi untuk menyimpan email hingga sampai kepada penerima hingga penerima menerima pesan email tersebut.

Ada dua jenis protokol utama yang dipakai untuk mengambil email dari MDA. Yang pertama ialah protokol POP3 (Pos Office Protocol) yang dipakai untuk mengambil email dan dalam beberapa hal POP3 juga meninggalkan salinan pesan tersebut diserver.

Selanjutnya ialah protokol IMAP (Internet Message Acces Protocol), yang dipakai dalam mengkoordinasikan status email apakah telah dibaca, dihapus ataupun dipindahkan pada beberapa email client. Dengan menggunakan IMAP maka salinan setiap pesan email akan disimpan pada server.

Dalam hal ini, incoming mail server atau server surat masuk, bisa kita sebut juga dengan server POP Servers atau IMAP Server, tergantung protocol yang dipakai.

Jika kita menganalogikan pesan email di dalam dunia nyata, MTA ini bertindak sebagai kantor pos (adalah sebuah pihak yang bekerja sebagai pengirim dan penyortir pesan). Sementara itu MDA berperan sebagai kotak surat yang bekerja sebagai tempat untuk menyimpan pesan hingga penerima menerima pesan tersebut.

Dengan begitu jika penerima pesan telah menerima pesan tersebut, maka penerima pesan tersebut dapat membaca isi pesan email tersebut walau sedang dalam keadaan offline.

Untuk mengantisipasi supaya tiap pengguna tidak dapat memeriksa email pengguna lain, maka MDA dilengkapi dengan sistem “Alamat Pengguna” yang harus memiliki username dan password untuk mengambil dan melihat pesan yang ada.

Fungsi dan Manfaat Email

manfaat email
buildfire.com

Pada dasarnya email biasa dikenal banyak orang sebagai alat untuk berkirim pesan, namun nggak hanya terbatas dalam pengiriman pesan yang berupa pesan teks saja.

Dengan menggunakan email kita bisa memanfaatkan dan memaksimalkan fitur yang ada didalamnya. Nah berikut ini adalah beberapa fungsi dan manfaat email yang perlu sobat ketahui.

Sebagai Sarana Untuk Mengirim dan Menerima Pesan

Manfaat email yang paling sering digunakan adalah sebagai sarana untuk berkirim dan menerima sebuah pesan dari orang lain ke diri kita, dari manapun mereka berada dan sejauh apapun jarak mereka si pengirim, maka pesan tersebut akan tetap sampai dengan sangat cepat.

Sebagai Sarana Untuk Mengirim dan Menerima File

Selain fungsi utamanya adalah untuk mengirim dan menerima pesan. Email saat ini juga dapat digunakan untuk mengirim sebuah file atau dokumen yang berbentuk digital.

Biasanya file yang bisa dikirim menggunakan email adalah file dengan extensi atau format tertentu misalnya, Foto, Video, Teks atau Dokumen, dan untuk file program atau aplikasi biasanya harus di kompress dulu menggunakan applikasi zip atau rar, agar dapat dikirim menggunakan email.

Sebagai Identitas Diri

Selain memiliki fungsi sebagai alat untuk menerima dan berkirim sebuah pesan digital. Email saat ini juga memiliki fungsi sebagai indentitas kita, dimana dengan email tersebut seseorang yang memiliki alamat email kita, maka dia akan dapat berkomunikasi dengan kita melalui email.

Bahkan sekarang ini rasanya kita wajib memiliki sebuah email, karena dalam melakukan kerjaan yang dikerjakan secara online kita pasti memerlukan yang namanya email. Misalnya ketika kita ingin melamar kerja di sebuah pekerjaan, pasti kita akan dimintai alamat email.

Contoh lain jika kita ingin mendaftar disebuah sosial media, atau forum-forum, maka hal yang paling dibutuhkan adalah email. Untuk itulah mengapa kita harus memiliki yang namanya email ini.

Sebagai Media Pemasaran

Saat ini sudah banyak sekali jenis-jenis usaha yang dikerjakan secara online, dan email merupakan salah satu media promosi yang efktif. Bahkan perusahaan besar sekalipun mereka biasanya akan menggunakan email untuk media promosi mereka.

Karena pemasaran dari email merupakan salah satu jenis pemasaran online yang sudah lama namun masih efektif.

Penutupan

Gimana sobat, sudah paham belum nih apa yang dimaksud dengan pengertian email, macam-macam atau jenis-jenis email. kalau belum paham silahkan baca lagi hehe.

Nah dari apa yang saya tulis diatas, banyak sekali manfaat dan peran email didunia digital, hampir saat kita ingin mendaftar atau ingin bergabung dalam setiap forum kita membutuhkan email sebagai salah satu perlengkapan atau identitas diri dan hal yang harus dipenuhi didalamnya.

Maka dari itu bagi sobat yang hingga saat ini belum memiliki email, segeralah buat email ya, apalagi ketika nanti ingin melamar sebuah pekerjaan pasti email ini akan sangat dibutuhkan banget. Nggak usah takut mbayar, karena semakin majunya teknologi digital saat ini, membuat semua serba gratis.

Salah satu tempat daftar email yang saya suka adalah di mail.google.com atau di yahoo.com.

Mungkin itulah beberapa pengertian mengenai email yang bisa saya share kesobat semua, semoga bermanfaat dan jika ada yang mau ditanyakan silahkan sertakan di kolom koment, Terima Kasih

Leave a Comment