Insan Medika: Jasa Home Care dengan Pelayanan Terbaik di Indonesia

Ada banyak sekali jasa home care saat ini yang mudah untuk kita cari, mulai dari home care online maupun suster panggilan ke rumah.

Jenis pelayanan yang diberikan pun berbeda-beda, sebagai pencari jasa home care terbaik, tentu Anda akan mencari jenis pelayanan home care terbaik untuk dapat mengatasi problem yang Anda alami.

Maka dari itu sangat penting bagi kita untuk berhati-hati dan tidak sembarang dalam mencari jasa home care terbaik, supaya nantinya tidak menyesal ketika sudah memiliki jasa home care, namun pelayanannya kurang memuaskan.

Nah sebelum kita membahasnya lebih jauh, mungkin ada baiknya akan saya jelaskan terlebih dahulu apa sih home care itu? bagi Anda yang belum begitu paham mengenai apa itu home care, mungkin tulisan ini bisa sedikit membantu Anda.

Home Care Adalah?

credit : insanmedika.co.id

Home care merupakan sebuah pelayanan kesehatan yang berkesinambungan dan komprehensif yang ditujukan kepada individu dan juga keluarga ditempat mereka tinggal.

Hal ini memiliki tujuan supaya dapat meningkatkan dan mempertahankan atau memaksimalkan tingkat kemandirian dan juga untuk meminimalkan akibat dari serangan penyakit.

Jenis Pelayanan Home Care

credit : blogs.insanmedika.co.id

Setidaknya macam jenis pelayanan home care terbagi menjadi tiga bagian, yakni berdasar fokus masalah kesehatan, institusi penyelenggara dan berdasar dari pemberi jasa atau layanan. Berikut ini adalah penjelasannya:

Berdasarkan Fokus Masalah Kesehatan

Jika dilihat dari masalah kesehatan yang dialami oleh klien, maka pelayanan keperawatan home care ini dibagi lagi menjadi tiga bagian, yakni :

  • Layanan perawatan klien sakit, layanan ini adalah jenis pelayanan yang paling sering dilaksanakan pada pelayanan perawatan dirumah, karena sesuai dengan alasan mengapa perlu dilakukan perawatan di rumah. Hal ini dilakukan karena individu yang sedang mengalami sakit memerlukan perawatan untuk dapat meningkatkan kesehatannya juga untuk mencegah tingkat keparahannya sehingga tidak perlu dilakukan perawatan di rumah sakit.
  • Layanan berbasis promotif dan preventif, merupakan sebuah pelayanan kesehatan masyarakat yang fokusnya yakni pada promosi dan prevensi. Pelayanan jenis ini mencakup yakni bagaimana seorang Ibu merawat bayinya yang baru melahirkan, pemeriksaan secara berkala terhadap tumbuh kembang anak, mengajarkan lansia untuk beradaptasi dengan proses menua dan juga tentang diet.
  • Pelayanan spesialistik, yang mencakup pelayanan terhadap suatu penyakit terminal seperti kanker, penyakit kronis misalnya diabetes, stroke, dan masalah kejiwaan juga asuhan pada anak-anak.

Berdasarkan Institusi Penyelenggara

Pelayanan berdasarkan institusi penyelenggara setidaknya terbagi menjadi 4 bagian, yakni:

  • Institusi Pemerintahan, merupakan pelayanan atau home care yang dilakukan dalam bentuk perawatan keluarga resiko tinggi, baik pada Ibu, bayi maupun lansia. Yang dikerjakan oleh tenaga perawat dari puskesmas. Biasanya klien yang dilayani oleh perawat ini adalah dari golongan menengah ke bawah.
  • Oleh Institusi Sosial, Biasanya Institusi sosial ini melakukan pelayanan Home Care dengan sukarela dan tidak memungut biaya sedikitpun. Pelayanan jenis ini biasanya dilakukan oleh LSM maupun organisasi keagamaan yang memperoleh dananya dari para donatur.
  • Oleh Institusi Swasta, Institusi ini biasanya melakukan kegiatan pelayanan home care yakni dalam bentuk praktik mandiri, baik dilakukan oleh perorangan ataupun dikerjakan oleh kelompok yang melakukan penyelenggaraan pelayanan home care dengan menerima imbalan jasa, baik itu dari kliennya secara langsung, ataupun yang melalui pihak asuransi.
  • Berbasis Rumah Sakit (Hospital Home Care), pelayanan jenis ini adalah pelayanan lanjutan terhadap klien yang sudah dirawat dirumah sakit, karena klien masih membutuhkan bantuan pelayanan untuk perawatannya, maka dilakukan di rumahnya.

Berdasarkan Pemberi Layanan

  • Dokter, pemberian pelayanan home cara haruslah berada di bawah perawatan seorang dokter. Sang dokter sebelumnya juga harus telah menyetujui rencana perawatan dirumah sebelum perawatan tersebut diberikan kepada pasien.
  • Perawat, Bidang perawatan pada home care meliputi fungsi langsung dan juga tidak langsung. Fungsi langusng Yakni disebut dengan direct care yang mencakup pemeriksaan secara fisik dan Indirect care yakni pelayanan yang diberikan tanpa adanya pemeriksaan secara fisik, misalnya perawat pada lansia.
  • Physical Therapist, adalah memberikan perawatan pemeliharaan, mencegah, dan penyembuhan pada pasien yang berada di rumah.
  • Speech Pathologist, adalah untuk membantu pasien dalam mengembangkan dan juga untuk memelihara kemampuan berbicara dan berbahasa.
  • Social Wolker, Biasanya membantu pasien dan keluarga untuk dapat menyesuaikan diri dengan faktor sosial, emosi dan lingkungan.
  • Homemaker, tugas dari home health aide yakni untuk membantu pasien untuk mampu mencapai level kemandirian.

Manfaat Home Care

credit : blogs.insanmedika.co.id

Secara umum manfaat dari adanya pelayanan Home Care ini adalah sebagai berikut :

  • Pelayanan menjadi lebih sempurna, holistik dan juga komprehensif
  • Pelayanan bisa dilakukan dengan lebih professional
  • Pelayanan keperawatan mandiri
  • Legal
  • Kebutuhan pasien dapat terpenihi, dan akan membuat pasien merasa lebih nyaman dan puas.

Manfaat Bagi Klien dan Keluarga

  • Membantu meringankan biaya rawat inap
  • Mempererat ikatan keluarga, karena tetap bisa berdekatan dengan anggota keluarga yang sedang mengalami sakit
  • Lebih nyaman karena berada di rumah sendiri

Manfaat Bagi Sang Perawat

  • Memberikan variasi lingkungan kerja sehingga perawat tidak merasakan kejenuhan dalam mengerjakan tugasnya
  • Bisa mengenal klien dengan lingkungannya dengan baik, sehingga pelayanannya bisa menyesuaikan

Manfaat Bagi Rumah Sakit

  • Menjadikan nama rumah sakit menjadi lebih dikenal masyarakat dengan adanya pelayanan home care yang diberikannya
  • Bisa melakukan evaluasi terhadap pelayanan yang sudah diberikan
  • Dll.

Mengapa Memilih Insan Medika Sebagai Jasa Home Care Terbaik di Indonesia?

credit : insanmedika.co.id

Beberapa alasan mengapa Anda harus memilih Insan Medika sebagai penyedia jasa home care terbaik adalah karena Insan Medika menawarkan pelayanan yang mungkin belum ada di tempat lainnya.

Brand Awarness

Insan Medika adalah sebuah perusahaan yang memiliki brand awarness yang tinggi dan sudah diakui baik nasional ataupun secara internasional, Insan Medika juga sudah mendapatkan kepercayaan penuh dari para pelanggannya.

Berpengalaman dan Professional dalam Bidangnya

Insan Medika adalah jasa home cara yang telah berpengalaman dalam hal memberikan sebuah pelayanan perawatan. Selain itu Insan Medika juga didukung oleh tim yang professional.

Mudah dan Cepat

Insan Medika adalah sebuah layanan yang bisa Anda akses dengan mudah.

Responsif, Pengaduan 24 Jam Non Stop

Salah satu keunggulan Insan Medika yang diberikannya adalah respon pengaduan 24 jam dalam setiap permasalahan yang Anda alami.

Insan Medika Merupakan Jasa Home Care yang Sudah Terpercaya

credit : insanmedika.co.id

Insan Medika adalah penyedia jasa perawat yang terpercaya, hal tersebut dibuktikan dengan beberapa penghargaan-penghargaan yang diraih oleh Insan Medika.

Dan masih ada banyak lagi keunggulan yang ada pada layanan yang diberikan oleh Insan Medika bagi para pelanggannya yang membutuhkan jasa perawatan rumah dengan layanan terbaik.

Untuk info lebih lengkapnya mungkin kamu bisa melihatnya secara langsung dengan mengklik tombol dibawah ini, sekian terima kasih, semoga bermanfaat

    1. munjazim July 15, 2019

    Add Your Comment